Jenis jenis souvenir di pasaran sudah banyak sekali untuk berbagai keperluan. Baik untuk acara pribadi seperti ulang tahun atau pernikahan. Ada juga souvenir untuk acara lembaga atau perusahaan, institusi pendidikan dalam bentuk workshop, pameran, seminar, dan dalam format lainnya. 

Baca juga: Ide Desain Seminar Kit untuk Souvenir Acara

Untuk itu, bagi Anda yang ingin membuat tanda mata, harus cermat memilih mana yang paling tepat. Agar tidak salah pilih yuk simak beberapa rekomendasi ide souvenir bermanfaat untuk kantor, pernikahan, dan acara lainnya serta apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum memesan. 

Jenis – Jenis Souvenir untuk Berbagai Acara

1. Souvenir Pernikahan 

Di setiap acara resepsi pernikahan pasti akan ada souvenir yang diberikan penyelenggara acara sebagai kenang-kenangan dan tanda terima kasih terhadap tamu yang hadir. Ada banyak pilihan jenis-jenis souvenir pernikahan di pasaran. 

Selain yang up to date,  jenis – jenis souvenir pernikahan yang bisa dipertimbangkan, contohnya tote bag dengan desain inisial nama mempelai pengantin, tanggal pernikahan, dan kutipan romantis. 

Referensi lainnya bisa dompet kartu, mug, handuk kecil, atau ide souvenir unik lainnya yang juga sedang tren adalah sabun handmade. 

2. Souvenir Acara Seminar

Kebanyakan acara seminar yang diadakan oleh sebuah brand atau perkuliahan pasti disediakan souvenir oleh panitia untuk para peserta dan pembicara sebagai bentuk terima kasih karena sudah hadir pada acara tersebut. 

Umumnya isi dari souvenir dalam acara seminar dikemas dalam tote bag dan di dalamnya berisi pin yang berdesain logo brand, atau nama acara tersebut, buku notes lengkap dengan pulpen, sticky notes, gantungan kunci, payung, dan lainnya.  

3. Souvenir Wisuda

Acara wisuda juga sekarang banyak yang dilengkapi dengan pemberian souvenir dari sekolah atau universitas untuk para wisudawan/wisudawati. 

Ini ditujukan sebagai bentuk kenang-kenangan bagi wisudawan sebelum akhirnya resmi meninggalkan institusi pendidikan tersebut. 

Beberapa contoh bentuk barang yang bisa diberikan yaitu plakat, boneka wisuda, tas laptop, tas serut, dan lain sebagainya.

4. Souvenir untuk Reuni

Acara reuni menjadi event menyenangkan yang hingga saat ini masih banyak diselenggarakan. Dalam momen ini Anda bisa bertemu teman-teman lama dan bernostalgia bersama. 

Itulah sebabnya acara ini sering diselenggarakan dengan sebaik mungkin, bahkan hingga dibentuk panitia khusus agar bisa terselenggara dengan lebih berkesan. 

Tak jarang dalam acara seperti ini disediakan juga tanda mata atau souvenir bagi siapa saja yang hadir. 

Seperti apa jenis – jenis souvenir yang cocok untuk acara reuni? 

Beberapa rekomendasinya bisa jaket, topi, bantal leher, dan sandal jepit custom. Semua kenang-kenangan tersebut bisa didesain dengan nama dan tahun angkatan. 

5. Souvenir Perusahaan atau Kantor

beberapa contoh peralatan yang dibutuhkan untuk aktivitas kerja. Beberapa dapat dijadikan souvenir kantor
Ide souvenir unik untuk perusahaan kantor. Sumber: Freepik

Sekarang sudah banyak yang membuat souvenir kantor untuk berbagai keperluan. 

Misalnya untuk hadiah bagi relasi, memberikan kesan positif, meningkatkan keuntungan penjualan, pengenalan produk perusahaan, hingga sebagai welcome kit jika ada karyawan baru yang bergabung. 

Ada apa saja jenis-jenis souvenir perusahaan? Beberapa di antaranya Anda bisa beli pulpen metal, tumbler, tote bag dan kaos yang disertai logo perusahaan, mini pouch,  gadget aksesoris, seperti, powerbank dan speaker, masker, mouse pad, kabel data, flashdisk hingga produk yang dijual oleh brand atau perusahaan itu sendiri. 

Misalnya, jika yang menyelenggarakan acara adalah brand atau perusahaan skincare, tak jarang mereka memberikan produk perawatan kulit yang mereka jual. 

6. Souvenir Ulang Tahun Anak 

Jika Anda berpikir untuk memberikan bingkisan ke para anak-anak yang datang ke acara ulang tahun si buah hati hanya snack dan susu kotak, coba sekarang pertimbangkan untuk memberikan bentuk lain selain makanan ringan. 

