Anak konveksi mana suaranya? Pasti sudah tidak asing dengan proses cetak yang sering digunakan untuk kebutuhan branding. Saat ini, sudah ada teknik cetak terkini yang disebut Sablon DTF.

Sablon DTF adalah proses cetak dengan metode terkini yang lebih sederhana dan tidak membutuhkan banyak perlengkapan.

Sablon DTF dirasa paling pas digunakan untuk proses pencetakan gambar pada kaos custom karena hasilnya lebih bagus dan tahan lama.

Daripada bingung, langsung saja simak ulasan SOUVIA tentang Sablon jenis terbaru yang kini banyak digandrungi di kalangan produsen cetak.

Apa Itu Sablon DTF?

sablon dtf
Penggunaan Sablon jenis ini menghasilkan cetakan dengan warna yang tajam dan tidak mudah pudar

Sablon DTF adalah teknik proses cetak yang memanfaatkan layar dengan kecepatan tertentu yang umumnya berbahan dasar nylon atau sutra.

Layar yang digunakan sebelumnya telah diberi pola yang berasal dari negatif desain yang dibuat menggunakan kertas HVS atau kertas kalkir.

Sementara itu, DTF singkatan dari Direct Transfer Film. Sablon ini sendiri menggunakan kertas transfer, adhesive powder atau bubuk lem sablon yang membantu menempelkan gambar ke material permukaan souvenir apparel , yang diakhiri dengan mesin press.

Kelebihan Sablon DTF

Proses cetak yang terkini dan semakin banyak penggunanya ini memiliki banyak kelebihan di antara prosedur lainnya. Setidaknya ada enam kelebihan yang dimiliki sablon DTF.

1. Biaya produksi lebih rendah

Proses cetak yang mampu menekan biaya produksi merupakan dambaan setiap produsen. Sablon DTF membutuhkan biaya lebih rendah dibanding dengan proses cetak lainnya karena proses produksi lebih cepat dan tidak memerlukan banyak barang.

Proses pengerjaan tidak membutuhkan banyak peralatan dan perawatan, serta menggunakan tinta pigment yang lebih murah dibanding tinta solvent atau tinta water based.

Walau modal awal cukup besar, namun saat proses produksi, sablon jenis ini hanya membutuhkan printer DTF, media transfer film, bubuk perekat, tinta, dan heat press.

2. Menghasilkan warna yang lebih tajam dan detail

Sablon DTF mampu menghasilkan warna lebih tajam dan detail di hasil produksi. Hal ini dikarenakan proses produksi menggunakan tinta khusus transfer film.

Kualitas tinta ini mampu menghasilkan warna yang solid, pekat, tajam, tekstur warna terasa lebih banyak kandungan plastiknya, dan hasil cetak DTF sama dengan kualiyas hasil sablon DGT yang pekat.

Oleh karenanya, souvenir perusahaan SOUVIA menggunakan sablon jenis ini agar brand atau merek dagang konsumen terlihat dengan jelas.

3. Proses produksi lebih cepat dan efisien

sablon dtf
Sablon DTF bisa digunakan di berbagai produk seperti topi

Sablon DTF memiliki proses pencetakan lebih singkat karena printhead yang canggih yang bisa mengatur kecepatan printer.

Jika printhead bekerja dengan baik dan media film mulus mentransfer desain, maka proses cetakan lebih cepat selesai dan efisien, sehingga permintaan konsumen bisa ditangani lebih singkat.

4. Ketahanan warna yang baik

Sablon DTF menggunakan tinta khusus yang memiliki sifat pigmen yang tahan terhadap aus dan pudar, sehingga hasil cetakan tahan lama dan tidak mudah memudar.

Hasil jenis proses cetak ini tidak seperti kertas, lebih kenyal, saat disentuh, dan tidak mudah pecah atau retak. Hal ini membuat hasil sablon tahan terhadap tarikan, elastis, tahan cuci, dan tidak mudah luntur saat dicuci dengan cara disikat atau dikucek.

5. Bisa diaplikasikan ke banyak bahan

Tidak hanya bisa diaplikasikan untuk produk kain, namun juga bisa digunakan untuk produk non tekstil. Bahan – bahan seperti katun, polyester, scuba, kanvas, spunbond, dan TC bisa memanfaatkan Sablon DTF untuk proses pencetakan gambar.

Proses cetak gambar ini bisa diaplikasikan untuk produk – produk merchandising seperti kaos, kemeja, tote bag, goodie bag, topi polo, hingga sepatu.

Metode cetak ini menghasilkan hasil cetakan yang tajam, bertekstur baik, lebih presisi dibandingkan proses cetak lainnya.

Semua keuntungan proses cetak ini membuat produk yang menggunakan Sablon DTF memiliki hasil yang berkualitas, daya jual tinggi.

Tampilan gambar pada permukaan souvenir juga sangat baik, hasil cetakan awet. tidak mudah pudar, dan ramah lingkungan.

Hal yang harus Diketahui

Sablon DTF memiliki banyak kelebihan, namun juga ada hal-hal yang harus diperhatikan seperti berikut ini.

1. Hanya bisa untuk desain standar

Perlu diiketahui, Anda hanya bisa membuat produk dengan desain standar bila ingin menggunakan sablon teknik satu ini. Jadi, pilihlah teknik sablon lain bila Anda memiliki produk dengan model lain seperti gradasi atau tiga dimensi.

2.  Biaya modal yang cukup besar

Ada harga maka ada kualitas. Begitu pun dengan produk yang disablon dengan teknik DTF memiliki harga yang cenderung mahal. Sehingga sangat disarankan untuk memilih vendor tepercaya untuk mendapat produk kualitas terbaik.


sablon dtf
Metode cetak bisa diaplikasikan di berbagai produk kain dan non tekstil

Sablon DTF merupakan metode cetak yang mampu menghasilkan permukaan gambar pada produk berkualitas tinggi dan awet.

Penting bagi perusahaan agar brand atau merek dagang terlihat jelas di permukaan souvenir untuk mencapai target pemasaran, seperti name tag denim yang memperlihatkan logo perusahaan dengan jelas.

Nah, bagi kamu yang ingin membuat souvenir perusahaan dengan gambar atau hasil cetakan yang tajam dan tidak mudah luntur. Yuk, hubungi sales eksekutif SOUVIA yang akan memberikan konsultasi mengenai produk dan sablon yang pas.