Dalam sebuah acara, biasanya souvenir diberikan untuk peserta, pembicara hingga panitia. Isi produknya pun beragam mulai dari tas seminar hingga aneka elektronik. Jika saat ini Anda sedang mencari ide contoh paket seminar kit untuk acara yang terjangkau, berkualitas, dan bermanfaat bagi penerima, simak artikel ini sampai akhir ya!

Definisi dan Fungsi Seminar Kit

Seminar kit atau paket seminar merupakan kumpulan barang atau produk yang dibuat menjadi satu kesatuan dalam paket (kit). Contoh paket seminar kit yang beragam dibutuhkan penyelenggara untuk memilih kit yang tepat.

Paket seminar kit dalam sebuah acara tidak hanya diberikan kepada peserta, tamu undangan, atau pembicara, namun juga panitia acara.

Bukan hanya membantu peserta untuk menulis atau mencatat hal – hal penting selama acara seminar berlangsung, seminar kit juga berfungsi sebagai ucapan terima kasih kepada peserta, tamu, undangan, dan pembicara yang telah meluangkan waktu.

Selain itu, seminar kit bisa digunakan sebagai bahan promosi brand maupun institusi agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Isi Seminar Kit

Jenis-jenis souvenir untuk berbagai acara memang banyak macamnya. Pemilihan produk untuk isi seminar kit misalnya, harus bergantung pada audiens yang akan diberi. Berikut isian contoh paket seminar kit yang biasa digunakan.

1. Alat tulis

paket seminar kit berupa notebook buku agenda kulit sintetis dan pulpen
Produk alat tulis kantor berupa buku agenda dan pulpen untuk kegiatan BSPJI Jakarta

Paket seminar kit yang berisi alat tulis seperti pena dan buku agenda akan membantu peserta dan pembicara untuk mencatat hal – hal penting selama seminar berlangsung. Selain itu, alat tulis juga bisa digunakan di kantor setelah acara selesai.

2.Tumbler

Produk tumbler juga sering dijadikan sebagai isian dari seminar kit karena bermanfaat dan praktis digunakan, serta ramah lingkungan.

3. Nametag

Memberikan nametag pada acara seminar tidak hanya berfungsi sebagai tanda identitas setiap orang yang berkontribusi dalam acara seminar tersebut.

Dengan adanya nametag, tamu dan peserta yang hadir bisa saling mengenal dan mengetahui fungsi masing – masing.

4. Tas

Tidak jarang perusahaan dan kelembagaan memberikan tas sebagai bagian dari seminar kita. Tas akan sangat bermanfaat bagi penerima karena bisa membantu menyimpan dan membawa perlengkapan sehari – hari.

5. Kaos

Logo perusahaan dapat dipakai pada merchandise kaos
Lengkapi kaos dengan logo perusahaan atau acara untuk brand awareness seperti kaos Jenius

Penyelenggara juga bisa menyertakan merchandise kaos di dalam seminar kit yang bisa langsung dipakai oleh para peserta dan tamu undangan.

Kaos akan menjadi identitas peserta saat hadir dalam seminar dan juga memperkecil gap atau perbedaan antara peserta satu dengan yang lain.

6. USB

Perangkat USB atau flashdisk sering dijadikan sebagai isian seminar kit karena bisa menampung semua informasi terkait seminar. Peserta tidak perlu khawatir lupa materi seminar karena sudah disimpan di USB.

Contoh Paket Seminar Kit

Banyak produk yang bisa dijadikan contoh seminar kit. Isian seminar kit bergantung dari kebutuhan, anggaran, target audiens, dan keinginan penyelenggara.

Berikut contoh paket seminar kit yang biasa digunakan dalam acara perusahaan dan kelembagaan.

1. Contoh paket seminar kit untuk peserta

Peserta acara seminar membutuhkan beberapa barang untuk membantu mereka menulis atau mencatat hal – hal penting selama acara berlangsung.

