Salah satu manfaat karnaval adalah meningkatkan rasa cinta kepada tanah air. Kali ini SOUVIA akan membagikan 10 tema karnaval 17 Agustus dan perlengkapan acara SOUVIA yang bisa digunakan saat berkarnaval, simak yuk!

BACA JUGA: 7 tips memilih souvenir acara HUT RI

Makna Tema Karnaval 17 Agustus

Perkenalkan kebudayaan dan keberagaman Indonesia melalui kegiatan karnaval 17 Agustus

Tidak hanya meningkatkan rasa cinta tanah air, tema karnaval 17 Agustus juga memiliki makna yang tidak kalah penting. Apa saja?

1. Memperkenalkan keberagaman Indonesia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keberagaman suku dan budaya. Melalui karnaval 17 Agustus, peserta akan memamerkan hasil budaya Indonesia.

Sehingga para penonton yang menyaksikan karnaval akan semakin kenal dengan keberagaman Indonesia.

2. Sarana edukasi

Tema karnaval hari kemerdekaan Indonesia yang memperllihatkan sejarah dan kekayaan Indonesia akan menjadi edukasi yang baik bagi para penonton, terutama anak- anak karena menambah pengetahuan tentang Indonesia.

Tidak hanya bagi penonton, peserta yang menyiapkan karnaval juga akan terdidik melalui tema karnaval yang diadakan. Mereka akan mempelajari tentang Indonesia karena ingin menunjukan yang terbaik.

3. Meningkatkan kekompakan

Peserta yang mengikuti kegiatan karnaval 17 Agustus akan mempersiapkan karnaval dengan baik.

Kerja sama dan komunikasi harus terjalin dengan baik untuk menghasilkan karnaval sesuai harapan. Oleh karenanya, kekompakan antara peserta karnaval akan semakin meningkat.

Tingkatkan kekompakan tim dengan kaos raglan SOUVIA yang nyaman dan menyerap keringat dengan baik.

Tema Karnaval 17 Agustus

17 Agustus merupakan tanggal kemerdekaan Indonesia. Karnaval 17 Agustus harus menggambarkan dan mewakili keberagaman Indonesia agar masyarakat mengetahui keragaman yang ada Indonesia.

Apa saja tema karnaval 17 Agustus yang unik dan bisa ditunjukan kepada masyarakat luas?

1. Tema karnaval 17 Agustus tentang pakaian adat

Tema karnaval 17 Agustus tentang pakaian adat akan memberi pengetahuan kepada peserta mengenai keragaman pakaian adat yang dimiliki Indonesia

Acara karnaval 17 Agustus tentang pakaian adat akan menggambarkan keberagaman kebudayaan Indonesia. Penonton dan peserta karnaval akan mengetahui pakaian adat Indonesia selain kebaya, batik, dan songket.

Selain itu, perbedaan yang kaya akan keberagaman akan meningkatkan rasa cinta tanah air karena walaupun berbeda tetap Negara Indonesia.

Indonesia terdiri dari banyak suku bangsa yang memiliki pakaian adat masing – masing yang memiliki ciri khas tersendiri.

2. Tema karnaval 17 Agustus tentang propinsi Indonesia

Indonesia kini memiliki 38 propinsi yang tersebar dari Pulau Sumatera hingga Pulau Papua.

Masing – masing propinsi memiliki ciri khas tersendiri seperti rumah adat, makanan khas, dan ritual adat yang hanya dimiliki propinsi tersebut.

Karnaval 17 Agustus tentang keragaman propinsi Indonesia akan menambah pengetahuan tentang Indonesia dan propinsi yang ada di dalamnya.

3. Tema karnaval 17 Agustus tentang pahlawan nasional

Pahlawan nasional merupakan seseorang yang berjuang untuk merebut kemerdekaan Indonesia dari penjajah.

Salah satu bentuk penghargaan dan apresiasi terhadap pahlawan nasional adalah dengan mengingatnya melalui acara karnaval 17 Agustus tentang pahlawan nasional.

Penonton dan peserta karnaval akan mengenal orang – orang yang berjasa meraih kemerdekaan dan diharapkan kecintaan terhadap tanah air akan meningkat karena sulitnya merebut kemerdekaan dari penjajah dan pengorbanan yang dilakukan.

