Tas custom banyak dipesan untuk berbagai keperluan. Mulai dari tas seminar, souvenir kantor, maupun souvenir pernikahan. Tak heran jika biasanya tas jenis ini diproduksi dalam jumlah banyak. 

Tak hanya tote bag, tas selempang kanvas dan tas jenis lainnya juga bisa di custom sesuai keinginan, lho. Anda pun dapat membuat tas sesuai dengan desain dan warna yang diinginkan.

Baca juga: Ini Cara Benar Proses Produksi Tas yang Berkualitas

Kelebihan Memesan Tas Custom untuk Souvenir

Memesan tas yang bisa dicustom memiliki beberapa kelebihan dibandingkan tas ready stock. Kira-kira apa saja ya kelebihannya dan apakah ada kekurangan dari membeli tas yang bisa dicustom? Untuk membahas secara lengkap, yuk, simak informasinya berikut ini. 

1. Bisa Mencetak Desain yang Anda Inginkan

Jika Anda memiliki ide desain tas sendiri, jasa pembuatan tas custom bisa membantu menuangkan ide tersebut ke tas yang dipesan. Sehingga, desain tas bisa lebih personal dan menarik. 

Hal yang perlu dilakukan adalah Anda perlu berkonsultasi dengan jasa pembuatan tas yang dicustom terkait berbagai hal, seperti budget, layout, warna, ukuran, dan lainnya. Jika sudah ditentukan, Anda  hanya perlu mengirimkan model desain dan jenis tas yang diinginkan. 

2. Tas yang Bisa Custom Bebas Pilih Bahan dan Warna

Bila membeli tas ready stock tentu Anda tidak bisa dengan leluasa memilih bahan dan warna yang diinginkan. Hal ini karena produsen tas sudah menentukan bahan, warna, hingga ukuran.

Namun, jika Anda membuat tas yang bisa dicustom tentu bisa memilih bahan, warna, dan ukuran tas sesuai dengan yang diinginkan. 

3. Buat Tas Sesuai Budget

Anda dapat lebih berhemat jika memesan tas custom. Pasalnya, Anda bisa menyesuaikan budget yang dimiliki dan tetap mendapatkan tas cantik sesuai keinginan.

4. Akses Langsung ke Produsen Tas

Yang tak kalah menarik, memesan tas yang bisa custom memungkinkan Anda berkomunikasi langsung dengan pihak produsen tas. 

Tentu ini menjadi kesempatan bagus untuk mengetahui cara kerja produsen. Anda pun bisa belajar bisnis berjualan tas jika tertarik. Bahkan, ya, Anda bisa bertanya langsung dengan ahlinya!

Kekurangan Tas Custom

Membuat tas kustom tak hanya memiliki beragam kelebihan saja, lho. Faktanya, ada beberapa kekurangan tas kustm yang harus Anda perhatikan. Cek ulasannya berikut ini.

1. Tas Custom Bisa Ketinggalan Zaman

Jika Anda tidak memiliki inspirasi desain tas terbaru, membuat tas yang bisa dicustom justru akan menimbulkan kerugian. 

Pemesan menentukan sendiri tas yang ingin dibuat, mulai dari desain, warna, hingga ukuran. Sehingga, pemesan harus mengetahui perkembangan desain tas terkini. 

Jika Anda kesulitan dalam memilih desain, maka carilah inspirasi melalui internet atau berkonsultasi dengan desaigner pembuat tas.

2. Tidak Bisa Menentukan Harga Sendiri

Ada sebagian tempat pembuatan tas custom yang menerapkan sistem satu harga. Hal ini membuat Anda tidak bisa leluasa menentukan harga sendiri.

3. Proses Pembuatan Tas Custom Lebih Lama

Tak bisa dipungkiri jika proses pembuatan tas yang bisa dicustom akan memakan waktu yang lebih lama. Estimasi pembuatan tas kustom mulai dari desain hingga pembungkusan bisa berlangsung selama 2 minggu hingga 1 bulan. Tentunya hal ini tergantung dari masing-masing produsen tas.  

Jika Anda menginginkan souvenir tas dalam waktu singkat, bisa memilih opsi penyedia tas ready stock.

Ide Rekomendasi Tas Custom untuk Souvenir Kantor dari SOUVIA

Sebagai salah satu penyedia produk souvenir, SOUVIA sangat mengerti kebutuhan untuk berbagai keperluan kantor maupun acara. Ada berbagai tas yang dicustom yang kami buat, seperti tas selempang, backpack, tas spunbond custom, tote bag batik, dan lainnya. 


Berikut beberapa rekomendasi tas yang bisa dipilih untuk souvenir kantor dari SOUVIA. Terdapat berbagai metode cetak desain custom dan logo yang bisa Anda pilih.

1. Tas dengan Custom Desain Logo Menggunakan Teknik Emboss

tas selempang kulit sintetis tampak depan
Tas kulit premium bisa pesan di SOUVIA.

Kami bisa membuat custom  branding logo dengan aplikasi emboss. Pengertian emboss adalah cara cetak desain dengan efek timbul yang dilakukan pada permukaan kain maupun kertas. 

Metode emboss ini bisa dilakukan pada jenis tas seperti pouch, tas selempang, backpack,  tas laptop custom. Selain itu, teknik emboss juga cocok untuk tas  berbahan kulit asli, kulit sintetis, maupun kertas. 

Salah satu rekomendasi dari kami adalah AXCEL. Tas kulit sintetis selempang dengan 1 kompartemen utama dengan resleting yang muat laptop ukuran 12,5 inci serta 2 kompartemen tambahan.

