Setiap perusahaan atau kelembagaan memiliki budaya tertentu yang bertujuan untuk merekatkan hubungan antara karyawan dan keluarganya. Salah satunya adalah family gathering kantor.

Arti family gathering sendiri bagi kebanyakan orang merupakan acara keluarga yang diselenggarakan oleh perusahaan dan salah satu acara yang ditunggu baik oleh karyawan maupun anggota keluarga.

Di acara ini, karyawan dan anggota keluarga saling menyegarkan pikiran dari kejenuhan setelah melakukan rutinitas aktivitas sehari-hari.

Bagaimana dengan kamu? Apakah acara ini memiliki makna tersendiri. Nah, kali ini SOUVIA akan memberikan ulasan mengenai arti family gathering dan memberikan ide susunan acara agar berkesan bagi peserta.

Sebelum itu, agar acara rutin kantor ini lancar, sebaiknya buat kaos panitia family gathering agar panitia semakin kompak.

BACA JUGA: 6 Contoh Desain Kaos Family Gathering Kantor yang Keren

Arti Family Gathering

arti family gathering
Panitia acara family gathering makin kompak dengan kaos khusus crew

Acara ini memiliki makna tersendiri bagi perusahaan dan karyawan. Dilihat dari susunan katanya yang terdiri dari “family” dan “gathering”, secara harafiah berarti mengumpulkan keluarga.

Namun, arti family gathering adalah acara yang diselenggarakan oleh perusahaan atau kelembagaan yang bertujuan mempererat hubungan antar karyawan.

Family gathering kantor biasanya mengikutsertakan keluarga agar karyawan semakin bersemangat dalam bekerja dan mempererat hubungan karyawan.

Tidak lupa panitia juga harus menyediakan merchandise perusahaan sebagai tanda mata perusahaan kepada sanak keluarga.

Jika perusahaan tidak punya waktu banyak untuk memproduksi merchandise, souvenir ready stock SOUVIA siap membantu. Souvenir bisa diantar dalam waktu singkat, sehingga karyawan dan keluarga tetap mendapat kenang-kenangan.

Ide Susunan Acara Family Gathering

arti family gathering
Tulis susunan acara family gathering di buku agenda agar tidak terlupa

Dalam setiap acara perusahaan dan kelembagaan setidaknya memiliki agenda kegiatan yang diikuti oleh seluruh peserta.

Tema family gathering harus diputuskan terlebih dahulu untuk lebih mudah menyusun acara. Selanjutnya, panitia acara membuat run down acara untuk dibagikan kepada peserta.

Bentuk acara family gathering beragam, bisa diisi dengan talk show tentang keluarga, ramah tamah bersama pimpinan perusahaan, dan games seru antar keluarga.

Acara yang diselenggarakan oleh panitia bertujuan untuk meningkatkan kekompakan antara karyawan, menjaga silahturahmi dengan keluarga karyawan, dan melepaskan kejenuhan bekerja.

Sebaiknya, ya, panitia acara menulis susunan acara di dalam notebook kekinian agar acara berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rencana awal.

Berikut susunan acara yang bisa digunakan dalam family gathering kantor yang diselenggarakan dalam satu hari.

a. Panitia mengecek kembali jumlah peserta dengan absensi

b. Setiap peserta dikelompokan berdasarkan bus yang akan ditumpangi dan masuk ke dalam bus

c. Pembagian sarapan dan snack

d. Berdoa menurut kepercayaan masing-masing

e. Keberangkatan peserta

f. Masing-masing panitia dalam bis memastikan kehadiran peserta

g. Pengkondisian peserta gathering di aula atau lapangan tempat acara

h. Pembukaan acara family gathering oleh pimpinan perusahaan atau kelembagaan

i. Panitia ambil alih dan membagi peserta gathering

j. Acara games dimulai

k. Pengumuman pemenang

l. Pembagian hadiah

m. Acara bebas

n. Ishoma

o. Pembagian makan siang

p. Acara bebas

q.  Ishoma

r. Pembagian snack

s. Penutupan oleh pimpinan perusahaan dan panitia

t. Pengkodisian peserta untuk kembali ke bis

u. Pengecekan peserta sesuai absensi kehadiran

v. Keberangkatan untuk kembali ke kantor

Rekomendasi Permainan dalam Acara Family Gathering Kantor

Terdapat banyak games yang bisa dimainkan bersama keluarga. Berikut ini tiga jenis permainan yang mudah dilakukan dan tidak memudahkan banyak perlengkapan untuk acara family gathering.

1. Tebak gaya

Panitia bisa menggunakan permainan tebak gaya atau charades dalam family gathering kantor. Tebak gaya bisa bertema hewan atau profesi.

Permainan ini akan membantu mencairkan suasana di antara keluarga karyawan. Apalagi jika pemenang permainan mendapat hadiah souvenir desain terbaru yang bermanfaat dan kekinian. Dijamin, suasana acara family gathering akan semakin meriah.

Ular naga

Permainan ular naga cocok dimainkan untuk anak-anak agar mereka semakin akrab. Panitia hanya perlu memisahkan anak-anak dengan para orang tua saat acara games family gathering berlangsung.

Lingkaran Wow

arti family gathering
Berikan pemenang games family gathering payung lipat sebagai hadiah

Games ini bisa dimainkan baik oleh orang tua maupun anak-anak. Panitia bisa membagi menjadi beberapa kelompok jika peserta gathering terlalu banyak.

Setelah membentuk lingkaran, para peserta menghitung mulai dari satu. Setiap hitungan kedelapan atau kelipatannya, peserta harus menyebut kata “wow”. Jika ada yang salah sebut maka harus mundur dari permainan.

Selanjutnya peserta yang tersisa, wajib diberi merchandise perusahaan payung lipat yang bisa digunakan baik saat hujan maupun panas dan praktis digunakan.


Arti family gathering bagi karyawan dan keluarga merupakan sarana hiburan untuk menyegarkan pikiran yang jenuh karena pekerjaan dan kehidupan sehari-hari.

Penting bagi perusahaan untuk menyelenggarakan acara family gathering karena mampu meningkatkan loyalitas karyawan, menjaga dan meningkatkan kekompakan, dan menjaga ikatan antara pimpinan dan karyawan.

Persiapkan tema family gathering dengan baik agar bermakna bagi peserta acara dan sebaiknya persiapkan merchandise perusahaan sebagai cendera mata acara agar berkesan dan meningkatkan citra positif perusahaan.

Silahkan hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk segala kebutuhan merchandise perusahaan untuk acara family gathering kantor.

CEK INSPIRASI LAINNYA

SOUVIA