Tote bag merupakan salah satu jenis tas yang sering digunakan untuk aktivitas sehari-hari ini. Praktis dan stylish menjadi salah satu kelebihan tote bag. Tak heran jika tas satu ini semakin populer digunakan di berbagai jenjang usia. Apakah kamu salah satu pengguna tote bag?

Selain praktis dan stylish, kira-kira apa lagi, ya, kelebihan tote bag? Simak ulasan kelebihan tote bag berikut ini.

Baca juga: Apa Itu Goodie Bag? Simak Pengertian dan Fungsinya Yuk!

Definisi Tote Bag

Tote bag berasal dari kata Bahasa Inggris “tote” yang bermakna membawa atau mengangkut. Sehingga, tote bag adalah jenis tas yang digunakan untuk membawa atau mengangkut barang. Fungsi ini merupakan kelebihan tote bag yang utama.

Tote bag bisa juga diartikan sebagai tas jinjing berbentuk persegi panjang atau kotak yang biasanya digunakan untuk membawa kebutuhan pribadi. Tote bag yang bisa dijinjing atau diletakan di bahu membuat pengguna nyaman menggunakannya.

Ukuran tote bag

kelebihan tote bag
Kelebihan tote bag soal ukuran bisa custom sesuai kebutuhan

Souvenir tote bag biasanya memiliki ukuran 30 x 40 cm atau juga bisa custom sesuai kebutuhan konsumen. Namun ada yang lebih kecil ukurannya seperti goodie bag oval SOUVIA yang berukuran 25 x 35 cm. Selain itu, ada pula tote bag box yang berdimensi sehingga ukurannya menjadi 30 x 40 x 10 cm.

Kelebihan Tote Bag

Jika kamu pengguna tote bag, pastinya sudah merasakan berbagai keuntungan dari tas satu ini. Setidaknya ada 11 kelebihan tote bag yang menjadi faktor tas ini begitu populer di kalangan wanita dan pria dari berbagai usia.

Berikut keunggulan tote bag yang perlu kamu ketahui.

1. Praktis

Salah satu kelebihan tote bag adalah praktis sehingga bisa dibawa bepergian dan disimpan di dalam tas utama.

Pengguna cukup melipat tote bag menjadi ukuran lebih kecil, lalu menyimpannya dalam tas. Saat akan digunakan, bisa langsung dibuka dan siap untuk menyimpan barang.

Tote bag lipat merupakan salah satu tote bag yang mudah ditemukan. Berkat desainnya yang bisa dilipat menjadi ukuran kecil, sehingga sangat praktis dan mudah dibawa ke mana pun.

2. Kelebihan tote bag adalah multifungsi

Tote bag dapat digunakan dengan beragam cara. Selain dijinjing, tote bag juga bisa disampirkan di bahu. Hal ini membuat pengguna lebih nyaman saat menggunakan tote bag karena bisa digunakan sesuai keinginan.

Selain itu, tote bag juga dapat dibuat menjadi tas backpack sehingga menjadi tas multifungsi. Untuk tote bag jenis ini, bahan yang digunakan harus lebih kuat dan menambah handle agar bisa dibawa di punggung.

3. Ramah lingkungan

Menggunakan tote bag sebagai tas belanja akan sangat berarti bagi keberlangsungan lingkungan di bumi. Pasalnya, tote bag mampu menggantikan fungsi kantong plastik.

Keunggulan tote bag yang satu ini semakin gencar disosialisasikan mengingat dampak perubahan iklim sudah semakin parah.

Selain mengurangi penggunaan plastik, penggunaan tote bag juga lebih ramah lingkungan karena bahan baku yang digunakan biasanya cepat terurai.

4. Tidak perlu penutup tas (bebas dari risleting)

kelebihan tote bag

Apakah kamu pernah terburu-buru ingin memasukkan barang ke tas, tapi justru jadi ribet karena terhalang penutup atau resleting macet? Jika iya, ini adalah saat yang tepat untuk beralih ke tote bag.

Hampir semua tote bag tidak memiliki penutup tas atau resleting, sehingga memudahkan pengguna untuk langsung memasukan barang.

