Hari raya Idul Fitri telah usai, saatnya menyempurnakan ibadah puasa di bulan Ramadan dengan berpuasa di bulan Syawal. Mengapa puasa ini sangat dianjurkan? Berikut tujuh keutamaan puasa syawal dan perlengkapan SOUVIA yang harus dimiliki agar puasa lebih nyaman.

BACA JUGA: Program loyalitas: manfaat bagi perusahaan dan harapan konsumen

Puasa Syawal

Puasa syawal merupakan puasa sunah yang dijalankan di bulan syawal. Keutamaan puasa syawal yang sangat membesar membuat umat muslim beramai – ramai mengerjakannya.

Ibadah puasa syawal dijalankan di H+1 atau hari kedua bulan syawal. Puasa ini bisa dilakukan secara berurutan selama enam hari yang berakhir pada hari ketujuh bulan syawal. Puasa syawal bisa juga dijalankan tidak berurutan dan keutamaan puasa syawal tetap didapatkan.

Keutamaan Puasa Syawal

Begitu melimpahnya keutamaan puasa syawal yang dijanjikan Allah SWT. Salah satunya adalah mendapatkan pahala satu tahun berpuasa seperti yang diterangkan dalam sebuah hadis Riwayat Muslim.

“Barang siapa yang berpuasa Ramadan kemudian berpuasa enam hari di bulan syawal, maka dia berpuasa seperti satu tahun penuh”

Lalu, keutamaan puasa syawal apa lagi yang didapat jika menjalankan puasa syawal. Berikut ulasannya:

1. Sebagai tanda syukur

Bulan Ramadan, bulan mulia. Di bulan ini Allah melimpahkan berkah dan rahmatNya bagi yang menjalankan puasa dan ibadah lainnya karena Allah SWT.

Hebatnya bulan Ramadan diterangkan dalam hadis Riwayat Bukhari dan Muslim.

“Siapa saja yang berpuasa Ramadan dengan dasar iman, dan berharap pahala dan ridha Allah, maka dosanya yang lalu diampuni”

“Siapa saja yang menghidupkan malam hari bulan Ramadan dengan dasar iman, dan berharap pahala dan ridha Allah, maka dosanya yang lalu diampuni”

Keutamaan puasa syawal merupakan salah satu tanda syukur kepada sang pencipta karena telah memberikan pahala yang besar di bulan Ramadan.

Menjalankan puasa sunah ini berarti bersyukur karena mendapat kesempatan beribadah di bulan Ramadan.

2. Konsistensi ibadah

Perkuat ibadah setelah Ramadan adalah bentuk keutamaan puasa syawal
Konsisten ibadah merupakan salah satu keutamaan puasa syawal yang diinginkan umat muslim

Ibadah yang rutin dijalankan saat bulan Ramadan diharapkan bisa dilakukan di bulan – bulan selanjutnya.

Konsistensi ibadah merupakan hikmah dan keutamaan puasa syawal. Menjalankan puasa syawal membuktikan umat muslim mencoba tetap melakukan ibadah sebanyak – banyaknya walau bukan di bulan Ramadan dan senantiasa mengharap ridhaNya.

3. Tanda diterimanya puasa Ramadan

Keutamaan puasa syawal lainnya adalah tanda diterimanya puasa Ramadan.

Hal ini dijelaskan dalam buku Fikih Bulan Syawal oleh Muhammad Abduh Tuasikal.

“Jika Allah menerima amalan seorang hamba, maka Dia akan menunjuki amalan saleh selanjutnya. Jika Allah menerima amalan puasa Ramadan, maka Allah akan tunjuki amalan saleh lainnya, di antaranya puasa enam hari di bulan Syawal”

Hal yang sama diterangkan oleh ulama yang dilansir dari halaman nu.or.id.

“Ganjaran perbuatan baik adalah perbuatan baik setelahnya, maka siapa saja yang berbuat kebaikan kemudian mengikutkannya dengan perbuatan baik lainnya maka hal yang demikian adalah tanda diterimanya kebaikan pertama, pun halnya orang yang berbuat baik kemudian mengikutkannya dengan perbuatan buruk maka yang demikian adalah tanda ditolaknya kebaikan yang ia kerjakan”

4. Penghapus dosa

Keutamaan puasa syawal sebagai penghapus dosa disabdkan oleh Rasulullah SAW.

“Siapa yang berpuasa Ramadan, lalu diikuti dengan puasa enam hari di bulan Syawal, makai a akan keluar dari dosa – dosanya seperti bayi yang baru dilahirkan oleh ibunya” (HR at – Thabrani).

5. Dijauhkan dari siksa api neraka

Ilustrasi pria sedang beribadah di atas sajadah untuk mengejar keutamaan puasa syawal
Dijauhkan dari api neraka merupakan keutamaan puasa syawal yang diharapkan kaum muslim

Menjalankan puasa syawal merupakan cara seorang muslim menjalankan segala perintahNya.

