Penyelenggara acara biasanya menyiapkan bingkisan atau souvenir untuk para tamu undangan. Bagaimana membuat merchandise acara menarik? Cek ide desain seminar kit ala SOUVIA agar menarik perhatian peserta.

Baca juga: 5 Paket Seminar Kit Eksklusif Favorit Semua Orang

Manfaat Seminar Kit

Dalam sebuah acara seminar, pihak penyelenggara akan menyiapkan produk souvenir yang diberikan kepada peserta. Ide desain seminar kit dibutuhkan agar souvenir seminar kit dapat menarik perhatian peserta dan tamu undangan.

Ide desain seminar kit akan berpengaruh terhadap jenis souvenir yang akan dipersiapkan. Sebelum itu, simak manfaat memberikan seminar kit bagi peserta atau tamu undangan.

1. Membantu peserta selama acara

Selama acara seminar berlangsung, penyelenggara acara ingin peserta dan tamu undangan menikmati acara yang disajikan.

Salah satu fungsi seminar kit yang dipersiapkan panitia adalah memberikan fasilitas kepada peserta dan tamu undangan. Contohnya paket seminar kit yang berisi buku agenda dan pulpen yang digunakan untuk mencatat hal – hal penting selama acara.

Adanya fasilitas seminar kit akan membantu para peserta fokus ke pembicara dan tidak perlu mengganggu peserta lain selama acara berlangsung.

2. Ucapan terima kasih

Seminar kit yang diberikan juga merupakan tanda ucapan terima kasih dari panitia penyelenggara kepada peserta dan tamu undangan karena telah datang ke acara seminar yang diselenggarakan.

Ide Desain Seminar Kit

Setelah mengetahui manfaat memberikan seminar kit saat acara, selanjutnya adalah membuat desainnya agar menarik. Ide desain seminar kit diperlukan agar tampilan seminar kit maksimal dan berfungsi sesuai kebutuhan peserta dan tamu undangan.

Untuk itu, simak ide desain seminar kit yang bisa diaplikasikan perusahaan maupun kelembagaan untuk membuat seminar kit di acara kantor selanjutnya.

1. Desain profesional untuk acara formal

desain seminar kit dengan gaya formal untuk kesan profesional
Inspirasi desain seminar kit dengan logo proporsional dari PANRB
gift set untuk souvenir acara salah satunya untuk souvenir G20 2022
Desain gift set Bank Indonesia yang formal

Audiens atau peserta Anda berasal dari kalangan c-level, pemangku jabatan, dan berpengaruh besar? Tema acara yang diangkat berhubungan dengan diskusi serius atau pengambilan keputusan? 

Anda bisa mencoba untuk mendesain seminar kit dengan tampilan profesional dan premium agar terkesan formal nan mewah. 

Salah satu tipsnya adalah dengan tidak berlebihan menaruh logo perusahaan atau acara pada permukaan produk pilihan. Tidak berlebihan disini artinya adalah tidak terlalu banyak logo, penempatannya proporsional pada produk, dan tidak mengganggu.

Opsi menaruh branding logo pada permukaan dalam produk, misal pada kasus pouch bag, tas seminar, maupun produk jahit lainnya, bisa diaplikasikan. Tujuannya adalah agar produk tetap terlihat orisinil dan penerima tidak segan memakainya terus menerus.

2. Sentuhan etnik percantik desain seminar kit

souvenir perusahaan dengan tenun berpadukan kulit sintetis
Aksen tenun pada souvenir kantor Toyota Indonesia produk asli Indonesia
paket seminar kit eksklusif untuk peserta seminar dan pelatihan
Batik dan kanvas perpaduan cocok yang berkesan

Acara seminar yang diselenggarakan bertema kebudayaan? Ingin menonjolkan potensi pariwisata Indonesia dari berbagai sisi dan lini? Pesertanya internasional maupun lokal? Desain seminar kit dengan aksen etnik bisa jadi solusi.

Melengkapi produk souvenir seminar Anda dengan perpaduan etnik seperti memakai batik, tenun, ulos, songket, dan berbagai kain adat Indonesia lainnya selain menambah keunikan produk juga menambah rasa cinta tanah air.

