Tahun ajaran baru 2023/2024 sudah dimulai sejak bulan Juli, namun proses belajar – mengajar di sekolah masih berjalan hingga satu tahun. Dengan membuat kalender pendidikan yang baik maka Anda akan membantu para siswa dan guru membuat jadwal pelajaran lebih teratur. Jika saat ini Anda masih mencari contoh kalender pendidikan dan butuh memahami fungsi, isi, serta cara mendesain maka jangan lewatkan artikel ini. 

Baca juga: Langkah Mudah Cara Cetak Kalender Dinding dan Meja Online

Fungsi Kalender Pendidikan

Kalender pendidikan merupakan kalender yang memberikan informasi tanggal atau hari umum dalam dunia pendidikan. Jadi secara umum informasinya lebih banyak dibandingkan kalender bulanan biasa.

Adanya kalender pendidikan bertujuan memudahkan para pihak pendidikan mengatur rencana untuk pembelajaran selama setahun.

Melalui kalender pendidikan, baik orang tua, siswa, dan guru dapat mengetahui jadwal atau rencana pelaksanaan akademik selama satu tahun yang akan datang. Sehingga orang tua bisa mempersiapkan siswa lebih baik.

Kalender pendidikan juga bisa membantu pihak sekolah dan orang tua untuk merencanakan jadwal liburan tanpa harus mengganggu aktivitas sekolah anak.

Tahun ajaran baru 2023/2024

planner dibutuhkan untuk membuat contoh kalender pendidikan oleh sekolah
Ilustrasi guru sedang membuat perencanaan di kalender untuk pembelajaran di sekolah

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi menentukan dan mengeluarkan kalender pendidikan yang akan berpengaruh selama satu tahun.

Kalender pendidikan merupakan contoh kalender yang menampilkan informasi tanggal dan hari penting selama tahun ajaran baru 2023/2024 dimulai. Bentuk kalender bisa dicetak pada lembaran kertas HVS, dijadikan kalender dinding lembaran, atau dalam format kalender duduk.

Berikut beberapa informasi yang disajikan dalam kalender pendidikan:

1. 17 Juli 2023: Hari pertama KBM

2. 17 Agustus 2023: HUT Kemerdekaan RI

3. 18 – 22 September: Penilaian Tengah Semester (PTS) Ganjil

4. 30 September: Pembagian rapot PTS Ganjil

5. 4 – 8 Desember: Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil

6. 23 Desember: Pembagian rapot PAS Ganjil

7. 25 Desember 2023 – 2 Januari 2024: Libur PAS Ganjil

8. 4 Januari 2024: Awal KBM Semester Genap

9. 4 – 8 Maret 2024: PTS Genap

10. 11 – 13 Maret 2024: Libur awal Ramadan 1445 H

11. 21 -23 Maret 2024: Pesantren kilat kelas 3 – 4

12. 27 April 2024: Pembagian rapot PTS Genap

13. 13 – 18 Mei 2024: Ujian Madrasah kelas 6

14. 03 – 07 Juni 2024: PAT Genap

15. 22 Juni 2024: Pembagian rapot PAT

Isi Kalender Pendidikan

Setelah mengetahui fungsi kalender pendidikan, contoh kalender pendidikan yang baik harus berisi tanggal atau hari – hari penting selama berlangsungnya proses belajar mengajar selama satu tahun.

Kalender pendidikan yang berisi jadwal lengkap proses pembelajaran dari dimulainya tahun ajaran baru 2023 hingga tahun ajaran 2024 (tahun berikutnya) akan memudahkan civitas akademika untuk berkegiatan.

Ada 4 poin penting yang harus ada dalam Isi contoh kalender pendidikan yaitu mencakup tahun ajaran baru, waktu pembelajaran efektif, minggu efektif belajar, dan hari libur.

1. Tahun ajaran baru

Tahun ajaran baru adalah waktu dimulainya kegiatan belajar mengajar di awal semester ganjil.

2. Waktu pembelajaran efektif

Waktu pembelajaran efektif adalah jumlah jam belajar di sekolah yang mencakup seluruh mata pelajaran atau perkuliahan.

3. Minggu efektif belajar

Minggu efektif belajar merupakan jumlah minggu kegiatan belajar di setiap tahun.

4. Waktu libur

Waktu libur merupakan waktu bebas dari kegiatan sekolah atau belajar mengajar.

Contoh Kalender Pendidikan Praktis

Tidak hanya kalender dinding dan kalender meja saja yang harus didesain dengan apik. Kalender pendidikan pun perlu agar melihat tanggalan penting tetap rapi. 

Sebelumnya, Anda sudah memahami fungsi dan isi kalender pendidikan, sekarang saatnya merancang dan memvisualisasikannya ke dalam bentuk desain.

Desain kalender pendidikan bisa dirancang oleh guru dan siswa bisa dibuat di aplikasi seperti Canva, Microsoft Words, Microsoft Excel, dan Pically Calendar. Di aplikasi ini pengguna bisa membuat contoh kalender lebih mudah dan praktis.

Berikut langkah – langkah yang bisa dilakukan untuk membuat contoh kalender pendidikan yang praktis.

