Media promosi merupakan salah satu kebutuhan event yang harus dipenuhi agar event dihadiri banyak pengunjung dan meninggalkan kesan baik bagi yang hadir. Media promosi apa yang tepat dan apa saja jenisnya? Simak yuk!

BACA JUGA: 5 paket seminar kit eksklusif favorit semua orang

Manfaat Menyelenggarakan Event

Event merupakan acara pertunjukan maupun pameran yang memiliki tujuan dan dihadiri oleh banyak kalangan.

Bagi perusahaan dan kelembagaan, event menjadi sarana untuk meningkatkan brand awareness, menjaga konsumen, memperkenalkan produk, meningkatkan dan menciptakan peluang usaha, dan menjangkau khalayak lebih luas.

Semua tujuan tersebut dapat tercapai apabilan kebutuhan event terpenuhi dengan baik. Tak sedikit penyelenggara event menggunakan merchandise kampanye untuk mempengaruhi khalayak agar pesan event tersampaikan dengan baik,

Kebutuhan Event

membuat stand tenant merupakan salah satu kebutuhan event yang krusial jika ingin mengikuti pameran dan acara
Media promosi seperti stand banner, poster, dan pop up stand merupakan salah satu kebutuhan event yang mendasar

Dalam setiap event terdapat beberapa hal yang harus dihindari seperti miskomunikasi, dana anggaran bocor, dan penyelenggaraan event yang tidak sesuai ekspetasi.

Oleh karenanya kebutuhan event seperti general meeting, anggaran biaya, koordinasi vendor, dan media promosi harus dipersiapkan dengan baik untuk memperkecil kemungkinan event gagal.

General meeting akan membantu vendor menterjemahkan keinginan klien mengenai event yang diharapkan. Ditambah dengan koordinasi vendor yang baik akan memudahkan vendor untuk menjalani peran masing – masing secara maksimal dan saling melengkapi satu sama lain.

Anggaran biaya dalam sebuah event akan menjadi pedoman pelaksanaan event dan sebagai alat evaluasi event yang sudah berjalan.

Media promosi termasuk ke dalam kebutuhan dasar event karena setiap event membutuhkan promosi agar event diketahui dan dihadiri oleh banyak orang.

Fungsi Media Promosi

Media promosi adalah media, sarana, atau produk yang berfungsi untuk memperkenalkan atau menawarkan produk atau jasa. Produk atau jasa, tak terkecuali event membutuhkan media promosi agar dapat menjangkau khalayak lebih luas.

Selain itu, media promosi dapat berfungsi juga sebagai ucapan terima kasih atas kedatangan pengunjung dalam event. Media promosi yang sesuai dengan kebutuhan event akan memberikan kesan positif bagi perusahaan kepada masyarakat.

Souvia memudahkan konsumen untuk membuat media promosi bermanfaat seperti pouch bag Souvia yang dapat diproduksi custom sesuai kebutuhan event dan anggaran yang tersedia.

Salah satunya, pouch new normal kit Norm yang dapat menyimpan kebutuhan perlengkapan protokol kesehatan dan dapat digunakan saat bepergian.

Jenis – Jenis Media Promosi

Media promosi yang berfungsi dengan baik akan mampu menarik perhatian masyarakat dan mengingatkan pengunjung akan event yang dihadiri. Media promosi dalam kebutuhan event terbagi menjadi media promosi online dan offline. Ini detailnya!

1. Media promosi online

Media promosi online memanfaatkan teknologi digital dalam mengumumkan dan memperkenalkan event. Dengan menggunakan media promosi online, promosi event dapat dilakukan lebih luas.

Platform seperti media sosial, google ads, marketplace, forum online, dan email marketing digunakan untuk memberitahukan event ke pengguna platform.

Pengguna platform media online tersegmentasi dan cukup banyak. Melakukan promosi via online cukup efektif karena informasi terkait event lebih cepat menyebar dan meluas karena banyak yang melihat. Untuk melakukan promosi ini penyelenggara membutuhkan dana awalan yang tidak sedikit.