4. Tema karnaval 17 Agustus tentang Indonesia tempo dulu

Indonesia tidak hanya memiliki cerita di masa sekarang, Indonesia juga memiliki cerita tempo dulu yang menarik dijadikan sebagai tema karnaval.

Karnaval tentang Indonesia tempo dulu akan memberi pengetahuan mengenai aktivitas dan program yang dilakukan untuk mengisi kemerdekaan.

Selain itu, mengingatkan dan membawa nostalgia kepada warga Indonesia mengenai perkembanagan Indonesia dari tahun ke tahun.

5. Tema karnaval 17 Agustus tentang merah putih

Tema karnaval 17 Agustus tentang merah putih akan mengingatkan niat dan keberanian pahlawan saat merebut kemerdekaan dari penjajah

Merah putih merupakan warna bendera Indonesia.

Di dalamnya terkandung makna yang mendalam. Merah berarti keberanian dan putih melambangkan kesucian.

Merah putih bermakna keberanian para pahlawan dengan niat suci untuk memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Konsep karnaval 17 Agustus tentang merah putih akan menambah semarak hari kemerdekaan karena menggambarkan keberanian dan niat para pahlawan di masa penjajahan.

Lengkapi peserta dengan t-shirt kaos SOUVIA agar semakin kompak dan nyaman saat karnaval berlangsung.

6. Tema karnaval 17 Agustus tentang kain khas Indonesia

Salah satu hasil budaya Indonesia yang wajib dilestarikan dan diperkenalkan adalah kain tradisional Indonesia.

Beberapa kain tradisional yang sudah mendunia adalah kain batik dan tenun.

Konsep karnaval 17 Agustus tentang kain khas Indonesia akan memberikan pengetahuan baik bagi peserta maupun penonton mengenai kekayaan budaya yang harus dilindungi dan dilestarikan.

Semakin banyak orang yang mengetahui kekayaan budaya berupa kain khas Indonesia, akan semakin cinta kepada tanah air. Sehingga akan terus melestarikan dan tidak diambil oleh negara lain.

7. Tema karnaval 17 Agustus tentang tarian daerah Indonesia

Sama halnya dengan kain khas Indonesia, konsep karnaval 17 Agustus tentang tarian daerah Indonesia akan memperkenalkan beragam tarian yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

Peserta dapat memperlihatkan dan memperkenalkan tarian dari Sabang hingga Merauke.

Tidak hanya tarian saman, jaipong, reog ponorogo, dan kecak. Tarian dari daerah lainnya seperti tari jangget dari Lampung, tari perang dari Kalimantan Timur, tari kipas dari Sulawesi Selatan, hingga tari seka dari Papua bisa diperlihatkan peserta kepada penonton.

Dengan adanya tema karnaval hari kemerdekaan tentang tarian daerah Indonesia, pengetahuan akan budaya dan kesenian Indonesia akan semakin banyak diketahui oleh warga Indonesia. Sehingga semakin menghargai perbedaan yang ada di Indonesia.

8. Tema karnaval 17 Agustus tentang profesi

Setiap anak – anak harus memiliki cita – cita yang ingin diraih. Salah satunya cita – cita mengenai profesi yang ingin dijalani.

Karnaval 17 Agustus tentang profesi akan memberikan gambaran kepada peserta terutama anak – anak mengenai profesi yang ada di Indonesia. Dengan karnaval ini diharapkan peserta dan penonton bisa memilih profesi sesuai keinginan mereka.

9. Tema karnaval 17 Agustus tentang abdi negara

Abdi negara merupakan orang – orang yang berkontribusi aktif terhadap pelaksanaan pemerintahan Indonesia.

Abdi negara bukan hanya profesi, namun mereka juga berperan mempertahankan kedaulatan Indonesia.

Dengan karnaval 17 Agustus tentang abdi negara akan memberi pengetahuan kepada penonton mengenai abdi negara yang ada di Indonesia beserta perannya bagi negara Indonesia.

10. Tema karnaval 17 Agustus tentang tokoh wayang Indonesia

Perwayangan Indonesia merupakan hasil budaya yang telah diakui oleh UNESCO dan dunia.

Hasil kebudayaan ini harus terus dilestarikan dan juga diperkenalkan agar para generasi muda mengetahui kebudayaan Indonesia.