1. Microsoft excel

a. Langkah 1

  • Buka Microsoft Excel dan buat dokumen baru. Atur ukuran kertas pada aplikasi agar sesuai dengan kertas yang akan dicetak.

 b. Langkah 2: Pilih template kalender

  • Ketik ‘calendar’ untuk melihat beragam desain template kalender
  • Pilih salah satu template yang disuka. Terdapat template kalender dengan desain potret maupun lanskap.

c. Langkah 3: Tambahkan Judul

  • Komputer secara otomatis akan menambahkan bulan dan tahun saat ini. Jika belum sesuai, tambahkan judul kalender pada bagian atas, seperti “Kalender Bulan [Nama Bulan] [Tahun]”.
  • Microsoft excel juga telah mendesain lembaran kalender sesuai urutan bulan di “sheet” excel selanjutnya.

 d. Langkah 4: Tambahkan Catatan Tambahan (Opsional)

  • Pengguna dapat menambahkan catatan khusus, libur nasional, atau acara penting pada tanggal-tanggal tertentu dengan menambahkan teks atau elemen lainnya ke sel-sel tabel.
  • Tambahkan catatan sesuai dengan jadwal dari sekolah.

 e. Langkah 5: Simpan atau Cetak

  • Setelah pengguna puas dengan tampilan kalender, Pengguna bisa menyimpannya sebagai file Excel atau mencetaknya langsung.

Jika pengguna ingin membuat kalender yang lebih interaktif, pengguna bisa menggunakan formula Excel atau fungsi-fungsi kustom untuk menghitung tanggal-tanggal secara otomatis, atau bahkan memanfaatkan fitur makro untuk menyempurnakan kalender Anda.

Jika pengguna memerlukan contoh lebih rinci atau panduan langkah-demi-langkah dengan contoh gambar, pengguna dapat mencari tutorial khusus pembuatan kalender di Excel secara online.

Ada banyak sumber yang menyediakan panduan lengkap dengan ilustrasi yang akan membantu pengguna membuat contoh kalender pendidikan sesuai keinginan.

contoh kalender pendidikan yang dipakai untuk acuan pembelajaran akademik di jawa barat
Contoh kalender pendidikan semester 1 yang dikeluarkan oleh provinsi Jawa Barat praktis bisa diprint
contoh kalender pendidikan semester 2 provinsi jawa barat
Contoh kalender pendidikan semester 2 edaran provinsi Jawa Barat

2. Menggunakan Microsoft word

Selain menggunakan Microsoft Excel, alternatif lainnya adalah membuat kalender dengan Microsoft Word menggunakan beberapa langkah sederhana. Berikut adalah cara umum untuk membuat kalender bulanan menggunakan Microsoft Word:

a. Langkah 1

  • Buka Microsoft Word dan buat dokumen baru. Atur ukuran kertas pada aplikasi agar sesuai dengan kertas yang akan digunakan.

b. Langkah 2: Pilih template kalender

  • Ketik ‘calendar’ untuk melihat beragam desain template kalender
  • Pilih salah satu template yang disuka. Terdapat template kalender dengan desain potret maupun lanskap.

c. Langkah 3: Tambahkan Judul

  • Komputer secara otomatis akan menambahkan bulan dan tahun saat ini. Jika belum sesuai, tambahkan judul kalender pada bagian atas, seperti “Kalender Bulan [Nama Bulan] [Tahun]”

d. Langkah 4: Tambahkan Catatan Tambahan (Opsional)

  • Pengguna dapat menambahkan catatan khusus, libur nasional, atau acara penting pada tanggal-tanggal tertentu dengan menambahkan teks atau elemen lainnya ke sel-sel tabel.

e. Langkah 5: Simpan atau Cetak

  • Setelah pengguna puas dengan tampilan kalender, Pengguna bisa menyimpannya sebagai file Word atau mencetaknya langsung.

Tahapan di atas adalah langkah-langkah umum untuk membuat contoh kalender pendidikan menggunakan Microsoft Word.

Pengguna juga dapat menyesuaikan langkah-langkah ini sesuai dengan kebutuhan pengguna dan menggunakan fitur-fitur Word yang lebih canggih untuk membuat contoh kalender pendidikan yang lebih menarik.

Cetak Kalender Pendidikan dan Kalender Lainnya di SOUVIA

banner untuk promosi cara cetak kalender dinding dan kalender meja di SOUVIA
Penuhi cetak kalender perusahaan dan kantor Anda di SOUVUA

Agar sekolah, guru, siswa, dan orang tua mudah mengingat jadwal pembelajaran, buat kalender pendidikan dalam bentuk cetak yang dapat ditempel sebagai pengingat. 

Apabila ingin memberikan kesan yang melekat, padu – padankan dalam paket kalender SOUVIA yang bisa diberikan sebagai souvenir seminar sekolah dalam menyambut tahun ajaran baru. 

Sebagai penyedia souvenir promosi untuk kantor termasuk instansi sekolah, SOUVIA siap memenuhi berbagai jenis kebutuhan cetak kalender untuk keperluan Anda. Tinggal diskusi dengan sales untuk spesifikasi dan detail kalender yang diinginkan, kirimkan desain secara online, produk siap dikirim dan diterima di tangan Anda.

Jika Anda panitia yang tidak punya banyak waktu untuk mempersiapkan kalender pendidikan cetak untuk souvenir sekolah layanan produk ready stock SOUVIA selalu ada dan sales eksekutif SOUVIA dengan senang hati akan membantu!

BACA INSPIRASI LAINNYA:

SOUVIA