Banyak perusahaan yang sudah mengadopsi employee of the month. Apa arti, kriteria penilaian, dan manfaatnya? Serta pilihan souvenir kantor apa saja yang bisa digunakan untuk apresiasi? Simak yuk!

BACA JUGA: Inilah 6 manfaat penilaian kinerja karyawan

Arti Employee of The Month

Sering mendengar employee of the month? Istilah ini diberikan kepada karyawan yang telah melakukan pekerjaan dengan baik, sesuai target dan tanggung jawabnya dalam satu bulan.

Saat ini sudah banyak perusahaan yang menerapkan employee of the month karena memiliki banyak manfaat, baik bagi karyawan maupun perusahaan. Dalam penentuannya pun, perusahaan sudah memiliki standar tersendiri.

Sebelum pemilihan employee of the month dilakukan, perusahaan dapat memberikan reward kepada karyawan di awal tahun agar karyawan semakin bersemangat menyelesaikan pekerjaan di kantor.

Buat kalender custom untuk menampilkan jadwal pengumuman employee of the month perusahaan. Selain berisi informasi penanggalan, kalender custom dapat juga digunakan sebagai merchandise kampanye program terbaru perusahaan.

Kriteria Employee of The Month

Banyak kriteria yang dihadirkan sebagai syarat employee of the month. Biasanya pimpinan dan manajemen perusahaan sudah memiliki kriteria dalam menentukan karyawan yang berhak mendapat gelar tersebut.

Berikut ini, kriteria penilaian employee of the month yang sering dihadirkan:

1. Disiplin

productivity kit berupa speaker.
Bluetooth speaker dengan penunjuk jam dapat jadi modal awal karyawan mendapatkan predikat employee of the month

Disiplin merupakan modal awal timbulnya rasa tanggung – jawab. Sikap ini merupakan sikap yang harus dimiliki oleh employee of the month.

Disiplin dalam bekerja akan tercermin dari sikap selalu datang ke kantor tepat waktu, melakukan pekerjaan sesuai dengan deadline yang diberikan, mematuhi standar operasional perusahaan, dan memenuhi standar key indicator performance (KIP) pekerjaan.

Agar karyawan semakin disiplin ke kantor, hadiahkan bluetooth speaker SOUVIA kepada mereka. Tidak hanya berfungsi sebagai speaker, namun juga alarm bangun tidur dan pergi ke kantor.

2. Bertanggung – jawab

Tanggung jawab merupakan sikap atau perilaku bersungguh – sungguh dalam melaksanakan kewajiban dan siap menerima resiko dari perbuatan yang telah dilakukan.

Karyawan yang bertanggung – jawab merupakan idaman perusahaan. Pekerja dengan sikap seperti ini akan meringankan beban perusahaan karena melakukan pekerjaan sesuai dengan aturan dan standar perusahaan.

Selain itu, beberapa tanda karyawan yang memiliki sifat tanggung jawab di antaranya, jujur dalam bertugas, totalitas dalam melakukan pekerjaan, konsisten dengan hal baik yang dilakukan selama bekerja, memiliki etika yang baik, dan bisa kerja dalam tim.

3. Hadir dengan ide brilian

Buku agenda dipakai dalam mencatat kegiatan sehari-hari sehingga bisa diberikan kepada employee of the month
Bekali karyawan dengan buku agenda agar mendapat gelar employee of the month karena gagasan yang diajukan

Seseorang yang memiliki inisiatif atau solusi saat menemui masalah atau tantangan dalam pekerjaan merupakan salah satu pekerja yang berhak mendapatkan prediket employee of the month.

Pekerja dengan sikap seperti ini akan memecah kebuntuan tim dalam menghadapi masalah. Ide – ide mereka yang brilian harus dihargai dan dicoba agar mereka merasa diapresiasi.

Penting untuk menyiapkan alat tulis berupa pulpen dan buku agenda SOUVIA untuk karyawan agar mereka dapat menuliskan ide, gagasan, dan kreatifitas dalam setiap pertemuan dengan pimpinan.

4. Loyalitas yang tinggi

Loyalitas yang tinggi pada pekerjaan dan perusahaan merupakan hal penting dalam kemajuan perusahaan.

Karyawan dengan loyalitas yang tinggi tak segan membantu perusahaan saat membutuhkan bantuan. Tak heran, sikap ini merupakan salah satu kriteria employee of the month yang sering diterapkan perusahaan.

Siapkan mug atau tumbler minum SOUVIA untuk karyawan yang memiliki loyalitas tinggi terhadap perusahaan agar mereka memiliki alat minum sendiri saat lembur di kantor.

Manfaat Employee of The Month Bagi Perusahaan dan Pekerja

ilustrasi workforce organization management untuk mencapai employee of the month
Adanya employee of the month akan meningkatkan produktivitas kerja karyawan

Employee of the month jelas memiliki manfaat baik bagi perusahaan maupun pekerja. Tak hanya memberikan apresiasi kepada karyawan yang berhak. Employee of the month juga memiliki manfaat lain. Apa saja?