Jenis – jenis souvenir ulang tahun anak yang bisa dipertimbangkan adalah buku gambar dan alat mewarnai, celengan, DIY kit, kotak pensil, tas kecil, dan tempat makan. 

7. Souvenir untuk Acara Pengajian

Khusus untuk acara pengajian dengan tujuan tertentu, misalnya pengajian khitanan anak, pengajian untuk pernikahan, pengajian sebelum melakukan ibadah umroh atau haji terkadang ada juga yang memberikan kenang-kenangan kepada para tamu undangan.

Beberapa rekomendasi yang bisa dipilih untuk acara pengajian yaitu tasbih beserta sajadah, hijab, buku doa, alquran, peralatan body care dan hair care. 

Cara Memilih Souvenir

Dari informasi di atas, ada banyak sekali ya opsi barang yang bisa diberikan. 

Anda perlu cermat dalam menentukan mana yang paling cocok dan sesuai kebutuhan. Jangan sampai souvenir hanya dijadikan pajangan atau diletakkan begitu saja di rumah si penerima. 

Nah, untuk menghindari salah pilih dan menghemat waktu, yuk ikuti beberapa cara menentukannya di bawah ini!

1. Sesuaikan dengan Budget yang Dimiliki

Pastikan dalam memilih jenis souvenir disesuaikan dengan keuangan yang dimiliki.

Itulah sebabnya sebelum memesan Anda perlu melakukan kalkulasi dan melakukan riset mana barang yang bisa dipilih sesuai kondisi keuangan dan kegunaan dari barangnya. 

2. Sesuaikan dengan Jumlah Kebutuhan

Misalnya untuk kebutuhan acara workshop atau seminar jangan sampai souvenir yang disediakan jumlahnya kurang. 

Sebaiknya sediakan jumlah souvenir lebih banyak dari target. Tujuannya agar semua peserta memperoleh barang tersebut dan menjaga nama baik Anda maupun perusahaan.

3. Packaging yang Rapi dan Eye Catching

Urusan pengemasan penting untuk diperhatikan. Dengan tampilan yang enak dilihat akan membuat souvenir jadi lebih istimewa dan aman. Tampilan souvenir juga bisa meningkatkan kredibilitas Anda atau perusahaan di mata penerima.

4. Pastikan Souvenir Memiliki Kegunaan

Souvenir memang harus dipilih yang memiliki tampilan menarik. Namun, yang tak kalah penting adalah pastikan barang yang diberikan berguna bagi si penerima. 

Jika souvenir yang diberikan memberikan manfaat, pastinya akan lebih berkesan dan perusahaan jadi lebih mudah diingat.

5. Desain Disesuaikan dengan Tema Acara

Tema acara juga ikut menentukan jenis – jenis souvenir yang dipilih. Dengan memilih barang yang sesuai akan memunculkan nilai positif dan kesan yang lebih baik di mata penerima.

6. Ukuran Souvenir

Yang sering dilupa saat menentukan jenis – jenis souvenir adalah ukuran dari barang tersebut. Pastikan souvenir yang dipilih cukup mudah dibawa kemana-mana oleh penerima. 

Selain memudahkan penerima, ukuran tanda mata yang dipilih juga akan berpengaruh pada biaya pengiriman, apalagi jika Anda memesan dari luar kota.

7. Pesanlah Jauh-jauh Hari

Jika Anda memerlukan souvenir dalam jumlah yang banyak, maka sebaiknya lakukanlah riset dan pemesanan jauh-jauh hari. 

Tujuannya agar pencarian souvenir dan pembuatannya bisa optimal. Souvenir yang dipesan pun bisa sesuai dengan harapan Anda. 

8. Pilihlah Pembuat Souvenir yang Terpercaya dan Berpengalaman

pouch kulit sintetis Belleza rekomendasi souvenir perusahaan premium
Ide souvenir bermanfaat pouch kulit sintetis dari SOUVIA.

Bingung pesan souvenir seperti pouch berkualitas maupun barang lainnya? Anda bisa percayakan pada SOUVIA sebagai penyedia souvenir perusahaan. 

Anda bisa datang ke tempat kami dan melihat sampel yang selalu siap sedia. Selain itu gratis visualisasi produk dengan desain Anda secara langsung sebelum memesan.

Jika Anda sedang memerlukan souvenir kantor dalam waktu mepet, souvenir ready stock SOUVIA bisa jadi solusi.

Kami pun memiliki layanan custom shipping ke berbagai alamat untuk permudah pengiriman berbagai jenis – jenis souvenir

Ragu menentukan mana souvenir kantor yang sesuai? Tim SOUVIA siap memberikan solusi sesuai kebutuhan Anda.

Untuk informasi pemesanan atau informasi detail terkait souvenir dari kami, silahkan hubungi sales eksekutif SOUVIA.

CEK INSPIRASI LAINNYA:

SOUVIA