Tas memiliki banyak jenis, mulai dari tas punggung, tas selempang, shoulder bag, goodie bag, tote bag, hingga pouch. Goodie bag dan tote bag ini sering disama artikan, padahal keduanya berbeda. Setidaknya, terdapat enam perbedaan goodie bag dan tote bag yang tidak banyak orang tahu.

Baca juga: 5 Keuntungan Memilih Tas Goodiebag untuk Souvenir Acara

Apabila saat ini Anda sedang mencari souvenir acara, kantor, atau untuk dipakai sendiri namun masih bingung untuk membeli goodie bag atau tote bag karena bingung membedakannya, usahakan untuk membaca artikel ini sampai selesai.

Serupa namun tidak sama, berikut beberapa perbedaan goodie bag dan tote bag yang perlu dipahami mulai dari definisi, isi, fungsi, harga, desain, bahan baku, dan proses pembuatan.

Definisi dan Isi Tas

Perbedaan goodie bag dan tote bag selanjutnya adalah definisi dan isi di dalam tasnya.

Goodie bag berasal dari kata goodie yang memiliki makna hadiah atau barang yang diberikan kepada tamu, pengunjung, mitra usaha, konsumen, hingga karyawan.

Sehingga apa itu goodie bag? Pengertian goodie bag adalah tas jinjing yang digunakan sebagai pengganti kantong plastik dan berisi barang – barang atau hadiah pada kesempatan tertentu.

Goodie bag sering digunakan dalam berbagai jenis acara seperti seminar, konferensi, pameran, pernikahan, ulang tahun, festival, dan acara lainnya.

Isi dari goodie bag bervariasi, tergantung pada jenis acara dan tujuan pemberiannya. Barang-barang yang sering dimasukkan ke dalam goodie bag antara lain: sampel produk, brosur, merchandise, voucher diskon, cemilan. 

Sementara apa itu tote bag? Pengertian tote bag adalah tas jinjing yang berbentuk kotak dan digunakan untuk membawa barang – barang kebutuhan pribadi.

Fungsi

foto pembanding perbedaan goodie bag dan tote bag dari segi isi
Perbedaan tote bag dan goodie bag (a) goodie bag berisi barang hadiah sedangkan (b) tote bag berisi barang pribadi

Setelah mengetahui definisi goodie bag dan tote bag, selanjutnya adalah memahami fungsi keduanya. Sama – sama berfungsi untuk membawa barang – barang, perbedaan goodie bag dan tote bag adalah dari fungsi dasarnya.

Fungsi goodie bag adalah sebagai sarana promosi bagi pihak yang menyelenggarakan acara dimana sering diberikan sebagai tanda terima kasih kepada para peserta acara.

Salah satu manfaat dan tujuan pemberian goodie bag adalah untuk memberikan sesuatu yang positif kepada peserta acara dan juga sebagai bentuk promosi bagi perusahaan atau merek yang terlibat dalam acara tersebut.

Goodie bag dapat menjadi salah satu cara untuk menghargai dan memanjakan tamu atau peserta acara serta membangun hubungan baik dengan mereka

Sedangkan, fungsi tote bag yang mendasar adalah seringkali digunakan untuk membawa berbagai barang sehari-hari, seperti buku, bahan belanja, laptop, pakaian, atau barang-barang lainnya.

Tas tote bag juga digunakan sebagai alternatif ramah lingkungan untuk mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai.

Banyak orang yang membawa tote bag mereka sendiri saat berbelanja atau melakukan aktivitas sehari-hari sebagai cara untuk mendukung gaya hidup berkelanjutan. Kesamaan fungsi goodie bag dan tote bag adalah sama – sama sering digunakan sebagai souvenir acara merchandise yang diberikan kepada peserta atau pengunjung sebagai bagian dari aktivitas atau promosi tertentu.

Harga

Perbedaan goodie bag dan tote bag yang paling mendasar adalah harga. Goodie bag pada dasarnya dirancang untuk sekali pakai sehingga harga goodie bag relatif lebih murah, sedangkan tote bag dibuat dan dirancang untuk dipakai berulang kali sehingga harga tote bag berpeluang lebih mahal.

Oleh karenanya, goodie bag tidak membutuhkan bahan dan proses pembuatan yang mahal. Sementara, tote bag harus menggunakan bahan baku berkualitas dan proses yang lebih rumit untuk menghasilkan tas yang kuat dan tahan lama.

Bahan Baku

bahan baku menjadi salah satu aspek perbedaan goodie bag dan tote bag
Perbedaan goodie bag dan tote bag (a) bahan spunbond untuk buat goodie bag dan (b) bahan kanvas kain untuk tote bag

Fungsi dan desainnya yang hampir sama, membuat sebagian orang berpikir bahan baku goodie bag dan tote bag sama, namun perbedaan tote bag dan goodie bag tetap ada.

Goodie bag yang seringkali digunakan sebagai packaging souvenir seminar atau hadiah untuk para tamu biasanya terbuat dari kain yang tidak terlalu tebal.

Bahan goodie bag seringnya terbuat dari spunbond, art paper, art carton, dan paper bag.

Namun, bahan spunbond lebih banyak digunakan untuk membuat goodie bag spunbond karena bahan ini memiliki sifat yang agak kaku dan ringan. Jika dibandingkan dengan plastik, bahan spunbond lebih tebal dan dapat digunakan ulang.

Tote bag sering digunakan sebagai tas belanja atau tas untuk membawa kebutuhan sehari – hari. Oleh karena itu, bahan tote bag yang bagus harus lebih kuat dan tahan lama. Kain untuk tote bag biasanya terbuat dari blacu, kanvas, denim, drill, bahan longchamp hingga kulit.

