Employee gathering merupakan kegiatan formal yang diadakan di luar pekerjaan kantor dengan tujuan menambah produktivitas dan soft skill karyawan. 

Biasanya, acara ini diselenggarakan satu hari penuh dan diisi beragam kegiatan seperti makan bersama, FGD (focus group discussion), games, pemaparan informasi dari top management, dan lain-lain. 

Kumpul karyawan kantor biasanya menjadi agenda tahunan perusahaan. Namun, ada sebagian kantor yang mengadakannya 6 bulan sekali. Semua tergantung dari kebutuhan dan budget perusahaan. 

Anda masih bingung bagaimana caranya menyelenggarakan acara kumpul karyawan? Yuk, simak apa saja tujuan, manfaat, tips menyelenggarakannya, hingga rekomendasi souvenir saat employee gathering. Berikut informasinya!

BACA JUGA: Budaya Kerja Positif dan Corporate Souvenir SOUVIA

Tujuan dan Manfaat Diadakannya Employee Gathering 

Salah satu tujuan gathering kantor adalah agar kinerja karyawan bisa lebih optimal serta visi dan misi perusahaan jadi semakin mudah tercapai. Faktanya, masih ada banyak tujuan diselenggarakannya acara ini, lho. Berikut beberapa tujuan lainnya:

1. Sebagai Sarana Informasi

employee gathering
Apa itu gathering? Sumber: @master1305 dari Freepik

Gathering kantor menjadi sarana untuk menyampaikan berbagai informasi penting ke seluruh karyawan secara komprehensif. Contohnya, adanya perubahan kebijakan, penambahan budaya kerja, penggunaan teknologi baru, dan lain sebagainya. 

2. Memberikan Apresiasi bagi Karyawan

Biasanya di acara makan siang atau makan malam akan ada acara khusus yang diadakan panitia. Mulai dari games hingga pemberian apresiasi kepada tim atau karyawan berprestasi. 

Dengan memberikan apresiasi maka karyawan akan lebih merasa hasil kerja kerasnya dihargai perusahaan. Hal ini tentunya bisa meningkatkan motivasi kerja secara signifikan.

3. Sarana untuk Memberikan Feedback dan Aspirasi untuk Perusahaan

Jadikan employee gathering sebagai ajang untuk perusahaan mendapatkan feedback dan ide terkait operasional yang selama ini berjalan. Anda pun bisa membahas strategi bisnis, kelebihan dan kekurangan fasilitas, hingga evaluasi terkait sistem manajemen dan budaya kerja. Anda bisa menjadikan ini sebagai momen untuk mencari tahu masalah dan solusi.

4. Employee Gathering sebagai Sarana Menjernihkan Pikiran 

Acara yang diadakan haruslah imbang. Jangan hanya membahas hal formal, tapi juga dijadikan sebagai sarana untuk refreshing dengan kegiatan menghibur. Employee gathering juga bisa sebagai sarana untuk membangun komunikasi antar karyawan.

Manfaat Mengadakan Employee Gathering

employee gathering
Acara employee gathering di kantor. Source: The Resourceful CEO

Tentu ada berbagai manfaat yang dirasakan oleh karyawan saat mengikuti kumpul karyawan. Mulai dari menambah relasi dari divisi lain hingga bertukar informasi penting. Berikut ini adalah manfaat dari mengadakan employee gathering.

1. Meningkatkan Keakraban dari Berbagai Jabatan

Momen employee gathering bisa Anda dimanfaatkan untuk berkomunikasi dengan berbagai karyawan dari lintas jabatan. Jika biasanya hanya berkomunikasi dengan atasan satu divisi, maka dengan adanya acara seperti ini bisa membangun komunikasi dengan atasan dari beda divisi, departemen, bahkan cabang.

2. Hubungan Antar Karyawan Jadi Semakin Erat

Menyelenggarakan acara kumpul karyawan bisa sebagai ajang untuk membangun hubungan agar semakin kompak baik sesama tim maupun beda divisi. Mungkin biasanya Anda hanya bertegur sapa saja dan berbicara terkait pekerjaan, tapi di momen ini bisa berkomunikasi santai dan membahas hal lain.

3. Memperbaiki Kesenjangan atau Konflik

Tak dipungkiri dalam dunia kerja akan ada masalah yang terjadi baik sesama tim maupun beda divisi. Dengan momen akrab ketika sedang berkumpul, tentu bisa menghangatkan suasana dan memperbaiki permasalahan yang terjadi antar karyawan.

Tips Menyelenggarakan Acara Employee Gathering

Jika Anda ingin mengadakan acara kumpul karyawan, tentu perlu mempersiapkan berbagai hal. Simak tips mengadakan employee gathering agar acara Anda bisa berjalan sempurna.