Keutamaan puasa syawal bagi yang menjalankannya adalah dijauhkan dari siksa api neraka. Sebagaimana disebutkan dalam hadis Riwayat Muslim.

“Barang siapa berpuasa satu hari di jalan Allah, maka Allah akan menjauhkannya dari api neraka sebanyak 70 tahun perjalanan”

6. Penyempurna puasa Ramadan

Sama seperti ibadah sunah salat rawatib, ibadah sunah akan menyempurnakan ibadah wajib yang dilakukan.

Puasa Ramadan yang wajib dikerjakan oleh seorang muslim akan semakin sempurna jika menjalankan puasa syawal selama enam hari.

Perlengkapan SOUVIA agar keutamaan puasa syawal didapat

Puasa syawal dijalankan setelah hari raya Idul Fitri. Menjalankan puasa ini memiliki banyak tantangan karena dilakukan setelah 30 hari berpuasa. Namun, karena begitu besarnya keutamaan puasa syawal, umat muslim tetap menjalankannya. Yuk, intip perlengkapan SOUVIA yang bisa digunakan selama menjalankannya:

1. Tumbler Lock & Lock

botol minum tumbler lock and lock stainless tahan panas
Sedia tumbler lock & lock agar berbuka puasa syawal lebih mudah di manapun

Kebanyakan puasa syawal dilakukan saat memulai aktivitas bekerja seperti biasanya.

Jangan biarkan kesibukan bekerja menghalangi waktu berbuka.

Selalu sedia tumbler Lock & Lock yang memilliki lapisan suhu yang baik.

Minuman favorit yang ingin diminum saat berbuka akan terjaga suhunya walaupun sudah disimpan selama berjam – jam. Pengguna hanya perlu membawanya saat di perjalanan atau saat rapat.

2. Buku agenda

Kesibukan di pekerjaan atau rumah bisa membuat seseorang lupa tanggal.

Tulis jadwal dan keutamaan puasa syawal di buku agenda SOUVIA agar tidak lupa untuk menjalankannya.

Buku agenda ini berukuran kertas A5 dengan cover terbuat dari denim. Pengguna tetap bisa menggunakan buku agenda ini karena lembaran kertas bisa diisi ulang dengan yang baru.

3. Organizer desk

desk organizer untuk meja kantor yang lebih rapi
Desk organizer membantu merapikan meja kerja sekaligus menyajikan minuman berbuka

Harus berbuka puasa di meja kerja tapi bingung dengan space yang sempit?

Gunakan organizer desk SOUVIA yang akan membantu merapikan meja kerja sekaligus memberikan ruang untuk meletakan tumbler atau gelas.

Organidesk dilengkapi dengan tujuh slot kompartemen yang bisa menyimpan telepon genggam, pulpen, dan perlengkapan lainnya.

Pengguna tetap bisa bekerja walaupun adzan akan berkumandang karena minuman berbuka telah tersedia di meja. Pastinya keutamaan puasa syawal didapat walau beraktivitas seharian.

4. Hammock kaki

Hammock kaki untuk sandaran kaki saat bekerja agar tidak pegal
Gunakan hammock kaki saat berpuasa di kantor, agar kaki tidak pegal

Tak jarang tubuh terasa lemas saat berpuasa. Agak sulit duduk santai saat pekerjaan sedang menumpuk.

Sediakan hammock kaki SOUVIA saat harus bekerja dan berpuasa. Hammock kaki akan membantu kaki lebih rileks dan santai, sehingga tubuh tetap segar walau sedang berpuasa.

Kesimpulan

Selain memberikan pahala setahun berpuasa, keutamaan puasa syawal lainnya sangat besar seperti penyempurna dan tanda diterimanya puasa Ramadan.

Karena besarnya manfaat puasa syawal, tidak sedikit yang menjalankannya saat bekerja. Oleh karenanya, siapkan souvenir kantor yang akan mendukung ibadah puasa syawal walaupun aktivitas pekerjaan padat.

Jika membutuhkan souvenir yang bisa langsung diproduksi, kunjungi laman ready stock SOUVIA. Tersedia beragam pilihan souvenir yang bisa langsung diantar dalam dua hingga tiga hari kerja.

Walaupun prosesnya cepat, souvenir ready stock tetap bisa menjadi media branding yang efektif karena dapat menampilkan logo atau brand perusahaan di permukaan souvenir.

Perusahaan dan kelembagaan juga dapat memesan souvenir terbaru SOUVIA dengan cek laman new product SOUVIA. Kami menawarkan souvenir dengan desain terbaru yang kekinian dan berkualitas.

Yuk, segera hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk mendapatkan souvenir bermanfaat dengan penawaran menarik.

CEK INSPIRASI LAINNYA:

SOUVIA