Tas kulit merupakan aksesoris yang membuat tampilan terlihat lebih klasik dan berkelas. Jika memilikinya, maka kamu perlu mengetahui cara membersihkan tas kulit supaya awet.

Banyak yang menyebut tas kulit stylish sebagai investasi fashion. Pasalnya, tas berbahan kulit cocok untuk melengkapi tampilan untuk menghadiri berbagai acara. Tidak heran jika peminatnya senantiasa tinggi.

Bahkan, kini banyak juga perusahaan yang mencari souvenir ready stock berupa tas kulit. Tidak hanya cocok untuk karyawan, tas kulit juga patut menjadi souvenir untuk klien bisnis.

BACA JUGA: 10 Pilihan Tas Pouch Kulit untuk Giftset Exclusive

Cara Membersihkan Tas Kulit

Pesona tas kulit mampu memukau siapa saja. Namun, kamu juga perlu memberikan perawatan khusus untuk menjaga tampilan tas supaya tetap mengilap dan terlihat seperti baru.

Tas kulit juga rentan terkena jamur sehingga kamu perlu membersihkannya secara rutin. Cara membersihkannya juga harus tepat agar tas tetap cantik dan awet. Nah, berikut cara membersihkan tas kulit yang benar:

1. Mengenali Jenis Bahan Tas Kulit

Tidak semua tas kulit terbuat dari bahan yang sama, sehingga cara merawatnya pun berbeda-beda.

Jadi, pertama-tama, kamu perlu mengenali dulu jenis bahan dari tas kulit, apakah berbahan suede, nubuck, saffiano, atau bahan lain.

Untuk tas kulit suede yang bertekstur lebih lembut, kamu perlu menggunakan teknik dan peralatan yang sesuai.

Apabila berbahan suede, maka cara membersihkan tas kulit yang menghitam akibat noda sebaiknya menggunakan penghapus pensil dan tanpa air. Hapuslah noda secara perlahan agar tidak merusak tas.

Kamu bisa menyemprotkan sedikit cuka putih untuk noda yang membandel. Kemudian usap lembut dengan kain bersih.

Sedangkan untuk tas kulit saffiano, lebih dianjurkan membersihkan menggunakan sikat berbulu lembut. Pasalnya, jenis kulit saffiano memiliki permukaan bertekstur, sehingga perlu sikat untuk menjangkau bagian lekukan.

2. Mulai dengan Membersihkan Debu

tas ipad dengan handle jinjing
Tas kulit stylish Kaban dari SOUVIA.

Langkah pertama dari cara membersihkan tas kulit yang kotor adalah menghilangkan debu.

Kamu bisa menggunakan kain yang bersih dan kering, lalu menyapukannya dengan lembut pada permukaan bagian luar tas untuk menghilangkan debu. Bisa juga membersihkan debu menggunakan sikat yang lembut.

Bersihkan secara hati-hati dan lembut. Jangan pernah membersihkan debu atau kotoran yang menempel dengan kasar.

3. Menggunakan Produk Pembersih Khusus

Cara membersihkan tas kulit yang kusam harus menggunakan bahan pembersih yang sesuai atau pembersih khusus tas kulit. Sementara, untuk mengaplikasikannya, gunakan kain yang bersih.

Pertama, tuangkan produk pembersih ke kain. Kemudian bersihkan bagian-bagian tas kulit dengan mengusapkan kain dengan gerakan memutar. Bersihkan dari bagian yang lebih besar hingga ke detail terkecil.

Ingat, tas kulit tidak boleh kamu bersihkan dengan tisu bayi. Pasalnya, tisu bayi mengandung lotion yang dapat menyebabkan perubahan warna bahan kulit.

Hindari menggunakan pembersih berbahan dasar amonia atau pemutih karena dapat merusak permukaan tas. Selain itu, kamu juga tidak boleh membersihkan tas kulit dengan bahan yang mengandung deterjen.

4. Cara Membersihkan Tas Kulit dari Noda

Tas selempang kulit premium dari SOUVIA.

Salah satu masalah yang sering dialami oleh pemilik tas kulit yaitu percikan noda pada permukaan. Pasalnya, bahan kulit memiliki sifat mudah menyerap cairan.

Masalah terkena noda dapat terjadi pada berbagai jenis tas kulit, baik berupa handbag maupun tas selempang kulit.

