Memberikan hadiah giveaway menjadi salah satu cara yang cukup ampuh untuk membangun awareness ke audiens brand. Hal ini bisa menjadi bagian strategi untuk memasarkan produk. Semakin tinggi awareness, maka membantu meningkatkan engagement atau interaksi dengan audiens.

Lalu apa itu giveaway dan bagaimana cara melakukannya? Serta, apa saja ide hadiah giveaway yang menarik? Cek ulasan berikut ini.


BACA JUGA: Apa Itu Merchandise? Ini Dia Definisi, Fungsi, dan Contohnya

Apa Arti Giveaway? 

Makna dari giveaway yaitu pemberian hadiah untuk orang lain dengan menerapkan  syarat-syarat tertentu. Jadi, setiap orang yang mengikuti giveaway tersebut harus mengikuti segala persyaratan yang sudah ditentukan oleh brand

Persyaratannya beragam dari yang paling mudah yaitu mengajak beberapa orang lain untuk ikut kontes giveaway di kolom komentar hingga sulit yaitu mau mengikuti tantangan tertentu.

Jenis-Jenis Undian Giveaway

Umumnya ada dua jenis hadiah giveaway yang dikenal masyarakat yaitu sponsor giveaway dan self giveaway. Apa saja perbedaannya? Cek penjelasannya berikut ini.

1. Sponsor Giveaway

Mekanisme sponsor giveaway yaitu jenis hadiah yang dalam penyelenggaraannya dibantu oleh pihak seperti influencer, public figure, host. Pihak-pihak inilah yang yang menetapkan syarat, menginformasikan, bahkan menentukan pemenangnya.  

Sementara tugas dari brand menyediakan hadiahnya dan ada juga yang berperan mengirimkan hadiah ke alamat pemenang. Biasanya yang melakukan sistem giveaway jenis ini adalah brand dari yang kecil hingga skalanya besar.

2. Self Giveaway

Jenis self giveaway biasanya dipersiapkan dan dilakukan secara mandiri. Mulai dari menentukan persyaratan, cara main, kegiatan promosi, sampai menentukan hadiah giveaway

Self giveaway sering dilakukan oleh organisasi atau lembaga maupun public figure yang menerima banyak produk dari para brand.

Persyaratan yang diajukan juga dalam kontes hadiah giveaway sangat beragam. Misalnya harus follow akun media sosial, memberikan komentar terkait produk atau konten tersebut, menjawab pertanyaan, upload video, dan lainnya.  

Manfaat Melakukan Giveaway

Setelah mengetahui apa itu giveaway dan apa saja jenisnya, setelahnya Anda juga harus tahu manfaat melakukan giveaway dari sisi bisnis. Yuk, cek manfaat melakukan giveaway.

1. Metode Promosi yang Lebih Terjangkau

Memasang iklan di media elektronik, billboard, dan lainnya memerlukan biaya mahal. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghemat biaya pemasaran yaitu dengan mengadakan giveaway. 

Untuk mengadakan hadiah giveaway, Anda tidak memerlukan biaya yang besar. Namun, tujuan yang ingin dilakukan sama yaitu memperkenalkan produk agar bisa digunakan banyak orang. 

2. Konsumen Menjadi Lebih Loyal Terhadap Brand

Siapa, sih, pelanggan yang tidak suka hadiah giveaway? Anda bisa memanfaatkannya sebagai bentuk apresiasi ke konsumen setia. Biasanya jika konsumen sudah sangat senang dengan produk Anda, maka ia akan terus menggunakan dan merekomendasikan produk Anda. 

3. Mendapatkan Informasi Demografi

Ada banyak cara untuk mendapatkan insight konsumen berupa data demografi mereka, salah satunya dengan memberikan hadiah giveaway lewat pemberian survey.  Jadi, bisa saja Anda meminta peserta untuk mengisi survei dengan benar dan sebagai imbalannya diberikan undian giveaway. 

Kebanyakan jika ada brand yang mengadakan hadiah giveaway pasti akan banyak peminatnya. Bahkan sampai ada lho orang yang disebut sebagai giveaway hunter, karena memang pekerjaannya adalah mencari informasi giveaway setiap hari dan mengikutinya. 

4. Memungkinkan Kolaborasi dengan Brand Lain

Anda bisa mengajak brand untuk memberikan produk mereka ke audiens Anda. Bisa juga menawarkan diri untuk menjadi partner dari brand lain yang ingin mengadakan giveaway.

Selain untuk menjalin relasi dengan brand maupun influencer, cara ini bisa membantu menjangkau banyak target audiens yang berasal dari brand atau followers influencer.

Bagaimana Cara Mengadakan Giveaway?

Agar pemberian hadiah giveaway berjalan optimal dan brand Anda dipercaya oleh konsumen, ada beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum melakukannya. 

