Pemilihan bahan topi menjadi sangat penting, karena tak hanya sebagai fashion item untuk meningkatkan outfit, topi juga bisa membantu melindungi kepala dari cuaca panas menyengat atau dingin yang menusuk.

Selain itu, topi juga bisa digunakan sebagai souvenir kantor untuk media promosi mengenalkan perusahaan, event, atau kampanye. 

Perlu diketahui, tidak semua jenis topi cocok dijadikan souvenir. Untuk membantu Anda, kami akan memberikan rekomendasi souvenir ready stock berupa topi yang dimiliki oleh SOUVIA.

Baca juga: 4 Cara Menentukan Konveksi Tas Serut untuk Souvenir

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan untuk Menjadikan Topi sebagai Souvenir

Ada banyak jenis topi yang digunakan sebagai fashion item, seperti bucket hat, cowboy hat, dad hat, flat cap, snapback, topi beanie, topi fedora, trucker, visor cap, dan lainnya. Namun, tidak semua jenis topi cocok dijadikan souvenir kantor atau sebuah event. 

Agar tidak salah, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih desain topi untuk souvenir. 

  • Desain topi wajib disesuaikan dengan tema atau konsep acara.
  • Pastikan bentuk dan ukuran topi pas serta nyaman saat dipakai. 
  • Perhatikan kualitas bahan untuk topi dan cetakan. Pastikan desain topi rapi dan awet. 
  • Pilih topi yang berasal dari bahan dan warna yang sesuai dengan kebutuhan target audience atau penerima
  • Anda bisa menambahkan nama, logo, atau slogan acara atau perusahaan agar desain topi lebih menarik.

Bahan Topi Apa Saja?

Selain desain, Anda juga harus memperhatikan bahan untuk topi yang digunakan. Ada beberapa rekomendasi bahan untuk topi yang bagus untuk dijadikan souvenir. Apa saja? 

Cek rekomendasi bahan topi untuk souvenir berikut ini.

1. Topi Bahan Laken

Bahan laken lebih sering dimanfaatkan untuk blus dan kemeja. Namun, berkat teksturnya yang sedikit tebal, agak berbulu, halus, dan berkilau, membuat bahan laken terkesan mewah dan elegan.

Oleh sebab itu, laken juga kerap dijadikan bahan untuk membuat topi instansi. Tampilan topi bahan laken terlihat profesional! 

2. Topi Bahan Rafel

Bahan rafel denim seperti apa? Itu yang mungkin membuat Anda penasaran. 

Bahan topi rafel sekilas memiliki tekstur mirip dengan celana jeans, tapi lebih fleksibel dan tipis dengan serat benang bergaris miring. Material satu ini bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis model topi, lho. 

Topi berbahan rafel hadir dengan berbagai pilihan warna cerah dan kualitas yang tidak gampang pudar.

3. Topi Bahan Drill

Ciri khas dari bahan satu ini yaitu pilihan warna yang sangat beragam, motif garis miring, serta tekstur kain halus. Bahan drill bisa dimanfaatkan untuk membuat semua model topi, salah satunya adalah topi seragam petugas SPBU.

4. Topi Bahan Kanvas

Kanvas menjadi salah satu bahan yang sering digunakan untuk membuat sepatu, tas, dan jaket. Ternyata, material ini juga cocok untuk dijadikan bahan khusus topi, lho. 

Kain kanvas memiliki ciri khas bertekstur agak kasar, padat, tebal, serat benang terlihat jelas, kokoh, dan motif serat bergaris lurus. Daya tahannya pun terkenal kuat. Itulah mengapa bahan kanvas sering digunakan untuk keperluan konveksi.

5. Topi Bahan Linen

Linen berasal dari serat  tanaman rami. Bahan linen sering digunakan untuk pembuatan sprei. 

Ciri khas linen adalah bertekstur lembut, kuat, dan sejuk saat digunakan. Tampilannya memberi kesan santai. Linen juga tahan terhadap paparan jamur dan bakteri, lho.

6. Topi Polyester

Salah satu kelebihan polyester adalah mudah kering, tahan air, bisa menyerap keringat, tidak panas, dan bersifat melar. Di sisi lain, harga bahan polyester relatif terjangkau. 

Oleh sebab itu, bahan polyester dapat digunakan untuk membuat topi ukuran apa saja alias all size. Bahan satu ini juga sangat cocok digunakan untuk pakaian olahraga. 

7. Topi Bahan Nilon

Nilon biasanya dimanfaatkan untuk membuat bagian atas topi. Bahannya cenderung waterproof. Topi dari nilon terasa lebih ringan jika dibanding topi polyester. 

Selain itu, topi nilon tetap terasa nyaman meski posisi Anda sedang berada di bawah terik matahari. 

