Jika saat ini Anda sedang mencari definisi apa itu goodie bag, maka Anda berada di tempat yang tepat. Sebelum memutuskan untuk pesan tas goodie bag, pahami terlebih dahulu terkait pengertian, fungsi, hingga isian tas agar tidak keliru nantinya.

Apa Itu Goodie Bag?

Goodie bag merupakan sebuah kata yang tergabung dari kata goodie dan bag

Kata goodie memiliki makna barang atau produk yang diberikan kepada peserta, tamu undangan, pengunjung, mitra konsumen, dan karyawan.

Sementara kata bag bermakna tas atau kantong yang berfungsi untuk membawa barang atau belanjaan.

Sehingga, apa itu goodie bag? Goodie bag adalah tas jinjing atau kantong yang digunakan sebagai pengganti kantong plastik untuk membawa barang atau produk yang diberikan saat acara seminar, workshop, pernikahan, maupun ulang tahun.

Apa Beda Totebag dengan Goodiebag?

banner perbedaan goodie bag dan tote bag
Perbedaan goodie bag dan tote bag dari bahan yang dipakai

Walau sering disamakan, namun ternyata goodie bag dan tote bag memiliki perbedaan. 

Goodie bag lebih sering dipakai sebagai packaging dalam kegiatan pemasaran dan seringkali berisi freebies (barang gratis). 

Sedangkan tote bag lebih familiar dikenal untuk membawa kebutuhan pribadi karena memiliki banyak variasi desain, ukuran dan bentuk sehingga melengkapi gaya berbusana.

Namun pada artikel ini SOUVIA tidak akan membahas secara detail perbedaan keduanya. Anda dapat membaca selengkapnya di pembahasan mengenai perbedaan goodie bag dan tote bag yang harus diketahui.

Fungsi Goodie Bag

Goodie bag memiliki berbagai fungsi. Setidaknya ada empat fungsi goodie bag yang umum diaplikasikan pada kegiatan sehari – hari.

1. Pengganti kantong plastik

Saat ini sudah banyak orang yang menyadari untuk hidup lebih ramah lingkungan. Salah satu cara sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan goodie bag sebagai kantong guna ulang untuk membawa kebutuhan sehari – hari.

Biasanya goodie bag ini terbuat dari bahan spunbond dan kain blacu. Bahan – bahan ini lebih tahan lama dan pastinya mudah hancur saat dibuang.

2. Sebagai tas belanja

tas goodie bag lipat dapat diberikan sebagai isi seminar kit souvenir promosi
Goodie bag lipat parasut sebagai tas belanja bisa muat di dalam tas

Jika ada mendapat goodie bag dari sebuah acara, sebaiknya jangan dibuang. Goodie bag bisa digunakan kembali sebagai tas belanja saat ke pasar atau pasar swalayan.

Karena bentuknya yang sederhana dan fleksibel, goodie bag bisa disimpan di dalam tas dan dibuka jika dibutuhkan. Seperti goodie bag lipat parasut yang hemat tempat.

3. Packaging bingkisan

Perusahaan, kelembagaan, atau perorangan yang ingin membagikan bingkisan kepada tamu, mitra usaha, dan karyawan sering kali menggunakan goodie bag sebagai pembungkus atau packaging.

Untuk fungsi ini, sebaiknya pilih penyedia goodie bag yang bisa memproduksi goodie bag custom sesuai kebutuhan. Sehingga, penyelenggara acara bisa memilih, mendesain, dan menampilkan logo atau brand sesuai keinginan.

4. Sebagai souvenir

Bukan hanya sebagai pembungkus atau packaging, goodie bag juga bisa dijadikan sebagai souvenir perusahaan dengan logo Anda.

Pastikan memilih goodie bag dengan desain cantik dan kekinian agar souvenir goodie bag menarik perhatian banyak orang.

Sebaiknya cari penyedia souvenir yang memiliki banyak pilihan goodie bag agar bisa memilih goodie bag yang sesuai dengan kebutuhan dan tema acara.

Isian Goodie Bag

Setelah mengetahui apa itu goodie bag beserta dengan fungsinya, lalu isian apa saja yang bisa dimasukkan ke dalam tas goodie bag?

Produk/barang atau isian yang ditampung dalam goodie bag sangat bervariasi tergantung pada jenis acara, anggaran yang tersedia, kebutuhan, dan keinginan penyelenggara acara.

Isian goodie bag sangat beragam, beberapa produk atau barang yang dimasukan dalam goodie bag antara lain:

1. Cemilan dan Snack Anak

Jika goodie bag digunakan untuk acara anak – anak, maka isian goodie bag biasanya terdiri dari permen, coklat, dan makanan ringan lainnya.

2. Alat Tulis

Apabila goodie bag digunakan dalam acara seminar atau workshop, isian goodie bag seminar seperti pulpen dan buku agenda bisa membantu peserta untuk menulis hal – hal penting selama acara berlangsung.

3. Produk Kecantikan

Goodie bag dengan isian produk kecantikan biasanya digunakan untuk launching sebuah produk kecantikan. Isian ini cocok untuk tamu undangan wanita.

4. Produk Promosi atau Souvenir

goodie bag spunbond berisi tumbler minum dan ganci untuk souvenir promosi
Portofolio goodie bag untuk souvenir National Sport Day

Isian goodie bag berupa barang promosi atau souvenir cocok diberikan untuk acara kantor, perusahaan atau kelembagaan yang bertujuan meningkatkan branding atau eksistensi di tengah masyarakat.

Barang promosi atau souvenir yang bisa digunakan sebagai isi misalnya kaos, topi, tumbler minum, atau payung. Goodie bag promosi dengan isian di atas biasanya banyak Anda dapatkan saat acara pameran berlangsung.

5. Makanan

Isian goodie bag berupa makanan biasanya identik dengan parsel lebaran. Pastikan memilih goodie bag yang besar dan kuat agar bisa menampung banyak makanan dan bisa digunakan kembali oleh penerima.

Sebaiknya sesuaikan isian goodie bag dengan tema acara dan selera penerima. Hal ini dilakukan agar goodie bag menjadi lebih berkesan bagi tamu Anda.

Kesimpulan

Apa itu goodie bag? Goodie bag adalah tas yang digunakan sebagai pengganti kantong plastik untuk membawa barang atau produk yang diberikan saat acara tertentu.

Walaupun serupa, namun goodie bag dan tote bag tidak sama. Terdapat perbedaan mendasar di antara keduanya, seperti definisi dan fungsi peruntukannya.

Selain berfungsi sebagai pengganti kantong plastik, tas goodie bag dapat digunakan juga sebagai tas belanja, packaging bingkisan, dan souvenir.

Karena goodie bag berfungsi sebagai packaging bingkisan, isian goodie bag harus disesuaikan dengan kebutuhan, tema acara, anggaran, dan target audiens.

Pastikan memilih penyedia goodie bag yang memiliki pengalaman dan punya banyak desain. Hal tersebut akan mempermudah mencari goodie bag yang tepat walau mendadak seperti yang tersedia pada souvenir ready stock SOUVIA.

Apabila Anda membutuhkan goodie bag promosi perusahaan dalam waktu dekat, hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk berdiskusi dan membantu kebutuhan Anda.

CEK INSPIRASI LAINNYA:

SOUVIA