Memasuki penghujung tahun, saatnya pemilik bisnis, perusahaan, kelembagaan, atau perorangan mempersiapkan souvenir akhir tahun berupa kalender. Pengetahuan cara cetak kalender dinding, cara cetak kalender meja, dan cara cetak kalender online dibutuhkan untuk membuat kalender yang sesuai.

Kali ini, SOUVIA akan membagikan langkah – langkah cara cetak kalender dinding, kalender meja secara online agar mendapatkan hasil yang maksimal. Setidaknya ada 4 tahapan proses yang Anda pahami terlebih dahulu. Apa saja?

Baca juga: Ini Dia Harga dan Keuntungan Cetak Kalender 2023 di SOUVIA

1. Mengetahui Aplikasi Desain Cetak Kalender Dinding

Langkah pertama cara cetak kalender dinding dan meja adalah mendesain tampilan kalender yang diinginkan dan disesuaikan dengan kebutuhan dan tema.

Sudah banyak aplikasi desain kalender online yang menawarkan template desain kalender. Berikut beberapa aplikasi yang bisa menjadi langkah awal untuk mendesain kalender dinding dan meja untuk mempermudah pekerjaan Anda.

1. Canva

Canva merupakan salah satu aplikasi desain yang bisa digunakan secara online. Pengguna hanya perlu masuk ke dalam website dan memilih template kalender yang sesuai.

Pengguna bisa memanfaatkan gambar yang tersedia atau mengunggah gambar yang telah dibuat ke template desain kalender yang dipilih.

2. Words

Aplikasi Microsoft Word bukan hanya digunakan untuk menulis, namun juga menyediakan template kalender sederhana.

Pengguna bisa merancang sendiri tampilan kalender yang sesuai dengan kebutuhan dan kesukaan.

Di aplikasi ini, pengguna bisa memilih jenis dan warna font, serta bisa menambahkan gambar yang sesuai.

3. Excel

Sama halnya dengan word, aplikasi Microsoft excel tidak hanya mempermudah membuat tabel atau bagan, tetapi juga bisa digunakan untuk membuat kalender.

Saat Anda membuka program Microsoft Excel akan ada pilihan template desain kalender. Desain kalender di program ini lebih sederhana.

4. Pically calendar

Selain Canva, aplikasi online yang bisa digunakan untuk mempermudah cara cetak kalender dinding adalah Pically Calendar. Pically Calendar menawarkan beragam pilihan template desain calendar.

Anda hanya perlu masuk ke dalam website dan memilih template yang diinginkan, lalu memasukan foto atau gambar yang ingin ditampilkan.

2. Mengetahui Ukuran Kalender Dinding dan Meja

ilustrasi kalender meja dengan finishing spiral
Mengetahui ukuran kalender yang tepat merupakan salah satu cara cetak kalender dinding agar mendapat hasil yang maksimal

Selanjutnya, setelah memiliki pengetahuan tentang aplikasi desain kalender, ukuran kalender pun wajib diketahui sebelum cetak kalender agar tidak terjadi kesalahan dalam memproduksi kalender.

Sebelum masuk ke proses pencetakan, informasi ukuran kalender harus diketahui oleh pembuat dan juga bagian produksi agar kalender yang dibuat sesuai dengan ekspektasi awal.

Berikut ukuran kalender yang biasa digunakan.

1. Kalender dinding

Ukuran kalender dinding yang biasa digunakan adalah 31cm x 48cm, 31cm x 54cm, dan 70cm x 50cm.

2. Kalender meja

Ukuran kalender meja bisa custom atau disesuaikan dengan kebutuhan dan desain yang dibuat. Namun, umumnya desain kalender meja yang biasa digunakan adalah 15cm x 20cm.

Baca juga: Ukuran Custom Kalender Meja yang Ideal

3. Mengetahui Bahan – Bahan Kalender Dinding dan Meja

jenis kertas art paper untuk kalender salah satu proses dalam memulai cara cetak kalender dinding
Cara cetak kalender dinding juga membutuhkan pengetahuan jenis kertas yang digunakan untuk produksi kalender

Selanjutnya, mengetahui bahan – bahan yang dibutuhkan untuk memproduksi kalender dinding penting dalam proses cetak kalender.

Berikut bahan – bahan yang biasa digunakan untuk cetak kalender dinding dan meja:

1. Kertas

Beberapa kertas yang biasa digunakan dalam pembuatan kalender adalah art carton, art paper, kertas doff, kertas ivory, dan HVS.

Untuk kebutuhan kalender dinding, kertas jenis art paper sering digunakan karena memiliki ketebalan yang pas, tampilan cetakan yang mengkilap, tahan debu, dan tidak mudah luntur.

Bukan hanya kalender dinding, untuk mengetahui cara cetak kalender meja juga dibutuhkan pengetahuan tentang kertas agar produksi kalender lebih mudah.

