Pernahkah kamu mendengar istilah brand awareness atau kesadaran merek? Lalu, bagaimana cara meningkatkan brand awareness agar konsumen mengenal produk kita?

Istilah brand awareness sering ditemui di dunia bisnis, baik yang bergerak dalam produksi barang maupun penjualan jasa. Lalu, apa yang dimaksud dengan brand awareness?

Brand awareness atau kesadaran merek merujuk pada tingkat pengetahuan atau pemahaman konsumen terhadap suatu brand atau produk. Sebagai contoh, ketika kamu melihat tote bag multifungsi, maka kamu dengan cepat mengenali merek tote bag tersebut karena produk tersebut memiliki ciri khas yang unik.

Baca juga: Souvenir Corporate Gifts dari SOUVIA, Pilih yang Mana?

Pengertian Brand Awareness

cara meningkatkan brand awareness
Strategi brand awareness. Source: advise

Pemahaman dari konsumen tentang suatu produk tentu berperan dalam menghadirkan kesadaran konsumen terhadap merek. Lalu, apa itu brand awareness?

Brand awareness adalah istilah dalam pemasaran yang menggambarkan sejauh mana konsumen mengetahui suatu merek atau produk. Hal ini merupakan tahap awal dalam membangun merek produk.

Brand awareness mencakup lima elemen yang membantu konsumen dapat mengenali sebuah merek. Elemen tersebut yaitu merek itu sendiri, logo, simbol, karakter, slogan, dan kemasannya. Inilah yang membedakannya dari produk sejenis dari kompetitor.

Semakin banyak konsumen yang mengenali produk, maka semakin mudah kamu membangun kepercayaan pada merek tersebut. Brand awareness membuat konsumen tidak perlu berlama-lama memilih produk karena mereka cenderung memilih produk dari brand yang telah mereka ketahui kualitasnya.

Brand awareness yang kuat merupakan strategi penting bagi bisnis. Pasalnya, merek mencerminkan identitas, karakter, dan nilai inti dari suatu perusahaan. Dengan cara ini, penjualan dapat meningkat jika berhasil membangun kesadaran merek.

Manfaat Brand Awareness untuk Bisnis

Setiap pemilik bisnis wajib membangun brand awareness dengan konsep yang matang. Lalu, apa sebenarnya manfaat brand awareness untuk bisnis? Simak ulasannya berikut ini.

1. Menjadi Top of Mind

Top of mind berarti merek telah menjadi pikiran utama ketika konsumen mencari sesuatu. Sebagai contoh jika mencari souvenir ready stock, kamu akan langsung teringat vendor SOUVIA. Berarti SOUVIA telah menjadi top of mind pelanggannya.

Jika suatu merek berhasil mencapai posisi top of mind itu artinya merek tersebut telah masuk ke dalam pikiran dan menjadi pertimbangan ketika konsumen membutuhkan suatu barang. Biasanya, merek yang berada di posisi ini memiliki tingkat prioritas tertinggi dalam keputusan pembelian.

Sebaliknya, jika merek belum menjadi top of mind, maka konsumen cenderung memilih merek lain yang lebih terkenal. Itulah sebabnya membangun kesadaran merek penting demi meraih posisi top of mind di benak konsumen.

2. Brand Awareness untuk Meningkatkan Pangsa Pasar

cara meningkatkan brand awareness
Brand awareness untuk meningkatkan pangsa pasar. Source: Proceed Innovative

Kesadaran merek dapat meningkatkan pangsa pasar. Ketika konsumen telah mengenal dan percaya dengan kualitas suatu merek, maka mereka akan cenderung lebih milih produk dari merek yang telah dikenal. 

Merek yang terkenal memiliki reputasi lebih baik sehingga kepercayaan konsumen meningkat. Bagaimana dengan produk baru? Tentu saja kamu harus mulai mengenalkan merek tersebut.

Sangat diperlukan kesabaran ketika membangun brand awareness suatu brand atau produk baru. Perlahan tapi pasti, konsumen akan mengenal merek baru tersebut. 

Lalu, perlu kamu dukung dengan kualitas produk yang memadai. Dengan begitu, konsumen akan terus percaya dan menggunakan produk kamu.

3. Meningkatkan Loyalitas

Loyalitas konsumen merupakan salah satu tujuan pemasaran dalam bisnis. Kamu tentu ingin memiliki pelanggan yang loyal, bukan? Pelanggan seperti ini terus membeli produk kamu untuk jangka waktu yang lama.

Mendapatkan loyalitas konsumen memang tidak mudah. Butuh proses dan upaya yang serius. Nah, salah satu langkah memulainya yakni dengan cara membangun brand awareness.

Ketika konsumen mengenali suatu merek dan merasa akrab dengannya, mereka cenderung lebih percaya terhadap merek tersebut. Kepercayaan adalah dasar dari loyalitas konsumen. 

Konsumen yang percaya pada merek lebih cenderung tetap setia karena mereka tahu apa yang diharapkan dari produk atau layanan merek tersebut.

Sebagai contoh ketika menyebut produk pulpen, merek mana yang akan kamu pilih? Jika hanya ada satu merek, berarti kamu termasuk orang yang loyal dengan brand tersebut. 

