Program serta bentuk apresiasi untuk karyawan agaknya tidak terlepas bahwa karyawan atau human capital dalam perusahaan merupakan suatu hal yang penting. Perusahaan tidak akan dapat berjalan tanpa ada pekerja yang menjalankan pekerjaannya. 

Aset adalah bagian yang sangat penting bagi perusahaan. Perusahaan memiliki aset agar bisnisnya dapat terus berjalan dengan baik. Aset tidak hanya berbentuk seperti uang, tanah, bangunan, dan peralatan. Karyawan juga merupakan aset perusahaan yang dapat menghasilkan nilai tambah bagi perusahaan. 

Baca juga: Souvenir Wajib untuk Karyawan Berprestasi

Perusahaan yang baik, tentunya akan memperhatikan peran dan fungsi seorang karyawan, guna membantu memperlancar produktivitas dan memaksimalkan kinerja serta memanfaatkan waktu secara efektif. Perusahaan akan terhambat apabila karyawan tidak bekerja secara produktif.

Bentuk Apresiasi untuk Karyawan dalam Pekerjaan

Bagi karyawan, apresiasi kerja adalah bentuk kepedulian dan rasa menghargai dari perusahaan. Sebagai atasan atau bagian top manajerial perusahaan, Anda sangat dianjurkan untuk peduli dan mengapresiasi kinerja karyawan yang berprestasi. Berikut 6 bentuk apresiasi kinerja SDM yang berprestasi dalam perusahaan Anda:

1. Mengucapkan rasa terima kasih

Ilustrasi mengacungkan jempol sebagai bentuk memberikan apresiasi.

Berterima kasih adalah hal yang paling mudah dalam menghargai kinerja karyawan. Ucapkan terima kasih saat mereka menyelesaikan target mereka, ataupun saat mereka masih berusaha meski belum mencapai target dalam pekerjaan mereka.

Ucapan rasa terima kasih dari atasan terhadap kinerja tim, tentunya akan menambah rasa merasa dihargai dan diakui kinerja nya dalam perusahaan. Ucapan terima kasih dapat disampaikan baik secara lisan, maupun tertulis dengan email ataupun pesan singkat secara pribadi.

Mengucapkan terima kasih adalah hal yang paling mudah dalam mengapresiasi siapapun yang ingin kita hargai. Akan lebih lengkap lagi jika ucapan tersebut dibarengi dengan pemberian cinderamata giftset sebagai pemanis.

 2. Memberikan cuti tambahan

ilustrasi layar komputer yang menampilkan tabel planner dan kalender.

Bukan hal asing lagi bagi kita mendengar berbagai studi yang menyatakan bahwa cuti membawa dampak yang baik bagi karyawan. Beragam kajian ilmiah mengatakan, penting bagi karyawan memanfaatkan kesempatan cuti agar hidupnya lebih sehat, bahagia, dan seimbang.

Karena itu pulalah, pemerintah menetapkan hak cuti karyawan yang wajib dipenuhi perusahaan. Aturan cuti karyawan dalam Undang-Undang Ketenagakerjaan No. 13 Tahun 2003 Pasal 79 menjelaskan bahwa perusahaan harus memberikan cuti tahunan minimal 12 hari kerja per tahun.

Beberapa perusahaan memberikan reward cuti sebagai bentuk apresiasi untuk karyawan mereka dengan kinerja yang memuaskan. Hal ini didasari atas pertimbangan perusahaan bahwa setelah cuti, karyawan akan merasa lebih fresh, lebih merasa sehat, sehingga mendorong mereka untuk bisa lebih produktif lagi.

The Corporate Executive Board pernah melakukan survei terhadap 50.000 karyawan di berbagai perusahaan di dunia. Hasilnya, karyawan yang merasakan work-life balance akan bekerja 21% lebih keras dibanding mereka yang merasakan kejenuhan tanpa kesempatan jeda.

Kondisi mental karyawan yang merasa bahagia akan meningkatkan produktivitas mereka. Sebaliknya, karyawan yang frustrasi, depresi, dan stres karena pekerjaan akan kesulitan mencapai target-target perusahaan.

Anggap saja memberikan hadiah cuti tambahan sebagai salah satu wujud souvenir kantor premium edisi terbatas yang akan sangat berkesan bagi karyawan Anda yang berprestasi. Alternatif bentuk apresiasi kerja yang baik, bukan?

3. Pengembangan karir

ilustrasi seorang pria melangkah naik tangga. Juga bisa diartikan dengan perjalanan karir dari bawah ke level yang lebih tinggi.

