Bahan kaos terbaik merupakan salah satu indikator souvenir untuk perusahaan yang berkualitas dan tahan lama, serta disukai oleh penerima.

Bagaimana mencarinya? Eits, jangan khawatir karena SOUVIA akan memberikan pengetahuan tentang jenis dan tips memilih bahan kaos terbaik yang pas dengan tema acara dan alokasi dana perusahaan.

BACA JUGA: Dekorasi pesta halloween kantor ala SOUVIA, ini tipsnya

Jenis – Jenis Bahan Kaos Terbaik

Kini semakin banyak kain yang bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan produk apparel. Namun, sebagai perusahaan yang ingin memberikan yang terbaik untuk kolega hingga karyawan, tentu kualitas bahan baku menjadi yang paling utama.

Berikut jenis – jenis bahan kaos terbaik yang bisa dipilih untuk souvenir perusahaan.

1. Cotton supima

Bahan ini terbuat dari kapas pima yang berasal dari Amerika Serikat. Supima berasal dari kata superior pima atau benang katun super pima.

Bahan kaos terbaik ini terbilang langka dan dibudidayakan dengan teknologi canggih. Oleh karenanya dibanderol cukup mahal.

Cotton supima memiliki serat yang panjang sekitar 1,5 inchi, sehingga menghasilkan benang yang kuat dan menjadi jenis bahan kaos terbaik dengan kualitas tinggi.

2. Cotton bambu

Jenis bahan ini mengkombinasikan serat kapas dengan serat bambu. Cotton bambu memiliki sifat anti bakteri dengan tekstur yang ringan.

Bahan ini sangat populer karena memiliki ketahanan tinggi terhadap ultraviolet, sekitar 417 kali lipat lebih baik menangkal efek buruk ultraviolet.

Cotton bambu termasuk ke dalam jenis kain yang ramah lilngkungan karena mudah terurai dan dingin ketika digunakan walau panas menyengat.

Dengan segala kelebihannya, kain ini menjadi bahan kaos terbaik yang memiliki harga tinggi dan juga tidak mempunyai pilihan warna yang banyak.

3. Cotton tri – blend

Sesuai dengan namanya, kain ini terdiri dari tiga bahan komposisi. Ketiganya adalah polyester 50%, katun 25%, dan rayon 25%. Jenis cotton tri-blend memiliki sifat tidak kusam, halus, lembut, dan lentur.

4. Cotton slup

Kain ini memiliki tekstur garis – garis timbul yang membuatnya eksklusif. Bahan cotton slub cukup populer di industri garmen karena memiliki sifat – sifat yang khas.

Dengan tekstur garis – garis timbul tersebut membuat kain memiliki tampilan yang khas, nyaman digunakan, kuat, adem, dan tidak panas.

5. Cotton combed, salah satu bahan kaos terbaik

Kain ini sangat populer di konveksi kaos rumahan dan besar karena memiliki karakteristik yang cukup baik, terjangkau, dan nyaman digunakan.

Cotton combed merupakan jenis bahan kaos terbaik karena terbuat dari seratus persen serat kapan dengan metode pembuatan knitting atau rajut. Setelah itu, ada proses penyisiran atau combing.

Jenis kain yang sering digunakan untuk konveksi kaos adalah cotton combed 20s, cotton combed 24s, cotton combed 30s.

Sama seperti bahan kaos yang terbuat dari kapas, kain ini menyerap keringat dengan baik dan nyaman digunakan, sehingga menjadi langganan bahan baku souvenir perusahaan berupa produk apparel.

6. Cotton carded

Selain cotton combed, terdapat kain yang juga sering digunakan dalam proses konveksi. Cotton carded terbuat dari seratus persen kapas namun memiliki harga yang terjangkau.

Kain ini dibuat dari pemintalan mesin carding yang menghasilkan serat kain agak kasar dan masih memiliki serat benang. Sehingga, tampilan menjadi tidak halus dan tidak rata.

