Saat penghujung tahun, perusahaan-perusahaan biasanya akan membuat souvenir kalender meja dan dinding untuk karyawan, kolega, maupun customer-nya. Tidak ada salahnya mempersiapkan kalender 2023 untuk diberikan mulai dari sekarang agar akhir tahun lebih tenang. Lalu berapa ukuran kalender meja yang biasa dipesan?

Kalender yang diletakkan di meja akan memudahkan untuk membuat rencana jangka pendek dalam beberapa hari ke depan, mencatat detail pekerjaan yang harus dilakukan, atau menandai tanggal-tanggal penting. 

Selain itu, untuk memberikan penyegaran dan meningkatkan produktivitas di tahun yang baru, perbarui tata letak dan aksesori di meja kerja atau meja belajar dengan wajib mengganti kalender meja.

Baca juga: 7 Hal yang Harus Diperhatikan saat Cetak Kalender Meja

Jika bosan dengan desain yang sudah ada dan pernah diberikan sebelumnya, custom kalender meja sesuai dengan desain atau foto dari perusahaanmu yang terbaru. Tapi sebelum itu, ketahui terlebih dulu ukuran yang biasa digunakan. Penasaran berapa ukuran kalender meja yang umum digunakan? Simak selengkapnya di artikel berikut ini.

Ukuran Ideal Kalender Meja

Kalender meja atau kalender duduk biasanya dicetak dalam 2 jenis, yaitu kalender meja yang memanjang ke samping (landscape) dan kalender meja yang memanjang ke atas (portrait). Jika akan melakukan proses cetak kalender meja, jangan sampai salah untuk mendesain kalendernya sesuai dengan ukuran kalender meja yang dipilih. Berikut ini adalah penjelasan lengkap untuk masing-masing ukuran kalender meja.

1. Kalender Meja Landscape

Contoh kalender meja dengan ukuran kalender meja kecil
kalender meja landscape cocok untuk meja lebar

Ukuran ideal yang biasanya digunakan untuk kalender dengan model memanjang ke samping ini atau landscape adalah ukuran 15 x 21 cm (A5). Selain menggunakan ukuran yang standar ini, terdapat ukuran lain untuk pilihan custom kalender meja yang biasa tersedia, yakni 17 x 23 cm. Kalender meja dengan desain landscape ini akan memberikan sudut pandang yang lebih luas dan lebar sehingga posisinya pun juga bisa lebih stabil jika diletakkan.

2. Kalender Meja Portrait

ukuran custom kalender meja portrait cocok untuk permukaan yang sempit
Kalender portrait lebih ramping dan tidak menghabiskan banyak tempat

Selanjutnya ada juga ukuran yang biasa digunakan pada kalender yang modelnya memanjang ke atas atau portrait. Kalender meja portrait atau biasa disebut kalender duduk ukuran idealnya adalah 21 x 15 cm. Selain itu, biasanya juga tersedia ukuran lain yang mungkin bisa kamu jadikan pilihan untuk custom kalender duduk, yaitu ukuran 24 x 17 cm.  Keunggulan dari model portrait daripada model landscape adalah ukurannya yang lebih ramping sehingga jika diletakkan di meja, ia tidak akan mengahabiskan banyak tempat.

Baca juga: Mengapa Cetak Kalender Meja Custom di Souvia?

Perhatikan Aspek Lain untuk Pembuatan Kalender

Selain ukuran, perhatikan juga pilihan kertas yang digunakan. Kertas yang digunakan ada bermacam-macam, contohnya Ivory 206, art carton 206, dan art paper. Pilihan laminasi pun beragam yaitu laminasi doff, laminasi glossy, dan lain sebagainya.

Tentukan banyaknya halaman di awal dalam cetak kalender meja atau sesuaikan dengan budget yang ada. Jika memilih 12 halaman, maka 1 lembar berisi 1 bulan (kalender bulanan), bisa juga 1 halaman diisi dengan 2 bulan (kalender dwiwulan) atau 3 bulan sekaligus (kalender triwulan).

Jasa Cetak Kalender Terpercaya

Produk-produk custom kalender meja bisa Anda temukan dan Anda pesan di Souvia Bogor. Selain kalender meja, percetakan kalender Souvia juga dapat membuat kalender dinding untuk kebutuhan souvenir promosi maupun perusahaan. Jika memesan di Souvia, harga kalender sudah termasuk dengan gratis jasa desain kalender untuk mempermudah Anda.

Baca juga: Tips Cetak Kalender Perusahaan Anda agar Lebih Hemat Budget

Pastikan untuk memilih supplier souvenir yang sudah berpengalaman dan terpercaya untuk layanan terbaik. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pemesanan produk souvenir, hubungi sales eksekutif Souvia di bawah ini.

SOUVIA