Jika Anda sedang ingin pesan bahan tote bag yang bagus untuk acara kantor atau perusahaan, pilihannya bukan hanya kanvas dan spunbond saja, lho. Memang dua bahan ini yang lebih umum digunakan oleh para usaha konveksi. Namun, masih banyak jenis tote bag lain yang juga bisa dibuat sebagai tas jinjing.

Baca juga: Jenis Usaha Konveksi dan Tips Temukan Konveksi Tas Goodie Bag

Bahan Tote Bag yang Bagus untuk Dipertimbangkan

Penasaran apa saja bahan tote bag yang bagus yang bisa dipilih dan masing-masing keunggulannya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini ya.

1. Bahan Spunbond

Bahan tas tote bag yang bagus dari spunbond (Sumber: @ macrovector from Freepik.com)

Kalau Anda sering menerima souvenir dari acara yang didatangi pasti sudah familiar dengan tote bag bahan spunbond.

Kain satu ini memang sering dipilih oleh pihak penyelenggara acara untuk kebutuhan promosi maupun souvenir perusahaan. 

Ciri khasnya terdapat kata-kata iklan promosi atau lambang perusahaan yang dilakukan melalui digital printing maupun disablon. Selain itu, pertimbangan lainnya adalah biaya pembuatannya lebih murah. 

Kain spunbond sendiri berasal dari serat sintetis polypropylene yang dicampur dengan cat pelarut dan bahan kimia. 

Jenis ini memang tidak sebagus dan sekuat dengan jenis bahan lain tapi banyak dipilih karena ada beragam pilihan warna dan ukuran.

2. Bahan Drill

Satu lagi bahan tote bag yang bagus adalah dari kain drill dengan ciri khas serat yang membentuk garis-garis miring atau diagonal. 

Itulah sebabnya, tampilan dari kain drill cenderung lebih elegan karena tampil beda di sisi bagian depan dan belakangnya.

Kelebihannya kainnya adem, tebal, dan tidak mudah luntur. Harganya juga masih bersahabat. Namun, jika bahan katunnya lebih banyak, maka kualitasnya akan jauh lebih baik dan harganya cenderung lebih mahal. 
Sedangkan kekurangannya kain drill sendiri tidak bisa menahan air sehingga bisa terasa berat jika terkena basah.

3. Bahan Kanvas

Pria sedang memperlihatkan bahan tote bag paling bagus dari kanvas (Sumber: rawpixel.com from Freepik.com)

Bahan tote bag yang bagus selanjutnya adalah kain kanvas yang berasal dari bahan mori. 

Keunggulan dari kain ini lebih kuat karena seratnya lebih tebal sehingga jika digunakan sehari-hari tidak mudah robek dan bisa dipakai dalam waktu jangka panjang. 

Dengan keunggulan tersebut, maka harga tote bag kain kanvas cenderung agak mahal daripada bahan lainnya. Dalam pembuatannya, tote bag kain kanvas akan melalui proses pemutihan agar warna yang dihasilkan lebih halus dan bersih. 

4. Bahan Baby Canvas

Kain kanvas ternyata punya bahan turunan yang dinamakan baby canvas. Ketebalan dari kain tote bag baby canvas yaitu antara kanvas dan blacu. 

Kain ini juga memiliki permukaan yang lebih tipis dan sangat mulus. Alasannya baby canvas memiliki pori-pori kain yang kecil dan padat dibanding kanvas biasa.
Baby canvas juga fleksibel dan memiliki beragam warna. Kain ini sering dijadikan tas untuk kebutuhan fashion dan sering tersedia di banyak distro.

5. Bahan Kain Blacu

Bahan tote bag yang bagus baik dari bahan blacu atau kanvas sama-sama terbuat dari kain mori yang berasal dari kapas, tapi keduanya memiliki perbedaan. Kain blacu memiliki permukaan yang lebih tipis dan kasar. 

Kain blacu juga tidak melewati proses pemutihan layaknya kain kanvas. Itulah sebabnya sekilas warna dari bahan ini agak kekuningan atau tidak terlalu mentereng.

Salah satu kelebihan dari kain blacu adalah permukaannya lebih kuat dan fleksibel daripada kain spunbond. 
Meski begitu, tak perlu khawatir, karena harganya masih sangat terjangkau. Tote bag dari kain blacu biasanya dipakai untuk souvenir khas daerah atau pernikahan.

