Menjelang pemilu, banyak partai politik mulai menyusun strategi kampanye semaksimal mungkin. Salah satunya dengan memberikan souvenir kampanye. Souvenir ini dapat menjadi atribut yang efektif untuk mempengaruhi pemilih.

Souvenir pemilu memiliki peran kunci dalam kampanye politik. Adanya souvenir memungkinkan pesan kampanye tersampaikan secara efektif. Souvenir ini juga merangsang keterlibatan pemilih dan berfungsi sebagai pengingat tanggal pemilihan.

Selain itu, souvenir dengan desain kampanye yang kreatif membantu memperkuat identitas kampanye. Dalam kompetisi politik yang semakin sengit, peran souvenir pemilu penting untuk meraih kesuksesan dalam pemilihan umum.

Baca juga: 5 Manfaat Merchandise Pemilu, Sosialisasikan Aturan KPU dan Visi Misi Partai untuk Tingkatkan Pemilih

Rekomendasi Souvenir Kampanye

Pemilihan souvenir yang tepat bisa berpengaruh signifikan terhadap hasil kampanye. Terlebih lagi sekarang persaingan semakin sengit. Karenanya, SOUVIA telah merangkum rekomendasi souvenir untuk keperluan kampanye berikut ini.

1. Kaos

Kaos merupakan ide souvenir kampanye yang paling umum Anda temui sebagai atribut kampanye. Selain memiliki kegunaan praktis sehari-hari, kaos pemilu juga berperan signifikan dalam mengubah preferensi pemilih terhadap calon legislator. 

Keuntungan dari kaos ini tidak hanya memengaruhi pemakainya, tetapi juga memberi dampak pada orang-orang yang melihatnya. Itulah sebabnya kaos pemilu tetap menjadi pilihan souvenir yang efektif. 

Jenis souvenir untuk keperluan kampanye ini biasanya memiliki desain khusus. Contohnya terdapat gambar pasangan calon, slogan dan nomor urutnya. Membagikan kaos untuk kampanye harapannya bisa memberikan rasa bangga bagi pendukung. 

2. Topi Custom

contoh souvenir kampanye berupa topi
Kustomisasi desain pada topi souvenir kampanye (sumber: bukalapak.com)

Topi custom souvenir kampanye menjadi opsi yang cukup diminati oleh masyarakat. Alasannya karena topi memiliki peran yang cukup penting dalam aktivitas sehari-hari, terutama saat di luar ruangan. 

Untuk keperluan kampanye, topi harus dirancang dengan bahan yang nyaman dan tidak membuat pengguna merasa panas. Misalnya menggunakan bahan double mesh atau jaring yang dapat memberikan sirkulasi udara. 

Selain itu, topi dengan desain model komando juga bisa Anda pertimbangkan. Tampilannya terlihat lebih mewah dan bisa digunakan oleh pria dan wanita. Namun, jika ingin lebih terjangkau, model baseball akan lebih cocok memakai dari bahan raphel.

3. Tumbler

Kalau souvenir yang satu ini cocok untuk anak muda. Tumbler atau botol minum kekinian memiliki daya tarik yang besar sebagai merchandise. Sebab selain berguna, tumbler juga memiliki model yang bisa kostum dengan acara dan tujuan pemberiannya.

Jika ingin menggunakan tumbler untuk kampanye, tumbler sport stainless bisa menjadi pilihan yang tepat. Bahan materialnya terjamin higienis dan tahan lama. Dengan begitu bisa bermanfaat dalam jangka panjang.

Tentunya, Anda dapat menyesuaikan cetak logo atau desain pada tumbler sesuai tujuan kampanye. Nah, semakin menarik dan memorable untuk para pemilih bukan? Namun, pastikan tujuan kampanye Anda tercapai ya!

4. Mug Keramik

mug keramik dapat didesain untuk menyesuaikan pesan yang ingin disampaikan
Buat desain semenarik mungkin pada mug keramik agar kampanye lancar

Mug atau cangkir yang terbuat dari bahan keramik dapat menjadi souvenir untuk berbagai keperluan. Contohnya sering menjadi souvenir perusahaan. Sementara itu, untuk kampanye konsep merchandise terbaru seperti ini pasti menarik perhatian.

Mug keramik merupakan pilihan yang sesuai untuk merchandise kampanye. Selain bermanfaat, bahan keramiknya juga kuat, mudah dibersihkan, dan multifungsi. 

Pada saat mencetak, Anda bisa menyesuaikan mug dengan mencetak desain full color sesuai tema kampanye. Pastikan untuk menambahkan gambar, nama, logo, atau tulisan apa pun yang berkaitan dengan pesan kampanye Anda. 

Mug yang berkualitas tinggi dengan desain menarik juga bisa menjadi pembicaraan yang menarik di kalangan pemilih. Sungguh opsi yang sangat unik, bukan?

5. Totebag

Tas tote bag bertema kampanye ramah lingkungan bisa menjadi alternatif bagi pemilih yang memiliki kesadaran peduli lingkungan. Tas ini sangat bermanfaat karena dapat digunakan untuk belanja sehari-hari atau dibawa ke acara kampanye. 

