Peringatan hari kelahiran Rasulullah SAW bisa dimulai dengan kegiatan bermanfaat di sekolah, seperti lomba maulid nabi.

Aneka kegiatan perlombaan bisa diadakan untuk memeriahkan peringatan kelahiran Rasulullah SAW agar semenjak kecil anak – anak sudah mulai mengenal teladan Rasulullah SAW.

Kisah teladan Rasulullah SAW bisa disampaikan melalui buku cerita kisah Rasulullah yang dapat disimpan di souvenir tas untuk peserta lomba maulid nabi dan tamu undangan.

BACA JUGA: 25 tema maulid nabi jaman now

Lomba Cerdas Cermat

Cerdas cermat yang bisa melatih analisis berpikir anak – anak (sumber: Freepik.com)

Ketajaman berpikir anak bisa dilatih dengan lomba. Salah satu lomba yang sering diadakan di sekolah – sekolah adalah lomba cerdas cermat.

Lomba ini bisa menguji ketajaman berpikir dan ketangkasan anak dalam menjawab pertanyaan yang diberikan. Pengetahuan seputar kehidupan nabi beserta sejarahnya bisa diangkat sebagai pertanyaan.

Lomba cerdas cermat bisa membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan menganalisis.

Selain itu, dengan mengikuti lomba maulid nabi, siswa akan lebih termotivasi untuk mengetahui lebih dalam mengenai perjuangan, sifat, dan tingkah laku Rasulullah SAW.

Panitia lomba maulid nabi harus mempersiapkan name tag peserta agar peserta saling mengenal dan terarah.

Lomba Dakwah

Selanjutnya adalah lomba dakwah. Adanya lomba dakwah dalam peringatan hari kelahiran Rasulullah SAW akan bermanfaat untuk meningkatkan keimanan.

Tidak hanya itu, lomba dakwah juga mendidik anak – anak dan mengingatkan kepada orang yang lebih tua tentang ajaran nabi dan sunah Rasulullah SAW yang lekat dengan kehidupan sehari – hari.

Saat melaksanakan lomba maulid nabi seperti dakwah, panitia harus berkonsultasi atau riset kecil – kecilan mengenai kriteria penilaian agar mendapat pemenang yang layak. Lomba dakwah akan membantu anak melatih keberanian diri untuk tampil di depan orang banyak.

Berikut kriteria penilaian lomba dakwah yang sering digunakan:

1. Sikap

2. Penampilan

3. Nada (tekanan dan artikulasi)

4. Kesesuaian judul dan materi

5. Tepat memanfaatkan waktu (tidak kurang atau lebih)

Lomba Tartil Quran

Membaca Al Quran dengan baik dan benar merupakan hal yang wajib.

Lomba Tartil Quran adalah lomba membaca Al Quran secara perlahan disertai dengan pengucapan huruf – huruf dan tajwid dengan tepat. Lomba ini mampu meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan isi kandungan Al Quran.

Penilaian tartil Al Quran berdasarkan kelancaran membaca, kesesuaian tajwid, makhraj, dan adab dalam membawa. Sebelum memulai acara, penyelenggara bisa menyiapkan perangkat headphone supaya peserta lebih fokus berlatih untuk mendengarkan tartil.

Lomba tartil Al Quran diharapkan memotivasi siswa-i untuk bisa belajar mengaji beserta artinya.

Tidak lupa panitia lomba mempersiapkan kelengkapan peserta, seperti name tag dan alat tulis peserta lomba yang disatukan dalam goodie bag khusus peserta.

Lomba Adzan

Adzan akan semakin memeriahkan lomba maulid nabi

Kegiatan Maulid nabi tidak lengkap tanpa ada lomba mengumandangkan adzan. Selain ajang kompetisi, lomba adzan bisa digunakan untuk mengukur kemampuan dan keterampilan siswa dalam mengumandangkan adzan.

Adzan wajib bagi muslim laki – laki, oleh karenanya lomba adzan berguna untuk melatih siswa agar menghafal dan melatunkan bacaan adzan dengan baik dan benar.

Sama seperti loma tartil Al Quran, lomba adzan memiliki kriteria penilaian makhraj huruf, tajwid, nada atau lagu, penghayatan, dan adab dalam mengumandangkan adzan.

Lomba Mewarnai

Jangan khawatir siswa yang kecil tidak bisa mengikuti kegiatan kelahiran Rasulullah. Pihak sekolah bisa mengadakan lomba mewarnai untuk siswa-i kelas 1 dan 2 sekolah dasar.

Lomba mewarnai bisa menggunakan gambar yang berkaitan dengan tema maulid nabi dan juga kaligrafi.

Lomba mewarnai sangat bermanfaat bagi anak – anak. Bukan hanya melatih kreatifitas dan keterampilan anak, namun juga melatih kesabaran, meningkatkan konsentrasi, fisik motorik, mengembangkan analisis visual, dan meningkatkan kreativitas anak.

Panitia acara bisa mempersiapkan kebutuhan lomba peserta di dalam tas lomba yang berisi pensil, pensil warna, krayon, dan kertas gambar.

Tas bisa menjadi souvenir acara yang berfungsi untuk ucapan terima kasih atas kehadiran peserta dan juga cendera mata acara.

Rekomendasi Hadiah

Sebaiknya panitia mempersiapkan souvenir acara untuk para peserta acara dan juga tamu undangan sebagai bentuk apresiasi, ucapan terima kasih, dan cendera mata agar mengingat lomba maulid nabi yang diselenggarakan.

Barang atau produk yang bisa dijadikan hadiah lomba maulid nabi antara lain:

1. Tas

Souvenir tas cocok dijadikan sebagai bingkisan atau hadiah lomba maulid nabi

Hadiah tas sekolah akan berguna bagi peserta lomba karena bisa digunakan untuk sekolah dan aktivitas lainnya.

2. Alat tulis

Sama halnya dengan tas, alat tulis akan sangat bemanfaat untuk anak – anak saat di sekolah dan juga belajar di rumah.

3. Tumbler

Souvenir kantor berupa tumbler akan sangat bermanfaat untuk aktivitas siswa dan tamu undangan sehari – hari karena bisa membawa minuman saat bepergian tanpa harus membeli.

4. Gawai

Untuk para pemenang kompetisi, gawai bisa dijadikan sebagai hadiah seperti speaker, headshet, atau headphone.

Kesimpulan

Memperingati hari kelahiran Rasulullah lebih menyenangkan dengan mengadakan aneka lomba maulid nabi yang mampu melatih keterampilan siswa-i.

Aneka lomba maulid nabi akan melatih kreatifitas dan keterampilan siswa-i. Selain itu, bisa mengenalkan keteladanan Rasulullah sejak dini dan menumbuhkan cinta Rasul sejak dini.

Untuk kebutuhan souvenir acara sebagai hadiah lomba Maulid Nabi Muhammad SAW, hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk konsultasi souvenir yang sesuai kebutuhan, tema acara, dan anggaran.

CEK INSPIRASI LAINNYA:

SOUVIA