Penilaian kinerja karyawan terus dilakukan untuk meningkatkan performa perusahaan. Apa fungsi dan kriterianya? Bagaimana souvenir produktivitas Souvia membantu meningkatkan performa karyawan Anda? Simak yuk!

BACA JUGA: Souvenir wajib untuk karyawan berprestasi

Definisi dan Tujuan Penilaian Kinerja Karyawan

Performance appraisal atau penilaian kinerja karyawan merupakan proses evaluasi kerja karyawan yang dilaksanakan secara formal dalam periode tertentu dengan berpedoman kepada standar kerja yang telah ditentukan perusahaan.

Tujuannya adalah untuk mengetahui perkembangan karyawan, mengetahui kelemahan perusahaan dan memperbaikinya, serta menjalin komunikasi diskusi dengan para karyawan untuk meningkatkan performa kerja karyawan.

Pastikan karyawan menggunakan name tag kulit Souvia yang berbahan PVC dan kulit sintetis agar para penilai kinerja karyawan melihat dengan jelas identitas karyawan yang dievaluasi.

Kriteria

Disiplin terhadap waktu merupakan salah satu poin penilaian kerja
Disiplin merupakan salah satu kriteria dalam evaluasi kerja

Kriteria penilaian kinerja karyawan setiap perusahaan berbeda satu sama lain. Perusahaan memiliki kriteria tersendiri yang berpengaruh terhadap performa kerja karyawan. Berikut kriteria yang biasanya diterapkan oleh perusahaan:

  1. Sikap
  2. Disiplin
  3. Kualitas pekerjaan
  4. Komunikasi
  5. Pengetahuan seputar pekerjaan
  6. Kepemimpinan
  7. Kecepatan melakukan pekerjaan
  8. Kepercayaan diri
  9. Team work
  10. Menyampaikan ide

Perusahaan dapat membuat kalender online maupun kalender meja atau dinding untuk mengingatkan karyawan mengenai jadwal evaluasi serta kriterianya agar termotivasi. Informasi dan desain kalender bisa custom sesuai tema dan anggaran perusahaan.

Manfaat

Adanya penilaian kinerja karyawan membuat perusahaan mengetahui hal – hal yang harus dibenahi untuk memajukan perusahaan. Pun dengan karyawan mengetahui potensi dan kelemahan yang dimiliki. Berikut ini manfaat yang didapat dari penilaian kinerja karyawan:

1. Bahan evaluasi perusahaan

Evaluasi karyawan merupakan ajang memberikan masukan kepada perusahaan
Hasil penilaian kinerja karyawan menjadi bahan evaluasi perusahaan agar lebih baik

Proses penilaian kinerja karyawan akan menghasilkan temuan – temuan yang harus diperhatikan perusahaan. Temuan – temuan ini harus dievaluasi karena berpotensi mempengaruhi performa karyawan dan keberlangsungan perusahaan.

Dengan adanya evaluasi, perusahaan akan lebih berhati – hati mengambil keputusan yang berhubungan dengan karyawan tersebut.

2. Mengetahui kelemahan dan potensi karyawan

Penilaian kinerja karyawan akan membantu perusahaan dan karyawan mengetahui kelemahan dan kelebihan yang dimiliki.

Dengan mengetahui kelemahan karyawan, perusahaan akan lebih siap untuk menutupi kekurangan tersebut. Dan juga, perusahaan akan lebih sigap untuk melatih kelemahan karyawan agar lebih baik.

Potensi karyawan akan mudah terlihat setelah melalui penilaian kinerja. Dengan mengetahui potensi karyawan, perusahaan akan mempersiapkan langkah selanjutnya untuk mengembangkan karyawan agar dapat berkontribusi lebih baik bagi perusahaan.

3. Menggali potensi karyawan

Mentoring dapat dilakukan untuk membuat potensi karyawan menjadi optimal
Karyawan yang berpotensi harus dibina agar dapat berkontribusi lebih baik

Orang yang berkompeten untuk menilai kinerja karyawan akan memberi catatan khusus bagi karyawan yang memiliki potensi. Mereka akan mencoba menggali potensi tersebut untuk mengetahui tingkat potensi karyawan.