Cara Meningkatkan Brand Awareness

Mengenalkan produk kepada konsumen merupakan langkah awal dalam meningkatkan kesadaran merek. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan agar konsumen lebih sadar akan merek produk.

1. Memanfaatkan Media Sosial

Saat ini, media sosial menjadi garda terdepan dalam pemasaran bisnis. Sebab, pemasaran produk akan lebih maksimum dan menjangkau lebih luas jika dilakukan secara online, salah satunya melalui Instagram dan TikTok.

Manfaatkan media sosial untuk mem-branding produk bisnismu. Contohnya dengan membagikan foto produk atau edukasi produk yang kamu jual. Hal ini dapat meningkatkan citra merek.

Konsumen yang melihat postingan akan mulai mengenal produkmu. Ini adalah langkah bagus untuk membangun kesadaran merek mulai dari hal paling sederhana.

2. Membuat Konten Marketing yang Unik

Menghasilkan konten yang berkualitas tidak hanya tentang bagaimana menarik perhatian banyak orang. Akan tetapi juga tentang cara menceritakan kisah yang menarik untuk mereka. 

Salah satu pendekatan yang efektif adalah menggunakan teknik storytelling yang kuat dan menarik. Ketika kamu mempublikasikan konten di media sosial, jangan hanya fokus pada upaya promosi penjualan produk saja. 

Sebaiknya, kamu juga harus memiliki kemampuan untuk menciptakan konten yang menarik audiens. Salah satu caranya dengan menghadirkan konten yang relate dengan pelanggan.

cara meningkatkan brand awareness

Contohnya souvenir desain terbaru SOUVIA ditujukan bagi pelanggan yang membutuhkan souvenir untuk acara. 

Hanya saja pelanggan tidak punya ide desain yang menarik. Karena itulah SOUVIA membuat konten tentang referensi desain souvenir.

Konten tersebut bisa dibalut dengan konsep iklan. Awareness dalam iklan berarti kamu mencoba menarik perhatian konsumen melalui konten iklan tentang produk. 

Tujuannya agar iklan tersebut bisa memberikan pemahaman produk seperti contoh souvenir tadi.

3. Menempatkan Logo pada Setiap Produk

Biasanya konsumen mengenal produk berdasarkan nama produk dan logonya. Inilah pentingnya untuk selalu mencantumkan logo pada setiap hal yang berhubungan dengan perusahaanmu.

Misalnya saja ketika ingin mengadakan seminar dan kamu menyiapkan seminar kit. Pastikan dalam isian paket seminar kit ada logo perusahaan atau identitas lainnya. Hal tersebut berguna agar peserta mengingat penyelenggara acara.

Logo pada souvenir menjadi sarana branding yang efektif. Apalagi ini tidak perlu mahal. Kamu cukup membuat souvenir sederhana seperti buku agenda atau kalender. 

Vendor souvenir berkualitas seperti SOUVIA sudah memberikan cetak logo gratis. Jadi, kamu bisa lebih menghemat budget marketing.

4. Membuat Program Loyalty

botol tumbler LocknLock dengan 4 warna

Program loyalty merupakan program reward yang ditujukan bagi pelanggan setia. Kamu bisa memberikan hadiah atau insentif berdasarkan poin tertentu. Pelanggan yang telah membeli dan mendapatkan poin bisa memperoleh hadiah tersebut.

Contoh hadiah bisa beragam, dari yang mahal hingga yang murah, misalnya reward tumbler kekinian. Kamu bahkan bisa memberikan nama pelanggan pada tumbler custom tersebut. Pasti sangat berkesan, bukan?

Nah, program loyalti seperti ini menjadi cara meningkatkan brand awareness. Bukan tidak mungkin pelanggan yang mendapat hadiah akan menceritakan kepada orang lain, sehingga brand-mu akan semakin terkenal.

5. Membagikan Souvenir pada Acara Publik

Cara lain untuk meningkatkan brand awareness yaitu melalui event marketing. Saat ada event maka kamu bisa berperan di dalamnya, entah sebagai sponsor atau membuka stand penjualan produk.

Acara publik seperti seminar, workshop, atau pameran bisa menjadi kesempatan bagus untuk mengenalkan produk ke calon konsumen baru. Pada kesempatan ini kamu bisa membagikan souvenir kepada para peserta yang datang. 

Pastikan untuk memilih souvenir berkualitas dari SOUVIA agar hasilnya memuaskan. Kamu pun akan bangga saat membagikannya, ‘kan? Jangan lupa mendesain souvenir semenarik mungkin dan cantumkan logo produkmu. 


Itulah cara meningkatkan brand awareness yang penting untuk bisnis. Kedekatan dengan konsumen sangat penting agar kesadaran merek meningkat. Salah satu cara terbaiknya dengan membagikan souvenir.

Tidak perlu mengeluarkan biaya besar, sekarang tersedia banyak pilihan souvenir berkualitas dengan harga terjangkau. Pilihlah vendor berkualitas seperti SOUVIA. Kami memberikan banyak keuntungan seperti cetak logo gratis. 

Hubungi sales eksekutif SOUVIA sekarang dan dapatkan penawaran menariknya!

BACA INSPIRASI LAINNYA:

SOUVIA