Gathering kantor merupakan momen santai untuk mempererat hubungan dan merayakan kesuksesan bersama rekan kerja.

Namun, mempersiapkan acara tersebut bisa menjadi tugas yang menantang. Pasalnya, gathering sesama karyawan bukan sekedar acara kumpul-kumpul, melainkan bertujuan membangun kekompakan dan semangat kerja.

Oleh karena itu, umumnya gathering kantor mengusung tema tertentu. Untuk membuatnya lebih seru kamu juga bisa menyediakan kaos gathering bagi peserta.

Baca juga: Bahan Kaos Terbaik dan Tips Memilih Souvenir ala SOUVIA

Inspirasi Acara Gathering Kantor yang Seru dan Berkesan

Gathering kantor adalah acara yang dinantikan oleh setiap karyawan perusahaan. Pasalnya, ada banyak kegiatan seru dalam acara tersebut yang bermanfaat memupuk solidaritas sekaligus dapat membantu meringankan penat.

Supaya makin menyenangkan, kamu bisa menambahkan berbagai kegiatan seperti permainan kelompok atau mengadakan doorprize gathering yang menawarkan hadiah menarik.

Buat kamu yang sedang merencanakan gathering perusahaan, maka sebaiknya beri perhatian lebih saat memilih tema acara. Idealnya, tema acara kantor mampu mencerminkan nilai-nilai dan visi perusahaan.

Nah, berikut beberapa ide gathering yang bisa kamu terapkan pada acara perusahaan:

1. Pelatihan Seni dan Budaya

Kamu bisa menyelenggarakan gathering kantor dengan konsep pelatihan seni dan buaya. Konsep acara ini dapat memberikan berbagai manfaat bagi pesertanya.

Selain mengenalkan berbagai seni dan budaya, peserta juga dapat mempelajari keterampilan baru dalam pelatihan.

Apalagi, penyelenggaraan pelatihan bisa berlokasi di kantor. Jadi, tidak perlu menghabiskan anggaran untuk menyewa tempat.

Nah, agar lebih menyenangkan kamu bisa menambahkan permainan dalam acara gathering. Misalnya, adu soft skill melukis atau menari.

Jika ingin menghemat budget, maka pilihlah pelatihan sederhana, seperti pembuatan kerajinan gerabah atau workshop membatik. Supaya semakin seru, sediakan souvenir yang sesuai tema sebagai kenang-kenangan.

2. Outbound di Lingkungan Alami

Outbound termasuk ide gathering favorit banyak orang. Kegiatan seru yang berlangsung secara outdoor serta kedekatan dengan alam selama outbound efektif untuk memberikan suasana yang berbeda dari tempat kerja sehari-hari.

Jadi, tidak hanya mempererat solidaritas antara pekerja, outbound juga bermanfaat untuk refreshing, terutama bagi kamu yang bekerja pada pusat kota.

Selain itu, perencanaan outbound untuk acara gathering juga tidak ribet. Pasalnya, sekarang sudah terdapat banyak penyelenggara kegiatan outbound lengkap dengan berbagai kebutuhan serta akomodasinya.

Kamu bisa menggunakan jasa penyelenggara outbound supaya lebih praktis. Maka, kamu hanya perlu menentukan susunan acara. Jangan lupa tambahkan permainan tertentu untuk membuat suasana lebih seru.

Kemudian, agar lebih berkesan, ada baiknya menyediakan souvenir sebagai cinderamata sepulang gathering.

Bisa juga memberikan item yang dapat langsung digunakan selama outbound, misalnya kaos atau topi polo dengan desain khas acara tersebut.

3. Ide Gathering Kantor Kekinian, Staycation

Konsep outing perusahaan berupa staycation bisa menjadi pilihan apabila tidak tersedia banyak waktu untuk bolak balik keluar kota.

Seperti namanya, staycation berarti liburan tanpa pergi-pergi. Maka, kamu bisa menyewa tempat di tengah kota untuk mengadakan acara kumpul bersama rekan kerja.

Tidak perlu khawatir mengenai risiko bosan atau tidak seru. Pasalnya, ada banyak kegiatan yang cocok untuk mengisi staycation, seperti nonton film, mengadakan games atau permainan, olargara, hingga wisata kuliner.

Saat memilih kegiatan untuk gathering dengan konsep staycation, sebaiknya tetap mempertimbangkan kesesuaian jenis kegiatan dengan visi perusahaan.

Apalagi, selain hemat waktu staycation juga lebih hemat anggaran karena tidak perlu menyisihkan biaya transportasi. Selain itu, perencanaan staycation lebih mudah daripada gathering yang mengharuskan keluar kota.

