Apa itu souvenir? Sering dikaitkan dengan cendera mata, ternyata keduanya berbeda. Setidaknya ada beberapa perbedaan menurut definisi, fungsi, dan pembuatnya. Baca artikel ini sampai selesai untuk menyimak perbedaan keduanya.

BACA JUGA: Serupa namun tidak sama, ini perbedaan souvenir dan merchandise

Definisi Souvenir

Apa itu souvenir? Souvenir merupakan barang atau produk yang diberikan saat mengunjungi suatu tempat atau acara khusus.

Kata souvenir memiliki beberapa definisi. Berikut definisi souvenir berdasarkan KBBI dan brainly.

1. Definisi apa itu souvenir dari berbagai sumber

Suvenir merupakan kata baku dari kata souvenir dalam Bahasa Indonesia. Arti souvenir menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), suvenir adalah tanda mata, kenang – kenangan, cenderamata.

Sedangkan arti kata souvenir menurut Brainly, souvenir adalah benda atau kenang – kenangan yang dibeli atau diambil sebagai ingatan atau bukti kunjungan ke suatu tempat, peristiwa, atau acara tertentu.

Misalnya, sebagai cendera mata atau kenang – kenangan, souvenir tas memiliki ciri khas atau simbol yang mewakili lokasi atau kejadian tertentu dan dibeli sebagai pengingat atau hadiah.

2. Beda souvenir dengan cenderamata

Banyak yang mengira souvenir dan cendera mata adalah dua barang yang sama. Namun, ternyata keduanya memiliki perbedaan makna.

1. Cendera mata

Kata cendera mata merupakan arti dari kata souvenir dalam Bahasa Indonesia. Cendera mata berarti barang yang dibawa oleh wisatawan ke rumahnya untuk dijadikan sebagai kenangan.

Seseorang yang berkunjung ke daerah atau tempat tertentu, biasanya memberikan cenderamata khas tempat tersebut kepada orang – orang terdekat, tanpa melihat hari atau peristiwa penting yang sedang terjadi.

Oleh karenanya, cendera mata kental dengan sentuhan personal karena memiliki nilai emosional yang cukup tinggi.

Pemberi cendera mata biasanya cukup berhati – hati dalam memilih cendera mata agar disukai dan juga mewakili daerah asal.

Cendera mata juga tidak atau jarang berhubungan dengan perusahaan karena tujuan pemberian cendera mata murni ingin memberikan kenang – kenangan atau tanda mata kepada orang – orang terdekat.

Barang cendera mata yang berasal dari daerah wisata tertentu biasanya dibuat khusus oleh perajin.

Menurut Brainly, perajin merupakan seseorang yang memiliki keahlian khusus dalam membuat atau menciptakan barang – barang kerajinan tangan.

Perajin cendera mata memiliki keterampilan dan pengetahuan yang mendalam dalam teknik dan proses pembuatan produk kerajinan seperti kerajinan kayu, batik, anyaman, dan ukiran.

2. Souvenir

kaos bali dengan ikon tempat wisata untuk souvenir
Contoh ikon tempat wisata yang diilustrasikan dalam souvenir kaos (sumber: bukalapak.com)

Apa itu souvenir? Mirip seperti cendera mata, souvenir merupakan benda atau barang yang biasanya dibeli atau diberikan sebagai kenang-kenangan dari suatu tempat, peristiwa, atau destinasi tertentu.

Souvenir yang berasal dari kawasan wisata biasanya menampilkan ikon dari tempat tersebut. Contohnya, jika berkunjung ke wisata candi, banyak dijual souvenir yang menampilkan gambar candi.

Selain kaos t-shirt dengan logo kota wisata, souvenir dari tempat wisata juga menjual magnet kulkas atau miniatur dengan pemandangan atau ikon wisata terkenal dan flora, serta fauna dari kawasan tersebut.

Adanya souvenir juga bertujuan untuk mempromosikan daerah wisata agar semakin banyak orang yang bertandang.

Kini souvenir juga diberikan saat acara penting seseorang atau perusahaan dengan tujuan untuk memberi kenangan dan promosi.

Selain barang pabrikan yang bisa diproduksi banyak atau massal, perajin biasanya membuat kerajinan untuk dijadikan souvenir.

Perajin mampu membuat souvenir secara manual menggunakan keterampilan untuk menghasilkan produk souvenir yang mengandung karya seni yang unik.

Produk souvenir yang unik hasil karya tangan perajin biasanya sangat sulit ditemukan di beberapa daerah.

Oleh karenanya, pemburu souvenir biasanya mengoleksi souvenir khas daerah sebagai cara mereka untuk mengingat pengalaman selama berada di daerah tersebut.

3. Ringkasan perbedaan souvenir dan cendera mata

Berikut perbedaan souvenir dan cendera mata secara singkat

SouvenirCendera mata
Souvenir fokus terhadap representasi tempat wisata atau peristiwa pentingCendera mata kental akan sentuhan personal
Bertujuan sebagai objek promosi dan tanda mataTujuan utama sebagai kenang – kenangan
Souvenir kebanyakan memiliki desain yang umum.Desain istimewa, terkadang dibuat khusus.
Bisa dibuat di pabrik dan perajinKebanyakan dibuat oleh perajin
Kebanyakan diberikan di acara atau peristiwa pentingBisa diberikan di hari apa saja, tidak mengenal momen
Tabel ringkasan perbedaan souvenir dan cendera mata

Cendera mata dan souvenir adalah dua hal yang sering diberikan atau dibeli sebagai kenang-kenangan atau hadiah dari suatu tempat atau peristiwa tertentu.