Tema karnaval 17 Agustus tentang tokoh wayang Indonesia akan memperkenalkan dan memberikan pengetahuan tentang tokoh wayang Indonesia, sekaligus melestarikan kekayaan dunia yang ada di Indonesia.

Perlengkapan yang harus Dibawa saat Karnaval

Tema karnaval 17 Agustus tentang Indonesia akan semakin meriah jika peserta dan penonton membawa perlengkapan wajib saat karnaval.

Apa saja? Ini dia rekomendasi SOUVIA.

1. Tumbler

botol minum tumbler lock and lock stainless tahan panas
Dengan tumbler SOUVIA, minuman favorit tetap tersedia saat acara karnaval 17 Agustus berlangsung

Tumbler yang berfungsi menyimpan air minum akan sangat diperlukan saat karnaval.

Pengguna tidak perlu khawatir akan kehausan saat di tengah acara karena membawa air minum sendiri.

Selain itu, bagi pengguna yang ingin mengkonsumsi minuman favorit panas atau dingin bisa tetap dilakukan saat acara karena tumbler minum SOUVIA dapat menahan suhu panas atau dingin pada minuman walau disimpan berjam – jam.

2. Tas backpack

tas ransel laptop backpack kulit sintetis
Tas backpack Goku akan menyimpan semua kebutuhan peserta acara karnaval 17 Agustus

Saat karnaval tentu semua ingin lebih praktis dan sederhana. Peserta maupun penonton membutuhkan tas yang dapat menampung semua kebutuhan.

Tas Goku SOUVIA merupakan tas backpack yang terbuat dari kulit sintetis dan memiliki banyak kompartemen untuk menyimpan semua kebutuhan pengguna.

Produk tas ini akan membuat pengguna merasa aman karena selain dilengkapi risleting, tas ini juga dilengkapi tali penutup tas.

Tas Goku termasuk ke dalam new product SOUVIA yang memiliki desain terbaru, kekinian dan juga fungsional bagi para penggunanya.

3. Pouch

pouch batik wristlet unik premium
Pouch Kantik yang menggunakan kain batik akan memeriahkan tema karnaval 17 Agustus

Saat menghadiri maupun menyelenggarakan acara karnaval, beberapa kebutuhan yang berukuran kecil seperti perlengkapan make up dan aksesoris gawai membutuhkan tempat penyimpanan khusus agar tidak tercampur dengan barang lain.

Pouchbag SOUVIA akan membantu pengguna mengatur barang kebutuhan agar lebih rapih dan ,mudah ditemukan.

Beberapa pouch seperti pouch bag, pouch Toiza, dan pouch batik Kantik merupakan souvenir ready stock SOUVIA yang bisa diproduksi dalam waktu singkat. Cukup dua hingga tiga hari kerja, pouch dapat diantar langsung ke tempat tujuan.

4. Payung

Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki musim penghujan dan kemarau.

Kedua musim tersebut membutuhkan payung untuk menjaga diri dari guyuran hujan atau terik matahari.

Gunakan payung lipat SOUVIA untuk dibawa saat bepergian karena mudah disimpan, praktis, dan kuat.

Payung SOUVIA bisa juga digunakan sebagai media branding perusahaan atau kelembagaan yang ikut berpartisipasi dalam karnaval 17 Agustus. Payung bisa menampilkan logo atau brand perusahaan dengan jelas dan besar di bagian permukaannya.

Kesimpulan

Perayaan hari kemerdekaan Indonesia bukan hanya ajang bersenang – senang, namun juga memupuk kekompakan, kerja sama, dan meningkatkan rasa cinta terhadap tanah air.

Tema karnaval 17 Agustus mengenai keberagaman Indonesia akan menjadi ajang edukasi dan sarana memperkenalkan kebudayaan Indonesia kepada peserta dan penonton mengenai kebudayaan Indonesia.

Agar masyarakat yang terlibat tetap semangat dalam karnaval 17 Agustus, pastikan perlengkapan acara SOUVIA digunakan sebagai souvenir karnaval.

Lengkapi karnaval dengan beragam souvenir SOUVIA, hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk mendapatkan penawaran terbaik.

CEK INSPIRASI LAINNYA:

SOUVIA