Di dalam dunia bisnis, menjalin relasi adalah gerbang awal menuju kesuksesan. Salah satu tanda kerja sama dengan relasi bisnis tersebut adalah melalui pemberian souvenir. Dalam hal ini, ada cukup banyak contoh souvenir yang bisa kita gunakan.

Kali ini, SOUVIA akan membahas contoh cinderamata unik untuk relasi bisnis dan mengapa hal ini penting diberikan. Souvenir bisnis bukan sekadar barang berlogo perusahaan saja, tetapi juga penghubung yang kokoh antar perusahaan.

Baca juga: 15 Ide Souvenir Kantor Eksklusif untuk Karyawan dan Klien

Mengapa Souvenir Penting untuk Relasi Bisnis?

Pemberian souvenir tidak hanya berdampak positif untuk hubungan kekeluargaan saja, tetapi juga untuk rekan bisnis yang saling bekerja sama. Berikut adalah beberapa manfaat pemberian souvenir untuk rekan bisnis:

1. Meningkatkan Kesadaran Merek

Souvenir bisnis yang dibagikan kepada rekan bisnis dapat meningkatkan brand awareness atas perusahaan kita. Ketika relasi bisnis menggunakan atau melihat souvenir tersebut, maka mereka akan teringat dengan nama brand kita.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk memilih souvenir fungsional yang dapat digunakan sehari-hari. Salah satu contohnya adalah kalender atau jam.

2. Membangun Kesan Positif

Memberikan souvenir bisnis yang berkualitas tinggi dan bermanfaat juga dapat membantu membangun kesan positif di mata relasi bisnis. Hal ini bisa memengaruhi bagaimana mereka melihat bisnis kita secara keseluruhan.

3. Membangun Hubungan yang Kuat

Souvenir bisnis adalah cara efektif untuk membangun hubungan yang kuat dengan relasi bisnis. Mereka menunjukkan bahwa Anda peduli dan menghargai hubungan tersebut.

4. Meningkatkan Kepercayaan

Selanjutnya, memberikan souvenir yang bermanfaat dan berkualitas juga akan meningkatkan kepercayaan dari pihak-pihak yang menjadi relasi bisnis kita. Sebab, mereka juga ikut merasakan langsung produk yang kita buat.

14 Contoh Souvenir untuk Relasi Bisnis

Saat ini, sudah ada macam-macam souvenir yang cocok digunakan sebagai pemberian untuk relasi bisnis. Berikut beberapa rekomendasi contoh souvenir untuk relasi bisnis dari SOUVIA.

1. Card Holder Batik

card holder untuk penyimpanan kartu ATM dan uang cash - contoh souvenir
Contoh souvenir simple untuk relasi bisnis.

Card holder batik adalah contoh souvenir pertama yang cocok diberikan kepada relasi bisnis. Seperti kita tahu, penggunaan kartu di lingkungan perusahaan cukup tinggi, mulai dari kartu karyawan, kartu nama, dan sebagainya.

Dengan kreativitas yang berkembang saat ini, kamu bisa memilih jenis motif batik yang akan digunakan untuk card holder tersebut. Dengan begitu, tampilan card holder akan lebih menarik dan mudah dikenali.

2. Kalender Meja

Contoh souvenir berikutnya yang juga cocok kamu jadikan sebagai pemberian untuk relasi bisnis adalah kalender meja. Kamu dapat mendesain kalender sesuai produk perusahaan agar branding berjalan semakin maksimal.

Kalender juga merupakan salah satu contoh souvenir murah, tetapi tetap memiliki kesan mendalam bagi penerimanya. Souvenir ini juga bisa meningkatkan brand awareness jika nantinya dipakai di atas meja atau di ruangan tertentu.

3. Tas Berlogo Perusahaan

Tas dengan logo perusahaan juga menjadi cara terbaik untuk meningkatkan brand awareness perusahaanmu di mata relasi bisnis. Terlebih, produk tas seperti ini juga sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari.

Jika kualitas tas yang kamu berikan berkualitas, tentunya mereka dengan senang hati akan memakainya. Secara perlahan, brand kamu pastinya akan semakin dikenal oleh banyak orang dari penggunaan tas tersebut.

4. Jam Meja Estetik

contoh souvenir
Jam meja estetik dari Gentanala untuk rekan bisnis.

Sama seperti kalender meja, jam meja juga bisa menjadi hadiah terbaik dan mewah bagi rekan bisnis Anda. Bahan dan warna dari jam meja estetik seperti ini juga bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan, yaitu menyesuaikan ciri khas warna perusahaan.

