Apa arti tumbler? Sebelum kesana, disadari ataupun tidak, saat ini banyak sekali berlalu-lalang produk botol minum dengan berbagai desain serta bentuk yang unik yang digunakan oleh berbagai kalangan. 

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui apa itu tumbler dan apa perbedaannya dengan botol minum atau termos. Begitupun dengan jenis, fungsi, dan kegunaannya selain sebagai wadah minuman. Di artikel ini akan dibahas mengenai apa arti tumbler dengan berbagai jenis bahan beserta fungsi sekaligus rekomendasi yang sesuai untuk setiap kebutuhan Anda.

Apa arti tumbler?

Pengertian tumbler mengacu pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tumbler adalah wadah air minum berbentuk seperti gelas tanpa gagang, memiliki tutup, terbuat dari kaca atau plastik, dapat menjaga suhu minuman tetap seperti semula, dan mudah dibawa ke mana saja.

Lalu apakah botol minum termasuk tumbler? Pada dasarnya di Indonesia sendiri, botol minum dan tumbler memiliki kegunaan yang sama karena dua jenis wadah ini digunakan untuk menyimpan dan membawa minuman sehingga bisa dikatakan botol minum termasuk ke dalam kategori tumbler.

perbedaan tumbler dan botol minum untuk keperluan artikel apa arti tumbler
Perbedaan ukuran tumbler dan botol minum

Walaupun ada yang mengatakan ada sedikit perbedaan antara tumbler dan botol minum. Jika ingin tahu apa perbedaan tumbler dan botol minum, botol minum lebih difokuskan untuk kemudahan dalam mobilitas sehari-hari. Produk ini tidak selalu dirancang untuk menjaga suhu sehingga desainnya lebih fungsional dan praktis serta digunakan untuk menyimpan minuman biasa seperti air, jus, atau minuman olahraga yang membutuhkan kemudahan minum dengan cepat saat bergerak. 

Sedangkan tumbler umumnya digunakan untuk minuman yang memerlukan pengaturan suhu khusus sehingga cocok untuk teh, kopi, atau minuman dingin seperti air es. Oleh karena itu, tumbler seringkali terbuat dari bahan yang dapat menjaga suhu seperti stainless steel atau double-walled glass dengan penutup yang rapat dan tahan tumpah saat diperjalanan. Desainnya pun lebih elegan stylish dengan bentuk yang lebih bervariasi, termasuk ukuran tumbler minum yang lebih besar dan lebih kecil. 

Jenis – jenis tumbler berdasarkan bahan

Setiap jenis tumbler berdasarkan bahan memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Pemilihannya pun dapat beragam sesuai dengan preferensi dan kebutuhan penggunaannya. Berikut bahan tumbler yang umum digunakan.

1. Stainless steel tumbler

tampilan tumbler kayu stainless saat dibuka
Durabottle merupakan tumbler stainless steel produk SOUVIA

Tumbler stainless steel memiliki kelebihan karena anti karat, tahan lama, dan mempunyai kemampuan isolasi yang baik untuk menjaga minuman tetap panas atau dingin. Oleh karena itu, bahan stainless steel merupakan bahan yang populer sehingga sering hadir dan dijadikan souvenir tumbler acara dalam berbagai desain dan ukuran mulai dari ukuran tumbler 500 ml, tumbler 600 ml, dan ukuran – ukuran lainnya.

2. Tumbler plastik

tumbler dari bahan plastik
Twister salah satu tumbler plastik produk terbaru

Bahan plastik terkenal lebih ringan dan seringkali lebih ekonomis daripada tumbler lainnya. Meskipun mungkin tidak memiliki kemampuan isolasi sebaik tumbler stainless steel, tumbler plastik memiliki lebih banyak warna dengan berbagai varian desain yang unik dan menarik sehingga mudah dieksplorasi.

3. Tumbler kaca 

Terbuat dari bahan kaca, tumbler kaca umumnya memiliki desain yang elegan dan terlihat lebih mewah. Beberapa desainnya pun memiliki lapisan ganda untuk mempertahankan suhu minuman. Kelemahannya, karena terbuat dari kaca, tumbler minum rentan terhadap kerusakan jika jatuh atau terbentur.