5. Kapasitas besar

Selain praktis, tote bag juga berkapasitas besar. Tote bag bisa menyimpan sekaligus membawa barang kebutuhan dalam jumlah yang banyak. Soal ukuran, pengguna bisa memilih tote bag yang berdimensi sesuai kebutuhan.

6. Desain sederhana dan kekinian

kelebihan tote bag
Kelebihan tote bag selain sederhana, juga bisa didesain kekinian

Desain tote bag biasanya berbentuk kotak dengan pegangan panjang. Hal inilah yang membuat banyak orang, mulai dari pria dan wanita, baik tua maupun muda gemar mengenakan tas satu ini.

Desain sederhana merupakan kelebihan tote bag, sehingga contoh desain totebag tersebut dapat digunakan pada berbagai kesempatan. Selain itu, tote bag juga mudah dipadu-padankan dengan jenis pakaian apa pun.

7. Mudah dicetak

Tote bag menjadi salah satu tas favorit untuk acara perusahaan atau kelembagaan. Hal ini karena logo atau brand mudah dicetak di permukaan bahan.

Untuk kebutuhan branding tote bag, biasanya menggunakan aplikasi sablon atau emboss yang bisa menampilkan merek dagang atau kelembagaan semakin jelas dan dikenal oleh masyarakat luas.

8. Mudah dibersihkan jadi kelebihan tote bag

Perawatan tote bag berbahan kanvas, denim, atau kain blacu memiliki perawatan yang mudah.

Pengguna bisa langsung mencuci di mesin cuci atau disikat untuk membersihkan noda-noda yang membandel.

9. Harga terjangkau

Selain kelebihan tote bag yang banyak, ternyata harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Penyelenggara acara bisa memilih harga sesuai dengan dana yang dimiliki.

Harga tote bag tergantung dari bahan baku yang digunakan dan juga desain. Semakin bagus dan berkualitas suatu tote bag, maka harganya juga semakin tinggi.

10. Banyak varian

Meski identik dengan desain sederhana, bukan berarti tote bag tidak memiliki varian desain. Penyelanggara acara bisa meminta penyedia tote bag untuk menampilkan desain tote bag yang pernah diproduksi.

Sebaiknya, pilih penyedia tote bag yang memiliki contoh banyak desain tote bag terbaru yang trendi dan kekinian. Sehingga, kamu dapat membuat tote bag yang menarik perhatian mitra maupun konsumen.

11. Kelebihan tote bag sebagai souvenir acara

kelebihan tote bag
Kelebihan tote bag bisa dimaksimalkan dengan memilih penyedia yang mampu menawarkan tote bag sesuai kebutuhan

Tote bag sering digunakan oleh perusahaan, kelembagaan, atau penyelenggara acara sebagai souvenir acara.

Tidak hanya digunakan untuk membawa barang kebutuhan saat acara seminar, tote bag juga bisa dijadikan sebagai packaging maupun souvenir acara.

Dengan desain yang cantik dan terbuat dari bahan berkualitas, tote bag akan sukses menjadi cendera mata untuk mitra. Kain tradisional khas Indonesia bisa juga digunakan sebagai kombinasi bahan untuk membuat tote bag khas Indonesia.


Berasal dari kata “tote” yang berarti membawa, tote bag merupakan jenis tas yang digunakan untuk membawa barang kebutuhan pribadi.

Ada banyak kelebihan tote bag yang membuatnya menjadi tas populer semua kalangan. Selain sederhana, tas ini memiliki kapasitas besar, praktis, dan bisa digunakan sebagai packaging maupun souvenir acara.

Keunggulan tote bag bisa lebih dimaksimalkan dengan vendor yang mampu memproduksi tote bag berdesain cantik dan tahan lama. Pastikan penyedia tote bag memiliki banyak varian untuk memudahkan pengguna memilih yang tepat.

Souvia memiliki sekitar 20 desain tote bag yang bisa dipilih. Selain itu, tersedia souvenir ready stock yang bisa diproduksi dalam waktu singkat dengan tetap menampilkan brand.

Hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk konsultasi tote bag sesuai kebutuhan, tim kami siap membantu.

CEK INSPIRASI LAINNYA:

SOUVIA