Hari kelahiran Rasululllah SAW diperingati sebagai hari istimewa. Bagaimana merayakannya? Simak persiapan maulid nabi, langkah – langkah beserta susunan acaranya. Persiapan maulid nabi harus direncanakan dengan baik agar acara berjalan lancar dan memenuhi tujuan yang diinginkan.

BACA JUGA: 25 Tema Maulid Nabi Jaman Now

Rangkaian Persiapan Maulid Nabi Muhammad SAW

Sebelum acara maulid nabi terselenggara, ada baiknya mempersiapkan acara dari jauh-jauh hari. Berikut langkah-langkah dalam persiapan acara maulid nabi yang harus diperhatikan.

Tentukan Tujuan Acara

Penyelenggara harus menentukan tujuan utama dari persiapan maulid nabi yang diselenggarakan di perusahaan atau kelembagaan.

Target dan tujuan acara peringatan kelahiran nabi harus dirumuskan dari awal agar bisa mengatur persiapan acara maulid lebih maksimal.

Tentukan Anggaran

Tujuan acara harus ditentukan sebelum persiapan maulid nabi dilakukan (sumber: Freepik.com)

Tetapkan anggaran untuk acara peringatan kelahiran Rasulullah SAW.

Pihak penyelenggara perlu merinci dana yang tersedia dan dana yang dibutuhkan untuk persiapan maulid nabi termasuk name tag panitia agar sesuai dengan tujuan acara dan tidak ada kebocoran dana.

Tentukan Tanggal dan Lokasi

Tentukan tanggal yang sesuai untuk acara maulid nabi. Pastikan penentuan tanggal sudah matang agar pembicara bisa hadir dan peserta yang datang lebih banyak.

Selanjutnya, pilih lokasi yang tersedia sesuai tanggal yang sudah diputuskan dan pastikan lokasi acara bisa mendukung tujuan acara peringatan kelahiran nabi.

Rekrut Panitia Tambahan

Agar tujuan acara peringatan kelahiran Rasulullah berjalan lancar, rekrut panitia tambahan untuk membantu panitia inti melakukan persiapan maulid nabi.

Sebaiknya, panitia inti sudah mendiskusikan dan membrief hal – hal yang harus dilakukan panitia tambahan agar tidak terjadi overlap tugas antar panitia dan saling membantu jika ada kesulitan.

Untuk memotivasi dan membedakan antara panitia dengan tamu undangan acara maulid, sebaiknya persiapkan kit acara seperti kaos seragam dan name tag agar panitia bisa saling mengenal, berkoordinasi, dan berkomunikasi dengan baik.

Rencanakan Susunan Acara

persiapan maulid nabi
Persiapan acara maulid harus didukung dengan susunan acara yang matang (sumber: Freepik.com)

Susunan acara harus dibuat terperinci agar panitia persiapan maulid nabi tidak kebingungan dan langsung mengeksekusi tugas masing – masing.

Panitia inti harus menentukan urutan kegiatan, waktu, dan durasi setiap komponen acara.

1.       Pembukaan oleh pembawa acara

2.       Sambutan ketua panitia

3.       Membacakan salah satu ayat Al Quran beserta artinya

4.       Acara inti

a.       Memperkenalkan pembicara

b.       Mempersilahkan pembicara mengambil alih acara

c.       Tanya jawab

d.       Kesimpulan

e.       Penutup

5.       Bershalawat, berdzikir, dan berdoa

6.       Penutup oleh pembawa acara

7.       Makan bersama

Jika acara maulid melibatkan pembicara atau tamu khusus lainnya, pastikan panitia telah memastikan kehadiran mereka dan mempersiapkan hal – hal yang dibutuhkan pengisi acara.

Promosi Acara

Buat rencana promosi untuk acara maulid nabi agar banyak yang datang. Promosi acara bisa dilakukan dengan membuat postingan di media sosial, email, atau situs web perusahaan dan kelembagaan.

Promosi acara maulid nabi juga bisa dilakukan dengan menyebar undangan melalui grup whatsapp atau membuat poster acara.

Persiapkan Perlengkapan dan Dekorasi

Walau bukan acara yang besar, namun panitia harus bisa membuat daftar perlengkapan dan dekorasi yang dibutuhkan selama acara maulid nabi berlangsung.

Hal ini dilakukan agar target acara bisa tercapai. Selain itu, peserta dan pengisi acara juga merasa nyaman selama acara berlangsung.

Dekorasi walau sederhana harus dibuat untuk memeriahkan acara maulid, pastikan dekorasi sesuai dengan tema maulid nabi.

Sebaiknya, persiapkan souvenir perusahaan untuk pengisi acara yang datang sebagai ucapan terima kasih atas kehadiran mereka dan souvenir seperti berbagai macam tote bag juga bisa diberikan kepada peserta acara yang telah hadir sebagai kenang – kenangan.

Pantau dan Evaluasi

Panitia inti harus selalu siaga dan memantau jalannya acara untuk menghindari kesalahan.

Pastikan semua elemen acara sesuai pada tempatnya dan berjalan sesuai persiapan. Selama acara, pantau perkembangan dan pastikan semuanya berjalan sesuai rencana persiapan maulid nabi.

Sangat disarankan untuk melakukan evaluasi setelah acara selesai agar mengurangi kesalahan yang sama di masa mendatang dan bisa bisa membuat acara lebih baik.

Dokumentasi

Sebaiknya dokumentasikan acara dengan foto dan video agar bisa digunakan untuk bahan promosi di masa depan dan bahan laporan acara.

Ingatlah bahwa menyusun acara memerlukan perencanaan yang matang dan kerja sama dengan tim yang solid. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat meningkatkan peluang kesuksesan acara Anda.

Pembubaran panitia

perlengkapan persiapan maulid nabi
Persiapan acara maulid harus didukung dengan susunan acara yang matang

Setelah acara berjalan dengan lancar, sebaiknya ada waktu khusus untuk berkumpul bersama panitia untuk saling berterima kasih atas usaha yang dilakukan.

Hal ini penting untuk memotivasi panitia menjadi lebih baik. Persiapkan juga goodie bag bermanfaat yang berisi barang yang bisa digunakan untuk aktivitas sehari – hari.

Kesimpulan

Persiapan Maulid Nabi harus dilakukan jauh – jauh hari agar tujuan acara tercapai. Langkah – langkah dan susunan acara harus dilakukan untuk memastikan rangkaian acara kelahiran Rasulullah SAW berjalan lancar.

Apresiasi panitia dan tamu undangan dengan souvenir acara yang bermanfaat agar bisa menjadi cendera mata sekaligus berguna untuk aktivitas sehari – hari.

CEK INSPIRASI LAINNYA:

SOUVIA