Usaha konveksi terdiri dari banyak jenis, mulai dari konveksi tas, pakaian hingga produk bahan kulit. Apa saja jenisnya dan bagaimana memilih konveksi tas goodie bag yang tepat? Simak yuk!

Baca juga: Perbedaan goodie bag dan tote bag yang harus diketahui 

Definisi Usaha Konveksi

Konveksi merupakan usaha yang fokus bergerak dalam industri produksi pakaian atau produk tekstil dalam jumlah massal atau besar. Salah satu jenisnya adalah konveksi tas goodie bag.

Usaha konveksi melibatkan bahan mentah seperti kain, benang, dan aksesoris pendukung lainnya. Bahan – bahan ini diolah dan dijahit menjadi berbagai jenis pakaian atau produk tekstil sesuai dengan desain dan spesifikasi yang ditentukan.

Tujuan utama dari usaha konveksi adalah untuk memproduksi pakaian dan produk tekstil secara massal untuk memenuhi kebutuhan pasar. Selain itu, mendapatkan keuntungan sebanyak – banyaknya agar usaha terus berjalan.

Jenis – Jenis Konveksi

Konveksi merupakan usaha yang melibatkan bahan baku tekstil atau kain dalam proses produksinya, sehingga terdapat beberapa jenis konveksi berdasarkan produk akhir dan bahan baku.

Jenis – jenis konveksi cukup beragam, mulai dari beragam jenis konveksi pakaian dan kulit, hingga konveksi tas goodie bag.

Untuk lebih jelasnya, berikut 10 jenis konveksi

1. Konveksi tas goodie bag

tas goodie bag sedang dicek saat proses produksi tas
Pengecekan kualitas tas goodie bag saat proses produksi

Apa itu konveksi tas goodie bag? Konveksi tas goodie bag adalah usaha atau yang pembuatannya massal atau dalam jumlah banyak dan khusus dalam pembuatan tas goodie bag.

Usaha konveksi tas goodie bag ada karena banyaknya permintaan goodie bag untuk acara seminar, konferensi, pameran, pernikahan, festival, dan workshop.

Tas goodie bag digunakan sebagai packaging souvenir acara atau sampel produk. Selain spunbond, bahan kain yang sering digunakan adalah blacu dan kanvas.

2. Konveksi tas

pembuatan tas identik dengan proses finishing dan quality control
Proses finishing tas sekaligus pemasangan aksesoris

Setelah mengetahui mengenai konveksi tas goodie bag dan bahan kulit, konveksi tas merupakan konveksi yang seringkali banyak dicari. Konveksi tas adalah tempat memproduksi tas secara massal.

Konveksi tas ada yang skala kecil atau rumahan hingga skala besar atau pabrikan. Yang mana kapasitas produksi dan divisi pengerjaannya berbeda (skala besar divisinya lebih spesifik sesuai dengan proses pengerjaan). Mengenai cara pembuatan tas, Ini Cara Benar Proses Produksi Tas yang Berkualitas.

Jenis – jenis tas yang dikerjakan bermacam – macam mulai dari tas selempang, tas ransel, tas seminar, tas laptop, serta tas kanvas yang disesuaikan untuk wanita, pria, atau unisex.

3. Konveksi bahan kulit

proses pemotongan bahan kulit di konveksi bahan kulit
Seorang pria sedang mengukur bahan kulit untuk membuat produk – produk kulit

Selain bahan kain, usaha konveksi juga sering menggunakan bahan baku kulit asli atau sintetis untuk pembuatan jaket, tas, dan sepatu.

Garut merupakan salah satu daerah yang terkenal dengan konveksi produk kulit asli. Kulit yang digunakan biasanya kulit domba atau kulit sapi.

Konveksi bahan kulit harus bisa memproses dan menentukan pola produk yang tepat agar menghasilkan produk kulit yang elegan tanpa merusak bahan baku seperti tas kulit punggung kekinian.

4. Konveksi sepatu

pengrajin sepatu sedang menjahit sepatu
Pengrajin sepatu sedang menjahit sol sepatu

Lalu apa itu konveksi sepatu? Konveksi sepatu adalah usaha yang bergerak dibidang pembuatan sepatu secara massal. Sepatu yang diproduksi jenisnya berbagai macam tergantung dengan spesialis konveksinya.

Proses produksi sepatu yang dilakukan oleh konveksi sepatu umumnya meliputi proses pemotongan material, pembentukan bagian sepatu, penjahitan, pengeleman sol sepatu bagian dalam dengan sol sepatu bagian luar, perakitan dan pemeriksaan barang jadi.

5. Konveksi barang jadi tekstil untuk keperluan rumah tangga

Konveksi ini memproduksi barang – barang jadi tekstil untuk digunakan di dalam rumah tangga seperti seprai, sarung bantal, gorden, taplak meja, bed cover, dan handuk.

pekerja konveksi tekstil sedang memotong bahan
Proses pemotongan bahan pada konveksi tekstil

6. Konveksi Pakaian

Usaha konveksi pakaian merupakan jenis konveksi yang paling umum. Konveksi pakaian memproduksi berbagai macam pakaian, seperti baju, celana, rok, jaket, dan kaos, untuk pria, wanita, maupun anak-anak.

