Bagi orang-orang yang berkecimpung di dunia marketing digital dan KOL, pasti sudah tidak asing dengan istilah PR package, kan?

Biasanya, influencer akan memberitahukan kepada para follower-nya apabila mendapatkan kiriman dari brand tertentu. Namun, kiriman tersebut hanya paket biasa tanpa mengharuskan sang influencer untuk membuat konten.

Nah, mari simak lebih lanjut untuk mengenal apa itu PR package dan keuntungannya. Cari tahu juga berbagai souvenir dan marketing gift set yang cocok untuk dijadikan PR package.

Baca juga: 8 Inspirasi Souvenir Promosi Kantor Menurut Peruntukan

Apa Itu PR Package?

Dari segi istilah, PR package terdiri dari dua kata. Pertama, PR merupakan singkatan dari public relations, yaitu departemen dalam perusahaan yang berperan menunjang perkembangan bisnis melalui persuasi pada publik.

Sedangkan package artinya adalah paket atau kiriman. Biasanya, paket berisi satu atau sejumlah barang.

Sementara itu, pengertian dari PR package adalah paket yang berisi produk yang dikirimkan oleh perusahaan kepada pihak yang dapat memperkenalkan produk ke orang lain. Penerima paket PR biasanya merupakan kalangan influencer yang memiliki banyak pengikut di media sosial.

pr package adalah
Salah satu item unik untuk PR package.

Pengiriman PR package sering dilakukan oleh suatu brand saat merilis produk baru atau ketika mengadakan perayaan tertentu. Tujuan memberikan PR package adalah sebagai media promosi secara organik atau alami, sehingga tidak ada kontrak maupun perjanjian antara brand dan influencer.

Biasanya kemasan dan isi PR package akan dibuat semenarik mungkin agar influencer senang menerima dan menggunakan produknya. Dengan demikian, ada peluang lebih besar influencer akan membagikan pengalamannya ketika menggunakan produk tersebut.

Pengadaan package ini bisa juga dilakukan oleh perusahaan penyedia jasa. Caranya yaitu dengan memesan souvenir ready stock dari vendor terpercaya.

Keuntungan PR Package

Nah, sekarang kamu sudah tahu kalau PR package adalah bentuk strategi bisnis. Meskipun begitu, bukan berarti dengan mengirimkannya kamu dapat langsung meraup keuntungan berupa uang.

Salah satu keuntungan utama dari mengirimkan PR package adalah untuk membangun brand awareness atau mengenalkan produk dan brand kepada publik.

PR package berperan mengenalkan brand kepada penerima. Kemudian, apabila terkesan dan merasa puas menggunakan produk tersebut, maka influencer akan membagikan pengalamannya lewat konten media sosial.

pr package adalah
Paket Luxury pilihan PR Package dari SOUVIA.

Dengan begitu, terjadi promosi secara sukarela kepada orang-orang terdekat serta follower di media sosial. Hal ini dapat memicu peningkatan angka penjualan.

Kamu bisa coba menilik konten PR unboxing dari para influencer. Unboxing paket PR biasanya berupa konten video yang merekam momen saat membuka paket yang baru diterima.

Nah, untuk meningkatkan peluang mendapatkan promosi sukarela dari konten unboxing, kamu bisa mengirimkan paket luxury dengan kemasan eksklusif.

Cara Memilih PR Package yang Tepat

Walaupun terdengar mudah, menggunakan PR package sebagai media promosi dan branding memiliki berbagai tantangan. Mulai dari paket tidak diterima hingga respon influencer yang kurang baik.

Berikut ada beberapa langkah-langkah membuat dan mengirim PR package untuk menunjang branding.

1. Menentukan Tujuan

Langkah pertama dalam strategi PR package adalah menentukan tujuan yang jelas. Artinya, kamu perlu memilih tujuan yang spesifik selain untuk memperkenalkan brand.

Beberapa contohnya adalah untuk memperkenalkan produk baru, membantu customer loyalty, atau menjalin hubungan baik dengan mitra influencer yang telah bekerjasama dengan perusahaan.

2. Pilih Audiens dan Influencer yang Tepat

Mengingat PR package adalah bagian dari strategi branding, maka kamu perlu memilih audiens yang sesuai dengan target pasar. Dengan begitu, kamu berkesempatan mengenalkan produk langsung ke calon pelanggan potensial.

