Dampak pemanasan global dan kerusakan lingkungan sudah mulai terasa. Sampah dari produk sekali pakai, seperti sendok plastik dan botol minum, pun semakin menumpuk.

Sebagai perusahaan atau kelembagaan yang memberi perhatian terhadap lingkungan, maka perlu mempertimbangkan penggunaan produk eco friendly untuk souvenir kantor.

Salah satu dampak positif penggunaan produk ramah lingkungan sebagai paket souvenir kantor akan membantu mencegah kerusakan lingkungan akibat sampah.

Agar lebih jelas, yuk, simak penjelasan, manfaat, serta rekomendasi produk eco friendly yang bisa digunakan untuk souvenir kantor!

Baca Juga: Bahan Kaos Terbaik dan Tips Memilih Souvenir

Definisi Produk Eco Friendly

Singkatnya, produk eco friendly atau biasa juga disebut produk go green adalah barang-barang yang ramah lingkungan.

Dikutip dari laman Lindungihutan.com, produk eco friendly tak hanya bagus untuk kelestarian lingkungan, tetapi juga ramah untuk keberlangsungan hidup hewan dan manusia di Bumi.

produk eco friendly
Produk eco friendly yang ramah lingkungan.. Source: Foundation Recruitment

Produk go green disebut tidak menghasilkan emisi karbon dalam jumlah yang banyak, mudah terurai di alam, tidak gampang rusak, tidak mengandung racun, terbuat dari bahan baku yang mudah didaur ulang, dan mempunyai pengemasan minimalis.

Penggunaan produk ramah lingkungan bisa menjadi salah satu upaya kita dalam mengurangi sampah. Pasalnya, penggunaan produk-produk ini adalah salah satu prinsip dari 4R yaitu reduce (mengurangi), reuse (memakai kembali), recycle (mendaur ulang), dan replace (mengganti).

Manfaat Barang Ramah Lingkungan

Produk eco friendly memiliki keuntungan bagi semua pihak, termasuk juga lingkungan. Setidaknya ada empat manfaat saat menggunakannya. Ada apa saja? Cek keuntungan menggunakan barang ramah lingkungan berikut ini.

1. Mengurangi polusi

Barang ramah lingkungan biasanya digunakan dalam jangka waktu lama sehingga akan mengurangi polusi udara yang dihasilkan saat proses produksi.

2. Produk eco friendly akan mengurangi limbah

Penggunaan produk ramah lingkungan dipastikan akan mengurangi jumlah sampah. Hal ini karena produk ramah lingkungan akan digunakan terus-menerus dalam aktivitas sehari-hari.

Saat seseorang sudah beralih ke produk eco friendly, pastinya akan sangat sadar dengan jumlah sampah yang ia keluarkan setiap hari. Pengguna tidak akan lagi menggunakan kemasan sekali pakai saat makan, minum, dan berbelanja.

3. Lebih hemat

Barang ramah lingkungan akan mengurangi konsumsi minuman, makanan, atau produk sekali pakai. Hal ini dikarenakan pengguna bisa membuat minuman atau makanan sendiri di rumah lalu membawanya ke kantor atau saat bepergian.

4. Meningkatkan kualitas kesehatan

Pengguna produk eco friendly akan merasakan salah satu manfaatnya, yakni tubuh menjadi lebih sehat. Pasalnya, ya, produk eco friendly biasanya hanya menggunakan bahan-bahan natural, misalnya sampo tanpa produk kimia berbahaya.

Selain itu, menggunakan alat makan eco friendly juga akan jauh lebih higienis karena pengguna sendiri yang membersihkan alat tersebut. Sehingga, proses pembersihan lebih terjamin.

Rekomendasi Produk Eco Friendly untuk Souvenir Kantor dari SOUVIA

Apakah Anda ingin turut berpartisipasi dalam merawat Bumi? Jika iya, maka Anda bisa mulai dengan memilih produk eco friendly sebagai souvenir kantor. Tak hanya disukai lingkungan, tetapi pemberian produk go green juga digemari oleh karyawan, lho.

Banyak barang yang bisa digunakan untuk souvenir kantor. Agar tidak bimbang berikut ini rekomendasi produk eco friendly yang bisa digunakan sebagai souvenir perusahaan.

