Tahun baru Cina selalu diwarnai dengan tradisi yang sarat makna, salah satunya mengunjungi kerabat tertua dengan membawa bingkisan bermanfaat. Tak hanya itu, terdapat makna mendalam di setiap tradisi imlek 2023 yang bershio kelinci air. Apa saja?

BACA JUGA: Buat klien makin setia dengan souvenir untuk pelanggan berikut ini

Arti Tahun Baru Cina dan Sejarahnya

Imlek 2023 jatuh pada tanggal 22 Januari. Di hari ini, suka cita mewarnai masyarakat yang merayakan.

Penentuan tanggal tahun baru Cina atau lunar berdasarkan perhitungan siklus bulan. Oleh karenanya, hari raya imlek jatuh di tanggal yang berbeda setiap tahunnya.

Tahun baru imlek 2023 merupakan hari perayaan terbesar masyarakat Tionghoa. Di hari ini sanak keluarga merayakan malam pergantian tahun baru dengan berkumpul di rumah keluarga tertua.

Hari raya imlek sudah dikenal sejak 3.500 tahun yang lalu. Awalnya hari ini dirayakan untuk menyambut datangnya musim semi dan tahun baru.

grafis desain terkait imlek

Banyak cerita atau legenda yang berkembang seputar perayaan imlek 2023. Salah satu yang cukup terkenal adalah monster nian. Konon, setiap awal tahun baru monster ini akan menyerang penduduk desa. Menurut cerita, monster ini takut akan keramaian, suara keras, warna merah, dan cahaya terang.

Tak hanya untuk mengusir monster. Perayaan hari imlek dilakukan untuk menyambut tahun baru yang membawa keberuntungan dan kemakmuran.

Perayaan imlek dilakukan selama 15 hari. Dimulai dari malam tahun baru hingga pertengahan bulan yang ditutup dengan festival lentera atau Cap Go Meh.

Meriahkan perayaan imlek 2023 dengan bingkisan makanan yang dikemas menggunakan goodie bag kanvas. Goodie bag ini bisa di-branding dengan simbol imlek dan brand perusahaan.

Tradisi Imlek 2023

Beberapa aktivitas atau tradisi selalu dilakukan saat hari raya imlek datang. Aktivitas ini dilakukan untuk membawa keberuntungan dan kemakmuran serta meningkatkan hubungan dengan kerabat dan keluarga.

Berikut ini, tradisi yang dilakukan saat imlek 2023:

1. Membersihkan rumah

Humidifier sebagai salah satu pilihan souvenir acara kantor
Bingkisan imlek 2023 berupa humidifier akan memberikan kenyamanan saat tamu berkunjung ke rumah

Pembersihan rumah menjelang imlek bukan hanya baik untuk kesehatan dan kebersihan. Bagi masyarakat Tionghoa yang merayakan, pembersihan rumah dilakukan secara besar – besaran untuk mengusir kesialan dan hawa kurang baik.

Pintu dan jendela rumah pun dicat baru. Tradisi ini dipercaya memberi kesegaran dan jalan bagi hawa yang baik dan rejeki untuk datang dan masuk ke rumah.

Saat imlek, banyak sanak saudara dan teman yang berkunjung, agar rumah makin nyaman dan harum gunakan diffuser SOUVIA. Humidifier ini mampu menyegarkan udara di rumah sehingga tamu nyaman berada di rumah.

2. Serba merah

Adanya legenda yang mengatakan bahwa monster nian takut akan warna merah dipercaya hingga kini.

Rumah yang telah dibersihkan, dihias dengan ornamen berwarna merah seperti kertas dengan tulisan harapan, kemakmuran, umur panjang, kebahagiaan, dan kekayaan.

Tak hanya bagian rumah, warna merah mendominasi segala hal yang dilakukan, termasuk pakaian. Saat hari raya imlek 2023, semua orang wajib menggunakan warna merah sebagai warna keberuntungan.

3. Makan malam bersama

Tahun baru imlek 2023 merupakan hari terpenting masyarakat Tionghoa dan dirayakan bersama keluarga
Nikmati makan malam imlek 2023 dengan penuh kehangatan bersama keluarga

Makan malam bersama keluarga merupakan acara terpenting dalam perayaan imlek 2023. Keluarga besar lintas generasi berkumpul dan menyantap makanan khas imlek seperti ikan, pangsit, dan mie.