Fungsi Souvenir

Setelah mengetahui perbedaan souvenir dan cendera mata, berikutnya adalah membahas mengenai fungsi souvenir khususnya sebagai bingkisan perusahaan.

1. Bentuk ucapan terima kasih

Saat ini banyak souvenir yang digunakan sebagai ucapan terima kasih atas kedatangan tamu atau peserta di acara perusahaan dan kelembagaan.

Souvenir dirasa cocok karena bisa mendukung aktivitas penerima dan juga menunjukan rasa terima kasih karena telah meluangkan waktu untuk hadir dalam acara kantor.

Corporate souvenir merupakan salah satu jenis souvenir yang akan bermanfaat bagi penerimanya karena dapat digunakan saat acara berlangsung maupun saat bekerja di kantor.

Souvenir daerah wisata yang populer bisa juga digunakan sebagai souvenir perusahaan dengan mengkombinasikan bahan berkualitas dengan kekayaan budaya Indonesia. Misalnya barang promosi seperti dengan sentuhan batik atau tenun pada souvenir etnik.

2. Bentuk apresiasi

souvenir gift set berisi pouch, name tag, dan pulpen sebagai hadiah apresiasi untuk pembicara
Hampers gift set sebagai hadiah apresiasi dalam acara Mekari Conference

Mengapresiasi karyawan berprestasi akan sangat berarti bagi karyawan karena hasil kerja dihargai dan diapresiasi oleh pimpinan sehingga akan meningkatkan citra positif perusahaan dan juga meningkatkan loyalitas.

Apresiasi wajib diberikan kepada karyawan berprestasi maupun karyawan baru yang akan mulai bergabung di perusahaan.

Seperti memberikan onboarding kit bagi karyawan baru akan membantu pekerja lebih percaya diri dan cepat beradaptasi.

3. Media branding dan promosi

Seperti yang dijelaskan di awal, souvenir berfungsi untuk meningkatkan promosi baik daerah wisata maupun perusahaan.

Semakin banyak orang menggunakan souvenir yang diberikan digunakan dalam jangka waktu yang lama, secara tidak langsung akan membantu memasarkan tempat wisata atau perusahaan yang ditampilkan dalam produk souvenir.

Tumbler minum yang digunakan sehari – hari misalnya, dirasa cukup efektif mempromosikan daerah wisata atau merek dagang karena bisa menampilkan gambar atau brand dengan jelas.

Jenis – Jenis Souvenir Sesuai Kebutuhan

Berdasarkan fungsinya sebagai media branding, ucapan terima kasih, dan bentuk apresiasi, perusahaan bisa membuat souvenir sesuai dengan kebutuhan. Apa saja?

1. Souvenir ready stock

Souvenir jenis ini cocok digunakan untuk perusahaan atau kelembagaan yang membutuhkan waktu dalam waktu singkat, namun tetap ingin menampilkan brand.

Pastikan pilih perusahaan penyedia souvenir yang memang sudah terbiasa dan handal menangani pemesanan dadakan agar souvenir yang dihasilkan sesuai. 

Seperti layanan souvenir ready stock SOUVIA yang bisa jadi solusi. Souvenir diproduksi dalam 2 – 3 hari kerja yang tidak membutuhkan waktu yang lama.

2. Souvenir new product

produk souvenir nusantara dengan balutan kain tenun.
Produk terbaru SOUVIA bertemakan nusantara dengan balutan batik dan tenun

Bosan dengan jenis dan desain souvenir yang itu – itu saja? Perusahaan bisa beralih ke penyedia souvenir yang memperbaharui koleksi souvenir.

Apa itu souvenir new product? Souvenir yang menampilkan desain kekinian namun tetap bermanfaat dan terbuat dari bahan berkualitas.

Souvenir jenis ini cocok bagi perusahaan dan kelembagaan yang memiliki banyak acara. Peserta atau tamu undangan selalu senang mendapatkan souvenir karena selalu berbeda.

Kesimpulan

Souvenir dan cendera mata saling berkaitan satu sama lain, namun ternyata memiliki perbedaan. Cendera mata bersifat istimewa, khusus, dan sarat akan sentuhan personal, serta bisa diberikan kapan saja. Sedangkan souvenir adalah produk atau barang yang diberikan untuk mengingat tempat maupun peristiwa penting.

Berbeda dengan souvenir yang lebih umum dan bisa digunakan untuk tujuan promosi perusahaan. Selain itu, souvenir bisa diberikan di momen istimewa seperti pernikahan maupun acara ulang tahun perusahaan.

Jika saat ini Anda sedang ingin memproduksi souvenir perusahaan, sales eksekutif SOUVIA dengan senang hati akan membantu!

CEK INSPIRASI LAINNYA

SOUVIA