Pemerintah memiliki banyak acara yang harus dipersiapkan dengan baik agar tujuannya terpenuhi. Salah satu cara untuk menarik peserta dan masyarakat agar terlibat adalah dengan memberikan merchandise. Bagaimana memilih merchandise acara pemerintah yang pas? Simak yuk!

BACA JUGA: 5 manfaat merchandise pemilu, sosialisasikan aturan KPU dan visi misi partai untuk tingkatkan pemilih

Definisi Merchandise Acara Pemerintah

tas selempang kulit suede cocok dipakai wanita
Souvenir acara pemerintah digunakan untuk meningkatkan citra positif Lembaga pemerintah

Souvenir acara pemerintah merupakan suatu produk atau barang yang digunakan kelembagaan pemerintah dalam melakukan promosi kebijakan atau program dalam acara pemerintahan.

Adanya souvenir acara pemerintah akan membantu meningkatkan kepopuleran dan citra positif lembaga pemerintahan dan program yang sedang disosialisasikan.

Fungsi Merchandise Acara Pemerintah

Merchandise instansi pemerintah dalam bentuk barang yang diberikan kepada khalayak lebih luas akan meningkatkan kepuasaan masyarakat.

Tidak hanya itu, fungsi merchandise pemerintah lainnya adalah sebagai berikut.

1. Media promosi acara dan program pemerintah

2. Memperkenalkan acara dan program pemerintah yang dijalankan

3. Bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih

4. Menarik masyarakat untuk mengunjungi acara pemerintah

Jenis – Jenis Merchandise Acara Pemerintah

t-shirt lengan panjang dapat dibranding logo
Kaos lengan panjang merupakan jenis souvenir acara pemerintah jenis produk fashion

Hampir semua produk atau barang bisa dijadikan sebagai merchandise acara pemerintah. Yang paling penting, merchandise tersebut bisa berfungsi dan bisa digunakan dengan baik oleh penerima.

Berikut jenis – jenis merchandise yang bisa digunakan.

1. Merchandise produk khusus

Khusus untuk merchandise jenis ini biasanya membutuhkan waktu dan biaya yang tidak sedikit, namun ada juga merchandise yang terjangkau seperti:

a.       Stiker

b.       Gantungan kunci

c.       Pin atau bros

2. Merchandise produk sehari – hari

Merchandise instansi pemerintah yang bisa digunakan sehari – hari merupakan merchandise favorit semua orang. Pasalnya, barang – barang jenis ini bisa mendukung aktivitas di rumah maupun saat bepergian. Contohnya adalah:

a.       Tas

b.       Mug

c.       Tumbler

d.       Payung

e.       Buku agenda

f.        Name tag kulit

g.       Pulpen

h.       Card holder

i.         Kalender

3. Merchandise acara pemerintah produk fashion

Merchandise acara pemerintah jenis ini cukup banyak dimintai masyarakat luas maupun mitra karena bisa digunakan dengan baik.

Berikut merchandise fashion SOUVIA yang bisa digunakan dalam event pemerintah.

a.       Rompi

b.       Kaos lengan panjang

c.       Jaket boomber

d.       Jaket hoodie

e.       Topi

f.        Kaos raglan

g.       Kaos polo

h.       Kaos lengan pendek

Cara Memilih Merchandise Acara Pemerintah

Seperti yang disebutkan di atas, semua barang atau produk bisa dijadikan sebagai merchandise instansi pemerintah.

Agar lebih sesuai dengan kebutuhan dan tema kegiatan, lihat cara pilih merchandise acara pemerintah berikut ini yuk!

1. Survey dan kenali merchandise acara pemerintah

merchandise acara pemerintah yang dilengkapi pouch batik kantik, name tag kulit batik, notes dan pulpen plastik
Pouch Kantik merupakan souvenir acara pemerintah yang dipesan pada paket souvenir Kementerian ATR BPN

Sebelum memilih merchandise, sebaiknya survey dan kenali terlebih dahulu barang – barang yang bisa dijadikan merchandise.

Dengan melakukan survey, informasi bermanfaat terkait merchandise seperti harga, ukuran barang, jenis bahan baku yang digunakan akan diperoleh. Pengguna juga akan mendapatkan informasi mengenai supplier yang sudah memiliki reputasi yang baik.