Seminar kit yang bisa diberikan kepada peserta adalah paket basic yang terdiri dari note, buku agenda, pulpen, nametag, dan goodie bag.

Untuk kebutuhan promosi, pihak penyelenggara bisa juga memberikan kaos dan payung yang menampilkan brand atau logo.

2. Contoh paket seminar kit untuk tamu undangan dan pembicara

Bagi pembicara dan tamu undangan, paket seminar kit yang diberikan harus eksklusif dan berbeda.

Seminar kit yang diberikan kepada mereka bukan hanya bisa membantu pembicara saat acara seminar berlangsung, namun juga sebagai ucapan terima kasih karena telah meluangkan waktu dan tenaga untuk hadir dalam acara tersebut.

Paket seminar kit yang bersifat eksklusif dengan sentuhan personal akan menyenangkan hati tamu undangan dan pembicara karena panitia memberikan produk yang mereka senangi.

Selain itu, seminar kit yang eksklusif akan menarik perhatian tamu undangan, sehingga akan meningkatkan citra positif perusahaan pendukung dan pihak penyelenggara.

Beberapa contoh paket seminar kit yang bisa diberikan adalah paket luxury yang terdiri dari produk berbahan baku berkualitas seperti kulit atau kanvas dan bermanfaat seperti tas, sleeve laptop, pouch, buku agenda, lanyard, dan pulpen.

souvenir gift set berisi pouch, name tag, dan pulpen sebagai hadiah apresiasi untuk pembicara
Hampers pemateri yang diberikan pada Mekari Conference 2023 bisa dijadikan ide contoh paket seminar kit

Selain itu, ide desain seminar kit untuk souvenir acara bertema Indonesia pun bisa panitia berikan. Dengan sentuhan etnik berpadu kulit sintetis menambah keeleganannya. Anda dapat memilih paket etnik SOUVIA sebagai hampers pemateri yang terdiri dari buku agenda, pouch, dan name tag untuk memberi kesan positif.

Sebagai merchandising, penyelenggara juga bisa memberikan kaos atau hoodie yang bisa digunakan untuk kebutuhan sehari – hari.

3.  Contoh paket seminar kit untuk panitia

Bukan hanya peserta dan tamu undangan yang mendapatkan seminar kit, namun juga panitia penyelenggara perlu mendapatkan seminar kit untuk kebutuhan mereka saat acara berlangsung.

Seminar kit yang diberikan kepada panitia bukan hanya sebagai identitas, namun juga sebagai bentuk terima kasih atas tenaga dan waktu yang diberikan sehingga acara berhasil. Ini bisa menjadi penyemangat panitia untuk melakukan usaha yang maksimal agar acara seminar lancar.

Contoh seminar kit yang bisa diberikan untuk panitia adalah lanyard yang berisi identitas, kaos, dan tas untuk menyimpan perlengkapan selama acara berlangsung.

Kesimpulan

Contoh paket seminar kit berfungsi untuk membantu peserta dan tamu undangan selama acara berlangsung sekaligus bentuk ucapan terima kasih atas kehadiran mereka.

Isian seminar kit bergantung dari target audiens, anggaran, kebutuhan, tujuan, dan tema acara. Pastikan memesan contoh paket seminar kit di tempat penyedia souvenir yang berpengalaman.

Sebaiknya pilih penyedia souvenir yang menyediakan paket seminar kit yang bisa dipesan dadakan seperti yang disediakan SOUVIA meliputi souvenir ready stock dan juga produk souvenir terbaru agar kekinian dan trendi.

Beberapa produk bisa dijadikan sebagai contoh paket seminar kit dan custom sesuai kebutuhan, seperti paket basic, paket luxury, dan paket etnik yang terdiri dari buku agenda, notes, pulpen, kaos, dan souvenir bermanfaat lainnya. Jika butuh seminar kit dalam waktu dekat, hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk informasi terkait rekomendasi produk dan layanan lainnya.

SOUVIA