Program pengembangan karir merupakan upaya-upaya yang dilakukan perusahaan untuk memberikan kesempatan kepada karyawannya dalam meningkatkan performa kerja. Program pengembangan karir ini tidak harus berupa kegiatan-kegiatan besar yang rumit, melainkan cukup dengan cara-cara sederhana.

Baca juga: Produk Sehari-Hari ini Akan Selalu Anda Butuhkan!

Mengapresiasi karyawan dengan memberikan mereka kesempatan mengembangkan karir, merupakan salah satu langkah tepat bagi perusahaan. Pengembangan karir tersebut dapat berupa naik jabatan, promosi atau mutasi. Dapat juga dengan memberikan pelatihan atau akses training atau program join-training di luar kota/negara. 

Berikan pula tas selempang kanvas untuk menunjang mobilitas selama masa program. Dengan mengembangkan karir, karyawan akan merasa lebih bergairah terhadap pekerjaan mereka, menambah relasi kerja dan juga meningkatkan rasa kepercayaan diri mereka.

4. Memberikan penghargaan

ilustrasi memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi untuk karyawan.

Pemberian penghargaan bagi karyawan merupakan suatu tanda apresiasi kerja dari perusahaan dan bertujuan untuk menaikkan motivasi karyawan lain untuk bisa berhasil. Penghargaan akan diberikan kepada karyawan loyal atau berprestasi yang berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik. 

Pemberian penghargaan dapat berupa atribut atau tanda atau sertifikat apresiasi karyawan atau dapat pula berupa sebuah penugasan yang khusus dilakukan oleh karyawan yang berprestasi. Memberikan penghargaan bagi karyawan yang memiliki loyalitas tinggi merupakan suatu hal yang harus dilakukan oleh setiap perusahaan. Agar para karyawan bisa tetap meningkatkan kinerja dan loyalitasnya untuk bersama-sama mengembangkan perusahaan.

Dengan memberikan penghargaan bagi karyawan yang loyal dan berprestasi, bukan hanya akan memotivasi karyawan lain untuk mengikuti jejaknya. Namun juga akan membuat karyawan yang bersangkutan merasa jerih payahnya dalam bekerja dihargai oleh perusahaan.

5. Fasilitas pendukung lainnya (fasilitas kesehatan / kendaraan / tempat tinggal / dsb)

ilustrasi memberikan kunci mobil untuk menunjang kegiatan karyawan

Fasilitas penunjang pekerjaan merupakan salah satu faktor penting yang diharapkan oleh karyawan selain gaji. Berbagai fasilitas standar seperti fasilitas kesehatan atau asuransi, tentunya sudah diberikan perusahaan untuk karyawan mereka. 

Bagi karyawan yang berprestasi dan ingin diapresiasi, perusahaan juga dapat mengapresiasi kerja mereka dengan memberikan fasilitas pendukung yang sebelumnya belum mereka dapatkan. Misalnya, memberikan tambahan fasilitas kendaraan, tempat tinggal, fasilitas jam kerja yang fleksibel, fasilitas ruang kerja yang lebih luas, dan lain sebagainya. 

Termasuk penambahan fasilitas souvenir perusahaan yang berguna. Pemberian fasilitas pendukung akan menambah manfaat terhadap kinerja karyawan, dapat meningkatkan loyalitas karyawan dan juga motivasi bekerja yang lebih meningkat.

6. Bonus materiil

Ilustrasi pemberian hadiah kepada karyawan berupa materil.

Siapapun tak dapat memungkiri bahwa bonus materiil dalam bentuk uang merupakan bonus yang diidam-idamkan seluruh karyawan yang bekerja. Anda dapat memberikan bonus kejutan sebagai bentuk apresiasi untuk kinerja karyawan Anda yang berprestasi.

Bonus tersebut pun, tidak harus selalu besar jumlahnya. Tidak lupa seluruh bentuk apresiasi yang didapat dibalut di dalam tas kanvas Souvia sebagai pelengkap. Dengan bonus kejutan, karyawan Anda akan merasa dihargai keberadaan dan kinerja mereka sehingga dapat lebih semangat lagi untuk pekerjaan yang lebih baik.

Lihat juga: Cek Tas Souvenir Kain Unik Khusus Untukmu Di Sini!

Jika Anda membutuhkan souvenir dan merchandise untuk mengapresiasi karyawan Anda, Souvia Bogor menyediakan serta menjual berbagai pilihan souvenir yang dapat menunjang keberlangsungan koneksi Anda dengan karyawan. Temukan produk souvenir Souvia sesuai kebutuhan dengan kualitas terbaik dan pengerjaan tepat waktu.

Untuk Informasi, konsultasi dan pemesanan, Silahkan hubungi sales kami di bawah ini: