Ada salah satu acara yang sangat ditunggu oleh mereka yang baru saja lulus perguruan tinggi dan SMA. Yap, event tersebut adalah job fair. Sebenarnya, apa itu job fair? Apakah di event tersebut hanya sebagai ajang promosi perusahaan saja?

Tak hanya ditunggu para pencari kerja, ternyata job fair juga dinantikan oleh perusahaan untuk mencari calon karyawan yang sesuai dengan kriteria kebutuhan kantor.

Agar perusahaan mendapat calon karyawan yang sesuai kebutuhan, simak hal-hal yang harus dilakukan untuk mempersiapkan career expo. Kira-kira ada apa saja?

BACA JUGA: 8 Hal Penting untuk Persiapan Acara Pameran

Pengertian Job Fair

Apa itu job fair? Job fair adalah pameran kerja, pameran karir, atau bursa kerja yang mempertemukan antara pencari kerja dan pemberi kerja. Tak hanya berfungsi sebagai ajang interaksi calon pemberi dan penerima kerja, job fair juga untuk membangun networking.

Di acara ini, perusahaan mendirikan booth yang berisi informasi mengenai perusahaan agar bisa dilihat dan dibaca oleh pencari kerja.

Pihak perusahaan bisa langsung berbicara dengan para pencari kerja dan menemukan orang yang tepat untuk mengisi posisi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Apa itu job fair
Salah satu merchandise job fair dari SOUVIA.

Career expo memberikan fasilitas bagi para pencari kerja agar bisa mendapatkan pekerjaan sesuai bakat, minat, dan kemampuan. Oleh karenanya, penting untuk mempersiapkan pulpen job fair agar pencari kerja bisa langsung menuliskan identitas di perusahaan yang diminati.

Manfaat Job Fair

Acara career expo bukan hanya bermanfaat bagi pencari kerja, namun juga menguntungkan bagi perusahaan. Beberapa manfaat yang didapat dari diadakannya job fair adalah sebagai berikut.

1. Proses rekrutmen lebih singkat

Salah satu manfaat yang dirasakan dari job fair adalah perusahaan akan lebih mudah mengumpulkan para calon pekerja.

Banyaknya pencari kerja yang hadir dan memberikan CV lengkap akan memudahkan HRD merekrut calon karyawan yang cocok dengan posisi yang dibutuhkan.

Beberapa proses wawancara kerja seperti seleksi administrasi, interview dengan HRD, dan tes kemampuan juga bisa langsung dilaksanakan di tempat career expo.

2. Peluang lebih besar mendapatkan kandidat potensial

Para pencari kerja yang berkumpul di job fair akan mengumpulkan CV ke perusahaan yang diminati. Tentunya akan lebih mudah menyaring calon pekerja berdasarkan pengetahuan, pengalaman kerja, skills, dan latar belakang pendidikan.

Selain itu, dengan berbicara langsung saat career expo tentu akan memudahkan mencari kandidat yang pas untuk perusahaan. Sehingga, calon kandidat yang potensial akan lebih mudah ditemukan.

3. Job fair akan memperluas networking perusahaan

Bertemunya banyak perusahaan dan pencari kerja merupakan ajang untuk memperluas networking secara profesional. Tak hanya membangun networking dengan pencari kerja, tetapi Anda juga bisa menjalin networking dengan sesama perusahaan.

Sebaiknya, persiapkan merchandise desain terbaru untuk menarik perhatian pencari kerja dan perusahaan yang hadir dalam job fair.

4. Biaya promosi lebih murah

buku notebook A5 dengan finishing spiral
Rekomendasi merchandise career expo.

Perusahaan tidak perlu membuat pengumuman atau iklan dalam mencari calon karyawan karena para pencari kerja akan datang dengan sendirinya.

Perusahaan hanya perlu mengikuti rangkaian acara job fair dan mempersiapkan kebutuhan para pencari kerja seperti merchandise notebook agar mereka dapat mencatat hal-hal penting selama acara berlangsung.

Persiapan Career Expo

Job fair adalah pertemuan antara perusahaan dan pencari kerja dalam satu tempat. Agar perusahaan mendapatkan kandidat yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini langkah – langkah yang harus dilakukan HRD agar career expo berjalan lancar sesuai target.

1. Buat daftar kebutuhan

Sebelum job fair, HRD perusahaan sudah harus membuat daftar kebutuhan perusahaan saat acara berlangsung seperti booth, berkas wawancara, dan alat tulis untuk memudahkan pencari kerja. Termasuk juga daftar pekerjaan yang sedang tersedia di perusahaan Anda.

Hal ini dilakukan agar saat pencari kerja datang ke booth perusahaan, maka pihak HRD sudah siap dengan segala pertanyaan dan bahkan bisa langsung mengadakan interview.

2. Mendesain booth pameran career expo

apa itu job fair
Contoh booth perusahaan saat job fair, source: Pinterest

Persiapan acara job fair perlu disertai dengan perencanaan yang matang, termasuk desain booth. Rancang booth semenarik mungkin untuk menarik perhatian pencari kerja yang masuk dalam kriteria perusahaan.

Anda bisa merancang booth pameran sesuai dengan warna atau icon perusahaan. Jangan lupa untuk menyiapkan meja dan kursi untuk peserta menulis data pekerja, ya.

3. Mempersiapkan materi dan alur wawancara

Dokumen untuk kebutuhan mewawancara harus dipersiapkan agar perusahaan dapat mencari kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Alur wawancara harus dibuat dengan segala kemungkinan, saat kondisi booth perusahaan sedang ramai atau sepi pengunjung.

Hal ini dilakukan agar proses rekrutmen berjalan lancar dan perusahaan mendapatkan kandidat karyawan yang tepat dan potensial.

4. Menyiapkan merchandise

apa itu job fair
Merchandise job fair yang menarik dari SOUVIA.

Perusahaan harus dan perlu melakukan promosi dan branding agar tetap eksis di tengah pencari kerja. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mempersiapkan merchandise yang sesuai kebutuhan saat pelaksanaan job fair.

Anda bisa memberikan merchandise yang berguna dan tahan lama bagi pencari kerja agar logo atau brand yang ditampilkan diingat oleh pencari kerja. Untuk mempersingkat waktu, pilihlah souvenir ready stock. Anda hanya perlu menambah cetak logo saja.

Salah satu merchandise yang bisa diberikan adalah highlighter karena bisa digunakan saat penerima perlu memberikan tanda di brosur atau catatan di buku agenda. Selain itu, Anda juga bisa menyiapkan merchandise job fair lainnya seperti pulpen dan buku catatan.


Jadi, apa itu job fairJob fair atau career expo adalah sebuah event yang diselenggarakan untuk mempertemukan pencari kerja dan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja.

Event career expo ini tidak hanya memberi manfaat bagi pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan, namun juga memberi kesempatan perusahaan untuk memillih calon karyawan yang sesuai dengan kriteria kantor.

Sebelum mengikuti acara job fair, sebaiknya perusahaan mempersiapkan berkas interview, merancang booth semenarik mungkin, dan menyiapkan merchandise perusahaan yang kekinian, bermanfaat, dan berkualitas.

Hal ini dilakukan agar citra perusahaan positif di mata pencari kerja, sehingga tetap eksis di tengah masyarakat.

Hubungi sales eksekutif SOUVIA untuk mendapatkan merchandise kantor yang sesuai kebutuhan di segala kesempatan.

CEK INSPIRASI LAINNYA

SOUVIA