Konveksi pakaian memproduksi jenis pakaian yang bervariasi seperti pakaian sehari-hari, pakaian formal, seragam, pakaian olahraga, pakaian anak-anak, dan pakaian khusus acara kantor seperti merchandise kaos.

Dalam bisnis ini, kualitas produk dan ketepatan waktu sangat penting untuk menjaga kepuasan pelanggan dan membangun reputasi yang baik. Selain itu, bahan yang digunakan harus berkualitas dan nyaman digunakan.

wanita sedang dalam proses menjahit pada konveksi pakaian
Proses menjahit di konveksi pakaian

7. Konveksi busana muslim

Saat ini semakin banyak wanita memilih menggunakan pakaian syari untuk aktivitas sehari – hari maupun saat pergi ke acara formal.

Banyaknya permintaan ini membuat konveksi busana muslim semakin menjamur. Bukan hanya gamis dan baju koko yang diproduksi, namun juga sarung, mukena, dan hijab.

Konveksi jenis ini biasanya banjir permintaan menjelang bulan Ramadhan, hari raya Idul Fitri, dan Idul Adha.

8. Konveksi Gaun Pesta

bahan-bahan yang dibutuhkan untuk konveksi pakaian memproduksi gaun
Beberapa bahan kain yang diperlukan untuk membuat gaun

Konveksi gaun pesta merupakan konveksi yang fokus dalam memproduksi gaun pesta, gaun malam, gaun pengantin, dan pakaian formal lainnya yang biasanya digunakan dalam acara-acara khusus.

Untuk gaun pesta ini, bahan yang sering digunakan adalah bahan yang memiliki tampilan elegan dan premium seperti brokat atau lace, satin, crepe, chiffon, tulle, dan organza.

9. Konveksi pakaian dalam

Sama halnya seperti baju bayi dan gaun pesta, pakaian dalam juga diproduksi oleh konveksi tersendiri. Konveksi pakaian dalam fokus pada produksi pakaian dalam seperti bra, celana dalam, lingerie, dan piyama.

10. Konveksi baju bayi

baju bayi yang disortir berdasarkan warna saat proses di konveksi baju bayi
Pakaian bayi yang disortir sesuai warna untuk mempermudah pengelompokkan

Konveksi baju bayi merupakan usaha yang menghasilkan pakaian untuk bayi seperti baju, celana, gurita, kaos bayi, popok, dan kain bedong.

Walau terlihat sepele, konveksi jenis ini cukup menjanjikan karena setiap hari selalu ada bayi yang lahir.

Salah satu strategi yang bisa digunakan untuk produsen agar baju bayi selalu laku terjual adalah menggunakan bahan berkualitas yang nyaman dan aman bagi bayi. Serta, menggunakan bahan baku dengan motif yang lucu.

Menemukan Konveksi Tas Goodie Bag

Konveksi tas goodie bag merupakan salah satu konveksi yang cukup berkembang karena banyaknya permintaan goodie bag untuk kebutuhan acara perusahaan, kelembagaan, hingga acara pribadi.

Berikut tips menentukan konveksi tas goodie bag yang tepat untuk acara perusahaan, kelembagaan, maupun pribadi.

1. Memiliki pengalaman di bidang konveksi tas goodie bag

Saat ini sudah banyak jasa konveksi tas goodie bag online di dunia maya. Sebaiknya pilih konveksi yang memiliki pengalaman membuat goodie bag untuk mengurangi kesalahan produksi.

2. Koordinasi dan komunikasi mudah

Salah satu indikasi konveksi tas goodie bag yang baik adalah mudah berkoordinasi dan berkomunikasi. Hal ini penting agar produsen dapat menghubungi klien saat terjadi masalah atau saat konsumen ingin berkonsultasi terkait goodie bag.

3. Menawarkan beragam desain goodie bag

Penyelenggara acara tentu ingin memberikan yang terbaik bagi peserta atau tamu undangan yang hadir pada event yang diselenggarakan.

Salah satu bentuk ucapan terima kasih dan kenang – kenangan yang bisa diberikan adalah goodie bag yang menarik dengan desain dan bahan baku berkualitas.

Contohnya seperti goodie bag Brave SOUVIA yang berdesain kekinian, terbuat dari bahan parasut berfuring, dilengkapi reseleting, dengan handle tali webbing serta dapat di branding logo sehingga penerima akan mengingat tentang Anda.

Kesimpulan

Usaha konveksi terdiri dari beberapa jenis, di antaranya konveksi tas goodie bag, baju bayi, barang jadi tekstil untuk keperluan rumah tangga, busana muslim, pakaian, gaun pesta, pakaian dalam, dan konveksi bahan kulit.

Setiap jenis konveksi dapat mengkhususkan hanya menghasilkan produk tertentu atau dapat menawarkan berbagai produk dalam kategori yang sama.

Pastikan jenis konveksi memiliki pengalaman, menawarkan banyak pilihan seperti halnya produk baru SOUVIA, dan memiliki kemampuan koordinasi dan komunikasi yang mudah dan lancar agar produk yang dihasilkan sesuai harapan.

Jika Anda sedang ingin memproduksi goodie bag dan mencari konveksi tas goodie bag dalam waktu mepet layanan produk ready stock SOUVIA selalu ada dan sales eksekutif SOUVIA dengan senang hati akan membantu!

 CEK INSPIRASI LAINNYA:

SOUVIA