1. Tentukan Tujuan Diadakannya Giveaway

Anda perlu menunjukkan tujuan yang jelas dan terukur saat ingin mengadakan giveaway. Apakah ingin mempromosikan produk baru, meningkatkan brand awareness, menaikkan traffic website, menambah jumlah pengikut, meningkatkan jumlah sells, atau tujuan lainnya. 

Tujuan yang jelas memudahkan Anda menentukan strategi yang tepat untuk pelaksanaan giveaway

2. Tentukan Hadiah Giveaway

Pertimbangkan dengan matang apa hadiah yang akan diberikan. Semakin menarik hadiah yang diberikan, maka jumlah yang akan mengikuti kontes ini akan semakin banyak. 

3. Buat Ketentuan dan Persyaratan Giveaway yang Jelas

Penting untuk mempertimbangkan apa saja term and condition untuk membuat  hadiah giveaway berjalan dengan fair dan lancar bagi semua pihak. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan yaitu bagaimana penilaian giveaway, cara berpartisipasi, jumlah hadiah, tanggal kapan periode giveaway berakhir, pengumuman pemenang, dan lainnya.

4. Menyebarluaskan Informasi Giveaway

Pastikan informasi undian giveaway yang Anda adakan tersebar luas agar makin banyak yang mengikutinya. Caranya dengan mempromosikannya lewat Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, ads dan lainnya.

Ide Hadiah Giveaway

Contoh hadiah giveaway sendiri ada banyak sekali baik barang hingga bentuk digital. Berikanlah hadiah yang sesuai dengan bidang bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa memilih hadiah giveaway sesuai tema promosi yang sedang dijalankan.

Sebagai rekomendasi Anda bisa memberikan produk dari SOUVIA. Apa saja pilihannya?

1. UMBRL – Payung Lipat

Payung lipat cocok dijadikan sebagai merchandise berbagai macam acara

Payung masih menjadi hadiah giveaway favorit baik brand, perusahaan, atau individu sebagai media promosi sekaligus branding. Alasannya karena di Indonesia pasti akan memerlukan payung untuk aktivitas di luar ruangan.

Anda bisa memberikan payung lipat dari SOUVIA yang didesain anti angin. Terbuat dari nilon plastik yang cepat kering, waterproof, elastis, ringan, anti robek dan dilengkapi dengan rangka besi serta gagang plastik. 

Kualitas payung kami tidak perlu diragukan lagi karena dijamin bisa tahan lama dan saat dimasukkan ke tas tidak akan memakan tempat karena bisa dilipat tiga. 

2. Lock n lock LHC 4151

botol tumbler LocknLock dengan 4 warna

Anda bisa memberikan tumbler Lock n Lock yang memiliki kapasitas 540 ml dengan ukuran 9.4 x 19.8 cm. Tersedia dalam 4 warna pilihan yang kekinian dan bisa menunjang penampilan, yaitu navy, hitam, putih, dan pink.

3. KANVAS – Totebag Kanvas (3 Warna)

Hadiah giveaway selanjutnya yaitu tote bag simple dari SOUVIA. Kebanyakan acara kantor seperti seminar, rapat kerja, launching produk menjadikan tas jinjing satu ini sebagai souvenir karena praktis untuk dibawa saat bepergian maupun di simpan ke dalam tas. 

Keuntungan bagi perusahaan memberikan hadiah giveaway tote bag bisa sekaligus memperkenalkan perusahaan dan promosi produk. SOUVIA sendiri memiliki anek koleksi tote bag yang bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda. Salah satunya adalah kanvas totebag 3 warna (navy, hitam, dan putih). 

Kami memilih kanvas karena kain ini memiliki serat yang kuat dan tebal sehingga tote bag kami bisa tahan lama dan tidak mudah robek. 

4. Paket Souvenir

Ada juga individu maupun brand yang memberikan giveaway dalam bentuk paket souvenir. Jadi, berisi beberapa produk perusahaan. Contoh hadiah giveaway dari SOUVIA adalah paket LUXURY 23-2 yang isinya messenger  bag jesling, agenda moleskin, dan pulpen besi neil. 


Bila memerlukan produk hadiah giveaway yang mendesak Anda bisa memilih produk souvenir ready stock kami.  Tersedia beberapa kategori produk yaitu buku agenda & pulpen, tumbler, nametag, berbagai jenis tas yang tak kalah berkualitas.  Produknya bisa dikerjakan hanya dalam waktu 2-3 hari saja. 

Kami juga memberikan banyak pilihan souvenir desain terbaru SOUVIA bagi Anda yang ingin produk dengan desain yang lebih stylish. Beberapa pilihannya yaitu handbag, sleeve laptop, dan organizer pouch.

Jika Anda ingin menambahkan logo atau branding pada souvenir, kami menyediakan layanan cetak dengan beragam metode seperti emboss, laser, dan sablon. 

Bagaimana tertarik membeli  hadiah giveaway dari SOUVIA? Segera hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk pemesanan atau informasi lainnya.

CEK INSPIRASI LAINNYA: 

SOUVIA