Di bulan Ramadhan, tidak hanya keimanan dan ketakwaan yang ditingkatkan, namun juga hubungan dengan anggota keluarga. Berikan merchandise bermanfaat SOUVIA dan lakukan tujuh kegiatan Ramadhan kreatif ini bersama agar anak tidak bosan di rumah.

BACA JUGA: Kantor makin kompak dengan 7 kegiatan Ramadhan ini

Amalan Sunah Bulan Ramadhan

Barengi sunah rasul dengan kegiatan Ramadhan kreatif agar anak tidak bosan selama berpuasa

Bulan Ramadhan saatnya melakukan banyak ibadah agar mendapat rahmat dan ridhaNya.

Melakukan kegiatan Ramadhan kreatif, berpuasa, dan melakukan solat fardhu merupakan aktivitas yang dapat dilakukan saat berpuasa. Ada amalan sunah yang dicontohkan oleh Rasulullah saat bulan Ramadhan agar semakin banyak ganjaran pahala yang didapatkan, di antaranya:

1. Salat malam

Ibadah salat malam merupakan salat yang dilakukan setelah salat isya.

Salat taraweh dan witir yang dikerjakan di bulan Ramadhan memberikan ganjaran pahala yang besar bagi yang menjalankannya.

Terlebih salat malam yang dilengkapi dengan salat tahajud. Bagi yang menjalankannya, Allah akan memberikan ampunan, meningkatkan derajat ketakwaan, dan memberikan rahmat dan hidayahNya.

2. Membaca dan khatam Al Quran

Al Quran merupakan wahyu yang diturunkan untuk dijadikan pedoman hidup bagi kaum muslim.

Al Quran turun di bulan Ramadhan dan memiliki keutamaan tersendiri saat membacanya di bulan Ramadhan.

Seperti sabda Rasulullah SAW, “Siapa saja yang membaca satu huruf Al Quran, maka ia mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipat sepuluh,”

3. Bersedekah

Bersedekah merupakan amalan yang disukai oleh Allah dan Rasulullah.

Bukan hanya mengajarkan berbagi, kepedulian, dan empati, bersedekah memiliki keutamaan yang besar ganjarannya.

Rasulullah SAW pernah bersabda, “Sedekah itu dapat menghapus dosa, sebagaimana air memadamkan api,”

Kegiatan Ramadhan Kreatif yang Bisa Dilakukan Bersama Anak

Selain ibadah wajib dan sunah nabi. Ada beberapa kegiatan Ramadhan kreatif yang bisa dilakukan bersama anak agar anak tidak bosan menjalankan Ibadah puasa, di antaranya:

1. Membuat ucapan Lebaran

Kegiatan Ramadhan kreatif pertama yang bisa dilakukan adalah membuat kartu ucapan lebaran

Anak memiliki kreatifitas yang bisa digali dengan melakukan kegiatan Ramadan kreatif. Salah satunya dengan membuat kartu ucapan lebaran bersama anak. Kartu ucapan lebaran bisa dibuat jauh – jauh hari agar hasilnya maksimal.

Sebelum membuatnya, lakukan riset kecil – kecilan bersama anak mengenai desain kartu ucapan lebaran yang sesuai dengan kebutuhan. Selanjutnya, persiapkan bahan – bahan bersama anak agar anak merasa ikut terlibat sejak awal.

Kegiatan Ramadhan kreatif ini akan mengembangkan potensi anak dan juga membuat ikatan antara anak dan orang tua semakin dekat.

Kartu ucapan lebaran yang telah dibuat bisa digunakan sebagai pelengkap hampers lebaran SOUVIA yang dikirimkan kepada kerabat dan mitra usaha.

2. Sambung ayat Al Quran

Seperti yang dijelaskan di atas, Allah akan memberikan ganjaran pahala yang sanga besar bagi orang yang membaca Al Quran, apalagi menghafalnya.

Murajaah atau membaca ayat Al Quran secara berulang bisa dilakukan dengan menyenangkan. Caranya, sambung ayat Al Quran bersama anak. Salah satu kegiatan Ramadhan kreatif ini akan melatih anak untuk menghafal surat – surat Al Quran.

Jika anak berhasil, orang tua bisa memberikan reward seperti speaker SOUVIA yang bisa digunakan untuk mendengarkan murottal, sehingga bacaan Al Quran anak semakin baik.

3. Menyiapkan menu berbuka puasa

Menyiapkan menu berbuka puasa merupakan kegiatan Ramadhan kreatif yang bisa mengasah kemampuan motorik anak

Siapa bilang hanya ibu saja yang bisa menyiapkan menu berbuka puasa?