Kamu bisa membersihkan noda dari tas kulit dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Seka area yang bernoda dengan kain atau tisu bersih dan kering sesering mungkin untuk menyerap cairan penyebab noda.
  • Setelah itu, seka bagian tersebut dengan kain lembab atau tisu bersih dan air hangat.
  • Mulai bersihkan noda dengan menyeka dari bagian luar ke dalam.
  • Kemudian, oleskan kain atau tisu bersih dan kering pada bagian yang sudah kamu bersihkan untuk menyerap sisa air dan pembersih.
  • Keringkan tas pada ruangan yang hangat. Hindari mengeringkan dengan panas secara langsung pada area noda karena bisa menyebabkan noda tambah sulit hilang.

Pastikan juga kamu tidak menggosok area yang bernoda karena bisa tersebar ke area lain.

Untuk membersihkan noda membandel, kamu bisa menggunakan produk pembersih khusus tas kulit. Atau bisa juga menggunakan hand body atau baby oil.

5. Cara Membersihkan Tas Kulit yang Berjamur

Untuk membersihkan jamur dari tas kulit, kamu perlu menyiapkan kain katun atau kain serat mikro. Kemudian, siapkan juga cuka bening sebagai cairan pembersih.

Jika tidak ada, maka bisa menggunakan pembersih riasan, disinfektan, atau jus lemon.

Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama kosongkan tas kulit, lalu sikat lembut permukaannya menggunakan kain bersih atau sikat.
  • Selanjutnya, ambil sedikit cairan pembersih dengan kain, lalu usapkan pada area yang berjamur secara perlahan. Pastikan kain tidak terlalu basah karena pada dasarnya tas kulit tidak boleh terpapar air terlalu banyak.
  • Setelah itu, biarkan tas mengering dengan menempatkannya pada area terbuka.

Tas kulit berkualitas akan kembali mengilap seperti baru setelah kamu bersihkan jamurnya dan memberikan perawatan rutin.

Untuk menghilangkan jamur pada bagian dalam, balikkan dulu tas sehingga bagian dalam berada di luar, kemudian gunakan cara membersihkan tas kulit di atas.

6. Cara Membersihkan Tas Kulit Sintetis

Secara umum, perawatan tas berbahan kulit sintetis lebih mudah daripada tas kulit asli. Bahan kulit sintetis juga tidak mudah terkena noda karena sifatnya yang tidak menyerap cairan dengan mudah.

Nah, berikut cara untuk membersihkan tas berbahan kulit sintetis:

  • Pertama, siapkan peralatannya, yaitu kain bersih, air hangat, sikat berbulu halus, sabun atau pembersih kulit sintetis. Hindari pembersih yang mengandung alkohol sebab bisa merusak tas.
  • Bersihkan debu pada permukaan tas menggunakan kain bersih dan kering.
  • Selanjutnya, gunakan lap yang dibasahi dengan cairan pembersih untuk menyeka tas. Jika tidak ada cairan pembersih khusus, kamu juga bisa menggunakan campuran air hangat dan sabun yang memiliki formula ringan.
  • Hindari menggosok dengan terlalu keras. Apabila ada noda, coba gosok pelan dengan sikat halus.
  • Apabila perlu, bersihkan bagian dalam  dengan kain dan cairan pembersih.
  • Keringkan tas dengan cara diangin-anginkan. Hindari membiarkan tas terpapar sinar matahari langsung atau sumber panas lain.

Uniknya Souvenir Kantor Tas Kulit

pouch kanvas kulit Genshin tersedia dalam pilihan warna hitam dan putih
Pouch kulit bisa jadi alternatif souvenir kantor.

Tas kulit bisa menjadi pilihan souvenir eksklusif dari perusahaan. Apalagi, ada banyak jenis tas kulit yang bisa digunakan semua orang, seperti tas selempang, pouch kulit kanvas, dan waist bag.

Supaya lebih unik dan sesuai dengan citra perusahaan, kamu bisa memesan tas custom. Tas custom memungkinkan memilih bahan, warna, dan desain menyesuaikan kebutuhan.

Namun, memesan tas custom bisa saja justru menghasilkan produk yang desainnya sudah ketinggalan jaman. Untuk mengantisipasinya, kamu perlu cermat saat memilih vendor penyedia souvenir.

Solusinya? Pilih SOUVIA saja. Vendor SOUVIA menghadirkan berbagai produk souvenir desain terbaru dengan banyak pilihan. Tersedia juga layanan custom desain secara gratis.

Menariknya lagi, produk-produk berkualitas dari SOUVIA banyak yang ready stock. Sehingga, Anda tetap dapat memesan souvenir dalam waktu singkat. 

Sekarang kamu sudah tahu, kan, cara membersihkan tas kulit dan kiat merawatnya? Jadi, tunggu apa lagi? Tentukan pilihan tas kulit untuk souvenir kantor kamu dan hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk mendapatkannya.

CEK INSPIRASI LAINNYA:

SOUVIA