Membuat souvenir unik yang menarik perhatian orang menjadi tantangan tersendiri bagi penyelenggara acara maupun penyedia souvenir. Dengan sistem pre order dan ready stock, Souvia siap membantu mewujudkan souvenir promosi idaman untuk meriahkan acara Anda.

BACA JUGA:  5 paket seminar kit eksklusif favorit semua orang

Souvenir dan fungsinya

Souvenir yang diberikan saat acara atau berkunjung ke suatu tempat akan menjadi pengingat bagi penerima. Oleh karenanya pembuatan souvenir membutuhkan waktu agar souvenir sesuai ekspektasi pemberi dan penerima.

Selain itu, souvenir menjadi tanda ucapan terima kasih kepada seseorang karena telah berbuat sesuatu yang sangat diapresiasi. Untuk tujuan ini, souvenir premium dan eksklusif perlu diberikan untuk meningkatkan hubungan dan termotivasi untuk melakukan yang lebih baik lagi.

Souvenir eksklusif Souvia menjadi pilihan terbaik untuk diberikan kepada seseorang yang sangat dihargai. Isi souvenir ini terdiri dari postman bag yang terbuat dari kulit asli, pointer, dan buku agenda Molskin.

Souvenir yang disukai

Souvenir perusahaan eksklusif seperti punya Bank Indonesia akan lebih baik dipesan dengan sistem pre order
Salah satu contoh souvenir unik dan eksklusif yang dibuat dengan sistem pre order

Souvenir tidak bisa dibuat sembarangan karena akan menjadi gambaran (image) acara atau tempat penyelenggara. Souvenir unik dan berkualitas akan menciptakan citra positif bagi pemberi souvenir. Oleh karenanya, souvenir harus dibuat jauh – jauh hari atau menggunakan sistem pre order agar maksimal.

Souvenir diharapkan menjadi barang yang ditunggu karena fungsinya yang berguna bagi penerima atau desain souvenir yang tidak ada di tempat lain. Sebagai contoh, pouch batik Souvia yang memiliki desain batik khas Indonesia yang menawan dan dilengkapi dengan 7 slot kartu di dalamnya, membuat pouch ini menjadi souvenir favorit semua orang.

Sistem pre order

Untuk membuat souvenir yang dapat digunakan sehari – hari dan memiliki tampilan menarik, sistem pre order bisa menjadi solusinya.

1. Definisi sistem pre order

ilustrasi tulisan pre order dalam tombol enter
Memesan produk secara pre order (PO) biasanya dipilih jika tidak butuh barang secara cepat

Sistem pre order merupakan salah satu metode pembelian yang cukup populer saat ini. Metode ini menerapkan pemasaran produk sebelum produksi barang atau produk sudah mulai dijual. Penyedia atau penjual menyediakan gambar atau mock up (model atau rancangan) produk tersebut.

Untuk dapat membeli barang tersebut, pembeli harus melakukan pemesanan dan membayar sejumlah uang untuk pembayaran di awal (uang muka).

2. Keuntungan sistem pre order

Sistem pre order memiliki kelebihan yang dirasakan oleh penjual dan pembeli. Apa saja?

2.1 Pendapatan terkontrol

Bagi penjual, sistem pre order membuat penjual hanya menghasilkan barang yamg dipesan. Adanya sistem ini akan memberi gambaran bagi penjual mengenai penghasilan yang akan didapat.

Semakin tinggi penjualan, semakin tinggi penghasilan yang didapat. Pun jika pemesanan produk berkurang, penjual memiliki strategi pemasaran untuk meningkatkan pendapatan.

2.2 Tidak ada stok menumpuk

Barang yang dihasilkan oleh produsen berdasarkan jumlah pemesanan konsumen. Artinya tidak akan ada stok barang yang ada di gudang. Penjual tidak membutuhkan gudang khusus yang besar untuk menyimpan barang jualan.

Ilustrasi pengeluaran barang stok dari gudang sebelum pengiriman
Barang cepat keluar dari gudang jika memakai sistem pre order

Selain itu, penjual tidak perlu memutar otak untuk menjual barang yang sudah diproduksi dan bisa tetap fokus ke penjualan selanjutnya.