Baca juga: Berbagai Macam Bahan Tas Kain Souvenir

Desain

perbedaan goodie bag dan tote bag dari segi keleluasaan desain
Dari segi desain perbedaan goodie bag dan tote bag (a) goodie bag berdesain monoton (b) tote bag desainnya lebih kreatif

Walau sekilas sama, perbedaan tote bag dan goodie bag bisa dilihat dari desain keduanya.

Sudah paham terkait definisi hingga bahan pembuatan goodie bag dan tote bag, selanjutnya adalah memahami pilihan desain yang tepat untuk masing – masing produk.

Goodie bag yang pada dasarnya berfungsi sebagai tas souvenir yang diberikan kepada pengunjung atau tamu acara dan memiliki handle atau pegangan tas yang tidak panjang. Handle pada goodie bag hanya digunakan untuk dijinjing.

Permukaan goodie bag biasanya didesain untuk kebutuhan promosi perusahaan atau kelembagaan. Logo atau brand senantiasa menghiasi permukaan goodie bag.

Berbeda dengan goodie bag, tote bag memiliki handle atau tali yang lebih panjang, sehingga memudahkan pengguna membawa tote bag di bahu.

Di samping fungsinya sebagai tas, kelebihan tote bag lainnya adalah bisa digunakan sebagai media untuk mengekspresikan kepribadian atau minat pribadi.

Tidak sedikit desain tote bag yang dihias dengan berbagai ide kreatif berupa gambar, tulisan, atau pesan yang mencerminkan identitas atau selera pemiliknya.

Proses Pembuatan

Perbedaan goodie bag dan tote bag terletak juga pada proses pembuatannya. Fungsi goodie bag yang menyimpan dan membawa produk souvenir membuat proses pembuatannya lebih mudah.

Proses pembuatan goodie bag biasanya tidak menggunakan proses jahit. Bahan baku biasanya disatukan dengan lem atau mesin pemanas.

Jika goodie bag menggunakan bahan kertas, printing yang digunakan untuk kebutuhan branding goodie bag biasanya dilakukan menggunakan mesin offset atau digital yang bisa menghasilkan gambar yang baik dan juga memberikan tampilan khusus di bagian branding.

perbedaan tote bag dan goodie bag dari segi teknik pembuatan mempengaruhi harga
(a) goodie bag dibuat dengan lem press sedangkan (b) tote bag biasanya dengan jahit sehingga mempengaruhi harga

Untuk goodie bag yang terbuat dari bahan non woven atau spunbond, proses printing menggunakan sablon manual atau print sublimasi.

Tote bag membutuhkan proses pembuatan yang lebih rumit seperti penjahitan agar menghasilkan tas yang kuat dan tahan lama.

Sedangkan untuk penambahan gambar, brand, atau logo pada tas tote bag biasanya menggunakan aplikasi emboss atau deboss jika produknya ada aksen kulit. Apabila tidak ada aksen kulit seperti murni hanya tote bag kanvas, teknik branding yang digunakan biasanya sablon, DTF printing, atau sublim.

Baca juga: Ini cara benar proses produksi tas yang berkualitas

Perbedaan Goodie Bag dan Tote Bag Secara Singkat

Terdapat enam perbedaan goodie bag dan tote bag yang sebaiknya diketahui, di antaranya harga, definisi, isi tas, fungsi, desain, bahan baku, dan proses pembuatan. Berikut ringkasan mengenai perbedaan keduanya.

AspekGoodie bagTote bag
DefinisiTas jinjing sebagai pengganti kantong plastik, berisi barang – barang atau hadiah pada kesempatan tertentu.Tas jinjing yang berbentuk kotak dan digunakan untuk membawa barang – barang kebutuhan pribadi.
IsiSampel produk, brosur, merchandise, voucher diskon, cemilan.Barang kebutuhan pribadi.
FungsiKantong hadiah tanda terima kasih kepada para peserta acara.Untuk membawa barang sehari-hari, seperti buku, bahan belanja, laptop, pakaian, dll.
HargaRelatif lebih murahRelatif lebih mahal
Bahan bakuTerbuat dari spunbond, art paper, art carton, dan paper bag.Terbuat dari kanvas, denim, drill, bahan longchamp hingga kulit.
DesainLebih monoton. Biasanya hanya berisi logo merek, perusahaan atau acara.Lebih kreatif. Visual berupa gambar, tulisan, atau pesan yang mencerminkan identitas atau selera pemiliknya.
Proses pembuatanLebih mudah. Umumnya tanpa proses jahit. Bahan baku biasanya disatukan dengan lem atau mesin pemanas. Teknik branding merek menggunakan cara sablon dan printing.Lebih rumit dengan proses jahit.Teknik branding merek menggunakan cara emboss, deboss, sablon, DTF print, sublimasi.
Tabel ringkasan perbedaan tote bag dan goodie bag

Bagaimana, sudah paham soal perbedaan goodie bag dan tote bag bukan? Semoga tidak bingung lagi untuk memilih produk yang tepat untuk Anda gunakan, ya. 

Tertarik untuk membuat tote bag atau goodie bag dengan branding merek atau desain Anda sendiri? SOUVIA siap merealisasikan kebutuhan Anda. Butuh produk dalam waktu cepat? Layanan produk ready stock SOUVIA selalu ada dan sales eksekutif SOUVIA dengan senang hati akan membantu!

 

CEK INSPIRASI LAINNYA:

SOUVIA