Anda bisa memadupadankan kain – kain ini dengan bahan kulit maupun kanvas seperti pada pouch batik SOUVIA. Produk pouch batik ini merupakan produk yang banyak dipesan selain karena unik, ruang penyimpanannya pun besar.

Selain mengaplikasikan desain etnik pada produk jahit, Anda pun bisa mengaplikasikan pada produk cetak. Tinggal membuat aset desain etnik pada aplikasi desain yang nantinya akan dicetak pada produk seperti pulpen, agenda, tumbler, hingga e money custom.

3. Penuh warna, karakter, ilustrasi, dan pola berkesan luwes

paket souvenir hasil produk kerja sama anatra SOUVIA dengan GenFM
Corporate souvenir Gen FM penuh ornamen yang kekinian
souvenir kantor dan seminar PUPR dengan desain seminar kit yang memakai ilustrasi
Souvenir acara kementerian PUPR

Siapa yang tidak tertarik jika desain seminar kit keren dan kekinian? Pasti siapapun akan memuji penyelenggara acara. 

Kombinasi warna merek, ornamen, karakter, ilustrasi, maupun pola berfungsi untuk menyamarkan logo. Atau dengan kata lain logo dipercantik, ditempatkan dalam layout yang apik tanpa menganulir kebutuhan untuk branding.

Desain yang bagus dengan paduan ornamen yang pas secara tidak langsung akan menambah fungsionalitas produk.

Kenapa? Karena audiens dan peserta tidak merasa bahwa souvenir seminar yang didapatkan terlalu ‘hard sell’ sehingga tidak menarik untuk dipakai dalam menunjang gaya. 

Tentunya dengan desain seminar kit yang menarik, luwes, dan kekinian akan membuat yang melihat bertanya terkait produk tersebut dapat dari mana, bukan?

4. Ramah lingkungan dengan sentuhan alam

Ide desain seminar kit selanjutnya adalah yang berdesain ramah lingkungan. Souvenir seminar kit yang menggunakan bahan ramah lingkungan akan meningkatkan citra positif pihak penyelenggara baik perusahaan maupun kelembagaan.

Biasanya, produk souvenir acara seminar dengan desain ramah lingkungan ini merupakan perpaduan antara bahan alam dengan kategori produk tertentu. Misalnya tumbler bambu, buku agenda dari bahan daur ulang, atau tote bag blacu yang terbuat dari kapas tanpa pemutihan.

5. Logo perusahaan dan acara yang sederhana

walaupun hanya logo DHL tapi penempatannya punya layout yang bagus
Branding logo DHL sederhana namun tetap rapi
souvenir kantor yang dipesan crane
Logo Crane pada berbagai produk souvenir promosi

Desain seminar kit dengan logo perusahaan atau acara memang wajib ada pada produk. Walaupun sederhana, souvenir acara seminar yang hanya berisikan branding logo memberikan kesan yang bersih. 

Souvenir acara yang berisi hanya logo memudahkan merek dikenali dari jauh. Apabila tidak ingin terlalu polos, tambahkan kutipan – kutipan yang relevan untuk menunjang desain seminar kit Anda.

Selain itu, apabila Anda membutuhkan souvenir seminar dalam waktu mepet dengan desain logo yang sederhana akan memudahkan dalam proses branding seperti pada produk ready stock SOUVIA. Tidak perlu menunggu lama untuk barang sampai ke tangan Anda.

Oleh karena itu, ide desain seminar kit harus dipikirkan secara matang agar menghasilkan seminar kit yang sesuai dengan kebutuhan peserta seminar.

Pemilihan tema, branding, produk, hingga kemasan harus disesuaikan dengan acara agar souvenir seminar tidak terbuang. Pilih ide desain seminar kit yang kekinian agar semua kalangan bisa menggunakan produk yang diberikan. 

Jika saat ini Anda membutuhkan souvenir seminar sales eksekutif SOUVIA dengan senang hati akan membantu!

CEK INSPIRASI LAINNYA:

SOUVIA