4. Webinar

Gathering kantor juga bisa kamu adakan secara daring atau online. Konsep ini banyak dipilih selama pandemi beberapa tahun lalu.

Ada berbagai platform yang bisa kamu gunakan untuk menyelenggarakan webinar, seperti Google Meet dan Zoom.

Layaknya seminar biasa, kamu juga perlu menentukan tema dan judulnya. Selanjutnya, buatlah acara seminar melalui platform pilihanmu.

Setelah selesai menjadwalkan acara, maka kamu juga perlu mengirimkan undangan ke calon peserta. Jangan lupa, sertakan link untuk join ke seminar yang kamu buat.

Ada banyak tema yang bisa kamu angkat dalam webinar. Pengadaan webinar juga dapat meningkatkan keterampilan karyawan perusahaan.

5. Gala Dinner

Jika menginginkan gathering dengan suasana berbeda tanpa perlu jauh-jauh keluar kota, maka konsep Gala Dinner bisa menjadi pilihan ideal.

Bukan sekedar dinner bersama seluruh karyawan, Gala Dinner kerap kali menjadi puncak kegiatan gathering perusahaan. Dalam acara ini biasanya ada penganugerahan karyawan berprestasi dan pembagian doorprize.

Acara ini juga dapat menjadi momen untuk mempererat solidaritas sesama karyawan sehingga membantu terbentuknya kerja tim yang kompak.

Supaya lebih berkesan, kamu bisa menambahkan unsur hiburan seperti musik dan membagikan souvenir.

Pemberian souvenir berfungsi untuk mengenang momen kebersamaan sekaligus untuk memperkuat branding perusahaan. Jadi, sebaiknya tidak asal pilih sembarang item.

Kamu bisa cek berbagai pilihan souvenir gathering SOUVIA untuk mendapatkan souvenir yang paling sesuai.

6. Piknik Sambil Menikmati Sunset

Gathering kantor sambil refreshing menjadi kegiatan favorit banyak karyawan. Apalagi bagi mereka yang sehari-harinya sibuk di kantor.

Kamu bisa mengadakan gathering dengan konsep piknik dan mengunjungi destinasi wisata alam, seperti pegunungan, danau, atau pantai. Semilir angin segar dari lingkungan yang alami cukup ampuh untuk meringankan penat.

Kemudian saat piknik, kamu dapat menyisipkan berbagai rangkaian acara. Mulai dari sambutan pendek, makan bersama, mengadakan permainan, hingga mengundi hadiah atau doorprize.

7. Glamping

Ingin membuat acara gathering kantor yang tidak biasa? Maka, kamu bisa mencoba mengadakan glamping.

Disebut-sebut sebagai acara camping yang lebih modern dan mewah, glamping atau glamour camping makin banyak peminatnya.

Berbeda dari camping biasa, glamping menyediakan berbagai fasilitas mewah selayaknya hotel. Fasilitas tersebut meliputi listrik, tempat tidur nyaman, hingga bak air panas.

Dengan ketersediaan berbagai fasilitas tersebut, glamping memungkinkan siapa saja untuk melakukan camping dengan nyaman. Meski begitu, kamu juga masih bisa menikmati petualangan dekat dengan alam.

Berbagai kegiatan dan permainan seru bisa kamu tambahkan dalam susunan acara glamping. Jangan lupa, sediakan juga souvenir khas supaya lebih berkesan.

Ada banyak pilihan souvenir yang cocok melengkapi acara glamping. Souvenir sebaiknya berupa item dengan nilai guna tinggi, supaya peserta dapat menggunakannya. Sebagai contoh topi, kaos, atau tumbler tutup kayu.

Dapatkan Souvenir Kantor Terbaik dari SOUVIA

Salah satu fungsi utama souvenir adalah untuk memperkuat branding perusahaan. Sehingga publik dapat merasa dekat dan tertarik dengan produk atau jasa dari perusahaan tersebut.

Oleh karena itu, souvenir idealnya mampu merepresentasikan nilai-nilai perusahaan. Hal ini juga berlaku bagi souvenir untuk acara gathering.

Nah, tidak perlu bingung. SOUVIA siap menyediakan souvenir berkualitas yang sesuai dengan perusahaan. Selain memiliki banyak pilihan produk, SOUVIA juga menyediakan layanan custom desain untuk membuat souvenir lebih unik.

Apalagi, banyak produk SOUVIA yang ready stock dan bisa kamu dapatkan dengan cepat. Ayo, segera hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk memesan souvenir gathering kantor.

BACA JUGA INSPIRASI LAINNYA:

SOUVIA