Dilihat dari bentuknya, jam estetik ini pastinya akan memberi kesan mendalam bagi pihak yang menerimanya. Bahannya juga sangat premium sehingga pandangan rekan bisnis pada perusahaan kita juga akan mengalami peningkatan.

5. Buku Catatan Custom

Berikutnya, ada juga contoh souvenir dengan harga pembuatan yang relatif murah, yaitu buku catatan custom. Meski simpel, tapi tampilannya tetap bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan pastinya tetap menunjukkan identitas perusahaan.

Sampai saat ini, buku catatan masih menjadi souvenir yang tidak hanya sebagai barang simbolis saja, tetapi juga bisa memberi manfaat bagi penerimanya. Mereka bisa menggunakannya untuk membuat catatan atau sejenisnya.

6. Tumbler Botol Minum

tumbler rubber botol minum 500 ml stainless steel - contoh souvenir
Tumbler menjadi contoh souvenir kekinian.

Sudah banyak pihak yang memanfaatkan pembuatan tumbler sebagai hadiah untuk teman, saudara, atau cinderamata saat event tertentu. Selain bermanfaat untuk keseharian, tampilannya juga mudah kita sesuaikan.

Tidak hanya dari pemilihan warnanya saja, tumbler botol minum juga bisa kita tambahkan logo perusahaan, lho. Apalagi dengan bahan stainles steel, contoh souvenir satu ini memiliki kesan yang sangat premium.

7. Gantungan Kunci

Gantungan kunci dengan logo perusahaan adalah jenis souvenir yang cukup sering dijadikan sebagai hadiah dari sebuah instansi. Terlebih, kita bisa dengan mudah membawa dan juga menyimpannya saat bepergian.

Kita bisa menyematkannya untuk kunci rumah, kunci kendaraan, atau bahkan kunci locker, sehingga tidak akan lupa meletakannya.

8. Pouch Berlogo

Jika kamu membutuhkan souvenir ready stock yang bisa langsung dipesan tanpa PO, maka pouch berlogo bisa menjadi pilihan. Biasanya, barang souvenir ini dapat kita pesan langsung dalam 2-3 hari dan hanya butuh pemasangan logo saja.

Hal ini sangat membantu untuk kebutuhan penyerahan souvenir bisnis yang mendesak sehingga kebutuhannya bisa langsung terpenuhi.

10. Topi Custom

topi rimba topi lapang pria dan wanita - contoh souvenir
Contoh souvenir untuk acara outdoor.

Topi dengan logo perusahaan adalah contoh souvenir yang cocok untuk acara luar ruangan. Barang-barang ini juga bisa digunakan dalam promosi merek seperti saat event launching produk atau layanan tertentu.

Topi juga cocok untuk event bagi-bagi yang dilaksanakan secara massal sehingga jangkauannya bisa semakin luas ke masyarakat. Dengan begitu, brand kita akan semakin dikenal.

12. Mug Custom

Mug custom adalah contoh nama souvenir yang juga kerap menjadi hadiah ke berbagai pihak, termasuk untuk relasi bisnis. Salah satu alasannya adalah kemudahannya untuk dikustomisasi sehingga tampilannya lebih menarik. 

Di samping itu, kamu juga bisa mengombinasikannya dengan contoh souvenir lain dalam bentuk paket. Dengan begitu, hadiah untuk rekan bisnis akan lebih eksklusif.

13. Kaos Custom

Satu lagi contoh souvenir yang banyak peminatnya adalah kaos custom. Berkat kemudahannya untuk diberi branding logo atau gambar, membuat kaos bisa merepresentasikan merek dengan sangat baik.

Sama halnya seperti topi atau gantungan kunci, kaos juga sangat efektif untuk kita bagikan secara massal karena biaya produksinya relatif cukup terjangkau.

14. Dompet

Contoh souvenir yang terakhir adalah dompet minimalis berbahan kulit sintetis. Selain banyak digunakan untuk souvenir pernikahan, dompet juga bisa menjadi cinderamata untuk rekan bisnis.

Dompet menjadi salah satu item yang tampilannya bisa kita sesuaikan, baik dari segi warna maupun bahan. Selain itu, kita juga bisa menambahkan logo perusahaan untuk mengenalkan merek ke perusahaan lain.


Jika butuh souvenir berkualitas, jangan ragu untuk memilih SOUVIA sebagai vendor pembuatan souvenir dengan 10 tahun pengalaman. Pasalnya, ada banyak pilihan souvenir desain terbaru SOUVIA yang dapat meningkatkan citra perusahaan kamu di mata pihak lain.

Yuk, segera hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk pemesanan souvenir relasi bisnis!

BACA INSPIRASI LAINNYA:

SOUVIA