2.3 Tersedia banyak pilihan

Sistem pre order yang membutuhkan waktu untuk pengerjaan produk akan memberikan penjual kesempatan menawarkan banyak pilihan produk kepada pembeli. Hal ini akan semakin meyakinkan konsumen karena penjual menyediakan alternatif produk.

Jika penjual memiliki produk serupa atau mock up produk, penjual bisa menunjukkan hasil akhir barang kepada pembeli. Sehingga pembeli akan memiliki gambaran mengenai produk yang dipilih.

Seperti halnya saat ingin memesan paket seminar kit Souvia yang mana terdapat 19 pilihan yang terbagi menjadi paket luxury, paket etnik, dan paket basic seminar kit. Paket – paket tersebut memiliki ciri masing – masing yang bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Saat ingin memesan souvenir premium, paket luxury bisa menjadi pilihan. Mengadakan seminar yang ingin memamerkan keindahan batik? Paket etnik jawabannya. Seminar kit dengan harga terjangkau? Pilih paket basic pastinya.

Ilustrasi klien sedang berdiskusi dengan sales
Diskusi dengan menghubungi sales dapat membantu untuk kustomisasi produk sesuai budget

Tak hanya itu, dengan sistem pre order, konsumen dapat memesan souvenir yang bisa diproduksi custom sesuai dengan tema acara dan dana yang dialokasikan.

Jika menghendaki souvenir unik dengan desain trendi sesuai identitas perusahaan, sistem pre order menjadi pilihan utama membuat souvenir pilihan.

3. Cara kerja sistem pre order

Penjual atau penyedia barang akan memasarkan produk dengan menampilkan gambar atau contoh produk. Pemasaran bisa dilakukan via online dengan upload produk dan detailnya melalui website resmi atau mengirim pesan broadcast ke pelanggan.

Saat ada konsumen yang tertarik, mereka akan menghubungi penjual. Sales eksekutif akan menjelaskan detail produk. Jika terjadi jual – beli, pembeli wajib memberikan uang muka sebagai tanda jadi pembelian produk.

Penjual akan mengirimkan semua pesanan jika pembayaran sudah dilunasi oleh pembeli. Penting untuk menelusuri penyedia produk agar tidak tertipu.

Pilih penyedia produk yang sudah terpercaya dan memiliki kelengkapan administrasi agar proses dapat berjalan lancar. Souvia yang sudah berdiri lebih dari sepuluh tahun dan dipercaya oleh 3.000 perusahaan dan kelembagaan akan membantu menyiapkan souvenir terbaik untuk acara dan perusahaan Anda.

4. Sistem pre order vs ready stock

Tas punggung kulit Bull merupakan souvenir ready stock yang sering dipesan
Tas punggung Bull selalu menjadi pilihan utama saat membutuhkan souvenir dalam waktu singkat

Souvia menawarkan dua metode pembelian untuk memudahkan konsumen.  Jika sistem pre order membutuhkan waktu, memberikan pilihan yang beragam, dan souvenir bisa diproduksi custom, lain halnya dengan sistem ready stock. Produk yang ditawarkan di laman ready stock Souvia selalu tersedia.

Ready stock memudahkan para konsumen yang membutuhkan souvenir di waktu yang sempit. Produk yang ditawarkan merupakan produk best seller Souvia dan hanya membutuhkan waktu 2-3 hari kerja untuk penyelesaian produk.

Sistem pre order maupun ready stock memiliki keunggulan tersendiri baik bagi konsumen maupun penjual. Keduanya dipilih sesuai kebutuhan. Untuk souvenir acara besar yang membutuhkan detail khusus, sebaiknya pilih sistem pre order yang memiliki banyak pilihan dan waktu untuk membuatnya.

Jika ingin membagikan souvenir promosi yang bisa dibuat custom, pastikan merchandise kampanye dibuat dengan sistem pre order agar sesuai dengan materi branding yang disiapkan. Jika kebutuhannya mendesak, sistem ready stock jawabannya. Informasi lebih lanjut mengenai sistem pemesanan dapat menghubungi sales executive Souvia.

CEK INSPIRASI LAINNYA:

SOUVIA