Dari survey ini juga akan diketahui kualitas dan manfaat merchandise yang sesuai dengan kebutuhan peserta maupun acara. Souvenir acara pemerintah harus bermanfaat agar disukai dan digunakan terus – menerus oleh pengguna.

Selain itu, pengguna bisa melihat dan membandingkan contoh produk yang bisa digunakan sebagai merchandise acara perusahaan.

Semakin banyak merchandise yang disurvey, semakin banyak pilihan produk yang bisa digunakan untuk kegiatan pemerintah, seperti merchandise yang tersedia di SOUVIA.

Berbagai pilihan merchandise ada di sini, mulai dari stiker, tas, hoodie, hingga gawai. Beberapa souvenir bisa diproduksi dalam waktu singkat, hanya butuh dua hingga tiga hari souvenir instansi pemerintah bisa langsung dikirim ke alamat tujuan.

Cukup kunjungi souvenir ready stock SOUVIA, souvenir ready stock siap meriahkan acara pemerintah.

2. Sesuaikan merchandise acara pemerintah dengan anggaran dan kebutuhan

souvenir acara kantor paket terbaru bisa untuk merchandise acara pemerintah
Seminar kit SOUVIA cocok digunakan sebagai souvenir acara pemerintah untuk seminar atau workshop

Setelah mendapat daftar rekomendasi merchandise acara pemerintah, saatnya menyesuaikan merchandise dengan anggaran dan kebutuhan.

Biaya merchandise harus disesuaikan dengan anggaran yang dialokasikan kantor agar tidak terjadi kebocoran dana. Beragam pilihan merchandise tersebut juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan acara.

Jika kegiatan yang diselenggarakan merupakan seminar atau workshop, maka merchandise instansi pemerintah berupa paket seminar kit akan membantu peserta selama kegiatan berlangsung.

Sedangkan paket souvenir acara premium akan menjadi merchandise event pemerintah yang pas untuk tamu penting dan pembicara karena terdiri dari merchandise yang bermanfaat dan eksklusif.

Untuk kegiatan yang melibatkan kaum milenial atau generasi Z, merchandise instansi pemerintah yang kekinian akan menarik perhatian remaja atau generasi muda.

Merchandise new product SOUVIA menawarkan merchandise dengan desain trendi yang berkualitas dan pastinya disukai penerima.

Beberapa merchandise yang bisa digunakan dalam event pemerintah seperti tas backpack Beluxa yang berdesain rolltop atau botol tumbler Twister SOUVIA yang berdesain unik dengan pilihan warna menarik.

3. Berkualitas baik dan tahan lama

tas selempang perpaduan kulit sintetis dan batik untuk merchandise acara pemerintah yang kental dengan rasa nasionalisme
Bukan hanya menampilkan batik, tas laptop mima akan menjadi merchandise acara pemerintah yang tahan lama

Salah satu fungsi merchandise acara pemerintah adalah sebagai media branding lembaga pemerintah agar masyarakat kenal dan mengingat lembaga atau program yang dikerjakan.

Agar branding bisa terus – menerus dilakukan dalam jangka waktu yang cukup lama, maka dibutuhkan merchandise yang berkualitas dan tahan lama.

Merchandise seperti tas laptop Mima yang berdesain tas selempang akan sering digunakan oleh penerima karena terbuat kulit sintetis yang kuat. Selain itu, terdapat aksen batik yang mencirikan Indonesia.

Kesimpulan

Program kerja dan eksistensi kelembagaan pemerintah harus diinformasikan kepada masyarakat luas agar semakin banyak khalayak yang mengetahui.

Merchandise acara pemerintah bisa menjadi media promosi dan branding lembaga pamerintah karena menarik perhatian masyarakat, sehingga lembaga pemerintah semakin dikenal.

Dalam memilih souvenir instansi pemerintah, kualitas dan penyedia merchandise harus diperhatikan agar tidak dibohongi dan menghasilkan produk yang berkulitas dan tahan lama.

Oleh karenanya, silahkan hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk mendapatkan merchandise pemerintah yang sesuai dengan anggaran, keinginan, dan kebutuhan event.

CEK INSPIRASI LAINNYA:

SOUVIA