Ketika menyelenggarakan event besar seperti konferensi tingkat tinggi G20 (KTT G20), panitia harus mempersiapkan souvenir ­unik G20 Souvia jauh – jauh hari agar diterima baik oleh peserta.

Salah satu elemen penting dalam sebuah acara yang dihadiri oleh tamu negara adalah souvenir acara. Cinderamata atau souvenir merupakan salah satu bentuk ungkapan terima kasih atas kehadiran seseorang dalam acara.

Mempersiapkan souvenir untuk para peserta G20 yang diadakan di Indonesia harus matang. Souvenir untuk para tamu negara ini tidak harus mahal, namun mampu menunjukan identitas bangsa.

Baca juga: 6 produk souvenir konferensi G20 khas Indonesia

Hal yang Harus diperhatikan Saat Memilih Souvenir G20

Souvenir G20 tidak bisa sembarangan dipilih karena souvenir yang diberikan akan dikenang oleh para peserta G20. Untuk itu, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih souvenir unik G20:

 1. Anggaran

Anggaran merupakan salah satu kunci membuat acara sukses, termasuk souvenir. Persiapkan anggaran yang tidak akan bengkak jika memiliih souvenir. Dengan anggaran yang cukup tinggi, hampir semua jenis souvenir bisa diberikan. Namun, bagaimana dengan anggaran yang terbatas?

perencanaan projek dan budget pengadaan souvenir acara
Perencanaan anggaran untuk pengadaan souvenir

Pilih penyedia souvenir yang memiliki reputasi baik dengan portofolio yang jelas. Lalu, cari souvenir unik berkualitas yang pas di kantungmu. Souvenir yang bagus, tidak selalu mahal. Kini banyak souvenir unik yang dijual dengan harga murah.

2. Desain unik

Agenda Dentik Souvenir G20
Buku agenda unik dengan kombinasi batik

Syarat utama souvenir unik adalah memiliki desain unik yang eye catching. Agar souvenir berkesan, pilih souvenir yang masih jarang digunakan atau ditemukan. Salah satunya, buku agenda Souvia dengan tampilan cover kombinasi batik khas Indonesia. Souvenir ini tentu akan dikenang bahkan disimpan karena tidak dimiliki negara lain.

3. Bermanfaat

Mendapatkan souvenir unik yang bermanfaat merupakan dambaan setiap orang. Untuk itu, selain unik, perhatikan juga fungsi souvenir yang akan diberikan.

Manfaatkan hobi, kesukaan, dan aktivitas yang sering dijalani peserta G20 untuk menemukan souvenir unik G20. Souvenir yang dapat digunakan sehari – hari akan menjadi souvenir favorit penerima.

Name tag Souvia dapat digunakan saat pertemuan G20 berlangsung dan dapat digunakan saat kembali bekerja ke negara asal peserta.

4. Pengemasan

Souvenir semakin cantik dengan pengemasan yang baik dan sentuhan personal. Cara pengemasan sudah beragam, mulai dari plastik hingga box hadiah mewah. Yang pasti, jadikan souvenir unik G20 hiasan rumah dengan pengemasan maksimal.

magnetic hardbox
Kemasan box hadiah tutup magnet untuk souvenir

3 Rekomendasi Souvenir Unik G20

Setelah membahas yang harus diperhatikan saat memilih souvenir unik. Selanjutnya ada tiga rekomendasi souvenir unik G20 murah. Simak yuk!

1. Name tag kulit

Name tag dibutuhkan saat di kantor maupun acara besar seperti G20. Peserta dan tamu undangan membutuhkan name tag agar saling mengenal dan dapat berkomunikasi dengan baik.

name tag batik untuk souvenir unik seperti souvenir G20
Name tag batik untuk keperluan name tag panitia dan peserta

Produk name tag kulit kombinasi batik dapat dijadikan sebagai souvenir unik G20 karena bisa digunakan dan memiliki identitas Indonesia. Name tag ini dibanderol dengan harga Rp 63.000

2. Pouch

Tas pouch merupakan salah satu jenis tas yang berukuran kecil. Pouch membantu menyimpan dan  membawa barang – barang sejenis yang berukuran kecil. Tas mini ini biasanya digunakan saat bepergian. Adanya pouch membuat momen bepergian lebih rapih.

Beberapa jenis pouch bisa digunakan sebagai souvenir unik seperti pouch serut, Trave, Organizer, Norm, dan Kantik.

pouch serut untuk keperluan souvenir acara, souvenir kantor, souvenir perusahaan
Pouch serut dengan desain yang dapat dikustomisasi sesuai kebutuhan

Setiap pouch memiliki keunikan dan kegunaan tersendiri. Pouch serut dengan ukuran 25 x 35 cm ini memiliki tampilan unik karena seluruh permukaan pouch bisa digambar atau branding menggunakan teknik sublimasi. Gambar atau tulisan yang digunakan dapat disesuaikan dengan keinginan klien. Harga pouch serut adalah Rp 24.000

Bagi peserta G20 yang suka bepergian atau bekerja membawa banyak perlengkapan elektronik. Panitia bisa memberikan pouch organizer. Pouch ini terbuat dari bahan dinir dengan lima kompartemen kabel dan empat space untuk kabel dan gawai. Semakin mudah bagi peserta membawa perlengkapan gawai dengan adanya organizer. Pouch ini dibanderol dengan harga Rp 105.000

Walau kondisi sudah membaik, proteksi kesehatan tamu negara harus diperhatikan. Oleh karenanya, pouch bag Norm atau pouch untuk perlengkapan protokol kesehatan sebagai starter pack new normal harus diberikan. Norm terdiri dari tiga kompartemen yang memiliki slot untuk tisu basah, sanitizer, dan telepon genggam. Pouch bahan kanvas ini dihargai Rp 150.000

pouch bag bahan kanvas motif batik untuk souvenir unik G20
Pouch bag Kantik, cantik dan bermanfaat sebagai souvenir

Selanjutnya ada Kantik. Tak sekedar cantik, pouch ini memiliki banyak kelebihan. Pouch ini memiliki dua kompartemen berisleting. Kompartemen utama dilengkapi dengan kantong dan enam slot kartu. Saat mendapatkan pouch bag Kantik, tamu undangan tak membutuhkan card holder karena sudah tersedia di pouch bag Kantik Souvia. Harga untuk pouch cantik ini Rp 116.000

3. Tote bag

Dengan agenda pertemuan yang rapat, panitia harus membantu para peserta membawa perlengkapan yang banyak. Tote bag Mileni dan lipat bisa diberikan sebagai souvenir unik G20.

tote bag multifungsi untuk souvenir seminar dan souvenir perusahaan
Tote bag multifungsi yang dapat dipakai sebagai tas ransel

Mileni bukan hanya sekedar tote bag, namun juga berfungsi sebagai backpack. Mileni dilengkapi dengan dua kompartemen berisleting dan dua kompartemen tambahan. Kompartemen utama dilengkapi dengan velcro agar lebih aman. Tote bag multifungsi ini terbuat dari kain dinir dan dihargai Rp 158.000

Untuk tote bag yang mudah disimpan dan praktis digunakan, tersedia tote bag lipat. Tote bag yang terbuat dari bahan parasut ini berukuran 30 x 40 cm dengan finishing jahit. Tote bag sederhana ini dihargai Rp 29.000

Tampilan cantik dengan desain fungsional merupakan ciri souvenir Souvia. Hubungi sales executive kami dan lengkapi seminar G20 dengan souvenir unik dan murah hanya di Souvia Bogor.

Cek inspirasi lainnya:

SOUVIA