Makan malam bersama dapat meningkatkan ikatan antara keluarga dan bermakna mensyukuri kehidupan. Makanan yang disajikan merupakan makanan yang memiliki makna khusus untuk menjaga keharmonisan keluarga dan memberikan kebaikan serta kemakmuran.

Tak lupa sediakan starter pack new normal SOUVIA untuk para anggota keluarga agar lebih terlindungi dari virus penyakit.

Starter pack new normal terdiri dari perlengkapan perlindungan kesehatan seperti masker, sanitizer, dan tisu. Tambahkan suplemen vitamin agar orang tertua di keluarga tetap sehat dan bugar.

4. Membagikan angpao

Ilustrasi wanita memegang amplop angpao
Bagi – bagi angpao selalu menjadi tradisi imlek 2023 terfavorit

Salah satu tradisi yang masih sangat kental dan disukai oleh anak – anak dan remaja adalah pembagian angpao.

Angpao dibagikan saat keluarga berkumpul. Hanya anak – anak dan orang dewasa yang belum menikah yang berhak mendapatkan angpao.

Pembagian angpao sendiri memiliki makna yang mendalam. Selain bantuk kepedulian terhadap sesama, angpao dipercaya dapat transfer rejeki dan hal baik kepada orang lain. Pemberian angpao juga tidak boleh dititip, harus langsung dari pemberi ke penerima.

Agar semakin personal dan istimewa, tambahkan kartu ucapan pada angpao yang diberikan. Tampilan kartu dapat disesuaikan dengan tema dan kebutuhan imlek 2023.

Kartu ucapan dan angpao dapat diberikan kepada karyawan, konsumen, dan mitra usaha perusahaan.

5. Menghormati kerabat yang telah meninggal

Masyarakat yang beragama konghucu melaksanakan sembahyang jelang imlek 2023.

Sembahyang ini memiliki arti yang cukup dalam, manusia yang masih hidup harus bersyukur dan mengingat leluhur yang telah memberikan kehidupan.

Selain sembahyang, terdapat papan arwah, dupa, lilin, uang kertas, makanan, dan minuman yang disajikan untuk para leluhur.

6. Mengirimkan bingkisan Imlek 2023

Berikan hampers imlek untuk kerabat dan kolega
Memberikan hampers akan menambat keceriaan saat perayaan imlek 2023

Momen imlek 2023 merupakan momen tapat untuk saling berbagi.

Berikan bingkisan hari raya imlek kepada keluarga, mitra usaha, karyawan, dan konsumen. Bingkisan ini akan mempererat dan menjaga hubungan baik yang telah terjalin.

Bingkisan istimewa seperti paket souvenir eksklusif SOUVIA akan mewarnai penerima saat hari raya imlek 2023. Selain itu, bingkisan imlek bisa menjadi media branding perusahaan karena menampilkan logo atau brand perusahaan.

7. Barongsai

Hari raya imlek kurang berkesan jika tidak ditemani dengan tarian barongsai.

Dalam kepercayaan Cina, barongsai dipercaya membawa keberuntungan. Sedangkan singa merupakan hewan yang melambangkan kekuatan, kebijaksanaan, dan keunggulan.

Adanya barongsai dapat memeriahkan suasana dan membawa keceriaan saat perayaan imlek 2023 berlangsung.

Untuk para penari barongsai dan krunya beri bingkisan yang dapat digunakan sehari – hari seperti tas backpack Bull. Tas ini cukup besar bisa menampung banyak barang termasuk perlengkapan pertunjukan barongsai.

Kesimpulan

Imlek 2023 akan memberikan kemeriahan dan warna berbeda. Tahun yang bershio kelinci air ini dipercaya menjadi tahun harapan agar bisa pulih dari pandemi covid yang melanda.

Bingkisan imlek yang telah dipersiapkan jauh – jauh hari untuk karyawan, konsumen, dan mitra usaha akan semakin menceriakan suasana. Berikan bingkisan yang dapat mendukung aktivitas mereka seperti pouch laptop Thine atau name tag SOUVIA.

Bingkisan imlek 2023 akan semakin istimewa dengan box premium yang tersedia di laman ready stock SOUVIA. Di laman ini, tersedia souvenir bestseller berkualitas yang dapat diantar ke penerima dalam waktu dua hingga tiga hari kerja.

Yuk, pererat hubungan keluarga dan kerabat dengan melakukan tradisi dan memberikan bingkisan imlek 2023 bersama SOUVIA dan kontak sales eksekutif SOUVIA untuk informasi selengkapnya!

CEK INSPIRASI LAINNYA:

SOUVIA