Tahun politik 2024 akan segera dimulai, berbagai persiapan dilakukan agar pemilu tersosialisasi dengan baik. Merchandise pemilu SOUVIA dianggap mampu menjadi media distribusi informasi KPU dan visi misi partai, bagaimana caranya? Simak yuk!

BACA JUGA: 10 tema karnaval 17 Agustus yang unik, gunakan tema intuk untuk tingkatkan cinta tanah air

Ada Apa di Tahun Politik 2024

para pemilih sedang memasukkan form pemilihan di kotak suara
Sosialisasikan tahap pemilihan melalui souvenir pemilu

Tahun 2024 merupakan tahun yang dinanti karena akan ada pemilihan legislatif untuk anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Daerah (DPD), DPR Daerah (DPRD) Provinsi, dan DPRD tingkat kota dan kabupaten.

Merchandise pemilu seperti memberikan tas tote bag dibutuhkan untuk sosialisasi calon anggota dewan agar lebih dikenal masyarakat.

Selain itu, di tahun ini akan ada pemilihan umum (pemilu) presiden dan wakil presiden, serta pemilihan kepala daerah untuk lima tahun mendatang.

Merchandise pemilu hadir untuk mensosialisasikan visi dan misi para calon pemimpin negara dan daerah agar diketahui masyarakat lebih luas.

Tantangan Pemilu 2024

kampanye pemilu dapat dimeriahkan dengan memberikan merchandise pemilu
Souvenir pemilu mampu tingkatkan partisipasi pemilih

Menurut Presiden Indonesia Joko Widodo setidaknya ada lima tantangan untuk melahirkan pemilu yang berkualitas.

Kelima tantangan tersebut adalah masalah teknis persiapan pemilu, masalah partisipasi pemilih, masalah transparansi, tata kelola pemilu yang akuntabel, dan masa kampanye.

Pemilu dan pilkada serentak yang akan diselenggarakan di tahun 2024 ini diharapkan dapat dilaksanakan dengan baik oleh para penyelenggara dan juga semua pihak yang terlibat.

Hal ini bertujuan agar demokrasi tetap hidup dan semakin berkualitas, sehingga melahirkan pemerintahan yang solid.

Untuk mencapai itu semua diperlukan merchandise pemilu salah satunya dengan pouchbag promosi yang mampu menampilkan tujuan berdemokrasi yang baik sehingga tercipta pemilu yang damai.

Definisi Merchandise Pemilu

Kaos untuk seragam saat pemilu
Tampilkan logo KPU atau partai di souvenir pemilu SOUVIA

Merchandise pemilu merupakan produk atau barang – barang yang digunakan untuk menjadi kenang – kenangan atau cinderamata calon anggota dewan dan kepala daerah saat pemilihan umum 2024 agar lebih dikenal masyarakat.

Manfaat Merchandise Pemilu

Merchandise pemilu yang berbentuk barang akan menjadi media yang baik untuk menampilkan aturan komisi pemilihan umum (KPU) terkait pemilu dan juga membantu sosialisasi calon anggota DPR, DPRD, kepala daerah, dan kepala negara kepada masyarakat.

Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat merchandise pemilu bagi KPU, calon anggota legislatif, kepala daerah, dan kepala negara.

1. Meningkatkan partisipasi pemilih

form pemilihan telah dimasukkan ke kotak suara oleh pemilih
Semakin banyak masyarakat yang tersosialisasi melalui souvenir pemilu semakin banyak yang ikut berpartisipasi

Merchandise pemilu yang mulai disebar jauh – jauh hari sebelum pelaksanaan pemilu dimulai akan membantu tugas KPU untuk mensosialisasikan pentingnya pemilu bagi negara dan rakyat Indonesia.

Dengan adanya souvenir pemilu yang mampu menampilkan informasi yang bisa mengedukasi masyarakat terkait nilai – nilai dasar pemilu dan demokrasi, diharapkan semakin banyak masyarakat yang sadar pentingnya pemilu dan berdemokrasi.

Meingkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya pemilu akan terlihat dari semakin banyaknya rakyat yang berpartisipasi dalam pemilu 2024.

Kalender dinding triwulan SOUVIA akan menjadi merchandise pemilu yang edukatif. Kalender ini terdiri dari empat lembar halaman yang bisa menampung nilai – nilai KPU secara jelas dan terperinci.