4. Tumbler keramik

tumbler dengan bagian dalam keramik untuk botol minum saat bepergian
Perpaduan tumbler berbahan keramik dengan stainless steel

Pilihan tumbler keramik cocok jika menginginkan tumbler botol minum untuk minuman panas seperti kopi atau teh. Namun, tumbler jenis ini biasanya lebih berat dan lebih rentan terhadap kerusakan.

5. Tumbler bambu

Dibuat dengan perpaduan tanaman bambu dan bahan lain, tumbler ini membawa pesan ramah lingkungan dengan memberikan tampilan alami yang menarik.

6. Aluminium tumbler

tumbler sport berbahan aluminium untuk kegiatan olahraga
Contoh tumbler aluminium untuk berkegiatan sehari – hari

Tumbler aluminium cenderung ringan dan tahan karat. Meski tidak memiliki kemampuan isolasi sebaik stainless steel, tumbler aluminium menjadi pilihan yang baik untuk minuman sehari-hari.

Fungsi tumbler dan manfaatnya

tumbler minum cocok untuk dibawa saat beraktivitas di luar ruangan

Setelah mengetahui apa arti tumbler, penting untuk memahami fungsi tumbler, manfaat, dan kegunaannya selain menjadi wadah minuman. Dengan mengetahui fungsinya, maka akan lebih mudah menentukan botol minum tumbler seperti apa yang dibutuhkan. Apakah hanya untuk minum? Untuk berhemat? Bahkan menjadi media promosi untuk beriklan.

1. Menjaga suhu minuman

Ini adalah fungsi utama dari tumbler minum. Tumbler yang terbuat dari bahan isolasi termal seperti stainless steel atau double-walled glass dapat menjaga minuman tetap panas atau dingin lebih lama.

Lalu apa perbedaan tumbler dan termos? Termos memiliki lapisan isolasi yang lebih tebal dan lebih baik daripada tumbler sehingga bisa mempertahankan suhu cairan di dalamnya. Biasanya termos juga memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih berat. Namun jangan khawatir, saat ini ada produk tumbler termos berupa vacuum tumbler yang memiliki ukuran lebih kecil namun tetap dapat menjaga suhu.

2. Menjaga kehigienisan

Dengan menggunakan tumbler pribadi, Anda dapat lebih mudah menjaga kebersihan dan kesehatan sekaligus menghindari penggunaan botol minum sekali pakai yang dapat berisiko menimbulkan kontaminasi dan pencemaran lingkungan.

3. Mengurangi limbah plastik & kontribusi lingkungan

Bayangkan jika saat ke bepergian ke kantor atau ke tempat umum tidak membawa tumbler dan selalu membeli air mineral dalam kemasan? Semakin banyak air minum dalam kemasan yang dibeli maka semakin banyak limbah plastik yang dihasilkan. Dengan menggunakan tumbler dapat membantu mengurangi jumlah botol plastik sekali pakai yang terbuang setiap hari sekaligus berkontribusi terhadap pemeliharaan lingkungan.

4. Hemat biaya

Membeli kopi, teh, dan air minum kemasan saat diperjalanan selalu menjadi pilihan jika tidak membawa air minum. Membawa tumbler setiap kali pergi dapat membantu menghemat uang dalam jangka panjang sehingga bisa mengurangi pengeluaran yang tidak perlu.

5. Media promosi yang efektif

Karena awam digunakan dalam kehidupan sehari-hari, tim pemasaran perusahaan maupun merek memakai botol minum tumbler sebagai tumbler promosi mereka. Tidak lain alasannya karena seringnya frekuensi pemakaian dan mudah dibawa sehingga menjadikan tumbler sebagai barang promosi perusahaan yang efektif untuk meningkatkan kesadaran merek lewat desain serta logo perusahaan yang dicetak pada permukaannya. 

Rekomendasi tumbler untuk media promosi perusahaan

Di era dengan kemajuan teknologi dan serba digital, variasi dan ide dalam mengiklankan merek semakin kreatif. Berbagai platform dan channel dipakai demi tercapainya target pemasaran. Tidak terkecuali pemakaian tumbler sebagai media beriklan sehingga pada acara-acara sering kali produk ini diberikan sebagai souvenir botol minum. Berikut rekomendasi souvenir tumbler dari SOUVIA untuk kegiatan promosi perusahaan Anda.

