Kamu sedang merancang seminar bertema Nusantara, tapi bingung pilih cendera mata? Tenang, SOUVIA punya banyak rekomendasi souvenir batik yang pastinya cantik dan bermanfaat.

Indonesia memiliki banyak hasil kebudayaan yang mendunia. Salah satunya adalah kain tradisional batik yang melegenda. Kain batik sering digunakan dalam acara formal keluarga hingga acara kenegaraan.

Bahkan, beberapa produk souvenir yang menggunakan bahan baku kain khas Indonesia ini masuk dalam souvenir ready stock SOUVIA yang bisa diproduksi dalam waktu singkat.

Bukan hanya menjadi kebanggaan Indonesia, kain batik menjadi salah satu warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non Bendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) yang ditetapkan oleh UNESCO di tahun 2009.

Kali ini, SOUVIA akan mengulas rekomendasi souvenir motif batik yang bisa dipilih untuk acara internal dan eksternal perusahaan. Simak yuk!

BACA JUGA: 8 Langkah Kembangkan Ide Merchandise untuk Berbagai Acara

Manfaat Memberikan Souvenir Batik

souvenir batik
Tote bag lipat batik, bermanfaat dan cantik dibawa bepergian

Tak hanya indah untuk dijadikan busana pribadi, motif batik juga terlihat eksklusif jika diberikan sebagai tanda terima kasih kepada rekan bisnis. Sebelum mengulas rekomendasi souvenir batik, mari kita bahas manfaat memberikan kenang-kenangan bernuansa batik.

1. Menarik perhatian mitra usaha dan konsumen

Souvenir dompet batik tidak hanya terlihat cantik namun juga bermanfaat bagi penerimanya. Cendera mata jenis ini akan digunakan terus karena menggunakan bahan baku kain batik yang unik.

Kain batik memiliki motif yang tidak pasaran dan sarat makna. Setiap gambar memiliki cerita tersendiri. Hal ini yang membuat banyak orang mengoleksi souvenir batik.

2. Melestarikan kebudayaan Indonesia

Batik merupakan aset negara yang harus diperhatikan dan diletasrikan oleh seluruh masyararakat Indonesia. Dengan menggunakan pouch batik sebagai souvenir perusahaan, maka membantu Pemerintah Indonesia menjaga kelestarian batik.

3. Mengenalkan kekayaan budaya Indonesia

Kain batik merupakan hasil kebudayaan Indonesia yang mendunia. Walau begitu, kain tradisional ini harus tetap diperkenalkan agar semakin banyak masyarakat dunia yang mengetahui keberadaan, sejarah, dan, cerita di balik motifnya.

Rekomendasi Souvenir Batik untuk Seminar Kit

Nah, setelah mengetahui manfaat memberikan cendera mata khas Indonesia, saatnya memilih jenis souvenir perusahaan yang pas digunakan saat acara kantor. Simak rekomendasi produk SOUVIA yang menggunakan kain tradisional Indonesia ini.

1. Buku agenda

souvenir batik
Buku agenda batik sangat cocok dijadikan souvenir acara bertema Indonesia

Bagi pekerja kantoran atau pimpinan perusahaan yang memiliki jadwal padat, penggunaaan buku agenda masih sering dilakukan. Pasalnya, buku agenda dirasa masih efektif sebagai catatan pribadi atau jurnal aktivitas sehari-hari.

Memberikan buku agenda atau notebook batik akan mengingatkan penerima mengenai perusahaan yang memberikan alat tulis tersebut. Selain itu, hal ini akan meningkatkan citra positif kelembagaan karena ikut melestarikan dan mengenalkan hasil kebudayaan Indonesia.

2. Nametag batik

name tag kantor ID card holder bahan kulit sintetis dengan aksen batik unik souvenir perusahaan
Nametag batik yang cantik untuk souvenir acara kantor.

Perlengkapan kantor atau acara ini dibutuhkan oleh setiap karyawan karena bisa digunakan untuk menyimpan kartu identitas agar tetap aman.

Selain bisa digunakan di kantor, nametag batik bisa dimanfaatkan saat perusahaan menyelenggarakan acara internal dan eksternal. Pengguna hanya perlu menambahkan kertas identitas acara.

Dapatkan nametag batik souvenir desain terbaru yang kekinian dan pastinya terbuat dari bahan berkulitas untuk merchandise acara perusahaan.

3. Dompet batik besar

Selain pakaian, batik bisa digunakan sebagai bahan baku tertentu. Salah satunya dompet atau clutch. Dompet batik besar ini sangat bisa dimanfaatkan sebagai merchandise acara kantor yang ingin mengenalkan budaya Indonesia.

Souvenir dompet batik besar akan menambah koleksi tas yang bisa digunakan di acara formal maupun semi formal pengguna.

4. Card holder

Tidak hanya barang yang berukuran medium saja, kain batik bisa dikreasikan menjadi card holder cantik yang fungsional.

Penerima bisa menggunakannya untuk menyimpan kartu agar tidak tercampur dan berantakan. Dengan motif batik yang cantik, souvenir card holder akan semakin atraktif.

5. Tote bag lipat

Kain batik bisa juga digunakan sebagai bahan baku tote bag lipat atau tote bag biasa sesuai kebutuhan. Selain cantik, tote bag batik akan sangat bermanfaat saat dibawa bepergian dan mengurangi sampah plastik.

6. Pouch batik

souvenir batik
Semua bisa menjadi souvenir batik yang cantik dengan kain khas Indonesia ini

Tidak hanya clutch atau dompet besar, kain tradisional bisa juga digunakan untuk bahan baku pembuatan pouch.

Pouch batik bisa digunakan pengguna untuk menyimpan barang pribadi yang lebih kecil agar tidak tercampur seperti perlengkapan kantor, obat – obatan, hingga perlengkapan make up.


Batik merupakan kain khas Indonesia yang telah dikenal di seluruh dunia dan mendapatkan pengakuan dari UNICEF.

Salah satu cara untuk mengenalkan dan melestarikannya adalah dengan menggunakannya sebagai souvenir batik untuk acara internal maupun eskternal perusahaan.

Selain itu, penggunaan souvenir batik akan mampu menarik perhatian target pasar karena memiliki motif unik dan keindahan yang sarat akan makna. Souvenir jenis ini sangat cocok diberikan sebagai tanda mata untuk tamu yang berasal dari luar negeri.

Oleh karenanya, hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk mendapatkan souvenir batik sesuai kebutuhan dan budget yang pastinya cantik dan berkualitas.

CEK INSPIRASI LAINNYA:

SOUVIA