Selain itu, pastikan juga untuk memilih influencer yang tepat. Alih-alih sekadar menilik jumlah follower, sebaiknya memilih influencer yang membuat konten dengan niche atau topik sesuai brand.

3. Mendiskusikan dengan Influencer

Langkah berikutnya yaitu mendiskusikan dengan influencer atau manajernya mengenai rencana pengiriman PR box.

Hal ini dapat menjadi antisipasi mendapatkan respon buruk dari influencer. Kamu juga bisa menanyakan preferensi influencer terkait produk, sehingga dapat mengirimkan paket yang bermanfaat dan memuaskan.

4. Membuat Paket

Ini dia tahapan krusial dari strategi PR package untuk promosi brand. Kamu perlu memilih produk yang ingin dikenalkan sekaligus berpotensi mendapatkan sambutan baik dari influencer.

Isi PR package perlu kamu pilih dengan pertimbangan yang hati-hati. Pasalnya, pemilihan produk yang kurang tepat bisa jadi justru memberikan kesan buruk pada brand dan berdampak negatif bagi promosi.

Jadi, pastikan untuk mengirimkan produk dengan kualitas baik dan desain menawan. Kamu juga bisa menambahkan souvenir desain terbaru SOUVIA untuk membuat package makin berkesan.

Tips Membuat PR Package yang Catchy

Menentukan produk dan membuat PR package bisa cukup membingungkan, terutama mengingat banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Nah, mari simak beberapa tips PR package dari SOUVIA berikut ini.

1. Pilih Packaging yang Menarik

pr package adalah
Pengemasan PR package yang sangat menarik. Source: Custom Packaging

Kamu bisa mulai dari hal pertama yang akan influencer lihat, yaitu kemasan paket. Sebaiknya gunakan kardus bertuliskan nama brand pada bagian luar.

Namun, apabila tidak memungkinkan, setidaknya gunakan pita yang bertuliskan nama brand. Kamu juga bisa menggunakan label pengiriman custom supaya makin menarik.

Kemasan yang menarik dan eye-catching meningkatkan kemungkinkan influencer ingin mempostingnya ketika unboxing.

2. Produk yang Menarik

Selain kemasan, produk dalam paket juga perlu terlihat sama menariknya. Gunakan lapisan pembungkus yang sesuai dengan kemasan dan pastikan produk disajikan dengan rapi.

Oleh karena itu, pembungkusan paket juga perlu kamu lakukan dengan hati-hati supaya tetap rapi saat sampai tujuan. Sebisa mungkin buatlah paket yang menonjolkan produk sekaligus membuat orang terpikat pada pandangan pertama.

3. Gunakan Tema Tertentu

pr package adalah
PR Package dengan nuansa batik.

Unboxing merupakan hal yang memberikan pengalaman menyenangkan bagi influencer. Selain itu, peminat konten unboxing paket juga cukup tinggi.

Nah, paket yang memiliki tema tertentu akan membuat proses unboxing lebih menyenangkan. Dengan demikian, audiens juga dapat lebih tertarik menonton dan melihat produk di dalamnya.

Kamu bisa memilih tema tertentu dan menerapkannya mulai dari kemasan luar paket. Pemilihan tema juga dapat kamu sesuaikan dengan event yang akan datang. Misalnya, mengirimkan paket souvenir batik menjelang Hari Batik Nasional.

4. Tambahkan Catatan

Menambahkan catatan kecil dengan pesan personal dapat menunjukkan kepedulian pengirim. Selain itu, catatan juga dapat membuat pengalaman unboxing menjadi lebih istimewa.

5. Sisipkan Kode Promo

Satu lagi yang tidak boleh terlewat, yaitu menambahkan kode promo untuk mendapatkan diskon. Adanya kode promo dari unboxing paket dapat memicu pembelian produk.


Kustomisasi PR Package Bersama SOUVIA

Tampilan yang estetik dan kualitas produk merupakan dua faktor penting dalam membuat PR package yang berkesan. Pasalnya, paket harus menarik agar influencer memposting konten saat unboxing.

SOUVIA dapat membantu kamu untuk membuat PR package yang sesuai untuk meningkatkan promosi. Ada banyak pilihan produk SOUVIA yang dapat kamu pilih dan kustomisasi sesuai kebutuhan.

Ingat, PR package adalah bagian strategi promosi sehingga pembuatannya tidak boleh setengah-setengah. Segera hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk mulai membuat PR package terbaik.

CEK INSPIRASI LAINNYA:

SOUVIA