Tanggal 28 Oktober diperingati sebagai harinya generasi muda. Di tahun 1928, para pemuda di seluruh Indonesia berkumpul untuk merumuskan hal – hal tentang kemerdekaan Indonesia. Bentuk perayaan bisa diselenggarakan dalam bentuk lomba sumpah pemuda.

Di masa kini, para pemuda harus bisa meneruskan perjuangan pendahulunya untuk bisa mempertahankan kemerdekaan lewat kegiatan sumpah pemuda.

Berikut rekomendasi lomba sumpah pemuda ala SOUVIA agar semangat kebersamaan dan mengasah pengetahuan generasi muda terus berkobar demi Indonesia yang berdaulat.

Perusahaan dan kelembagaan bisa ambil bagian dalam penyelenggaraan acara dengan menyiapkan souvenir kantor name tag untuk peserta dan panitia lomba sumpah pemuda agar pelaksanaan lebih tertib.

BACA JUGA: 20 tema sumpah pemuda, menarik dan nasionalis

Cerdas Cermat Tentang Sumpah Pemuda

Lomba ini masih menjadi yang populer diadakan bagi generasi muda. Hal ini karena cerdas cermat mampu mengasah ketajaman berpikir dan kemampuan analisis para siswa.

Cerdas cermat mampu memeriahkan lomba sumpah pemuda karena peserta akan terus menggali pengetahuan dan mengasah pola pikirnya untuk menjadi yang terbaik.

Khusus acara sumpah pemuda, selain pengetahuan umum yang diajarkan di sekolah, rancang soal – soal yang berhubungan dengan kepemudaan, termasuk perjuangan pemuda di jaman itu.

Untuk menambah motivasi dan apresiasi, persiapkan jaket bomber kekinian untuk para peserta agar tampil maksimal. Perusahaan bisa memproduksi produk apparel ini sebagai souvenir perusahaan dan menyumbangkannya untuk cendera mata lomba sumpah pemuda.

Lomba Pidato Sumpah Pemuda

Lomba pidato tema sumpah pemuda
Berpidato tentang pentingnya pemuda dalam kedaulatan bangsa (sumber: Freepik)

Lomba ini mengajarkan kepada pesertanya untuk belajar berbicara dan dan mengemukakan pendapat di depan umum.

Pidato memberi kesempatan bagi para pemuda untuk menggali lebih dalam tentang tema sumpah pemuda yang diangkat.

Adapun hal – hal yang dinilai dalam lomba pidato adalah kesesuaian tema, sistematika penyampaian, penggunaan bahasa, artikulasi, gaya, dan ketepatan waktu.

Essay Sumpah Pemuda

Pendapat dan pengetahuan yang diketahui oleh peserta dan siswa bisa dikemukakan dalam essay lomba sumpah pemuda.

Di kompetisi ini, para generasi muda akan dilatih untuk menganalisis permasalahan dan solusi yang harus dikembangkan.

Lomba essay bermanfaat untuk peserta dalam menuliskan ide dan meyakinkan orang lain melalui kemampuan berbicaranya.

Fotografi Tema Sumpah Pemuda

Dalam sebuah gambar yang diabadikan memiliki cerita yang tidak diketahui oleh penikmatnya.

Lomba foto akan melatih peserta untuk mengabadikan kejadian yang penuh makna agar bisa dilihat oleh orang banyak.

Fotografi tema sumpah pemuda akan menyampaikan informasi mengenai kegiatan kepemudaan yang diwakili oleh gambar.

Untuk menjadi juara dan meraih souvenir perusahaan khas Indonesia. Setiap foto akan dinilai aspek pengambilan angle atau sudut, momen, pencahayaan, dan kreatifitas.

Kompetisi Debat Pentingnya Pemuda

Acara sumpah pemuda makin meriah dengan lomba debat
Adu argumen dengan bukti dan pola pikir yang bisa diterima akan melatih pemuda untuk mengemukakan pendapat (sumber: Freepik)

Selain cerdas cermat, melatih kemampuan berpikir kritis bisa dilatih dengan adu argumen.

Lomba debat menuntut peserta untuk memperluas pengetahuan dan isu yang sedang dibicarakan oleh banyak orang.

Tidak hanya pola pikir kritis dan analisis yang berkembang, siswa juga akan dilatih kemampuan publik speaking agar didengarkan oleh banyak orang.

Selain itu, peserta juga akan berlatih saling adu argumen dengan fakta dan analisis yang masuk akal dan bisa diterima untuk bisa memenangkan lomba sumpah pemuda ini.

Agar para peserta lebih percaya diri dan tidak tercampur dengan panitia, maka atribut atau kaos perlombaan harus dipersiapkan. Permukaan kaos akan menampilkan brand atau logo yang mendukung kegiatan, sehingga cocok sebagai souvenir kantor khusus lomba sumpah pemuda.

Buat Poster

Tidak hanya berpikir kritis dan menganalisis, para siswa juga perlu melatih sisi kreatif agar terus berkembang.

Lomba poster dalam kegiatan sumpah pemuda akan membantu peserta melatih imajinasi dan berpikir kreatif dalam menuangkan ide agar bisa diterima dengan baik.

Panitia berhak menentukan jenis aplikasi yang digunakan oleh peserta untuk membuat poster. Berikut kriteria penilaiannya:

  1. Orisinalitas karya
  2. Kesesuaian antara isi dan desain
  3. Kualitas penyampain pesan
  4. Inovasi
  5. Kualitas artistik visual
  6. Presentasi poster

Baca Puisi

Walau sudah jarang didengar, lomba baca puisi sangat cocok dijadikan sebagai salah satu kegiatan sumpah pemuda.

Sama seperti lomba sumpah pemuda lainnya, membaca puisi melatih peserta untuk mengembangkan kemampuan berbahasa dan mengekpresikan jiwa dan perasaan  yang puisi yang ditangkap oleh peserta.

Oleh karena itu, kriteria penilaian meliputi, gaya penyampaian, intonasi, artikulasi, dan pelafalan.

Kesimpulan

Souvenir untuk motivasi peserta lomba sumpah pemuda
Pemberian souvenir kantor sebagai kenang – kenangan atau hadiah oleh perusahaan dan kelembagaan dalam mendukung kegiatan sumpah pemuda

Lomba sumpah pemuda akan membantu menyemarakkan semangat pendahulu untuk mempertahankan dan meningkatkan persatuan.

Kegiatan ini bisa diselenggarakan di sekolah atau perusahaan untuk mengenang pengorbanan yang dilakukan para pendahulu agar semangat kesatuan terus ada di semua generasi.

Perusahaan atau kelembagaan bisa menjadi penggerak kegiatan sumpah pemuda dengan memberikan dukungan berupa souvenir kantor untuk hadiah atau cendera mata peserta dan panitia agar lebih produktif.

Hubung sales eksekutif SOUVIA untuk mendapatkan souvenir perusahaan yang cocok dan berguna bagi pendukung acara kegiatan sumpah pemuda.

CEK INSPIRASI LAINNYA:

SOUVIA