2. Tas dengan Custom Desain Logo Menggunakan Teknik UV Print

Detail tampak depan dari Backflip laptop stand case.
Backflip kulit berlogo menjadi pilihan souvenir premium dari SOUVIA.

Teknik percetakan juga mengalami perkembangan pesat. Salah satu metode yang paling digemari saat ini adalah teknik UV Print. 

Mengutip dari ilitho.co.id, UV print adalah proses cetak dengan memanfaatkan sinar ultraviolet dan tinta khusus yang bisa diaplikasikan dalam berbagai jenis bahan, termasuk pada kulit sintetis.

Keuntungan menggunakan UV Print adalah cepat kering dan lebih eco friendly karena tidak mengeluarkan zat berbahaya untuk lingkungan. 

Contoh produk souvenir desain terbaru dari kami adalah Backflip. Tas pembungkus laptop dari kulit sintetis yang dilengkapi kompartemen utama resleting dan papan yang bisa ditekuk pada bagian belakang sleeve, serta kantong dalam.

3. Tas dengan Custom Desain Logo Menggunakan Teknik Sablon

Souvenir tas punggung untuk tas seminar dan souvenir promosi
Rekomendasi tas ransel untuk souvenir.

Apakah Anda lebih suka dengan teknik desain logo sederhana seperti sablon? Tenang, SOUVIA juga menyediakannya. 

Produk tas custom desain logo dengan teknik sablon yang kami miliki salah satunya adalah tas kanvas custom MAGNA – Backpack Kanvas 2 Tone Color.

Tas punggung 2 warna dari kulit sintetis yang dilengkapi kompartemen utama yang luas serta saku kiri dan kanan. Cocok untuk menyimpan berbagai perlengkapan, mulai dari agenda, alat tulis, laptop, dan gadget.

Jika menyukai tas model serut, kami pun bisa membuat tas serut custom untuk Anda. 

Tips Memilih Vendor Tas Custom

Ada banyak vendor tas yang bisa dicustom yang bisa membantu Anda membuat tas untuk kepentingan souvenir kantor maupun lainnya. Namun, bagaimana, ya, cara memilih vendor yang tepat? Yuk, informasi di bawah ini.

1. Tepat Waktu dalam Pengerjaan dan Bisa Mengerjakan Pesanan dalam Jumlah Banyak

tas backpack laptop dengan bahan linen dan kulit sintetis
Tas backpack embossed logo di SOUVIA.

Pengerjaan yang dilakukan sesuai deadline akan membuat konsumen senang, puas, dan tak ragu untuk terus menggunakan jasanya. Jadi, wajib untuk memastikan apakah vendor yang Anda pilih bisa menepati janji untuk menyelesaikan pesanan sesuai yang sudah disepakati atau tidak. 

Bagaimana cara mengetahui vendor tas bisa dicustom yang berkualitas? Anda bisa dengan melihat review dari customer sebelumnya. Selain itu, Anda juga bisa memesan dalam jumlah kecil terlebih dahulu untuk tahu kualitas produk.

Selain itu, perlu juga dicari tahu apakah vendor tersebut mampu mengerjakan tas custom dalam jumlah banyak dan tetap berkualitas.

2. Vendor Memberikan Garansi

Anda wajib mencari vendor tas yang bisa custom yang memberikan garansi atau jaminan. Garansi menjadi bentuk keyakinan pada vendor terhadap kualitas tas yang dikerjakan. 

Selain itu, pemesan juga bisa mengklaim jika pesanan tas yang dicustom tidak sesuai dengan yang sudah disepakati bersama.

3. Reputasi Tepercaya

Saat ingin memilih vendor tas yang mau dicustom jangan lupa untuk pertimbangkan reputasinya. Faktor ini menunjukkan seberapa bagus kualitas produk tas yang dihasilkan. Anda bisa mengetahuinya dari situs atau media sosial yang mereka miliki. 

Cek siapa saja klien yang pernah bekerja sama dengan mereka dan apa saja tas yang bisa custom yang pernah mereka buat.

4. Harga Sebanding dengan Kualitas Tas

Harga juga menjadi salah satu kriteria dalam memilih vendor tas custom yang tepat. Hati-hati dengan vendor abal-abal yang memberikan harga tinggi, tapi kualitas buruk. 

Anda bisa melakukan riset terlebih dulu untuk mengetahui berapa harga tas yang bisa dicustom pada umumnya. Perlu diingat, semakin detail desain dan semakin berkualitas bahan tas yang dipilih, maka harga tas akan semakin tinggi.


Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih vendor tas yang bisa custom. Jika Anda mencari mana vendor tas custom yang masuk kriteria di atas, percayakan pada SOUVIA! 

Kami menyediakan layanan custom branding logo, nama perusahaan, maupun desain lainnya sesuai kebutuhan Anda. Menariknya, kami memberikan layanan custom dengan gratis. Tentu Anda jadi bisa lebih berhemat. 

Souvenir ready stock dengan beragam varian tas selalu tersedia di tempat kami. Kami akan menyiapkan produk hanya dalam waktu 2–3 hari kerja dan mengirimkannya langsung ke tempat Anda. Sangat cocok untuk kebutuhan mendesak.

Jika masih ada informasi yang ingin diketahui terkait tas custom kami, segera hubungi sales eksekutif SOUVIA.

CEK INSPIRASI LAINNYA: 

SOUVIA