Perusahaan sering buat souvenir kantor? Pastinya kamu ingin hasil cetakan pada permukaan produk terbaca dan jelas oleh siapa pun. Nah, kuncinya ada di alat dan bahan sablon.

Proses pencetakan gambar atau brand di permukaan produk souvenir cukup penting untuk kebutuhan branding sebuah perusahaan. Alat dan bahan sablon yang digunakan merupakan salah satu hal yang wajib diperhatikan.

Hal ini jelas karena alat dan bahan sablon merupakan bahan pokok pembuatan gambar pada permukaan souvenir promosi.

Bahan dan Alat Sablon

Ingin tahu lebih banyak? Berikut peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan agar hasil cetakan terlihat jelas dan awet.

1. Screen Sablon

alat dan bahan sablon
Screen sablon dibutuhkan untuk mentransfer tinta ke media cetak seperti tote bag

Dalam proses penyablonan, tinta harus bisa ditransfer ke media cetak. Screen sablon merupakan layar atau alat untuk memindahkan tinta sablon ke produk yang akan dicetak.

Fungsi alat ini sebagai penyaring untuk menentukan jumlah tinta yang turun melalui celah kain.

Biasanya screen sablon terdiri dari bingkai kayu dan layar yang berasal dari kain jenis tertentu. Ukuran alat sablon ini bergantung kebutuhan, 20 x 30 cm hingga 40 x 60 cm.Screen sablon dibutuhkan untuk semua jenis proses produksi barang yang membutuhkan cetakan gambar seperti totebag kanvas .

2. Rakel

Alat sablon ini berfungsi untuk menekan dan mendorong tinta dari screen sablon agar menempel pada media cetak.

Rakel terbuat dari kayu atau alumunium untuk bagian pegangan dan karet untuk bagian menekan tinta.

Terdapat enam jenis rakel yang digunakan sebagai alat sablon seperti rakel lancip, kotak, miring, tumpul, bulat, dan, lancip ujung datar.

3. Film Sablon

Bahan sablon kaos ini merupakan gambar atau tulisan yang bisa dibuat secara manual maupun menggunakan teknologi komputer.

Film sablon yang telah dibuat, digunakan untuk master cetak dalam proses penyablonan. Bahan ini harus dibuat di bahan dasar yang berwarna transparan dengan gambar atau tulisan berwarna hitam pekat.

Film sablon terdiri dari empat jenis, di antaranya Repro, Kalkir, Minyak, dan Kertas Potong.

Repro merupakan jenis yang paling banyak digunakan karena kualitasnya yang sangat baik untuk menghasilkan afdrukan yang paling pas.

Film ini merupakan alat sablon yang digunakan untuk buat apparel custom SOUVIA agar brand atau logo terlihat jelas oleh banyak orang.

Jenis kalkir merupakan yang paling sederhana karena gambar cukup dicetak atau di-fotocopy dari computer ke kertas kalkir.

Film minyak bisa dibuat sendiri dengan melumuri kertas dengan minyak goreng lalu dikeringkan. Sementara jenis kertas potong untuk membuat cetakan sablon spanduk.

4. Obat Afdruk

Bahan sablon ini berfungsi untuk melapisi permukaan kain layar agar film dapat berpindah ke screen setelah proses pengeringan.

5. Coater

Alat ini berupa wadah yang terbuat dari alumunium atau stainless yang digunakan untuk mengoleskan obat afdruk ke screen agar hasil cetakan sablon merata.

6. Emulsi Foto

Bahan ini berupa cairan kental yang bersifat menahan cairan dan berfungsi untuk menutupi lubang atau pori – pori dari kain screen.

Emulsi merupakan cairan yang peka terhadap cahaya, sehingga akan mengeras pada kain screen yang dikeringkan.

7. Hot Gun

alat dan bahan sablon
Dibutuhkan hot gun untuk mengeringkan cetakan sablon yang masih basah

Dalam proses sablon, dibutuhkan panas untuk mengeringkan hasil sablon. Hot atau heat gun mempermudah dan mempercepat pengeringan hasil cetakan.

8. Meja untuk Afdruk

Alat ini secara khusus dibuat dengan merangkai meja dan lampu yang digunakan untuk proses ekspos atau penyinaran screen, biasanya menggunakan lampu jenis TL.

9. Tinta Sablon

Bahan ini merupakan komponen yang sangat vital dalam proses produksi. Untuk menghasilkan gambar dengan kualitas yang sangat baik, dibutuhkan tinta sablon yang berkulitas untuk menghasilkan warna yang tajam dan tidak mudah luntur.

Tinta sablon terdiri dari Tinta Rubber, Plastisol, Neo – Pigment Kornit, Artisri Duppont, Superwhite, dan Image Armor.

Jenis – jenis bahan sablon ini memiliki keunggulan masing – masing sesuai kebutuhan produksi kaos t-shirt atau jenis produk lainnya. Tinta rubber menghasilkan warna terbaik dan tahan lama.

Plastisol cocok digunakan untuk gambar berukuran kecil karena menghasilkan cetakan yang presisi dan jelas.

Tinta Neo – Pigment Kornit bersifat ramah lingkungan dan adaptif terhadap jenis kulit manusia, sehingga aman untuk bayi. Sementara Tinta Image Armor bersifat cepat kering, hanya 35 detik saja.

10. Meja Sablon

Fungsinya jelas sebagai alat sablon yang membantu proses penyablonan. Jenisnya cukup beragam untuk digunakan di industri rumahan dan pabrik.


alat dan bahan sablon

Bagi teman – teman perusahaan yang ingin membuat souvenir promosi perusahaan dengan brand atau merek dagang yang terlihat jelas, maka ada baiknya mengetahui sedikit informasi mengenai alat dan bahan sablon.

Hal ini agar perusahaan mendapatkan hasil cetakan pada souvenir tas laptop backpack yang bisa dibaca dan diingat oleh masyarakat luas.

Untuk kamu yang ingin produksi souvenir custom sesuai kebutuhan dan keinginan, segera hubungi sales eksekutif SOUVIA agar bisa berkonsultasi desain produk hingga alat dan bahan sablon yang cocok digunakan.