Yang harus diingat tak semua media promosi online sesuai dengan kebutuhan event karena memiliki karakteristik pengguna yang berbeda. Sebelum fokus melakukan promosi event secara online. Sebaiknya, pilih platform yang paling sesuai dengan event agar promosi lebih efektif.

2. Media promosi offline

tote bag dapat dijadikan media promosi offline untuk memperbagus branding
Media promosi berfungsi juga untuk mengkampanyekan pesan event

Tipe media promosi offline membutuhkan produk promosi dalam bentuk fisik. Walaupun media promosi offline banyak ditinggalkan, namun pengenalan produk atau event dengan metode ini dinilai masih cukup efektif karena meninggalkan jejak bagi masyarakat.

Bentuk – bentuk media promosi offline biasanya menggunakan produk percetakan seperti brosur, umbul – umbul, poster, dan backdrop.

Penempatan produk percetakan harus strategis agar dilihat banyak orang. Selain itu, media promosi offline harus menampilkan desain yang unik, menarik, dan segar agar khalayak tertarik untuk melihatnya.

Sayangnya, penerima brosur selalu membuang brosur setelah selesai membaca. Bahkan, kadang tidak dibaca sama sekali. Begitupun bentuk produk media promosi offline lainnya seperti poster atau umbul – umbul yang dibuang setelah event selesai.

Lalu, bagaimana membuat media promosi offline sesuai kebutuhan event yang dapat diterima baik oleh penerima?

Salah satu cara yang digunakan adalah membuat souvenir event bermanfaat yang banyak digunakan oleh khalayak. Souvenir atau merchandise dapat menjadi media promosi yang efektif karena tidak dibuang oleh penerima.

Tak perlu khawatir, penerima melupakan event karena brand atau logo event dapat ditampilkan di permukaan souvenir. Kini banyak aplikasi branding yang dapat disesuaikan dengan produk souvenir agar logo atau brand tahan lama.

Souvenir yang dapat digunakan sehari – hari oleh penerima akan memberikan keuntungan bagi pembuatnya. Semakin bagus souvenir, semakin sering digunakan, yang pada akhirnya akan semakin banyak yang melihat logo event yang ada di permukaan souvenir.

Tambahkan greeting cards dalam souvenir promosi untuk meningkatkan ikatan antara penerima dan event. Selain itu, greeting card dapat menampilkan informasi pelaksanaan event.

Pilihan Souvenir Untuk Media Promosi Sesuai Kebutuhan Event

Phone holder dengan hard box custom untuk diberikan sebagai souvenir
Marketing gift siap menjadi media promosi terbaik yang dapat diproduksi custom sesuai kebutuhan event

Souvia merupakan penyedia souvenir yang telah melayani ribuan perusahaan dan kelembagaan untuk membuat merchandise dan souvenir baik untuk event internal maupun external.

Di sini tersedia beragam pilihan souvenir yang bisa digunakan sebagai media promosi beragam event. Untuk event seminar dan workshop ada buku agenda, pulpen, dan goodie bag Souvia. Selain itu, tersedia souvenir yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan event indoor maupun outdoor.

Untuk event outdoor, tersedia tumbler Sport yang praktis dan tas shoulderbag Boxing yang terbuat dari bahan Longchamp dengan desain tas boxing.

Ingin bundling souvenir agar lebih hemat? Tersedia seminar kit yang berisi souvenir bermanfaat dengan promo free branding atau desain. Seminar kit Souvia dibanderol mulai dari Rp 12.300 hingga Rp 232.000.

Marketing gift dan paket souvenir kantor premium Souvia siap menjadi media promosi eksklusif event karena terbuat dari bahan kualitas terbaik dengan pengemasan premium menggunakan box.

Untuk souvenir media promosi yang dibutuhkan dalam waktu singkat, silahkan kunjungi laman ready stock Souvia. Laman ini menyediakan souvenir best seller yang dapat diproduksi dalam dua hingga tiga hari kerja. Hubungi sales eksekutif Souvia untuk informasi lengkapnya.

Yuk, buat media promosi terbaik Anda di Souvia!

CEK INSPIRASI LAINNYA:

SOUVIA