Souvenir promosi kantor biasanya digunakan untuk dibagikan di banyak kesempatan. Jika saat ini kantor Anda sedang melakukan aktivitas promosi di berbagai channel, diperuntukkan untuk beberapa segmen audiens, dan mencari inspirasi aneka souvenir promosi apa yang cocok, artikel ini dibuat untuk Anda.

Baca juga: 5 Tips Memilih Merchandise Hadiah Perusahaan, Pastikan Penyedia Souvenir Miliki Semua Ini

Sebelumnya, karena souvenir promosi berfungsi untuk meningkatkan kesadaran merek, pastikan mempertimbangkan nilai dan pesan yang ingin disampaikan sesuai dengan tujuannya.

Memilih souvenir dan merchandise kantor yang sesuai dengan citra dan nilai-nilai perusahaan akan membantu merek Anda untuk terus diingat. Selain itu, pastikan desain dan kualitas produk tersebut mencerminkan profesionalisme perusahaan. 

Berikut inspirasi ide souvenir promosi kantor berdasarkan peruntukannya:

1. Aneka Souvenir Promosi untuk Karyawan Kantor

Souvenir kantor yang diberikan kepada karyawan umumnya disebut employee kit. Waktu pemberiannya biasanya pada saat karyawan tersebut pertama kali bergabung dengan perusahaan dan pada saat akhir tahun. 

Membagikan employee kit bertujuan meningkatkan kerekatan dalam hubungan antara karyawan dengan perusahaan dan juga sebagai bentuk apresiasi.

employee kit dari SOUVIA bisa menjadi ide souvenir promosi kantor
Employee kit berisi mug, pulpen, notebook, TWS, tumbler, tote bag taslan, dan name tag dari SOUVIA
jaket, kaos, dan kaos polo menjadi favorit untuk diberikan sebagai souvenir promosi kantor kepada karyawan
Kaos polo dan jaket bomber dengan logo perusahaan kolaborasi DELL dan BCA

Aneka souvenir promosi kantor yang dapat Anda pilih salah satunya adalah jaket hoodie atau kaos yang memberikan rasa kebanggaan kepada karyawan dan menciptakan semangat tim.

Anda juga dapat mempertimbangkan produk lainnya seperti alat tulis kantor untuk menunjang aktivitas karyawan, aneka elektronik seperti TWS yang mempermudah rapat dimana saja, hingga tas kantor yang akan membantu dalam membawa barang – barang.

Souvenir promosi kantor yang fungsional dan bermanfaat, ditambah dengan desain yang menarik, tidak hanya akan diperbincangkan oleh karyawan tetapi bagi siapapun yang melihatnya di luar lingkungan kantor, bukan?

2. Hadiah Perusahaan untuk Stakeholder, Klien, dan Mitra

Menunjukkan perhatian terhadap stakeholder, klien, maupun mitra dengan memberikan hadiah perusahaan akan meninggalkan impresi baik. Oleh karena itu, berikan souvenir perusahaan eksklusif yang berkesan profesional untuk menjaga hubungan Anda.

Contohnya adalah gift set SOUVIA yang berisikan barang – barang dengan aksen kulit yang premium dilengkapi dengan hard box yang mempercantik estetikanya.

souvenir promosi kantor yang dipesan oleh UPTD Cilegon bernuansa kulit dan metal
Berikan gift set dengan box agar hadiah perusahaan berkesan premium
universal terminal charger bisa menjadi pilihan souvenir promosi antimainstream
Universal charger untuk temani mobilitas stakeholder di dalam dan ke luar negeri

Lengkapi pula dengan greeting card ucapan terima kasih atas bantuan mereka selama ini. Hal tersebut akan membuat mereka merasa dihargai dan diapresiasi.

Anda juga bisa memadupadankan aneka souvenir promosi kantor lain misal seperti tumbler minum, universal travel charger, dan clutch bag untuk dijadikan gift set sebagai tanda perhatian kepada mereka yang selalu dalam perjalanan.

3. Souvenir Pameran, Expo, dan Exhibition

Tujuan dari pameran, expo, maupun exhibition tidak lain adalah untuk memberitahukan merek Anda kepada khalayak sekaligus meningkatkan kesadaran merek. 

Target jumlah audiens sebanyak-banyaknya seringkali dijadikan sebagai alat ukur. Untuk itu, logo perusahaan harus terpampang jelas atau setidaknya memiliki desain yang menarik dan berbeda agar dikenali.

mock up tote bag dapat dilengkapi dengan desain kustom
Memberikan tote bag dengan desain yang menarik dapat menambah brand awareness selama pameran

Karena biasanya audiens pameran akan berkeliling, memberikan tas tote bag sebagai souvenir promosi akan membantu pengunjung mengumpulkan sampel atau brosur selama acara. Ini memungkinkan merek Anda semakin dikenal.

Oleh karena itu, persiapan yang matang harus dilakukan. Pahami 8 Hal Penting untuk Persiapan Acara Pameran agar aktivitas di booth Anda berjalan lancar.

4. Produk Limited Edition untuk Pelanggan Setia

Selanjutnya, untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, tentunya Anda harus selalu terkoneksi dengan pelanggan – pelanggan Anda. Salah satu caranya adalah lewat program loyalitas seperti mengumpulkan poin, referral, kunjungan, dan gestur melalui gift gifting.

student kit RevoU diberikan kepada siswa untuk membantu dalam pembelajaran
Student kit RevoU merupakan produk edisi terbatas yang hanya diberikan pada student
student kit revou untuk diberikan pada peserta program
Desain student kit yang luwes dapat menarik perhatian

Lewat proses gift gifting, Anda dapat memberikan produk eksklusif khusus yang hanya diberikan kepada pelanggan setia.  