Walau begitu, kualitas cotton carded tidak berbeda jauh dengan cotton combed, yang membedakan hanya tampilannya. Cotton carded juga sering digunakan sebagai souvenir kantor kaos saat acara.

7. Viscose

Kain ini merupakan jenis kain rayon semi – sintetis yang terbuat dari bubur kayu atau pulp. Teksturnya ringan dan lembut, tak heran banyak kaum hawa memilih pakaian yang terbuat dari bahan ini.

Kain viscose dapat menyerap keringat dengan baik, harga terjangkau, warna tidak mudah pudar, dan nyaman digunakan walau cuaca panas.

8. Teteron cotton

Jenis kain ini merupakan kombinasi dari bahan polyester dan serat kapas. Cotton teteron memiliki sifat kuat, tidak mudah kusut, dan anti koyak.

Walau begitu, karena kandungan bahan 50 persen berasal dari polyester membuat cotton teteron agak sulit menyerap keringat.  

9. Hyget

Bahan ini sangat tidak disarankan untuk pembuatan kaos karena sifatnya yang tidak bisa menyerap keringat. Hyget merupakan kain kombinasi katun dan polyester. Bahan ini memiliki sifat mengkilap, tidak mudah kusut dengan harga yang terjangkau.

10. Polyester

Bahan ini memiliki sifat yang kuat dan menahan panas dengan baik, sehingga sering dijadikan sebagai bahan baku pembuatan kaos olahraga atau pakaian musim dingin.

Bahan polyester memiliki harga yang terjangkau dibanding bahan katun. Oleh karena itu, bahan polyester termasuk bahan kaos terbaik sebagai bahan baku untuk pembuatan kaos dalam jumlah yang banyak namun murah.

Cara Memillih Bahan Kaos Terbaik

Jika Anda sedang mencari bahan kaos terbaik untuk souvenir kantor, maka berikut hal – hal yang harus dilakukan sebelum memilih.

1. Kenali jenis kain

Sebelum memproduksi kaos untuk souvenir perusahaan, ada baiknya Anda mengenali terlebih dahulu jenis – jenis kain dan karakteristik, kelebihan, dan kekurangannya.

Hal ini dilakukan agar kaos yang diproduksi sesuai dengan target pasar dan digunakan baik oleh penerima.

2. Sesuaikan dengan kebutuhan dan tema

Setelah mengetahui jenis – jenis kaos beserta kelebihan dan keurangannya. Saatnya melihat jenis bahan yang terbaik untuk kaos.

Pemilihan bahan harus disesuaikan dengan kegunaan kaos, misalnya jika kaos akan digunakan di lapangan, maka harus cari kaos yang dapat menyerap keringat dengan baik dan nyaman digunakan.

3. Survey harga pasar

bahan kaos terbaik
Sebelum memutuskan bahan kaos terbaik, lakukan riset kecil – kecilan untuk mengetahui harga pasar

Sebelum benar – benar memilih penyedia kaos yang akan memproduksi souvenir kantor kaos. Ada baiknya lakukan survey pasar untuk mengetahui harga pasar dan melihat jenis bahan kaos langsung.

Pilih penyedia kaos yang memiliki banyak gimmick atau mock up untuk mengetahui hasil akhir kaos eksklusif.

4. Sesuaikan dengan budget

Jika sudah mengetahui jenis kain dan produk akhir, maka saatnya memilih bahan kaos terbaik yang sesuai dengan budget. Konsisten pada anggaran agar tidak terjadi kebocoran dana.

Kesimpulan

Bahan kaos terbaik bisa didapatkan dengan mengetahui jenis – jenis kain yang digunakan untuk produksi.

Untuk kebutuhan souvenir kantor, sebaiknya pilih bahan kaos yang nyaman digunakan, dingin, melindungi tubuh, dan menyerap keringat dengan baik. Namun, jenis bahan lain juga bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk mendapatkan souvenir perusahaan berupa kaos yang sesuai target pasar.

CEK INSPIRASI LAINNYA

SOUVIA