Dengan memiliki tote bag ini, pemilih dapat berkontribusi dalam upaya mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Harganya pun terjangkau daripada merchandise lainnya.

Untuk keperluan kampanye, Anda bisa menambahkan gambar paslon, logo partai, nomor urut, dan tanggal pemilihan. Dengan begitu, souvenir kampanye berupa totebag tetap mampu memberikan dukungan pada kampanye Anda. 

6. Gantungan Kunci

Meskipun sederhana, memberikan gantungan kunci sebagai merchandise ini memiliki daya tarik yang cukup berkesan. Apalagi penggunaannya cukup lama sehingga memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi penerima. 

Selain itu, pilihan model gantungan kunci promosi sangat beragam. Hal ini memungkinkan Anda untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan kampanye. Tentunya dengan harga yang masih terjangkau.

Anda dapat mencetak desain full color pada gantungan kunci sehingga bisa menyematkan logo, nama, tulisan, atau bahkan foto. Konsep ini merupakan sangat bagus untuk melengkapi bingkisan kampanye Anda. 

7. Buku Agenda

Buku catatan atau buku agenda masih tetap menjadi item andalan bagi kalangan yang berpendidikan tinggi maupun kelas menengah atas. Memberi buku agenda yang juga merupakan souvenir kantor dapat Anda sesuaikan dengan tema kampanye.

Dengan memberikan buku agenda ini, Anda tidak hanya memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi pemilih Akan tetapi juga memberikan alat untuk membantu mengatur aktivitas dan mengingat pentingnya partisipasi dalam proses pemilihan. 

Selain itu, buku agenda custom juga bisa menjadi sarana untuk menyampaikan pesan dan nilai-nilai kampanye Anda kepada pemilih. Itulah sebabnya souvenir ini menjadi salah satu pilihan yang sangat efektif dalam upaya pemenangan pemilu.

8. Kalender Custom

Menjelang pergantian tahun, banyak instansi atau organisasi yang mulai menyiapkan cetak kalender untuk memperkuat hubungan dengan konsumennya. Peluang yang sama juga dapat Anda ambil untuk keperluan pemilu pada 2024 mendatang.

Kalender yang dicetak dengan desain kampanye sangat cocok digunakan sebagai souvenir karena akan terus terlihat oleh masyarakat sepanjang tahun. Apalagi jika Anda membagikannya lebih awal, tentu akan sangat bermanfaat.

Karena fungsinya sebagai pengingat tanggal dan acara penting, setiap melihat kalender pemilih akan teringat tentang kampanye Anda. Itu artinya mampu memperkuat kesan dan dukungan terhadap pesan kampanye yang Anda tuju.

9. Pin Logo Kampanye

pin peniti diameter 4,4 cm dan 5,8 cm untuk souvenir
Kustomisasi desain pada pin sesuai pesan kampanye tersedia di SOUVIA

Souvenir kampanye ini tidak membutuhkan biaya besar. Bentuknya yang kecil membuat pin kampanye terlihat sederhana. Akan tetapi mampu memberikan kesan baik jika Anda bisa mendesainnya secara menarik tanpa lepas dari tujuan kampanye.

Umumnya, pin seperti ini terbuat dari bahan berkualitas tinggi sehingga tahan lama. Artinya, souvenir ini bukan hanya menjadi atribut kampanye, tetapi juga memberikan kenangan berharga kepada pemilih.

Dengan memakai pin tersebut, pemilih dapat dengan bangga menunjukkan dukungan mereka terhadap paslon. Tentu saja menguntungkan bagi Anda, bukan?

10. Stiker 

Terakhir, souvenir untuk kampanye berupa stiker bahkan memiliki harga yang lebih murah lagi. Anda hanya perlu mencetaknya menggunakan kertas stiker lalu membagikannya seluas mungkin sehingga anggarannya hemat.

Stiker dapat dengan mudah ditempelkan pada berbagai objek seperti laptop, mobil, atau botol air. Dengan memiliki stiker kampanye, pemilih memiliki kemudahan dalam menyebarkan pesan dan dukungan mereka kepada orang lain di sekitarnya.

Stiker ini juga memungkinkan pemilih untuk merasa lebih terlibat dalam kampanye. Dengan kata lain, pemilih ikut menjadi pendukung aktif untuk mempengaruhi para kerabat dan masyarakat yang lebih luas. Tujuannya tentu mendukung kampanye Anda.

Demikian rekomendasi souvenir kampanye menarik yang bisa Anda pertimbangkan. Jadi, Anda ingin memilih souvenir yang mana saja? Yuk segera persiapkan agar konsep kampanye semakin matang untuk menarik para pemilih.

Kini tidak perlu khawatir karena bersama SOUVIA, Anda bisa mewujudkan souvenir berkualitas dengan harga terjangkau. Desain, model, dan hasil akhir kami penuhi sesuai keinginan Anda. Hubungi sales eksekutif SOUVIA sekarang juga!

BACA INSPIRASI LAINNYA:

SOUVIA