1. Tote bag

Portofolio tote bag dari SOUVIA untuk Kementerian Agraria dan Tata Ruang / Badan Pertanahan Negara
Tote bag lipat pilihan souvenir eco friendly.

Penggunaan tote bag sudah semakin populer di semua kalangan. Salah satu produk eco friendly ini bisa digunakan di segala kebutuhan karena praktis dan ramah lingkungan.

Tote bag bisa dimanfaatkan untuk membawa kebutuhan pribadi seperti buku, perlengkapan makan, atau pakaian.

Tas jenis ini juga bisa digunakan untuk tas belanja sebagai pengganti kantong plastik. Bahkan, pemerintah juga sudah melarang penggunaan kantong plastik di supermarket dan mini market di Indonesia, lho.

Salah satu jenis yang banyak digunakan adalah tote bag lipat. Pengguna bisa melipat, lalu menyimpannya di dalam tas, dan langsung digunakan saat dibutuhkan.

2. Set peralatan makan (Cutlery)

foodset peralatan makan sebagai souvenir produk eco friendly
Souvenir produk ramah lingkungan untuk karyawan dan kolega bisnis.

Membawa produk go green satu ini sangat membantu seseorang menjaga kebersihan dan mengurangi sampah saat makan di luar. Saat ini sudah banyak set peralatan makan yang bisa digunakan saat bepergian, pengguna hanya perlu membersihkan dan mengeringkannya jika sudah selesai.

Jika Anda ingin membagikan set peralatan makan sebagai souvenir kantor, maka bisa dipercantik dengan cetak logo di bagian sendok atau kotaknya. Barang go green ini banyak digemari karena awet, praktis, dan harga terjangkau.

3. Buku agenda

Tidak semua alat tulis langsung dibuang ketika habis dan selesai digunakan. Buku agenda dengan hard cover berisi lembar tulis kosong juga merupakan salah satu produk ramah lingkungan.

Pengguna hanya perlu mengganti lembaran yang penuh tulisan dengan note kosong untuk bisa digunakan kembali. Buku agenda jenis ini tentunya lebih awet, bisa digunakan dalam jangka waktu lama, dan tetap terlihat eksklusif.

Buku agenda dengan cover yang terbuat dari bahan baku kulit sintetis sangat cocok digunakan sebagai souvenir kantor eksklusif. Souvenir ini juga bisa diproduksi cepat karena merupakan souvenir ready stock SOUVIA. Tambahkan cetak logo agar branding semakin maksimal!

4. Name tag

Name tag merupakan salah satu produk go green yang bisa dipilih sebagai souvenir perusahaan karena bisa terus digunakan dan mengurangi sampah plastik.

Setiap ada acara workshop atau seminar yang digelar, pengguna hanya perlu menambah kertas sebagai identitas tambahan, lalu dimasukkan ke dalam name tag.

Dengan begini, tidak perlu lagi ada plastik name tag saat acara. Perusahaan atau kelembagaan tak hanya akan mengurangi sampah, sekaligus juga bisa menghemat anggaran acara.

5. Tumbler sebagai pilihan produk eco friendly

produk eco friendly
Tumbler termos souvenir produk eco friendly dari SOUVIA.

Penggunaan tumbler dalam kehidupan sehari-hari sangat menguntungkan lingkungan. Pasalnya, Anda tak perlu lagi menggunakan cangkir plastik saat membeli kopi atau air minum kemasan.

Tumbler cukup praktis dibawa saat bepergian. Sekarang jenis tumbler sudah sangat beragam dan sesuai kebutuhan, seperti tumbler termos. Botol minum jenis ini mampu menyimpan minuman dalam suhu panas atau dingin selama berjam-jam. Sangat cocok bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan.


Sebagai bagian dari kepedulian terhadap lingkungan, perusahaan dan kelembagaan sebaiknya menggunakan produk eco friendly untuk kebutuhan souvenir kantor.

Selain tahan lama, barang ramah lingkungan akan membantu pengguna untuk mengurangi sampah, lebih hemat, dan sehat.

Produk seperti tumbler, perlengkapan makan, tote bag, buku agenda, dan name tag sangat direkomendasi untuk souvenir perusahaan atau onboarding kit untuk pegawai baru.

Saatnya perilaku ramah lingkungan dimulai di perusahaan Anda, hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk mendapatkan souvenir kantor yang berkualitas dan tahan lama.

CEK INSPIRASI LAINNYA

SOUVIA