Sedangkan, pembuatan kalender dinding biasanya menggunakan jenis kertas art carton karena lebih tebal dan tinta terserap dengan baik.

2. Tinta

Jenis tinta yang biasa digunakan untuk memproduksi kalender adalah tinta printer pigment atau durabrite.

Tinta jenis ini dapat menempel dan diserap baik oleh kertas HVS dan art paper. Warna tinta juga tajam dan cerah, sehingga hasil cetakan tidak mudah luntur.

3. Jilid spiral

Lembaran kertas kalender dinding dan meja harus disatukan agar rapi dan mudah dibalik. Untuk kebutuhan ini, jilid spiral akan membantu menyatukan lebaran dan membuat tampilan kalender dinding lebih rapi.

4. Klep seng

Fungsi klep seng serupa dengan jilid spiral, menyatukan lembaran kalender dinding. Klep seng juga memiliki harga lebih terjangkau dibanding jilid spiral. Jilid jenis ini biasanya hanya digunakan untuk kalender dinding triwulan.

4. Mencari Perusahaan Jasa Percetakan

Setelah mengetahui aplikasi desain, ukuran kalender dinding dan meja, serta memahami bahan – bahan dalam pembuatan kalender, selanjutnya adalah mencari tempat cetak kalendernya.

Pastikan memilih penyedia jasa percetakan yang memiliki reputasi dan rekam jejak yang baik agar tidak terjadi kesalahan saat memproduksi kalender. Hal yang sama berlaku untuk cara cetak kalender online.

SOUVIA menawarkan jasa percetakan kalender dinding dan kalender meja yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran konsumen.

Cetak Kalender Online Praktis di SOUVIA

banner untuk promosi cara cetak kalender dinding dan kalender meja di SOUVIA
SOUVIA menyediakan jasa cetak kalender meja dan dinding untuk souvenir promosi kantor dan perusahaan

Jika ingin mencetak kalender secara online, teknisnya sebenarnya tergolong mudah. Anda cukup menyiapkan desain dan mengirimkannya kepada penyedia jasa percetakan yang sudah dipilih. 

Dokumen desain dapat Anda kirimkan melalui pesan WhatsApp, ruang pembicaraan di aplikasi (jika ada) maupun email atau surat elektronik. Pastikan dokumen memiliki format .pdf untuk kebutuhan siap cetak atau jika belum siap cetak kirimkan dokumen mentahnya untuk disunting apabila terdapat perubahan.

Berikut langkah – langkah yang dapat Anda tempuh untuk cetak kalender online SOUVIA:

1. Hubungi sales eksekutif SOUVIA

Dengan berdiskusi terlebih dahulu terkait spesifikasi dan detail kalender, pengetahuan mengenai ukuran, bahan serta finishing kalender diperlukan agar pesanan sesuai harapan. 

Pada tahap ini, Anda juga bisa memadu – padankan kalender dengan barang promosi perusahaan lain jika perlu sehingga terbentuk produk paket kalender. Dengan begitu, souvenir akhir tahun Anda akan semakin lengkap.

2. Kirim desain kalender

Selanjutnya, jika sudah ada desain yang dibuat, kirimkan desain kalender kepada sales SOUVIA untuk di review dan dipastikan siap cetak.

Apabila Anda belum memiliki desain, Anda bisa meminta tolong untuk dibuatkan desain oleh tim SOUVIA dengan catatan Anda harus mengirim aset foto atau grafis yang ingin dipergunakan untuk dicetak di dalam kalender. 

Jasa desain di SOUVIA sudah termasuk dalam harga produk kalender sehingga tidak perlu lagi membayar untuk jasa desain.

3. Ikuti alur pembayaran dan tunggu barang sampai 

Setelah mengirim desain kalender, ikuti alur pembayaran dan proses produksi cetak kalender akan dimulai yang nantinya akan dikirim ke alamat Anda jika sudah selesai dibuat.

Jika Anda memerlukan bantuan dalam mencetak kalender dinding maupun meja secara online untuk kebutuhan kantor maupun promosi perusahaan dan butuh dalam waktu cepat, layanan produk ready stock SOUVIA selalu ada dan sales eksekutif SOUVIA dengan senang hati akan membantu!

Kesimpulan

Membuat kalender dinding atau meja membutuhkan pengetahuan akan desain, ukuran, dan bahan – bahan yang digunakan agar tidak ada kesalahan saat memproduksi.

Cara cetak kalender dinding, cara cetak kalender meja, dan cara cetak kalender online akan membantu Anda sebagai pengusaha, perwakilan perusahaan atau kelembagaan mengetahui langkah – langkah dasar mencetak kalender.

CEK INSPIRASI LAINNYA:

SOUVIA