1. Meningkatkan produktivitas kerja

Employee of the month dipercaya mampu meningkatkan produktivitas kerja, kok bisa? Siapa yang tidak suka hasil kerjanya dihargai dan diapresiasi oleh pimpinan dan karyawan satu perusahaan.

Adanya apresiasi akan berdampak positif terhadap produktivitas karyawan. Pekerja akan merasakan hasil kerjanya tak sia – sia dan akan terus produktif menghasilkan ide dan gagasan yang bermanfaat bagi perusahaan.

Berikan souvenir perusahaan eksklusif kepada employee of the month sebagai bentuk apresiasi perusahaan terhadap kinerja karyawan agar memberikan kontribusi yang lebih baik lagi di bulan – bulan berikutnya.

2. Mempertahankan karyawan yang berprestasi

Hasil kerja dihargai tentu akan membuat karyawan enggan pindah ke perusahaan lain. Employee of the month yang diadakan perusahaan akan membuat karyawan betah karena merasa diakui keberadaannya.

Walaupun banyak alasan untuk pindah kerja, namun apresiasi dari pimpinan dan perusahaan akan membuat karyawan tak enak hati meninggalkan perusahaan yang telah membesarkannya.

Untuk karyawan yang sudah lama bekerja dan memiliki andil besar terhadap perusahaan, memberikan bingkisan awal tahun seperti pouch laptop Thine yang terbuat dari kulit sintetis dan multifungsi akan selalu mengingatkan karyawan terhadap perusahaan.

3. Membuat karyawan termotivasi

Melihat teman satu tim mendapatkan pengakuan, tentu akan menjadi motivasi tersendiri bagi karyawan lain untuk terus memberikan kontribusi terbaik bagi perusahaan.

Pun dengan karyawan yang mendapat prediket employee of the month akan menjadi pecutan untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kinerja.

4. Menghadirkan persaingan yang sehat

ilustrasi karyawan sedang berdiskusi terkait pekerjaan
Employee of the month yang adil, jujur, dan terbuka akan menciptakan persaingan kerja yang sehat

Penentuan employee of the month harus adil, terbuka, dan transparan agar tidak ada karyawan yang merasa diasingkan atau diistimewakan.

Pemilihan kandidat bukan hanya berdasarkan penilaian kinerja, namun juga aspek lebih luas seperti hubungan dengan karyawan dan atasan, serta sikap selama bekerja.

Employee of the month yang diselenggarakan dengan adil dan jujur tidak akan mengecewakan karyawan yang tak terpilih karena mereka tahu betul kekurangan masing – masing. Hal ini akan menghadirkan persaingan sehat antara karyawan untuk dapat berkontribusi lebih kepada perusahaan.

Pilihan Apresiasi Employee of The Month

Saat ini bentuk apresiasi perusahaan terhadap karyawan beraneka ragam. Selain sertifikat atau greeting card, berikut bentuk apresiasi yang diberikan bagi karyawan yang mendapat prediket employee of the month:

1. Cash

Cash atau uang tunai merupakan bentuk apresiasi yang praktis dan mudah disiapkan. Reward berupa uang bisa digunakan karyawan sesuai kebutuhan.

Tak sedikit karyawan employee of the month memilih cash sebagai bentuk apresiasi karena banyaknya kebutuhan dan keinginan yang ingin diwujudkan.

2. Voucher

Voucher menginap atau makan di restoran terbaik menjadi salah satu bentuk apresiasi yang dipilih perusahaan. Liburan di tempat impian atau menyantap makanan enak akan memberikan pengalaman dan kepuasan tersendiri bagi karyawan yang mendapatkannya.

3. Souvenir bermanfaat

Ilustrasi tas selempang kulit asli dipakai oleh model
Berikan tas selempang excel sebagai bentuk apresiasi kepada employee of the month

Untuk melengkapi reward yang diberikan kepada employee of the month, berikan souvenir perusahaan yang diproduksi terbatas hanya untuk karyawan yang berprestasi.

Souvenir bermanfaat seperti tas selempang Excel akan sangat berarti bagi mereka. Tas berdesain postman bag ini terbuat dari kulit asli, sehingga tampilan tas terlihat eksklusif dan premium.

Tambahkan sentuhan personal seperti ungkapan apresiasi perusahaan kepada karyawan pada box premium agar lebih menyentuh karyawan.

Kesimpulan

Gelar employee of the month yang dilaksanakan dengan adil, jujur, dan terbuka akan selalu ditunggu dan dirasakan manfaatnya bagi perusahaan maupun karayawan.

Berikan apresiasi terbaik bagi kandidat employee of the month. Tak butuh lama mempersiapkan apresiasi untuk kandidat lainnya. Kunjungi laman ready stock SOUVIA untuk souvenir best seller yang dapat diproduksi dalam waktu dua hingga tiga hari kerja.

Hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk informasi selengkapnya!

CEK INSPIRASI LAINNYA:

SOUVIA