6. Bahan Goni

Sejak dulu kain goni sering dimanfaatkan sebagai karung, namun sekarang sudah banyak divariasikan sebagai bentuk lain.

Salah satunya tote bag yang lebih modern seperti clutch bag dan handbag. Bahan ini jadi terkenal karena dianggap lebih eco friendly dan memiliki desain yang unik. 

Tote bag goni umumnya terbuat dari serat jute yang berasal dari tanaman bast fibre atau serat tanaman rosella. Namun, sekarang sudah banyak yang berinovasi membuat kain goni dari bahan sintetis. 

Berbeda dengan jenis kain lainnya, kekurangan dari bahan goni ada pada warnanya yaitu hanya cokelat saja dan permukaan bahannya juga kaku, kasar, dan sulit dibersihkan. 

7. Bahan Neoprene

Bagi sebagian orang, kain neoprene dikenal untuk membuat berbagai keperluan seperti tas komputer, baju, blouse, rok, dan lain-lain. 

Tapi, sekarang bahan neoprene bisa dimanfaatkan untuk membuat tote bag yang bisa tahan segala cuaca bahkan ekstrim sekalipun. 

Elastisitas dari kain neoprene lebih tinggi dan ketebalannya juga cukup baik, sehingga membuat bahan ini  tidak gampang robek. Ditambah lagi permukaan yang halus dan terasa empuk, membuatnya cocok menghadapi cuaca yang ekstrim. 

8. Bahan Denim

Seperti yang Anda tahu, bahan tote bag yang bagus dari denim sudah terkenal untuk bahan celana jeans. 

Ciri-cirinya yaitu lebih tebal dan kuat. Nah, begitu pula karakteristik dari tote bag kain denim. Tas denim lebih awet. 

Warna denim yang ada di pasaran juga sekarang lebih beragam, bukan hanya biru tua dan muda serta hitam tapi juga ada corak dan warna lain seperti hijau, ungu, dan lainnya sesuai dengan perkembangan. 

Variasi yang beragam bisa memudahkan Anda memadupadankan pakaian dengan tote bag denim untuk mendapatkan tampilan yang lebih modis dan unik. Jika Anda ingin tampil beda, maka tote bag kain denim bisa menjadi pilihan. 

Meskipun banyak kelebihan dari denim, kekurangan dari bahan ini adalah mudah luntur jika tidak dicuci dengan benar. 

9. Bahan Kulit

Jenis tote bag bahan kulit. (Sumber: @ArthurHidden from Freepik.com)

Pilihan lain yang tak kalah keren, sekarang ada juga lho tote bag yang terbuat dari bahan kulit. Tampilan yang bisa ditonjolkan adalah elegan, mewah, dan kuat. 

Warna yang tersedia juga variatif, seperti coklat tan, coklat kemerahan, dan coklat biasa.  Tekstur dari bahan ini sedikit kaku, tapi jika sering digunakan bisa menjadi lebih lentur.  

Kekurangan dari bahan ini yaitu selain harganya yang relatif mahal dibandingkan lainnya, warnanya juga mudah memudar jika terkena paparan matahari terlalu sering. 

Dari penjelasan di atas, ternyata ada banyak ya bahan tote bag yang bagus dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan serta ciri-cirinya.

Apabila Anda menginginkan kesan yang premium untuk souvenir kantor, bahan tote bag yang bagus untuk dipilih adalah bahan kulit atau kulit sintetis.

Sedangkan jika konsiderasi Anda adalah tote bag harus memiliki desain dan gambar yang menarik perhatian, pilih bahan tote bag kanvas atau blacu. Selain permukaannya mudah untuk dicetak desain, harganya pun bersaing.

Mencari bahan tote bag yang bagus untuk berbagai keperluan seperti souvenir kantor maupun perusahaan? Di Souvia.co.id tersedia berbagai varian jenis bahan totebag yaitu spunbond, kulit sintetis, kanvas, denim, blacu, dan polyester. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan. 

Kami membantu memenuhi kebutuhan souvenir kantor atau souvenir perusahaan maupun merchandise yang sesuai dengan kebutuhan berdasarkan apa yang Anda sukai. Produk kami pastinya terbuat dari bahan berkualitas sehingga bisa digunakan jangka panjang. 

Bagaimana, tertarik untuk membuat tote bag bersama kami? SOUVIA siap membantu Anda. Informasi lebih lanjut bisa hubungi sales eksekutif SOUVIA.

BACA INSPIRASI LAINNYA:

SOUVIA