Mentok mempromosikan barang jualan? Mungkin kamu harus mulai mempelajari cara branding produk agar semakin dikenal masyarakat luas.

Cara branding produk untuk bisnis online harus diketahui oleh pengusaha atau tim marketing kantor agar barang jualan dikenali dan semakin banyak peminatnya.

Langkah branding produk yang tepat akan menambah value atau nilai barang, meningkatkan daya tarik pasar, dan membedakan barang jualan dari pesaing.

Selain memperkenalkan produk di media sosial, memberikan giveaway berupa buku agenda desian vintage juga bisa dilakukan untuk meningkatkan perhatian target pasar.

Yuk, simak ulasan SOUVIA berikut mengenai cara branding produk yang efektif dan souvenir pilihan agar eksistensi perusahaan semakin kuat.

Cara Membangun Brand Bisnis Online

Branding merupakan strategi pembentukan identitas suatu produk agar memiliki tampilan yang beda dan menarik di mata konsumen.

Membangun brand pada produk membutuhkan kosakata dan estetik publik, sehingga logo, nama produk, slogan hingga kemasan harus diperhitungkan dengan matang.

Setidaknya ada sepuluh cara branding produk yang bisa dilakukan, termasuk memberikan souvenir ready stock yang bisa dibagikan kapan saja. Simak tipsnya.

1. Desain logo harus menarik

cara branding produk
Buku agenda dengan tampilan logo membantu perusahaan membangung branding

Salah satu elemen identitas produk ini merupakan hal yang harus dipikirkan secara matang. Logo yang baik dan menarik akan meningkatkan brand awareness sehingga membantu target pasar mengenali produk dengan cepat dan mudah.

Logo juga berfungsi untuk menampilkan bisnis lebih profesional, kredibel, dan bisa dipercaya.

2. Nama produk dan slogan yang unik

Sama halnya dengan logo, nama produk dengan slogan yang unik membuat masyarakat mengenali suatu produk dengan baik. Oleh karenanya, tidak boleh sembarangan dalam menentukan nama dan slogan produk.

3. Kembangkan website

Informasi mendetail mengenai produk harus dituangkan dalam website khusus. Hal ini berguna untuk pembeli untuk mengetahui bahan baku, kandungan yang ada di dalam produk, hingga cara pembelian.

4. Manfaatkan media sosial

Dunia maya kerap memberikan dampak yang signifikan bagi seseorang atau suatu produk. Transfer informasi yang semakin mudah dan cepat membuat pengembangan media sosial untuk produk harus dilakukan.

Pengembangan konten seperti penggunaan meme harus dilakukan di media sosial produk agar menarik perhatian masyarakat luas.

Lakukan komunikasi dengan audiens atau pelanggan untuk meningkatkan keterikatan antara produk dan konsumen.

5. Tingkatkan kualitas produk

Selain branding yang tepat, Anda juga harus memperhatikan kualitas produk yang dijual. Pengembangan barang jualan harus dilakukan untuk mempertahankan dan meraih konsumen.

Pasalnya, ya, branding produk tidak akan bertahan lama jika kualitas produknya sendiri tidak baik. Jadi, Anda harus mengedepankan kualitas produk yang baik agar konsumen tetap loyal.

6. Memperhatikan kemasan

cara branding produk
Membuat kemasan yang menarik dan bermanfaat merupakan salah satu cara branding produk yang efektif

Packaging berfungsi untuk menampung dan melindungi suatu produk dari kerusakan saat pendistribusian sebelum jatuh ke tangan konsumen. Selain itu, kemasan juga berfungsi sebagai pemasaran suatu produk agar menarik perhatian audiens.

Kemasan merupakan bagian identitas produk. Jika tampilannya menarik, kemasan akan menjadi media promosi sekaligus pemberi informasi suatu produk.

Kamu bisa mengguanakan tote bag batik yang memiliki desain unik khas Indonesia. Jenis kemasan ini tidak akan langsung dibuang karena bisa digunakan kembali.

7. Endorsement ke influencer

Influencer di media sosial cukup berpengaruh dalam peningkatan penjualan di dunia maya. Endorsement produk bisa dilakukan dengan mencari influencer yang sesuai dengan kriteria produk.

8. Jadikan testimoni pelanggan sebagai branding produk

Tanggapan atau respon positif konsumen harus dimanfaatkan dengan baik untuk membentuk citra produk yang positif.

Jadikan testimoni pelanggan sebagai konten di media sosial produk agar semakin banyak audiens yang paham nilai barang jualan.

9.  Daftar Google My Business

Dengan bergabung di mesin pencarian nomor satu di dunia, produk jualan kamu akan semakin mudah ditemukan oleh calon pelanggan.

Google My Business memiliki fitur untuk mendukung pemasaran barang atau jasa, sehingga pelaku usaha bisa lebih maksimal dalam mempromosikan dan branding produk.

10.  Adakan giveaway

Cara branding produk yang terakhir merupakan favorit setiap konsumen dan target audiens. Mengadakan giveaway berupa souvenir desain terbaru SOUVIA akan lebih mengoptimalkan promosi barang jualan perusahaan.

Untuk mengikuti program ini, konsumen harus mencari tahu informasi produk, sehingga peningkatan brand awareness bisa tercapai.

Rekomendasi Merchandise Produk

cara branding produk
Tumbler kekinian bisa digunakan sebagai giveaway untuk mendongkrak penjualan

Salah satu cara branding produk adalah dengan membagikan merchandise perusahaan yang menampilkan logo atau brand.

Agar keterikatan dengan konsumen tercapai, sebaiknya gunakan souvenir yang bermanfaat dan berkualitas agar tahan lama. Pastikan logo perusahaan terbaca agar promosi bisa terus dilakukan.

SOUVIA menawarkan banyak merchandise yang bisa digunakan agar promosi dan branding perusahaan tercapai.

Selain itu, tersedia layanan cetak logo gratis untuk pemesanan merchandise dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Berikut rekomendasinya untuk kamu.

1. Buku agenda

Jenis merchandise yang satu ini bisa diberikan untuk semua kalangan karena bisa digunakan oleh siapa pun.

Buku agenda mampu mendukung aktivitas pekerja kantoran dan pelajar, ditambah desain yang unik akan menarik perhatian audiens.

2. Tote bag

Jenis tas ini termasuk ke dalam barang ramah lingkungan karena bisa digunakan berkali – kali. Tote bag batik sering dimanfaatkan untuk membawa kebutuhan tambahan saat menghadiri rapat atau bepergian.

3. Tumbler kekinian

Merchandise jenis ini masih menjadi favorit banyak orang karena fungsinya yang sangat membantu. Tumbler kekinian bisa digunakan di mana saja, di kantor atau saat bepergian karena lebih bersih, sehat, dan ramah lingkungan.


Eksistensi barang dan jasa di dunia maya akan terbantu dengan cara branding produk yang sesuai dengan target audiens.

Strategi pemasaran seperti penamaan nama, logo, dan slogan produk harus dipikirkan secara matang agar menarik perhatian audiens di dunia mayan.

Selain itu, cara branding produk seperti memanfaatkan media sosial, menjalin kerja sama dengan influencer, hingga mengadakan giveaway merchandise wajib dicoba untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan dan calon konsumen.

Oleh karenanya, dibutuhkan merchandise yang bermanfaat dan berkualitas agar promosi dan branding produk tercapai.

Untuk semya kebutuhan merchandise yang digunakan saat giveaway, kamu bisa hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk mendapatkan rekomendasi dengan harga terbaik.