Kalender meja digunakan untuk mengecek hari dan bulan yang digunakan untuk perencanaan. Agar mendapatkan kalender yang sesuai, apa saja yang harus diperhatikan saat cetak kalender meja? Berikut ulasannya!

Kalender erat dalam menyusun jadwal pekerjaan, meting, bahkan hari istimewa. Fungsinya yang sangat vital membuat kalender meja sangat dinantikan kehadirannya. Selain itu, kalender meja bisa berfungsi sebagai dekorasi ruangan dan juga memo sementara untuk mencatat hal-hal penting.

Kalender meja juga mendukung produktivitas dan branding. Untuk mendapatkan fungsi keduanya, cetak kalender meja tidak boleh sembarangan. Harus diperhatikan bahan, desain, dan konsep agar mendapatkan hasil akhir yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

Lalu, apa saja yang harus diperhatikan saat cetak kalender meja. Simak rinciannya yuk!

Baca juga: Ide Membuat Souvenir Kalender Unik

1. Ukuran Kalender Meja

cetak kalender meja sesuai ukuran

kalender meja lanskap ukuran standar

Penentuan dimensi kalender meja haus diperhatikan. Hal ini erat kaitannya dengan fungsinya sebagai memo sementara dan juga dekorasi ruangan. Kalender meja memiliki dua jenis, lanskap dan potret. Untuk kalender lanskap, ukuran standar yang digunakan ialah 15 x 21 cm atau 17 x 23 cm.

Ukuran tersebut tidak baku, Anda bisa custom ukuran untuk memilih ukuran sendiri yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan perusahaan, Pastikan Anda mendapatkan contoh hasil akhir kalender meja sesuai ukuran yang diinginkan agar minim kesalahan.

2. Tampilan Kalender

Selanjutnya Anda harus menentukan tampilan kalender. Anda bisa pertimbangkan tampilan seperti smartphone atau agenda buku. Hal ini dilakukan agar memudahkan untuk penyusunan jadwal. Jika tampilan kalender sesuai dengan smartphone dana buku agenda yang sering digunakan, kesalahan dalam penyusunan jadwal bisa dicegah.

Tampilan tanggal pada kalender juga harus diperhatikan. Tampilan kalender meja bisa harian bulanan atau dua bulanan. Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, Anda juga harus menentukan hari yang menjadi awal pekan. Jangan sampai salah hari di awal pekan karena akan berakibat pada salah jadwal.

3. Desain dan Warna Kalender Meja

Cetak kalender meja memungkinkan Anda untuk menentukan sendiri desain kalender meja yang akan diberikan. Desain kalender menjadi sangat penting karena menggambarkan Anda atau citra perusahaan.

Untuk kepentingan branding, desain kalender meja harus sesuai dengan jati diri perusahaan atau produk yang dipromosikan. Penentuan komposisi warna dan gambar pada kalender meja harus diperhatikan. Warna yang digunakan pada kalender meja harus sesuai dengan warna identitas perusahaan. Selebihnya dipadukan dengan warna yang sesuai agar seimbang.

4. Isi Kalender Meja

Salah satu fungsi kalender meja ialah sebagai media promosi. Agar penerima tidak jenuh, usahakan materi promosi jangan terlalu kental. Penentuan materi kalender harus didiskusikan terlebih dahulu agar sesuai dengan target perusahaan, namun juga masih nyaman saat sudah sampai di tangan penerima. Hal ini bertujuan agar pesan promosi tersampaikan.

5. Kertas yang Digunakan

Agar menjadi kalender meja yang sesuai dengan keinginan dan diterima dengan baik oleh penerima. Kertas yang digunakan untuk cetak kalender meja harus diperhatikan. Untuk penopang kalender meja harus menggunakan kertas yang memiliki ketebalan 210 gsm atau bahan yang digunakan untuk pembuatan kardus. Hal ini dilakukan agar kalender meja bisa kokoh berdiri.

Sedangkan untuk lembaran bulan, Anda bisa gunakan art paper dengan ketebalan 120 – 150 gsm. Jika kalender meja yang Anda cetak memiliki lembar catatan, permukaan kertas harus diperhatikan agar tidak licin saat dipakai untuk menulis. Finishing cetak kalender meja juga penting dipertimbangkan. Finishing sangat berpengaruh terhadap hasil akhir kalender. Dan pastinya menjadi gambaran perusahaan.

6. Informasi Tanggal Merah

cetak kalender meja dengan informasi tanggal merah

Memuat informasi tanggal merah dalam kalender

Tidak sedikit orang melihat informasi tanggal merah terlebih dahulu saat mendapatkan kalender. Untuk memfasilitasi hal tersebut, kalender meja yang Anda cetak harus memuat informasi tanggal merah selengkap mungkin. Tanggal merah atau hari libur penting dalam penentuan jadwal kerja atau liburan bersama keluarga.

7. Percetakan

Hal terakhir yang harus diperhatikan saat cetak kalender meja ialah memilih percetakan yang sesuai. Pilih percetakan yang memiliki portofolio yang jelas dan memudahkan Anda. Souvia memberikan Anda kemudahan dalam membuat kalender meja.

Setiap tahun, souvia mencetak ribuan kalender meja untuk kebutuhan perusahaan, instansi, dan kelembagaan. Tak perlu risau dengan desain, tim souvia siap memberikan desain gratis untuk Anda. Tersedia beragam pilihan kalender dinding, meja, dan paket kalender yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Baca juga: Souvia, Spesialis Jasa Cetak Kalender Souvenir

Souvia menawarkan berbagai jenis pilihan kalender berdasarkan kualitas kertas serta teknik cetak yang digunakan. Di sini menyediakan berbagai paket yang sesuai untuk kebutuhan klien seperti kalender unik, kalender paket hemat/ekonomis dan kalender paket premium.

Persiapkan souvenir kalender meja Anda mulai dari sekarang. Persiapan yang matang dengan konsep yang jelas akan membuahkan hasil akhir yang maksimal. Kalender meja pun siap dibagikan sesuai dengan jadwal.

SOUVIA Group (paketseminar.com, tasgoodiebag.com, souvia.co.id) menyediakan serta menjual berbagai pilihan souvenir yang dapat menunjang keberlangsungan acara Anda. Temukan produk souvenir sesuai kebutuhan dengan kualitas terbaik dan pengerjaan tepat waktu di SOUVIA, #YourTrusted

SOUVIA