Salah satu contoh program loyalitas yang banyak diadopsi adalah memberikan corporate gift bermanfaat. Lalu apa manfaat dan harapan konsumen akan program yang ditawarkan ini? Simak yuk!

BACA JUGA: 7 souvenir corporate Jakarta untuk mitra usaha

Definisi Program Loyalitas

Strategi marketing terus ditingkatkan untuk meningkatkan penjualan perusahaan. Salah satu yang saat ini cukup berkembang adalah program loyalty atau program loyalitas bagi pelanggan.

Program loyalitas merupakan program pengembangan pasar atau penjualan dengan menawarkan intensif kepada pelanggan dengan tujuan mempertahankan konsumen agar terjadi pembelian berulang.

Informasi mengenai hal tersebut biasanya diberitahukan melalui email marketing, pemberian voucher diskon, dan media sosial.

Cara kreatif yang dapat dilakukan oleh perusahaan untuk mensosialisasikan program yang dijalankan adalah memberikan souvenir kampanye kepada pelanggan setia atau khalayak. Semakin banyak yang tahu, semakin banyak yang akan membeli produk karena program yang ditawarkan.

Manfaat Program Loyalitas

Jabatan tangan menyimbolkan hubungan baik dengan konsumen
Manfaat program loyalitas adalah memelihara hubungan baik dengan konsumen

Data menunjukan, perusahaan yang sudah stabil mendapatkan pendapatan sekitar 25 – 40 % dari konsumen yang melakukan repeat order.

Untuk mempertahankan hal tersebut, perusahaan harus melakukan customer retention, strategi untuk mengurangi konsumen yang hanya sekali melakukan pemesanan. 

Tingkat customer retention yang tinggi berbanding lurus dengan penjualan perusahaan. Hal ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh Bain & Company yang menunjukan, meningkatnya customer retention sebanyak lima persen akan meningkatkan keuntungan usaha sebanyak 75%.

Selain meningkatkan pendapatan perusahaan, berikut beberapa manfaat program loyalitas lainnya:

1. Memelihara hubungan baik dengan konsumen

Menjaga hubungan baik dengan konsumen yang telah membeli produk perusahaan merupakan keharusan bagi perusahaan. Konsumen yang diperlakukan dengan baik oleh perusahaan semakin percaya dan setia.

Terlebih dengan loyalty program pelanggan yang dilakukan seperti memberikan souvenir berupa pulpen tinta SOUVIA untuk kebutuhan kantor konsumen.

2. Menciptakan brand advocacy

Salah satu promosi terbaik sebuah brand atau produk adalah dari mulut ke mulut. Setiap orang akan merekomendasikan suatu produk berkualitas dengan pelayanan terbaik kepada rekan atau kerabatnya.

Apalagi jika brand tersebut menawarkan promo yang mempermudah konsumen, tentu dengan senang hati pelanggan akan memberitahukan kepada orang lebih banyak.

Contoh program loyalitas yang sangat menguntungkan konsumen adalah layanan penyimpanan.

SOUVIA memberikan kemudahan bagi konsumen untuk menyimpan souvenir pesanan di gudang khusus sebelum dibagikan, sehingga konsumen tak perlu lagi menyiapkan storage untuk menyimpan souvenir tersebut.

3. Menjadi pembeda di antara kompetitor

Memiliki kompetitor dengan jenis produk yang sama akan menyulitkan konsumen membedakan brand yang diinginkan.

Adanya program loyalitas yang dijalankan akan menjadi pembeda di antara kompetitor dan mempermudah konsumen memilih brand yang menawarkan banyak keuntungan bagi mereka.

Program Loyalitas yang Diharapkan Konsumen

Ilustrasi pengumpulan poin yang didapat dari program loyalitas
Pengumpulan poin dan tiered loyalty merupakan contoh program loyalitas yang dapat dijalankan

Program loyalitas tak hanya mempertahankan pelanggan setia, namun juga cara tepat untuk mendapatkan konsumen baru.

Faktanya, sebanyak 75% konsumen mengatakan, akan berganti merek jika mendapatkan layanan loyalty program yang lebih baik.

Lalu, apa yang diinginkan konsumen dari program loyalitas yang ditawarkan suatu brand?

1. Hadiah menarik

Hampir setiap orang akan senang jika mendapat hadiah menarik berupa souvenir atau merchandise menarik seperti buku agenda atau tas selempang SOUVIA.

Tak bisa dipungkiri, penawaran produk gratis sebagai imbalan kesetiaan pelanggan akan menarik perhatian konsumen.

Contoh loyalty program yang bisa dicoba adalah pengumpulan poin. Setiap bertransaksi, pelanggan akan mendapatkan poin. Poin yang terakumulasi dapat ditukar dengan souvenir seperti botol tumbler SOUVIA atau payung.

Agar lebih personal, tambahkan nama pelanggan setia atau perusahaan yang telah memesan produk.

2. Kesepakatan eksklusif

Selain hadiah berupa souvenir menarik,konsumen juga menginginkan penawaran kesepakatan seperti pengiriman gratis atau potongan harga.

Nah, untuk mendapatkan keuntungan yang menarik seperti ini. Perusahaan dapat menjalankan tiered loyalty berdasarkan tingkatannya.

Semakin tinggi tingkatan konsumen, semakin banyak kemudahan dan promo yang didapatkan.

Sebelum memberikan kemudahan dan promo tersebut, sebaiknya pertimbangkan biaya dan pelanggan yang berhak mendapatkannya.

Salah satu program loyalitas yang dijalankan SOUVIA adalah memberikan pengiriman cuma – cuma atau gratis se-jabodetabek setiap pemesanan souvenir tertentu seperti kalender SOUVIA.

Kesimpulan

pouch bag bahan kanvas motif batik untuk souvenir unik G20
Sebagai awalan, berikan souvenir menarik seperti pouch kantik kepada pelanggan setia

Memperbesar pasar dan memperbanyak konsumen baru merupakan hal penting, namun mempertahankan loyalitas pelanggan jauh lebih penting. Oleh karenanya, agar pelanggan tetap setia, lakukan dan pilih program loyalitas yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

Sebagai awalan, pemberian souvenir bermanfaat dapat dilakukan secara berkala.

SOUVIA memberikan promo free branding dan desain untuk setiap souvenir yang dipesan sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Tak hanya itu, bagi perusahaan yang membutuhkan souvenir best seller yang dapat diproduksi dalam waktu singkat. SOUVIA menawarkan souvenir ready stock yang langsung diantar ke tempat tujuan dalam waktu dua hingga tiga hari kerja.

Saatnya hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk memberikan program loyalitas terbaik bagi pelanggan Anda!

CEK INSPIRASI LAINNYA:

SOUVIA