2. Pusat informasi kepemiluan

Merchandise pemilu bukan hanya mampu mengedukasi masyarakat terkait nilai – nilai pemilu dan demokrasi, namun juga bisa menjadi media informasi KPU yang memuat tahapan pemilu .

Tahapan pemilu yang dimulai dari Juni tahun 2022 masih terus berlanjut hingga Oktober 2024.

Informasi tahapan pemilu ini harus diketahui masyarakat lebih banyak agar semakin banyak rakyat yang teredukasi dan menyadari pentingnya pemilu karena memakan waktu yang tidak sebentar.

3. Memperkenalkan calon anggota legislatif

buku agenda dengan logo kpu untuk pemilu 2024
Perkenalkan calon anggota letislatif melalui merchandise pemilu buku agenda

Proses pemilu 2024 bukan hanya melibatkan sepuluh atau dua puluh orang, namun 20.462 kursi akan diperebutkan di pemilu tahun depan.

Banyaknya calon anggota legislatif yang ikut serta harus mulai diperkenalkan agar masyarakat tidak bingung dengan pilihan yang tersedia.

Buku agenda SOUVIA bisa menjadi souvenir pemilu sekaligus media promosi bagi calon anggota legislastif dan partai yang ikut terlibat dalam pemilu 2024.

Buku agenda ini bisa menampilkan gambar atau foto sekaligus logo partai di cover dan halaman buku agenda. Sehingga calon anggota legislatif semakin dikenal oleh masyarakat.

4. Memperkenalkan calon kepala daerah dan kepala negara

Pemilu 2024 juga akan melibatkan pemilihan calon presiden dan wakil presiden, serta kepala daerah untuk lima tahun mendatang.

Durasi kepemimpinan yang cukup lama membuat masyarakat harus mengetahui lebih jauh mengenai visi misi dan program yang akan dilakukan calon kepala daerah dan kepala negara jika terpilih.

Sosialisasi mengenai program calon kepala daerah dan negara tersebut bisa dituangkan dalam bentuk merchandise pemilu.

Bentuk merchandise seperti tumbler minum Elgrand mampu menampilkan nama dan gambar calon kepala daerah atau kepala negara.

Merchandise pemilu seperti ini bisa digunakan untuk aktivitas sehari – hari penerima, sehingga logo atau gambar yang terlihat pada permukaan akan diingat oleh masyarakat lebih luas.

Tumbler SOUVIA termasuk ke dalam souvenir ready stock SOUVIA yang bisa diproduksi dalam waktu singkat. Cukup dua hingga tiga hari kerja, payung bisa dibagikan kepada pendukung partai.

5. Meningkatkan kepopuleran partai

payung lipat otomatis bisa dibranding logo untuk merchandise pemilu
Merchandise pemilu yang populer seperti payung akan meningkatkan kepopuleran partai karena digunakan untuk aktivitas sehari – hari

Sama halnya dengan merchandise pemilu yang digunakan untuk memperkenalkan calon anggota legislatif, sehingga makin banyak dikenal masyarakat.

Souvenir pemilu juga bisa digunakan untuk meningkatkan kepopuleran partai karena logo partai yang tampil di permukaan merchandise.

Merchandise pemilu seperti payung lipat SOUVIA yang terdiri dari beragam pilihan warna akan memudahkan partai memilih payung yang sesuai dengan identitas partai.

Payung dengan warna dan logo partai akan semakin meninggalkan kesan mendalam bagi penerima, sehingga kepopuleran partai akan meningkat.

Kesimpulan

Sosialisasi mengenai nilai – nilai pemilu, demokrasi, tahapan, dan aturan KPU terkait pemilu harus dilakukan agar semakin banyak masyarakat yang teredukasi dan ikut serta dalam pemilu 2024.

Pengenalan calon anggota legislatif, kepala daerah, dan kepala negara juga perlu dilakukan agar rakyat mengetahui calon pemimpin dan wakilnya di lima tahun mendatang.

Merchandise pemilu akan membantu KPU mensosialisasikan aturan dan tahapan pemilu.

Selain itu, tingkat kepopuleran calon anggota dewan, pemimpin daerah, dan partai akan meningkat karena logo partai atau gambar tokoh ditampilkan di permukaan souvenir pemilu.

Segera hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk mendapatkan merchandise pemilu sesuai kebutuhan dan budget partai dan KPU.

CEK INSPIRASI LAINNYA:

SOUVIA