Dari catatan tersebut, pihak perusahaan akan mengajak karyawan berdiskusi mengenai hal – hal yang akan dilakukan untuk mengembangkan potensi karyawan. Perusahaan wajib mengalokasikan dana khusus untuk meningkatkan kemampuan karyawan agar dapat bekerja maksimal.

Penuhi kebutuhan karyawan akan alat tulis dengan buku agenda dan pulpen Souvia agar dapat menuangkan ide dan gagasan mereka.

4. Media ukur kenaikan gaji karyawan

Evaluasi kerja karyawan memuat hal – hal yang berhubungan dengan pekerjaan seperti jenis, pencapaian, target, bobot, dan nilai pekerjaan.

Dari nilai yang tersaji, perusahaan memiliki tolok ukur kenaikan gaji yang harus diberikan kepada karyawan. Tentu saja kenaikan gaji diberikan sesuai dengan standar kriteria penilaian kinerja karyawan yang diterapkan oleh perusahaan.

5. Terjalin komunikasi dua arah antara karyawan dan pihak perusahaan

Komunikasi yang baik antara kedua belah pihak adalah salah satu hal yang tercipta melalui penilaian kinerja karyawan
Penilaian kinerja karyawan akan menciptakan komunikasi dua arah antara karyawan dan perusahaan

Temuan dan catatan yang ditemukan pihak perusahaan harus didiskusikan dengan karyawan terkait. Termasuk strategi yang harus dipersiapkan untuk menanggulangi karyawan yang belum mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Adanya temuan akan membuat pihak perusahaan aktif berkomunikasi dengan karyawan untuk menemukan solusi terbaik bagi kedua belah pihak.

Duduk bersama sambil minum minuman favorit dengan mug stainless Souvia akan menciptakan kondisi nyaman saat ngobrol bersama karyawan.

6. Memotivasi karyawan

Penilaian kinerja karyawan yang dilakukan secara tidak langsung akan mendorong karyawan untuk melakukan pekerjaan sesuai dengan standar operasi perusahaan (SOP) yang berlaku.

Tentu karyawan ingin menampilkan yang terbaik agar mendapat nilai maksimal. Sehingga kenaikan gaji dan jabatan bisa diraih.

Memotivasi karyawan bisa dilakukan dengan membuat buku agenda yang berisi pencapaian karyawan teladan dan reward yang diberikan perusahaan kepada mereka yang berprestasi.

Tak hanya itu, buku agenda yang dibuat custom bisa menjadi merchandise kampanye efektif yang berisi visi, misi, dan target perusahaan.

Apresiasi perusahaan

Paket luxury berisi tas selempang kulit asli, agenda, dan pulpen
Siapkan paket luxury F untuk mengapresiasi karyawan Anda

Perusahaan perlu mengapresiasi karyawan yang belum menunjukan performa terbaik maupun yang sudah memberikan kontribusi maksimal bagi perusahaan.

Apresiasi bagi para karyawan tak perlu mahal, cukup hadiahkan mereka dengan barang yang bisa digunakan sehari – hari seperti souvenir perusahaan eksklusif Souvia yang terdiri dari tas slempang postman yang terbuat dari kulit asli, buku agenda, dan pointer.

Apresiasi dari perusahaan diharapkan mampu meningkatkan kepercayaan diri dan mendorong karyawan bekerja lebih baik. Sehingga, skor pada kriteria penilaian kinerja karyawan selanjutnya akan meningkat.

Untuk Anda yang membutuhkan souvenir dalam waktu singkat namun berkualitas, segera kunjungi laman souvenir ready stock Souvia, di sana tersedia banyak pilihan souvenir best seller Souvia. Langsung hubungi sales executive Souvia untuk informasi lebih lanjut.

CEK INSPIRASI LAINNYA:

SOUVIA