1. Buat Tim dari Karyawan Berbagai Divisi

Pertama-tama yang harus Anda lakukan untuk membuat employee gathering adalah membuat panitia yang akan membantu menyelenggarakan acara. Pastikan ada perwakilan dari setiap divisi agar karyawan bisa semakin kompak. Pembagian tugas juga harus adil untuk menghindari kecemburuan sosial dan tidak ada yang merasa terbebani. 

2. Membuat Perencanaan Employee Gathering

Pastikan perencanaan employee gathering dibuat sedetail mungkin. Mulai dari pemilihan konsep atau tema acara, lokasi, jumlah peserta, dresscode, transportasi, konsumsi, kegiatan yang diadakan, souvenir acara kantor, dan budget yang akan digunakan. 

Perencanaan yang matang akan membuat acara berjalan dengan lancar. Tujuan yang diharapkan setelah acara pun bisa tercapai dan semua peserta bisa puas mengikutinya. 

3. Tentukan Budget yang Sesuai

Tiap perusahaan biasanya sudah mengatur anggaran untuk employee gathering sesuai dengan pendapatan kantor. Pastikan jika Anda menyesuaikan dengan budget dan berusaha mengadakan acara yang tetap menyenangkan. 

Ingat, employee gathering tidak harus mewah. Kalau memang budget yang diberikan kecil, maka jangan mengadakan employee gathering di hotel berbintang. Cukup diselenggarakan di kantor atau hotel yang lokasinya tidak terlalu jauh dari kantor.

4. Tentukan Tema Event

Cara menentukannya bisa disesuaikan dengan tujuan mengapa ingin mengadakan gathering kantor serta melihat gambaran profil peserta. Jadi, tema bukan hanya sekadar slogan yang terpampang dalam spanduk souvenir, ataupun bentuk dekorasi acara.

5. Buat Rundown Acara yang Menarik

Pastikan acara yang diadakan benar-benar berguna dan berkesan bagi karyawan dan perusahaan. 

Beberapa kegiatan yang sebaiknya ada dalam employee gathering adalah pelatihan untuk meningkatkan soft skill karyawan, sesi sharing antar karyawan, focus group discussion, dan bisa juga mengundang pakar di bidang perusahaan untuk mendapatkan insight dari orang di luar kantor. 

6. Menyiapkan Souvenir untuk Kenang-kenangan

Jangan lupa untuk menyiapkan hadiah sebagai kenang-kenangan di acara gathering. Bentuknya bisa beragam dan pastikan barang yang diberikan berguna bagi karyawan. 

Sebagai rekomendasi, Anda bisa memilih varian souvenir kantor dari SOUVIA. Banyak varian yang tersedia dan pastinya memiliki desain yang up to date serta berkualitas. 

Beberapa rekomendasi souvenir kantor yang bisa Anda pilih yaitu: 

a. Botol Tumbler Minum

employee gathering
Tumbler warna warni kekinian untuk souvenir employee gathering.

Rasanya benda satu ini sekarang wajib dibawa kemana-mana bagi pekerja kantoran. Selain mengurangi penggunaan botol plastik, desainnya yang beragam membuat banyak orang juga menjadikan tumbler sebagai penunjang gaya mereka. 

Kami memiliki pilihan tumbler minum SOUVIA yang bisa dipilih, salah satunya adalah tempat minum Lock n Lock.yang bisa menampung 540 ml. Tersedia dalam berbagai varian warna hitam, pink, putih, dan navy.

b. Clutch

souvenir clutch kulit sintetis berwarna abu muda untuk souvenir kantor eksklusif employee gathering
Hadiah acara employee gathering.

Souvenir clutch kulit bisa juga Anda jadikan kenang-kenangan dalam employee gathering. Terbuat dari kulit sintetis yang dilengkapi dengan kompartemen ganda untuk berbagai barang bawaan penting. Tersedia dalam berbagai varian warna yaitu camel, coklat kopi, navy, dan light gray.

c. Kaos Gathering

Kaos gathering masih menjadi pilihan yang banyak disukai perusahaan untuk diberikan pada employee-nya. Salah satu koleksi kami yaitu kaos Polo. Jenis pakaian satu ini cukup fleksibel digunakan untuk acara formal maupun non formal. 

Bahannya yang terbuat dari  CVC tidak panas ketika dikenakan seharian dan tidak mudah kusut. 

Semua souvenir gathering kantor dari SOUVIA bisa diberikan branding nama dan  logo perusahaan maupun acara. Manfaat branding logo pada souvenir bisa memberikan eksposur agar semakin banyak orang mengenal brand Anda. 


Bagaimana sekarang sudah tidak perlu bingung lagi kan mengenai apa itu arti employee gathering, tujuan, bagaimana menyelenggarakannya, dan apa saja pilihan hadiah yang bisa diberikan pada karyawan selama acara? 

Untuk memesan souvenir kantor dari SOUVIA silahkan hubungi sales eksekutif SOUVIA.Tim kami akan melayani dan menjawab segala pertanyaan Anda dengan ramah dan responsif.

CEK INSPIRASI LAINNYA: 

SOUVIA