1. Tumbler insert paper untuk desain branding yang kreatif dan budget terbatas

tumbler minum plastik untuk souvenir acara seminar dengan branding insert paper
Insert paper tumbler untuk media branding perusahaan yang mudah dibawa

Apa arti tumbler insert paper? Tumbler insert paper merupakan tumbler dengan branding perusahaan berupa kertas yang dimasukkan dalam selongsong di antara rongga yang terdapat pada tumbler. 

Biasanya, tumbler insert paper terbuat dari bahan plastik yang transparan sehingga desain yang sudah dibuat dapat terpampang jelas. SOUVIA merekomendasikan tumbler insert paper untuk Anda yang menginginkan keleluasaan desain dengan anggaran yang terbatas karena tergolong lebih murah dibandingkan jenis tumbler dari model lainnya.

Jika memesan di SOUVIA, tumbler insert paper ini dipatok harga Rp44.000 saja sudah dengan gratis desain logo perusahaan sehingga Anda tidak perlu repot memikirkan desain yang cocok.

2. Tumbler mug berbahan stainless steel untuk temani bekerja

arti tumbler mug adalah tumbler berbentuk cangkir atau mug dilengkapi dengan tutup agar tidak mudah tumpah
Terdapat grafir logo perusahaan pada permukaan tumbler mug

Apa arti tumbler mug? Tumbler mug merupakan tumbler minum berbentuk mug atau cangkir. Contohnya seperti tumbler Rounded SOUVIA. Tumbler dari bahan stainless steel ini dilengkapi dengan tutup sehingga cairan dalam tumbler tidak mudah tumpah. Selain itu, suhu minuman di dalam tumbler tetap terjaga karena dilengkapi dengan insulator. Permukaannya pun dapat digrafir logo perusahaan atau desain menarik untuk memberi kesan pada penerima.

Model tumbler ini cocok untuk Anda berikan sebagai souvenir kantor kepada karyawan untuk temani mereka selama bekerja karena mudah dibawa dan dipakai. Tinggal seruput kopi, teh, atau air minum tanpa harus membuka tutup secara berlebihan.

3. Tumbler termos jaga suhu tetap stabil

tampilan tumbler termos saat dibuka
Produk tumbler termos dilengkapi dengan penyaring

Model tumbler ini merupakan model yang populer dan sering diincar sebagai souvenir botol minum. Modelnya pun beragam ada yang disertai built-in cangkir dan ada yang mempunyai penunjuk suhu. Tapi sebelumnya apa arti tumbler termos? Tumbler termos merupakan tumbler dengan ukuran yang lebih kecil dari termos pada umumnya yang yang dapat menjaga suhu minuman di dalamnya. Tentunya lebih tebal dari tumbler stainless steel biasa. 

Cocok dijadikan souvenir promosi jika Anda membutuhkan souvenir tumbler yang fungsional dan dapat dipakai dalam berbagai kondisi sehari-hari. Bubuhkan logo perusahaan Anda pada permukaannya agar penerima tetap mengingat Anda.

4. Tumbler sport untuk aktivitas olahraga

souvenir perusahaan tumbler sport dengan carabiner
Identik dengan aktivitas olahraga, tumbler sport pilihan cocok untuk berkegiatan

Memberikan tumbler sport cocok jika Anda menyelenggarakan event bertemakan kesehatan atau olahraga. Tumbler ini sendiri biasanya dirancang praktis dan mudah dibawa dengan dilengkapi carabiner untuk digantungkan. Jika Anda bingung memilih produk tumbler yang tepat, cobalah tumbler sport SOUVIA yang sudah sering dipesan untuk berbagai tema acara dan pastinya gratis branding logo perusahaan pada produknya.

Sekarang Anda sudah paham apa arti tumbler, jenisnya berdasarkan bahan, fungsi dan manfaatnya serta rekomendasi contoh tumbler yang tepat untuk keperluan Anda bukan? Jika Anda memerlukan bantuan untuk memilih souvenir kantor dan butuh dalam waktu cepat, layanan produk ready stock SOUVIA selalu ada dan sales eksekutif SOUVIA dengan senang hati akan membantu!

BACA INSPIRASI LAINNYA:

SOUVIA