Ini akan memberikan pelanggan setia kesempatan untuk mendapatkan produk atau layanan dengan harga istimewa sebagai bentuk apresiasi.

Misalnya, memberikan paket souvenir promosi kantor berdesain khusus yang insidental dirancang untuk keperluan diplomasi produk edisi terbatas. Tujuan pembuatannya tidak lain adalah agar pelanggan semakin loyal.

5. Souvenir Acara Seminar dan Konferensi

Aneka souvenir promosi kantor untuk seminar kurang lebih terbagi menjadi dua, yaitu souvenir untuk pemateri dan souvenir untuk peserta. 

Hadiah souvenir untuk pembicara seminar sebaiknya fungsional dan berkesan agar mereka selalu mengingat kegiatan yang Anda selenggarakan. Ini akan menambah peluang merek Anda lebih dikenal karena produknya terpakai sehari – hari. Anda bisa mempertimbangkan Rekomendasi Souvenir Berkesan untuk Hampers Pemateri ala SOUVIA untuk diberikan.

souvenir seminar sebagai salah satu souvenir promosi kantor yang bermanfaat
Souvenir seminar dilengkapi dengan sertifikat tanda mengikuti kegiatan
souvenir seminar yang diselenggarakan elitery berisi tumbler, notebook, dan pulpen
Souvenir promosi kantor Elitery

Setelah urusan souvenir untuk pemateri terselesaikan, selanjutnya adalah memilih souvenir untuk peserta seminar. Karena peserta datang untuk menuntut ilmu dan mendapatkan pengetahuan baru, maka souvenir wajib praktis dan bisa digunakan selama kegiatan berlangsung. Misalnya berisi buku catatan, pulpen cetek, name tag, dan tote bag.

Yang jelas, setiap souvenir seminar yang diberikan harus sesuai tema dan tujuannya. Semakin produk dan desainnya menarik, maka akan semakin bagus di mata audiens. Lihat Ide Desain Seminar Kit untuk Souvenir Acara untuk menambah referensi Anda.

6. Souvenir untuk Program Pelatihan atau Pengembangan Karyawan

souvenir penyambutan dengan plakat dilengkapi notebook, pulpen, masker, dan pouch batik
Plakat diperlukan sebagai bentuk apresiasi bahwa peserta sudah menyelesaikan program

Sama seperti halnya souvenir untuk acara seminar dan konferensi, souvenir pelatihan haruslah praktis dan bisa digunakan selama kegiatan. Untuk lebih menambah semangat belajar, Anda juga bisa menambah produk yang lebih eksklusif namun tetap menunjang produktivitas mereka nantinya. 

Seperti tas pelatihan dan gawai yang akan dipakai setelah acara selesai. Anda pun bisa memberikan buku inspiratif yang relevan dengan pengembangan karyawan sebagai hadiah setelah menyelesaikan program.

7. Gimmick Pelengkap Kampanye Pemasaran

Sering mendapatkan produk gratis saat berbelanja di pusat perbelanjaan, di car free day saat berolahraga, atau giveaway saat menang tantangan tertentu? Itu adalah contoh peruntukkan aneka souvenir promosi kantor untuk kampanye pemasaran.

payung lipat dapat dijadikan produk gimmick untuk souvenir kampanye pemasaran
Payung lipat dapat dijadikan gimmick pemasaran
Kaos, buku agenda, topi, pouch produk yang umum dibagikan dalam rangka kampanye

Lalu apa barang promosi yang bisa diberikan? Karena biasanya kampanye ini punya skala dari kecil sampai besar dan butuh budget, produk yang dipilih harus menyesuaikan.

Jika skalanya besar, mungkin produk yang dipilih berharga terjangkau namun kuantitasnya banyak. Misalnya mug, pulpen, kaos, payung lipat, dan sejenisnya. Jika berskala kecil, memungkinkan memilih produk yang lebih mahal seperti gift set, aneka elektronik, dan lainnya.

8. Aneka Souvenir Promosi Perusahaan untuk Perayaan Khusus

Souvenir umumnya dibuat secara insidental tergantung dengan acara yang akan datang. Bentuk acaranya bervariasi mulai dari anniversary perusahaan, gathering perusahaan, idul fitri, natal dan tahun baru, serta tutup tahun.

Produk yang diberikan sebaiknya memiliki desain khusus yang mencerminkan setiap perayaan. Dikustomisasi sesuai dengan tema acara dan biasanya adalah produk yang diproduksi secara terbatas. 

e money flazz adalahs souvenir kantor yang dapat dikustomisasi desain sesuai dengan acara
E-money dan Flazz dapat dikustomisasi desain untuk perayaan khusus
paket souvenir hasil produk kerja sama anatra SOUVIA dengan GenFM
Produk GBox yang diberikan GenFM kepada mitra dan musisi

Seperti e-money custom edisi khusus yang dikeluarkan oleh perusahaan, lalu dikombinasikan dengan produk lainnya berdesain senada seperti card holder dan buku agenda. Anda juga bisa menambahkan makanan sebagai alternatif seperti kue kering atau cup cake sebagai pelengkap.

Souvenir promosi kantor yang sesuai dengan peruntukannya akan memberikan kesan yang tertinggal lama di benak penerima. Pemilihan tema, branding, produk, hingga kemasan harus disesuaikan dengan tujuan pemberian agar souvenirnya tidak terbuang.

Selain itu, apabila Anda membutuhkan aneka souvenir promosi kantor dalam waktu mepet, produk ready stock SOUVIA selalu ada dan sales eksekutif SOUVIA dengan senang hati akan membantu!

CEK INSPIRASI LAINNYA:

SOUVIA