Perusahaan yang baik akan membuat karyawan berkembang. Kemajuan tidak bisa diraih sendiri karena dibutuhkan budaya kerja positif untuk memajukan kantor, termasuk apresiasi dengan memberikan souvenir perusahaan.

Untuk menciptakan dan menjalankannya, simak definisi, contoh, dan tujuan budaya kerja positif agar pekerja dan kantor sama – sama maju.

BACA JUGA: Employee of the Month: Arti, kriteria, dan manfaatnya

Definisi

Budaya kerja merupakan kebiasaan organisasi/perusahaan/kelembagaan untuk mencapai efisiensi dalam bekerja.

Sehingga budaya kerja positif adalah kebiasaan perusahaan mendorong karyawan menjadi aset yang berkembang di perusahaan.

Tujuan

Menciptakan budaya kerja positif merupakan impian perusahaan dan kelembagaan. Etos kerja yang baik akan mendorong karyawan untuk bekerja sama dan berkompetisi secara sehat.

Jika hal tersebut tercapai, maka target perusahaan atau kelembagaan akan terpenuhi. Selain itu, karyawan dan organisasi akan sama – sama berkembang ke arah positif.

Contoh Budaya Kerja Positif

Perusahaan yang baik akan memberikan contoh kerja yang baik kepada karyawan untuk lebih produktif. Bagaimana dengan contoh yang lain?

Berikut contoh budaya kerja positif yang bisa dilakukan oleh karyawan.

1. Komunikasi kerja yang terbuka dan jujur

Koordinasi yang baik dan lancar antar karyawan dengan pimpinan merupakan kunci budaya kerja positif. Komunikasi bisa dimulai dengan saling memberi kartu identitas untuk lebih mengenal pribadi masing – masing.

Kejujuran dan keterbukaan dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah yang ada di perusahaan, sehingga tidak terjadi penumpukan masalah.

2. Lingkungan produktif

Lingkungan produktif akan mendorong karyawan untuk memaksimalkan potensi agar target perusahaan tercapai bersama – sama.

3. Ada reward dan motivasi

budaya kerja positif
Reward berupa corporate souvenir perusahaan akan membantu menciptakan budaya kerja perusahaan yang baik

Adanya reward corporate souvenir kantor untuk karyawan berprestasi akan memicu pekerja untuk lebih produktif karena diapresiasi.

Sama – sama memotivasi antar rekan kerja merupakan salah satu ciri budaya kerja positif yang harus dipertahankan. Semangat dari orang sekitar akan mendorong seseorang menjadi lebih baik.

4. Kerja sama yang baik

Koordinasi dan komunikasi jujur dan saling terbuka akan melahirkan kerjasama yang baik antara karyawan dan pimpinan. Saling membantu agar semua target perusahaan tercapai merupakan budaya kerja positif dambaan semua orang.

5. Suasana seru dan kondusif

Ciptakan suasana kerja yang kondusif agar semua pekerja merasa nyaman satu sama lain. Lingkungan kerja yang saling mendukung dan atasan yang membimbing akan memberikan semangat bagi para karyawan.

6. Tidak ada diskriminasi dan pilih kasih

Perusahaan yang memperlakukan karyawan sama adil dan tidak pilih kasih akan memberikan ruang bagi pekerja untuk lebih produktif karena semua orang memiliki peluang yang sama.

Cara Menciptakan Budaya Kerja Positif

Budaya kerja positif
Apresiasi dari atasan dengan memberikan corporate souvenir kantor pada karyawan akan memotivasi untul kerja lebih maksimal

Untuk menciptakan kebiasaan yang baik di perusahaan dan kelembagaan, diperlukan kerja sama semua pihak agar suasana kondusif tercapai. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencapai budaya kerja positif.

1. Apresiasi usaha karyawan

Menghargai kerja yang dilakukan oleh karyawan akan sangat penting. Apresiasi dari lingkungan sekitar atas kerja yang dilakukan akan menciptakan suasana positif di lingkungan kerja.

Sebagai awalan memberikan souvenir kantor berupa onboarding kit bagi karyawan baru akan membuatnya lebih bersemangat.

2. Hilangkan aura negatif

Apapun yang bisa merusak dan mengganggu suasana kerja perusahaan harus dihilangkan. Pikiran dan aura negatif bisa sangat merusak dan menyebar cepat ke lingkungan kerja. Oleh karenanya, jika mencium aura negatif sebaiknya segera dieliminasi.

3. Konsisten

Berusaha terus menerus adalah kunci keberhasilan pekerjaan. Konsisten akan menghasilkan integritas yang akan membantu perusahaan dan karyawan meraih target.

Sikap ini merupakan sikap positif yang harus dimiliki oleh pimpinan dan karyawan perusahaan.

4. Ciptakan pola pikir positif

Pikiran yang positif akan membuat karyawan lebih fokus melihat kebaikan dalam situasi yang sulit sekalipun. Pikiran yang positif ini akan menjauhkan dari hal – hal negatif, sehingga kekuatan fisik dan mental akan lebih kuat.

5. Manajemen waktu yang baik

Perusahaan memiliki jam kerja yang harus dimanfaatkan sebaik – baiknya oleh karyawan. Mengatur waktu dengan baik akan membantu karyawan dan pimpinan menggunakan waktu sesuai patokan untuk melakukan kewajiban.

6. Motivasi dan dukung perkembangan karyawan

Perusahaan yang baik akan memotivasi dan mendukung segala sesuatu yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan karyawan.

Dalam hal ini, perusahaan atau kelembagaan harus jeli melihat potensi karyawan, sehingga bisa memaksimalkan kemampuan karyawan melalui pelatihan dan pendidikan.

Kesimpulan

budaya positif kerja
Corporate souvenir perusahaan untuk memotivasi karyawan agar lebih produktif

Budaya kerja positif harus dimiliki oleh perusahaan dan karyawan yang tergabung di dalamnya. Adanya budaya kerja ini akan membantu keduanya berkembang dan mencapai target.

Komunikasi dan koordinasi yang baik antar karyawan merupakan contoh budaya kerja positif yang harus dipelihara. Dengan ini akan melahirkan saling bekerja sama dan keterbukaan.

Apresiasi dengan memberikan corporate souvenir perusahaan kepada karyawan berprestasi akan memotivasi pekerja untuk lebih produktif karena merasa hasil kerjanya dihargai.

Silahkan hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk mendapatkan souvenir kantor sesuai kebutuhan perusahaan.

CEK INSPIRASI LAINNYA:

SOUVIA