Buat Ramadan semakin menyenangkan dengan kegiatan Ramadhan kreatif seperti menyiapkan menu berbuka puasa.

Minta anak menentukan menu untuk berbuka puasa. Siapkan bahan dan ajak anak ikut serta membuat jenis makanan yang dipilih. Untuk awalan, pilih menu berbuka yang mudah dibuat seperti membuat es buah atau gorengan.

4. Membersihkan dan menghias kamar anak

Kegiatan Ramadhan kreatif selanjutnya adalah membersihkan dan menghias kamar anak.

Kamar anak yang monoton bisa disulap menjadi lebih fresh dan nyaman dengan kerja sama orang tua dan anak.

Saat orang tua libur, ajak anak diskusi mengenai bagian kamar yang ingin dirubah. Riset keci – kecilan interior kamar anak yang diinginkan dan pastinya sesuai dengan kebutuhan anak.

Tambahkan humidifier SOUVIA agar udara kamar anak lembab dan nyaman.

5. Olahraga bersama

Puasa tidak menghalangi seseorang melakukan kegiatan fisik seperti olahraga.

Olahraga saat berpuasa memiliki beragam manfaat seperti melancarkan peredaran darah, membantu melenturkan otot – otot tubuh, melancarkan proses metabolisme, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membuat jantung lebih aktif.

Olahraga bisa menjadi kegiatan Ramadhan kreatif bersama anak yang pasti disukai. Pilih jenis olahraga yang disukai anak seperti bersepeda atau bermain sepak bola.

6. Berbagi takjil

Tas tote bag mika untuk parcel
Siapkan tote bag raya agar kegiatan Ramadhan kreatif anak lancar

Bersedekah termasuk aktivitas yang disunahkan Rasul saat Ramadhan.

Berbagi takjil kepada orang yang membutuhkan merupakan kegiatan Ramadhan kreatif yang bisa dilakukan bersama anak. Anak dapat belajar menyiapkan menu dan membungkus takjil agar menarik.

Tak hanya diberi pahala yang besar, berbagi takjil juga mengajarkan anak belajar berbagi dan berempati.

Agar takjil mudah dibawa dan aman dari cipratan air, gunakan tote bag Raya yang berukuran besar. Tote bag ini terbuat dari bahan longchamp dikombinasikan dengan mika plastik dan jaring, aman untuk membawa takjil karena kuat.

7. Bercerita tentang Nabi

Kegiatan Ramadhan kreatif selanjutnya adalah bercerita tentang teladan nabi.

Menceritakan kisah teladan nabi akan memberikan dampak positif bagi anak seperti memberikan nilai pembelajaran bagi proses belajar dan tumbuh kembang anak, serta menumbuhkembangkan minat baca anak.

Saat bercerita, gunakan alat bantu seperti boneka jari agar anak bisa berimajinasi. Bercerita tentang nabi bisa dilakukan saat menunggu adzan atau sesudah menjalankan salat subuh.

Kesimpulan

Melakukan kegiatan Ramadhan kreatif bersama anak tidak hanya jalan agar anak betah di rumah, namun juga cara mendekatkan hubungan antara orang tua dan anak.

tas ransel travel besar untuk mudik ilustrasi dipakai model
Berikan reward kepada anak setelah berhasil melakukan kegiatan Ramadhan kreatif

Berikan reward seperti tas backpack SOUVIA yang bisa digunakan untuk sekolah dan traveling. Reward seperti tas bisa diberikan juga sebagai bingkisan lebaran untuk anak – anak yatim dan kurang beruntung. Konsumen dapat menambahkan logo atau brand di permukaan tas untuk menambah fungsi media branding () pada tas.

Untuk konsumen yang membutuhkan bingkisan Ramadhan dalam waktu singkat, silahkan kunjungi laman ready stock SOUVIA. Tersedia beragam souvenir yang bisa diberikan sebagai bingkisan lebaran bermanfaat. Souvenir ready stock siap diantar ke tempat tujuan dalam dua hingga tiga hari kerja.

Ingin model terbaru?

Jangan khawatir, laman new product SOUVIA menawarkan souvenir dengan desain kekinian yang pastinya eye catching.

Yuk, segera hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk mendapatkan produk yang bisa dijadikan sebagai reward kegiatan Ramadhan kreatif bersama anak.

CEK INSPIRASI LAINNYA:

SOUVIA