Topi nilon sering dimanfaatkan untuk membuat topi naik gunung atau baseball. Hal ini karena bahan nilon cenderung lebih adem sehingga cocok untuk aktivitas luar ruangan. 

Tips Memilih Vendor untuk Membuat Topi

jenis bahan topi
Beragam bahan topi.  Sumber azerbaijan_stockers by Freepik

Setelah mengetahui jenis bahan topi, sekarang saatnya Anda menentukan vendor untuk jasa pembuatan souvenir. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih vendor online untuk pembuatan souvenir topi.

1. Lokasi Vendor Terdeteksi di Google Maps

Pastikan alamat jasa vendor yang akan Anda gunakan dapat ditemukan dan terdeteksi di Google Maps. Dengan begitu, Anda bisa dengan mudah mencari dan menuju tempat produksi vendor.

2. Memiliki Karyawan Tetap

Coba cari tahu apakah vendor tersebut memiliki karyawan tetap atau tidak. Ini penting diperhatikan karena jangan sampai vendor yang sudah dipilih tidak bisa menyelesaikan pesanan karena kekurangan orang. 

Biasanya karyawan tetap juga sudah ahli dan profesional dalam mengerjakan pesanan produk sesuai request pemesan. 

3. Berpengalaman Membuat Berbagai Jenis Topi dalam Jumlah Banyak

Jam terbang dalam memilih vendor sangatlah penting. Anda harus cari tahu berapa lama mereka membuka usaha pembuatan topi dan apa saja jenis topi yang pernah dibuat. Pastikan mereka bisa membuat topi dalam jumlah yang banyak dan selesai sesuai tenggat waktu yang telah ditentukan.

4. Vendor Profesional

Pastikan vendor yang dipilih cukup profesional dan bertanggung jawab terhadap setiap order yang dilakukan. Hal ini dapat dilihat dari cara mereka berkomunikasi  kepada klien serta ketepatan tidak dalam menyelesaikan pesanan.

5. Daftar Klien yang Pernah Ditangani

Anda perlu mengecek daftar klien yang pernah dikerjakan oleh vendor topi tersebut. Apakah terdapat klien penting seperti klien dari instansi pemerintahan atau perusahaan. 

Anda dapat mengecek review vendor di Google untuk mengetahui pelayanan yang diberikan dari konsumen sebelumnya. Jika banyak penilaian negatif, maka sebaiknya cari vendor yang lebih profesional. 

Keuntungan Pemesanan Souvenir Topi di SOUVIA

Tak perlu pusing mencari vendor souvenir topi yang profesional dan tepercaya. SOUVIA sebagai penyedia pembuatan souvenir kantor memiliki dua varian topi yang bisa dipilih menjadi souvenir kantor yaitu topi polo (dad hat) dan topi rimba (bucket hat).

Topi Polo Cup

topi-bahan-drill
Rekomendasi topi bahan drill dari SOUVIA.

Topi polo umumnya menggunakan kain rafell dan drill.  Begitu pun dengan topi polo SOUVIA, terbuat dari kain drill yang terdiri dari lapisan benang lembut dan tebal. Topi polo sangat cocok untuk padu padan pakaian sehari-hari.  

2. Topi Rimba

jenis bahan topi
Rekomendasi topi rimba bahan drill untuk event outdoor

Topi rimba ini terbuat dari bahan drill dalam beragam warna. Berkat permukaannya yang luas, topi rimba bisa ditambah media branding seperti bordir, sublim, atau sablon. 

Desainnya cocok untuk perempuan dan laki-laki untuk menunjang penampilan saat kegiatan luar ruang. Tali serut hadir untuk menyesuaikan ukuran wajah sehingga lebih pas saat digunakan. 

Paket Souvenir Topi dari SOUVIA

jenis bahan topi
Paket bundling souvenir topi dari SOUVIA

Ingin memberikan souvenir eksklusif lengkap dengan topi? Tenang, kami juga memiliki paket souvenir topi LUXURY 23-7 yang terdiri dari tas rolltop Beluxa, t-shirt kerah polo, dan topi Polo cup. 

Selain topi, kami memiliki souvenir desain terbaru yang beragam. Mulai dari pouch, tas, tumbler, name tag dan lainnya.  

Mengapa harus memesan souvenir di SOUVIA? Salah satu keuntungan memesan souvenir topi dan lainnya di SOUVIA adalah Anda bisa memperoleh promo cetak branding GRATIS! Kami pun siap melayani pesanan dengan cepat, berkualitas, dan harga terjangkau. 

Jika masih ada berbagai pertanyaan terkait produk kami, silakan hubungi sales executive SOUVIA.

CEK INSPIRASI LAINNYA: 

SOUVIA